Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: My Speargun

  1. SwordFish's Avatar
    SwordFish is offline RegularFishy SwordFish has a spectacular aura about SwordFish has a spectacular aura about
    Real Name
    David
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Karawang-Bandung
    Posts
    261

    My Speargun

    Ini speargun gw yang kedua. Yang pertama dibuatin penduduk asli Biak barat, lumayan sih masih bisa tembak ikan kl deket, kl jauh susah soalnya kurang akurat. Akhirnya gw putusin buat speargun yang lebih akurat sekaligus buat kenang-kenangan ( ada ukiran khas Biak, Papuanya).
    Attached Images

  2. SwordFish's Avatar
    SwordFish is offline RegularFishy SwordFish has a spectacular aura about SwordFish has a spectacular aura about
    Real Name
    David
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Karawang-Bandung
    Posts
    261

    flopper n muzzle

    Ini foto flopper n muzzlenya.
    Flopper dibuat dari plat stainles (dari bekas spatula/susruk) pinnya pakai rivet (bagian alumuniumnya aja).
    Muzzlenya tipe open muzzle.
    Attached Images

  3. SwordFish's Avatar
    SwordFish is offline RegularFishy SwordFish has a spectacular aura about SwordFish has a spectacular aura about
    Real Name
    David
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Karawang-Bandung
    Posts
    261

    triger, trigger guard , line release n tab

    Open tract dibuat jalur di kayu lebar 6 mm dalam 3 mm menggunakan profilnya tukang mebel, tujuannya buat nambah akurasi.

    Trigger dibuat dari bahan alumunium 5 mm (beli di toko alumunium), tipenya modifikasi trigger Alexander trus ditutup pakai wadah seperti kaset dari alumunium. Buat lubang dulu pada bahan baru digambar trus digurinda, finishing pakai kikir.

    Trigger guard minta tolong buatin di toko aluminium.

    Line release bahan aluminium 5 mm. Kl trigger ditarik maka nilon lepas (trigger terhubung dg line release pakai nilon soalnya repot kl bikin engsel dr alumunium jg)

    Ukiran khas Biak dibuat oleh Bpk tetangga rumah dinas di Puskesmas , baik banget gratis he.he.

    Tab ada dua buah dibuat seperti sirip hiu. Dibuat dari stainles steel jg (bekas spatula), dilas listrik trus yang depan dibor (tidak dianjurkan ditiru soalnya susah ngebornya katanya karena kena panas jd lebih keras, jd sebaiknya dibor dl baru dilas)

    Wishbone dibuat dari powerpro 50 lb dikepang (nggak tahu lg cara nyatuin biar tebel) totalnya 27 x 50 lb = 1350 lb. Wishbone dimasukin ke karet speargun (dr L.M. Toko Tiga) diikat pakai constriction knot trus diperkuat lg pakai karet ban.

    Yang belum selesai adalah pencoran timah di bagian belakang(dibuat lubang bor ) biar speargun seimbang, pengamplasan dan coating.

    Kl ada usul atau ide tolong kasihtahu yah.

  4. SwordFish's Avatar
    SwordFish is offline RegularFishy SwordFish has a spectacular aura about SwordFish has a spectacular aura about
    Real Name
    David
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Karawang-Bandung
    Posts
    261

    Foto tambahan
    Attached Images
    Last edited by SwordFish; 16-09-2008 at 04:54.

  5. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,393

    Flopper dibuat dari plat stainles
    >> nama yg umum kayaknya 'barb' pak, lalu waktu 'barb' membuka jangan ke arah bawah, tapi ke atas. Soalnya kalo ke bawah, akan terbuka terus. Kalo barb membukanya ke atas, maka barb akan terbuka cuma kalo udah kena ikan.

    Sangkutan (wishbone??) yg ke spear sebaiknya pakai bahan stainless, kalo pake bahan tali seperti itu kayaknya rentan putus. Mending pake 'ketepel' itu lhhoo, di Lauta ada sedia kok.

    Lalu, batang nya (spear shaft) dibuat dr bahan apa?? bagusnya seh stainless yg bersifat 'spring hard'...

    Untuk model kayaknya ngambul dari merk Riffe??
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  6. lembongan island's Avatar
    lembongan island is offline RegularFishy lembongan island is a jewel in the rough lembongan island is a jewel in the rough lembongan island is a jewel in the rough lembongan island is a jewel in the rough
    Real Name
    AJuiCe AjA DegH
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Lembongan Island™
    Posts
    411

    sudah pernah dapat ikan gede gak pak!!! klo tmen2 di lembongan paling seneng klo diajak nge"ter" istilah balinya, seminggu yg lalu GT seberat 34 klo berhasil di tembak di kepalanya, wah saya gak ngebayangin ikan segede itu di speargun! katanya klo kena di kepalanya ikan ndak bisa melawan, seandainya klo pas kena di bagian tubuhnya bakalan sulit menaikan ikan tersebut melainkan kitanya yg di seret ke dasar laut. apa betul pak??? saya sih kurang tertarik menggunakan spear fish satu sisi teknik yg tepat blom bisa saya kuasai, jd ndak berni ambil resiko he he he he.
    Jigging is My Style™

    VAKUM SEMENTARA MELAUT hikhikhikhikhik




    Facebook: Agus Lembongan
    Twitter : aguslembongan
    BB : 7B0EBDD6

  7. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,393

    Menurut teori, yg paling bagus adalah kena di tulang (tengah badan) ikan ato bladder. Kalo pas kena tulang, ikan akan langsung nyusruk. Sebagai patokan umum, bidik pas di bagian gurat sisi, dimana gurat sisi ini sejajar dengan tulang tengah. Kalo bladder akan mengenai alat vital internal, ikan yg kena disini gak bakal lama bertahan

    Yang bahaya kalo kena ikan gede adalah jika titik perkenaan di perut ato punggung dan gak kena tulang tengah, gw waktu snorkeling pernah hampir kena 'shallow water black out' waktyu 'tarik tambang' sama ikan kuwe ukuran 18kg. Gw nembak pas di tubiran (ujung drop off), tena di tengkuk, tuch ikan nekan ke dalam, sementara gw nahan sambil nginjek karang + nahan napas di kedalaman 3meteran. Hampir 1 menit tarik - tarikan, gw udah mikir, 5 detik lagi belon nyerah, tali spear shaft retainer akan gw potong.

    Untungnya tuch ikan ngasih ke atas, dan gw bisa narik napas kembali dan bisa narik tali spear retainer hingga ikan terpegang - gw cabut pisau dan langsung tancepin di insang + diudek udek + insang gw remukin dan cabut pake tangan. Ikan langsung K/O!!.

    Gw lantas surfacing, buseeeetttt dech pandangan gw langsung hitam, padahal perasaan mata gw buka. Gw cuma bisa ngampleh floating, pikiran cuma ingat jangan lepasin speargun (ntar hilang) dan usaha jangan sampe kontrol pikiran hilang.

    Sekitaran 2-3 menit gw gak bisa ngapa-ngapain, cuma jaga kesadaran, sambil gerak gerakin ujung jari supaya tetap sadar. Perlahan pandangan mulai kembali, sekitar 2 menit kemudian kesadaran dan kontrol baru relatif pulih.

    Sebenarnya kalo nembak ikan babon, gak boleh dilawan. Speargun kudu dicantolin ke floater, kalo ikan ngelawan terlalu keras lepasin aja, biarkan ikan ngelawan floater. Ntaran kita kejar floaternya.

    .
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  8. lembongan island's Avatar
    lembongan island is offline RegularFishy lembongan island is a jewel in the rough lembongan island is a jewel in the rough lembongan island is a jewel in the rough lembongan island is a jewel in the rough
    Real Name
    AJuiCe AjA DegH
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Lembongan Island™
    Posts
    411

    wah sensasi yg sedikit bahaya ada di speargun ya pak! alnya di kampung ane banyak orang yg suka ambil teknik ini, disamping asik, ikan yg diperoleh juga bisa dijual. klo di kampung saya paling target ikannya cuma 5kg kebawah, atau tergantung permintaan konsumennya he he he! btw ke lembongan aja pak sembari nyelam minum air sapa tau dapat rejeki banyak disini. he he he bercanda
    Jigging is My Style™

    VAKUM SEMENTARA MELAUT hikhikhikhikhik




    Facebook: Agus Lembongan
    Twitter : aguslembongan
    BB : 7B0EBDD6

  9. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,393

    wokeh Pak Agus, ntar kalo ke Bali sayah wajib maen ke sonoh, jangan keberatan kalo dibikin repot yach???
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  10. SwordFish's Avatar
    SwordFish is offline RegularFishy SwordFish has a spectacular aura about SwordFish has a spectacular aura about
    Real Name
    David
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Karawang-Bandung
    Posts
    261

    Quote Originally Posted by monyet View Post
    Flopper dibuat dari plat stainles
    >> nama yg umum kayaknya 'barb' pak, lalu waktu 'barb' membuka jangan ke arah bawah, tapi ke atas. Soalnya kalo ke bawah, akan terbuka terus. Kalo barb membukanya ke atas, maka barb akan terbuka cuma kalo udah kena ikan.

    Sangkutan (wishbone??) yg ke spear sebaiknya pakai bahan stainless, kalo pake bahan tali seperti itu kayaknya rentan putus. Mending pake 'ketepel' itu lhhoo, di Lauta ada sedia kok.

    Lalu, batang nya (spear shaft) dibuat dr bahan apa?? bagusnya seh stainless yg bersifat 'spring hard'...

    Untuk model kayaknya ngambul dari merk Riffe??
    Barbnya/floppernya saya pakai tipe Hawaiian flopper (di bawah), berbeda dg tipe Tahitian flopper (d atas ). Waktu spearshaft (dari stainless steel pak) melesat maka flopper otomatis menutup karena terdorong air dan setelah berhenti maka flopper akan terbuka karena gaya gravitasi. Katanya sih nggak terlalu berbeda mau d atas atau d bawah.

    Sangkutannya saya sengaja tidak pakai stainless karena pengalaman saya kl pakai stainles putusnya bisa bikin tangan cedera , jadi saya pilih pakai powerpro saja (PE 50 lb). Sudah dipakai berulang kali tidak ada tanda-tanda mau putus. Kl yang kaya ketepel mungkin stainless tebal yah pak? saya belum lihat pak yang d lautan mas seperti apa. Saat ini saya ada d Biak jadi mau tidak mau pakai yang tersedia.

    Model sih saya lupa ngambil dari yang mana, saya modifikasi sedikit Pak.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Coating speargun?
    By SwordFish in forum Diving & SpearFishing
    Replies: 9
    Last Post: 22-09-2008, 13:29
  2. Papuma 30 & 31 Agustus ( Landbase )
    By real_kecheng in forum FishyReport
    Replies: 26
    Last Post: 09-09-2008, 00:07
  3. [ask] bikin speargun
    By boahaya in forum Diving & SpearFishing
    Replies: 85
    Last Post: 20-06-2008, 09:34

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts