Closed Thread
Results 1 to 7 of 7

Thread: Newbie : TIPS MEMELIHARA IKAN MAS KOKI

  1. angel_of_harlem Guest

    Newbie : TIPS MEMELIHARA IKAN MAS KOKI

    Hallo semuanya...saya newbie di forum ini.

    Saya suka banget sama ikan (ikan apapun itu) saya sedang memelihara ikan mas koki...karena saya hanya punya fishbowl, berhubung saya hanya tinggal di rumah yang sempit , jadi agak tidak memungkinkan untuk mempunyai sebuah aquarium.

    Saya ingin bertanya di sini (mungkin ada yang dapat membantu)...saya memelihara ikan mas koki baru ada 5 ekor...tapi satu-persatu ikan mas koki saya mati...sekarang hanya tinggal 2 ekor...apakah ada yang bisa memberi tahu kenapa penyebab ikan mas koki saya satu persatu mati dan bagaimana tips serta perawatan ikan mas koki yang baik...

    Atas jawaban yang di berikan...saya sangat berterima kasih...


    (maaf bila saya membuat thread di sini...karena saya cari2 tapi tidak ketemu thread yang untuk membahas tentang tips memelihara ikan)


    Best Regards

  2. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,312

    sharing yaah... dulu saya bekas peternak koki lhooo

    Sebenarnya ada pelbagai faktor yg penting dalam miara ikan koki, seperti :
    - kerapatan populasi
    - kedalaman air : sebaiknya jangan lebih dari 30cm
    - sirkulasi air, dsb

    nih ga kasih beberapa tips

    1. ikan koki (Carrasius auratus) itu butuh kadar oksigen yang tinggi.
    - aerator kudu cukup
    - sirkulasi air harus mamadai pula untuk menjamin kadar oksigen

    2. ikan ini sangat sensitif terhadap kadar chlorine / kaporit. Pastikan jika ganti air, maka kadar kaporit harus serendah mungkin
    - air bisa dijemur dulu selama minimal 2 jam, karena kaporit yang larut dalam air akan menguap
    - kasih obat anti kaporit, di tukang ikan suka ada

    3. air kudu selalu bersih ; filter kudu memadai, pergantian air kudu berkala

    4. ikan koki rentan terhadap kutu

    5. ikan koki suka kadar garam yang agak tinggi. untuk akuarium 100 liter kasihin garam kasar 2 - 3 sendok makan

    6. makanan jangan sampe bersisa, beri secukupnya, pagi sore, jangan sampai bersisa.

    okeeh sekian dulu tipsnya, semoga berhasil
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  3. Pak Djupri's Avatar
    Pak Djupri is offline RegularFishy Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of
    Real Name
    lie djupriadi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    cirebon
    Posts
    2,204

    Wah Oom Ferry, membaca kalimat pertama saya sudah membayangkan berapa banyak restorannya.
    Sampai ternak koki segala, ha3 (sorry oom khabur dulu sebelum di timpuk).

  4. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,234

    pak boss Perry mo tanya... mumpung ada masterna.
    1. berapa sih umur si koki...???
    2. kalo kena kutu... cara apa yg paling efektif agar tidak menular ke yg lain... (apakah pemberian methylene blue bisa membantu)...???
    3. apakah koki mutiara jenis paling rentan dari koki yg lainnya.
    4. agar warna koki terutama koki ranchu bisa nge jreng... apakah pakan yg sesuai untuknya...???


    5. apakah statement ini benar:
    Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam..Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak).. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  5. Bagoes's Avatar
    Bagoes is offline RegularFishy Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of
    Real Name
    Bagoes
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Perum 1 & Citra Raya - Tangerang
    Posts
    2,888

    kalo di tulung agung miara ikan mas koki pake jaring didalam kolam ... airnya ijo ... malah cepet gedenya tuh ... heheheheh
    Love , Peace and Light to You Always,

    Bagoes

    085675529XX
    27c947cf

    -----------------------------------------------------

  6. 1818's Avatar
    1818 is offline RegularFishy 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light
    Real Name
    Imam Gunawan Soetrowidjojo
    Join Date
    Feb 2010
    Location
    Pondok Kelapa - Jakarta Timur
    Posts
    757

    Umur koki bs panjang banget, saya pernah pelihara dr sebesar jempol, sampai seukuran toples, dan sempet beranak pinak berkali kali.

    Penyakit yg rawan buat koki, adalah cacing, dan jeleknya penyakit tsb sangat susah ngebrantas tuntasnya.

    pH air untuk koki netral sampai sedikit basa.

    Nginclongin warna, makanan yg mengandung klorofil jadikan menu utama.

    Kurang lebihnya yah. . . . . Maag kalo salah

    Sent from my Android using Tapatalk
    salam,
    Goen
    YM: isgoen
    Brighten up fishing with......Datsun

  7. 1818's Avatar
    1818 is offline RegularFishy 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light 1818 is a glorious beacon of light
    Real Name
    Imam Gunawan Soetrowidjojo
    Join Date
    Feb 2010
    Location
    Pondok Kelapa - Jakarta Timur
    Posts
    757

    Nambahin lagi,
    sebanyak mungkin pemakaian bioball/ceramic ring di media filter, dan media tsb jangan pernah dicuci,biar bakteri pengurai nya bhuanyaaakkk, ampe bisa dipancingin wkwkwkwk

    Sent from my Android using Tapatalk
    salam,
    Goen
    YM: isgoen
    Brighten up fishing with......Datsun

Closed Thread

Similar Threads

  1. Tips memancing ikan mas
    By Jarheadz in forum FishyPond
    Replies: 26
    Last Post: 16-03-2011, 18:25
  2. Tips & Trick Menentukan Lokasi Ikan di Pantai
    By Soe Giek in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 14-04-2010, 11:16
  3. tips mancing ikan Sagai & ikn bulat
    By angga in forum FishyTrick
    Replies: 8
    Last Post: 02-06-2008, 09:33
  4. cara memelihara gurame?
    By dicken in forum FishyRonment
    Replies: 1
    Last Post: 25-03-2008, 16:11
  5. ikan koki dan ranchu
    By poets in forum Pets
    Replies: 2
    Last Post: 19-11-2007, 12:36

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts