Closed Thread
Results 1 to 10 of 10

Thread: Obat kutu Peditox berbahaya?

  1. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Obat kutu Peditox berbahaya?

    Guys:

    Mau sharing aja. Kutu rambut adalah masalah yang umum terjadi pada anak-anak. Masalah ini tidak hanya ada di desa-desa atau di negara berkembang, tapiu juga di nergara maju seperti Eropa dan Amerika. Seringkali sekolah atau kendaraan antar jemput menjadi sarana penyebaran kutu rambut.

    Di Indonesia pengobatan paling umum terhadap masalah ini adalah dengan sisir serit, atau Peditox. Ini sudah tersedia selama puluhan tahun. Saya sendiri ingat waktu kecil pernah dikeramasi dengan peditox, dibiarkan semalaman, dan besok paginya baru dibilas.

    Kemarin untuk kesekian kalinya anak saya kena masalah ini. Karena penasaran maka saya mencoba googling untuk mencari informasi lebih jauh, dan soulsinya tentu saja. Ternyata, seperti yang sudah saya ungkapkan, masalah ini sangat umum terjadi di negara2 maju sekalipun. Umumnya pengobatan yang disarankan di negara maju adalah dengan menggunakan Permethrin 1% yang berupa cream atau lotion yang dioleskan di kulit epala dan rambut. Krim ini dijual bebas. Bagi kutu yang membandel, ada cream yang mengandung permethrin 5% tapi harus menggunakan resep dokter. Permethrin ini adalah insektisida, tapi toksisitasnya terhadap manusia sangat rendah sehingga dianggap sangat aman untuk digunakan.

    Nah lalu peditox yang umum digunakan di Indonesia itu apa? Hail googling menunjukkan bahwa bahan aktif Peditox adalah Hexachlorocyclohexane 0,5% EC. Di luar negeri, lebih dikenal sebagai Lindane. Ini juga pesticida dan sudah digunakan selama puluhan tahun. Hasil penelusuran saya terhadap lindane ini ternyata cukup menakutkan. Bahan ini merupakan racun syaraf, dan diketahui mengakibatkan kerusakan terhadap hati dan ginjal, dan diduga menyebabkan kanker. Peredarannya sudah dilarang di 52 negara dan dibatasi di 33 negara lainnya. Perdagangan internasionalnya dibatasi dan diatur oleh konvensi Rotterdam dan Produksi dan Penggunaannya untuk keperluan pertanian sudah dilarang berdasarkan konvensi Stockholm. WHO mendaftarkan bahan ini sebagai 'Moderately Hazardous'. Lengkapnya bisa dibaca di artikel Wikipedia ini Lindane - Wikipedia, the free encyclopedia

    Di Indonesia juga pernah dilakukan penelitian terhadap Peditox dan kesimpulannya adalah cara penggunaan yang disarankan sangat berlebihan baik dosis maupun waktunya, dan dampak penggunaan Peditox pada manusia ini perlu dikaji ulang. Dosis yang disarankan pada kemasan peditox ini ternyata 40 (empat puluh) kali lebih kuat dari yang dibutuhkan dan waktunya 10 kali lebih lama dari yang dibutuhkan! Lengkapnya hasil pelnelitian itu bisa dibaca disini Cermin Dunia Kedokteran

    Nah sekarang apakah anda masih apan memakaikan peditox di kepala anda anda? Kalau saya jawabannya sudah pasti, tidak.
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  2. yusiadi's Avatar
    yusiadi is online now RAFAC member yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of
    Real Name
    yustiadi
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    batam
    Posts
    1,550

    nice info, belum pernah sih pake peditox; lihat aja belum.. jangan sampe deh kutuan..
    memangnya kalau kena shampoo apa lagi yg mint apa gak kepedihan tuh kutunya.. ntar kan dibilas trus larut deh ikuti air.. hehehe..
    Salam,
    Yustiadi - Batam

  3. torocbrm's Avatar
    torocbrm is offline RegularFishy torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of
    Real Name
    Kusumantoro
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Bogor
    Posts
    1,200

    Betul pak, dulu kan sudah pernah ada anak yang tewas gara-gara obat kutu ini, beritanya ada di TV. Akan lebih berbahaya apabila pada saat menggunakannya terdapat banyak luka pada kulit kepala (biasanya akibat garukan).
    085710371317

  4. Julian Prasetyo is offline RegularFishy Julian Prasetyo is on a distinguished road
    Real Name
    Julian
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Bekasi
    Posts
    175

    Wah terima kasih info yg sangat bermanfaat ini Om fishy

  5. gabrielocta is offline RegularFishy gabrielocta has a spectacular aura about gabrielocta has a spectacular aura about gabrielocta has a spectacular aura about
    Real Name
    gabriel
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    jakarte
    Posts
    184

    info brguna skali...untung ga prnah pake n jgn sampe....thx pak

  6. innoth's Avatar
    innoth is offline RegularFishy innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute innoth has a reputation beyond repute
    Real Name
    -= andrie =-
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bueitenzorg..Paris van Java
    Posts
    3,475

    wew.. info yg berguna om..

    Sy dulu sering diguyang sama bokap pake peditox.. Seingat saya sewaktu awal2 SD..
    Anehnya knapa yg diserang hanya anak2 kecil yah ?
    -= www.mixobsession.blogspot.com =-

  7. pakdebenie's Avatar
    pakdebenie is offline RegularFishy pakdebenie will become famous soon enough
    Real Name
    Pakde Benie
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jogja always
    Posts
    325

    trims infone ....... mending cari kutu cara tradisional aja kayak monmon bisa sambil ngerumpi, maksudnya ngomongin spot yg banyak ikannya

  8. utha's Avatar
    utha is offline RegularFishy utha is on a distinguished road
    Real Name
    muchtar kadir
    Join Date
    May 2008
    Location
    makassar
    Posts
    56

    info yang sangat berguana

  9. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Quote Originally Posted by innoth View Post
    wew.. info yg berguna om..

    Sy dulu sering diguyang sama bokap pake peditox.. Seingat saya sewaktu awal2 SD..
    Anehnya knapa yg diserang hanya anak2 kecil yah ?
    Ya itu karena anak2 sering berkumpul brsama, di sekolah maupun antar jemput sekolah.
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  10. bahtiar2010's Avatar
    bahtiar2010 is offline RegularFishy bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of
    Real Name
    bahtiar efendi
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    gresik
    Posts
    941

    Makasih Banget Informasinya Pak Admin... berguna banget..

Closed Thread

Similar Threads

  1. Basmi Kutu Anjing
    By RBarra in forum Pets
    Replies: 23
    Last Post: 15-03-2011, 18:31
  2. Umpan kutu kupret mbah gentur
    By stromz in forum FishyBait
    Replies: 15
    Last Post: 15-11-2010, 20:37
  3. mati kutu alias boncossssss
    By dicha in forum FishyReport
    Replies: 12
    Last Post: 10-11-2010, 10:49
  4. obat kutu ikan mas
    By RUDY@HERLAMBANG in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 02-07-2010, 15:39
  5. obat kutu ikan mas
    By RUDY@HERLAMBANG in forum Kolam Galatama
    Replies: 1
    Last Post: 02-07-2010, 12:03

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts