Closed Thread
Results 1 to 10 of 10

Thread: Trick Mancing Bulan-bulan//help

  1. adji0505 is offline RegularFishy adji0505 is on a distinguished road
    Real Name
    purwadi
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    86

    Trick Mancing Bulan-bulan//help

    Dear All

    Mohon sharing ilmunya untuk mancing ikan bulan2, aku dah coba search di forum ini tp gak ketemu juga.

    Mo minta advisnya untuk umpan yg bagus apa yach, ada yg blng udang kecil ato pake roti tawar....trus untuk mancingnya dasar ato pake pelampung, trus ukuran kail or kenurnya berapa.?

    Thanks untuk berbagi pengalamannya.

    Salam
    Purwadi-Priok
    08161963291

  2. endra.setiyawan's Avatar
    endra.setiyawan is offline RegularFishy endra.setiyawan has a spectacular aura about endra.setiyawan has a spectacular aura about
    Real Name
    Endra Setiyawan
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Dulu "Belawan" - Kadang "Kediri" - Sekarang "Sidoarjo"
    Posts
    253

    Pak Adji...

    Sebelumnya saya ucapkan salam kenal...
    Saya juga gemar memancing ikan bulan2 di Pelabuhan Belawan.
    Pengalaman saya untuk memancing ikan ini adalah :

    1. Umpan biasanya menggunakan udang hidup. Ada kalanya ikan ini mau juga memakan udang kupas, namun ikan bulan2 paling sering saya dapat dengan udang hidup. ukuran Udang yang sering saya pake seukuran jari kelingking. Kalo menggunakan roti tawar saya belum pernah.
    2. Teknik mancing biasanya saya menggunakan pelambung dan timah pemberat kecil. Jarak dari Pelampung sampe ke mata kail kurang lebih 0.5 s/d 1 Mtr. Karena ikan ini suka main dan cari makan di permukaan air. Mata kail yang digunakan disesuaikan dengan besarnya umpan tadi dan benang yang saya pake dim. 0.35mm. Ikan Bulan-bulan mulutnya sangat lebar seperti ikan arwana dan permukaan giginya seperti ampelas (kertas gosok). Setelah strike dan ikan terangkat selalu saya perhatikan benang saya dan saya dapati benang menjadi kasar/getas. Untuk menghindari putus benag maka saya selalu menggunakan Snap dan swivel kecil. Untuk lebih jelasnya rangkaian yang saya pakai untuk main line yaitu Main Line, Stoper, Pelampung, timah kecil, Snap. Untuk Leader yaitu Swivel, Leader line dan terakhir mata kail. Sebaiknya bapak menyiapkan beberapa rangkaian leader saat mancing untuk mengganti banang yang sudah kasar/getas setelah strike.

    Demikian pengalaman saya, dan silahkan kawan-kawan menambahkan atau mengoreksi...
    Karena saya juga masih pemula dan dalam proses belajar...
    Perlu menyerap ilmu dari master-master angler yang ada di FF tercinta ini...
    Apabila ada salah kata mohon dimaafkan...

    Terima kasih,
    Endra

  3. adji0505 is offline RegularFishy adji0505 is on a distinguished road
    Real Name
    purwadi
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    86

    Mancing bulan-bulan

    [quote=endra.setiyawan;63474]Pak Adji...

    Sebelumnya saya ucapkan salam kenal...
    Saya juga gemar memancing ikan bulan2 di Pelabuhan Belawan.
    Pengalaman saya untuk memancing ikan ini adalah :

    ===============

    Dear Pa Endra

    Thanks alot untuk sharing pengalamannya, akan saya coba tipsnya, semoga aja ikan2nya gak pada alergi ama udang n ada yang bisa keangkat.

    Salam
    Purwadi-Priok
    08161963291

  4. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Mungkin unt bulan2 di Jakarta Anda bisa bertanya sama Edo aka cendro_gembul. Dia punya hotspot bulan2 banyak sekali dan menguasai teknik mancing berbagai macam. Mulai umpan hidup sampe minnow dan popper. Coba di PM aja tuh Edo.
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  5. adji0505 is offline RegularFishy adji0505 is on a distinguished road
    Real Name
    purwadi
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    86

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Mungkin unt bulan2 di Jakarta Anda bisa bertanya sama Edo aka cendro_gembul. Dia punya hotspot bulan2 banyak sekali dan menguasai teknik mancing berbagai macam. Mulai umpan hidup sampe minnow dan popper. Coba di PM aja tuh Edo.
    =============
    Thanks mas soni untuk infonya, nanti aku coba pm mas edo.

    salam
    Purwadi-Priok
    08161963291

  6. iwan rambe's Avatar
    iwan rambe is offline RegularFishy iwan rambe has a spectacular aura about iwan rambe has a spectacular aura about
    Real Name
    iwan nasution
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Banda Aceh
    Posts
    196

    pak adji salam kenal juga , saya inggin menambahkan sedikit tirk mancing bulan-bulan , kalau saya dengan cara meraut timah lilit kira-kira sepanjang 4cm biar mengkilat lalu lilit kebenang pancing , mata pancing harus dibawah timah pas, cara mancing nya lempar timah yang jauh lalu tarik deng cepat pasti disambar sama bulan-bulan . saya sudah lama menggunakan metode ini dan selalu berhasil, saya sering memancing nya dari atas dermaga .

  7. endra.setiyawan's Avatar
    endra.setiyawan is offline RegularFishy endra.setiyawan has a spectacular aura about endra.setiyawan has a spectacular aura about
    Real Name
    Endra Setiyawan
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Dulu "Belawan" - Kadang "Kediri" - Sekarang "Sidoarjo"
    Posts
    253

    Masukan dari Pak Iwan yang patut dicoba...
    It will be my next experiment...
    BTW, pake lure belum berhasil juga nich...
    Harus berlatih dan mencoba terus...

    Cheers up and striiikkkeeeee.......!!!

    Salam,
    Endra

  8. a_dewa is offline RegularFishy a_dewa is on a distinguished road
    Real Name
    setyo budhi r.
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    depok
    Posts
    51

    Mas purwadi tinggalnya di Priok ? Daerah mana mas di priok yang ada bulan2-nya ? Dulu saya juga sering mancing bulan2. Cuma harus dibedain, antara mancing bulan2 di air asin, atau di air tawar. Kalau di air asin asal mengkilat dan bergerak pasti disikat mas sama bulan2.
    Tapi kalo di air tawar agak susah ngakalinnya. Saya waktu itu baru berhasil naikin bulan2 di empang pasar pagi setelah make umpan ikan mas hidup. Mancingnya pake pelampung besar dengan jarak 1 m dari umpan ikan hidup. Kalau memang ada ikannya, gak akan lebih dari 1 menit pasti disambar.

    Kalau memang ada spot bulan2 daerah priok, tolong ajak-ajak ya pak.
    Not Expert. Just Like Fishing.
    ________________________
    S. Budhi R.

  9. adji0505 is offline RegularFishy adji0505 is on a distinguished road
    Real Name
    purwadi
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    86

    Quote Originally Posted by a_dewa View Post
    Mas purwadi tinggalnya di Priok ? Daerah mana mas di priok yang ada bulan2-nya ? Dulu saya juga sering mancing bulan2. Cuma harus dibedain, antara mancing bulan2 di air asin, atau di air tawar. Kalau di air asin asal mengkilat dan bergerak pasti disikat mas sama bulan2.
    Tapi kalo di air tawar agak susah ngakalinnya. Saya waktu itu baru berhasil naikin bulan2 di empang pasar pagi setelah make umpan ikan mas hidup. Mancingnya pake pelampung besar dengan jarak 1 m dari umpan ikan hidup. Kalau memang ada ikannya, gak akan lebih dari 1 menit pasti disambar.

    Kalau memang ada spot bulan2 daerah priok, tolong ajak-ajak ya pak.
    ============
    Dear Mas Dewa,

    Salam kenal yach,

    Aku di Priok, tepatnya di daerah Lagoa, aku sering mancing isengdi dalam Pelabuhan, kalo lg rame sih, ikan tanda2 or krapu juga ada, tp waktu itu kebetulan musim ikan bulan2 dan disebelahku ada yg mancing ngangkat terus, aku dah coba ikutin tp gak ada yg kena.

    Tapi sekarang masuk pelabuhan agak sulit mas, penjagaan diperketat, kl pun bs, kita parkir di depan pos dan masuknya lumayan jauh n panas, jadi skrng gak pernah masuk2 lg ke pelabuhan.

    Mas Dewa sering mancing dimana emang ?

    Salam
    Purwadi-Priok
    08161963291

  10. a_dewa is offline RegularFishy a_dewa is on a distinguished road
    Real Name
    setyo budhi r.
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    depok
    Posts
    51

    Quote Originally Posted by adji0505 View Post
    ============
    Dear Mas Dewa,

    Salam kenal yach,

    Aku di Priok, tepatnya di daerah Lagoa, aku sering mancing isengdi dalam Pelabuhan, kalo lg rame sih, ikan tanda2 or krapu juga ada, tp waktu itu kebetulan musim ikan bulan2 dan disebelahku ada yg mancing ngangkat terus, aku dah coba ikutin tp gak ada yg kena.

    Tapi sekarang masuk pelabuhan agak sulit mas, penjagaan diperketat, kl pun bs, kita parkir di depan pos dan masuknya lumayan jauh n panas, jadi skrng gak pernah masuk2 lg ke pelabuhan.

    Mas Dewa sering mancing dimana emang ?

    Salam
    Dulu saya juga rajin pak ke Gudang Arang Atau ke dermaga 301 di Pel. Priok. Tapi sekarang gak pernah gara-gara dilarang. Cuma kalo pancingnya gak kelihatan sih bebas.
    Sekarang ya paling mancing ke muara tawar atau ke kapal mati. Saya di kebantenan tinggalnya.
    Not Expert. Just Like Fishing.
    ________________________
    S. Budhi R.

Closed Thread

Similar Threads

  1. Lanjutan Trick mancing Belanak
    By yuri in forum FishyTrick
    Replies: 3
    Last Post: 04-06-2007, 14:57
  2. Bulan Mancing
    By George168 in forum FishyCharter
    Replies: 6
    Last Post: 03-06-2007, 07:38
  3. Tanya trick mancing kakap putih (barra)
    By Johan in forum FishyTrick
    Replies: 29
    Last Post: 30-05-2007, 15:59
  4. Trick mancing Belanak
    By yuri in forum FishyTrick
    Replies: 56
    Last Post: 08-05-2007, 07:37
  5. Tips & Trick mancing Baronang
    By Jovan in forum FishyTrick
    Replies: 9
    Last Post: 03-04-2007, 09:17

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts