Closed Thread
Results 1 to 5 of 5

Thread: Tehnik Mancing Udang

  1. bh3t0x's Avatar
    bh3t0x is offline RegularFishy bh3t0x will become famous soon enough bh3t0x will become famous soon enough
    Real Name
    Darto
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Pasarkemis-Tangerang
    Posts
    241

    Tehnik Mancing Udang

    Mohon pencerahan dari rekan-rekan, tentang tehnik mancing udang galah.

    1. Alat-alat yang digunakan untuk mancing udang galah:
    * Joran, Kenur, mata kail, rangkaian pancing
    2. Cara/tehnik mancing:
    * Tehnik ngoncer, Jeblug, ato nGarong?
    * Kalo umpan dimakan target, apakah perlu digentak?
    * Target yang nyangkut ke mata kail, apakah ditarik seperti mancing ikan biasa?
    * Umpan apa yang paling efektif untuk udang galah?

    Sekian dulu pertanyaan dari saya, kalo ada yang mau menambahkan dipersilahkan,
    bagi para pendekar penakluk udang jangan sungkan-sungkan berbagi ilmu dan pengalamannya.
    Semoga Allah SWT yang akan membalas semua amal ibadah kita semua. Amiiinnnnn...

    Terima kasih atas info dan perhatiannya,
    Last edited by bh3t0x; 19-07-2007 at 18:20.
    SAIL OVER 7 SEAS

    SMILE!
    Because it's the second best thing you can do with your
    LIPS

  2. bonito's Avatar
    bonito is offline RAFAC member bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future bonito has a brilliant future
    Real Name
    Jerry L.
    Join Date
    Apr 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    5,098

    Pak Darto, sepertinya topik ini sudah bbrp kali dibahas. Silahkan gunakan fitur search.
    Bagi rekan-rekan lain yg ingin menambahkan trick mancing udang galah selain yg sudah pernah dibahas, dipersilahkan.
    Tight lines!
    FF id. 766

    email:
    dogol22@yahoo.com
    bonito@rafac.fishyforum.com

  3. Als_joness's Avatar
    Als_joness is offline RegularFishy Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of
    Real Name
    Als
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    Jati - Tangerang
    Posts
    3,478

    [QUOTE=bh3t0x;59012]Mohon pencerahan dari rekan-rekan, tentang tehnik mancing udang galah.

    1. Alat-alat yang digunakan untuk mancing udang galah:
    * Joran, Kenur, mata kail, rangkaian pancing

    * Peralatan untuk udang ini memang khusus pak
    - Rod/joran extra lentur pada bagian ujungnya biasanya rod teleskopik,
    - Senar pake dgn diameter 0.25 s/d 0.35 mm
    - Mata kail/hook jg khusus dan banyak tersedia ditoko pancing
    - Rangkaian pancing bisa menggunakan Mata kail tunggal / ganda (bercabang seperti rangkaian manncing ikan mas) dgn memakai pemberat/timah ditengahnya seukuran jari kelingking anak2.

    2. Cara/tehnik mancing:
    * Tehnik ngoncer, Jeblug, ato nGarong?
    - Biasanya dgn cara jebluk terkadang kalo arus tdk jln pake pelampung jg pak.

    * Kalo umpan dimakan target, apakah perlu digentak?
    - Tidak perlu digentak, tinggal mengikuti udang tersebut dgn ditarik ulur sampai ketepian sungai dan kunci utamanya HARUS SABAR.

    * Target yang nyangkut ke mata kail, apakah ditarik seperti mancing ikan biasa?
    - Ditariknya seperti biasa tp MUSTI extra sabar jgn terburu-buru karena udang tsb akan melepaskan umpan (usahakan ketika retrieve udang tsb tdk curiga atau merasakan kita sedang retrieve reel). Dan setelah sampai ditepian sungai baru diserok dgn caduk (Jaring ikan)tp sekali jgn terburu-buru karena udang akan melepaskan umpan jika melihat ada pergerakan dipermukaan.

    * Umpan apa yang paling efektif untuk udang galah?
    - Biasanya pemancing menggunakan cacing tanah/sawah dgn ukuran sebesar lidi dgn di chumming dulu pake kelapa parut.


    Gitu deh pengalaman sy dan teman2 saya pak darto waktu mancing di sungai Tanjung Burung Tanjung pasir. Mudah2an berguna...

    Salam...
    Salam
    Als

    E-mail : alfhareza@yahoo.com or als@bosung.co.id



  4. bh3t0x's Avatar
    bh3t0x is offline RegularFishy bh3t0x will become famous soon enough bh3t0x will become famous soon enough
    Real Name
    Darto
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Pasarkemis-Tangerang
    Posts
    241

    [quote=Als_joness;60056]
    Quote Originally Posted by bh3t0x View Post
    Mohon pencerahan dari rekan-rekan, tentang tehnik mancing udang galah.

    1. Alat-alat yang digunakan untuk mancing udang galah:
    * Joran, Kenur, mata kail, rangkaian pancing

    * Peralatan untuk udang ini memang khusus pak
    - Rod/joran extra lentur pada bagian ujungnya biasanya rod teleskopik,
    - Senar pake dgn diameter 0.25 s/d 0.35 mm
    - Mata kail/hook jg khusus dan banyak tersedia ditoko pancing
    - Rangkaian pancing bisa menggunakan Mata kail tunggal / ganda (bercabang seperti rangkaian manncing ikan mas) dgn memakai pemberat/timah ditengahnya seukuran jari kelingking anak2.

    2. Cara/tehnik mancing:
    * Tehnik ngoncer, Jeblug, ato nGarong?
    - Biasanya dgn cara jebluk terkadang kalo arus tdk jln pake pelampung jg pak.

    * Kalo umpan dimakan target, apakah perlu digentak?
    - Tidak perlu digentak, tinggal mengikuti udang tersebut dgn ditarik ulur sampai ketepian sungai dan kunci utamanya HARUS SABAR.

    * Target yang nyangkut ke mata kail, apakah ditarik seperti mancing ikan biasa?
    - Ditariknya seperti biasa tp MUSTI extra sabar jgn terburu-buru karena udang tsb akan melepaskan umpan (usahakan ketika retrieve udang tsb tdk curiga atau merasakan kita sedang retrieve reel). Dan setelah sampai ditepian sungai baru diserok dgn caduk (Jaring ikan)tp sekali jgn terburu-buru karena udang akan melepaskan umpan jika melihat ada pergerakan dipermukaan.

    * Umpan apa yang paling efektif untuk udang galah?
    - Biasanya pemancing menggunakan cacing tanah/sawah dgn ukuran sebesar lidi dgn di chumming dulu pake kelapa parut.


    Gitu deh pengalaman sy dan teman2 saya pak darto waktu mancing di sungai Tanjung Burung Tanjung pasir. Mudah2an berguna...

    Salam...
    Suhu Jerry, sebelumnya emang udah saya search. Tapi setelah disearch, aku nggk sabaran ngliat hasil search topik "mancing udang"; banyak banget. Ditambah dengan line akses internet sedang snut-snut....

    Suhu Als.... dulu sewaktu kecil emang pernah ngelihat orang mancing udang di Palembang, tapi rada lupa dan ragu.

    Tengkiu suhu Als dan Jerry
    SAIL OVER 7 SEAS

    SMILE!
    Because it's the second best thing you can do with your
    LIPS

  5. aryanto's Avatar
    aryanto is offline RegularFishy aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold
    Real Name
    Aryanto Purnomo
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Jogja - Jambi
    Posts
    252

    Mas,

    Saya pernah tulis trik mancing udang di FishyForum, berikut adalah link-nya :

    http://www.fishyforum.com/t4880/

    Rasanya sih mau mancing udang di sungai, tambak atau laut tekniknya sama.

    Semoga bermanfaat.

    salam
    aryanto
    [B]The worst day fishing is still better than a good day at work [/B]
    [FONT="Comic Sans MS"][I]Kerja ya kerja, tapi jangan sampai ganggu mancingnya...[/I][/FONT]

Closed Thread

Similar Threads

  1. Mancing udang pancet di PIK
    By hampala in forum FishyPond
    Replies: 11
    Last Post: 16-08-2007, 06:54
  2. Mancing udang di Sungai Batanghari - Jambi
    By aryanto in forum FishyWild
    Replies: 10
    Last Post: 29-06-2007, 18:03
  3. Tehnik Mancing udang
    By sigit in forum FishyTrick
    Replies: 22
    Last Post: 29-05-2007, 12:17
  4. Mancing udang di Sungai
    By uhsirait in forum FishyWild
    Replies: 13
    Last Post: 01-09-2006, 09:13
  5. Frustasi mancing pake umpan udang hidup
    By Devisal in forum FishyTrick
    Replies: 5
    Last Post: 03-04-2006, 11:50

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts