Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Memilih hari yg bagus buat mancing.

  1. Joko.A's Avatar
    Joko.A is offline RegularFishy Joko.A is a jewel in the rough Joko.A is a jewel in the rough Joko.A is a jewel in the rough
    Real Name
    Fishing For Fun
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    medan
    Posts
    343

    Memilih hari yg bagus buat mancing.

    Salam buat semua mania mancing..

    Saya masih bingung dalam hal memilih Hari yg baik buat mancing.Apakah saat pasang besar? pasang kecil ? atau Air sorong?

    Mohon petunjuk Para senior.

  2. Sportfisherman's Avatar
    Sportfisherman is offline Sportfisherman Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future
    Real Name
    John I. HambaLi
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,711

    Pasang n surut ( arus mati ) selagi kita berangkat atau pulang , jadi begitu sampai di lokasi , arus sudah ada . Percuma berangkat waktu arus ada tetapi begitu sampai di lokasi arus berhenti .

    Jon .
    It's not what you don't know that gets you into troubles , it's what you know for sure that ain't so . Mark Twain .

  3. Als_joness's Avatar
    Als_joness is offline RegularFishy Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of
    Real Name
    Als
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    Jati - Tangerang
    Posts
    3,477

    Quote Originally Posted by Joko.A View Post
    Salam buat semua mania mancing..

    Saya masih bingung dalam hal memilih Hari yg baik buat mancing.Apakah saat pasang besar? pasang kecil ? atau Air sorong?

    Mohon petunjuk Para senior.
    .

    Sebagian udah disebut oleh Pak Admin kita pak...

    Dan tambahan kalo untuk mancing malam pilih hari yg gelap bukan purnama, biasanya sy turun pd tgl diatas tgl 20 (bulan Jawa) biasanya pd saat purnama arus deras dan ketinggian air lebih tinggi dari pada hari biasa.
    Salam
    Als

    E-mail : alfhareza@yahoo.com or als@bosung.co.id



  4. sh33v4's Avatar
    sh33v4 is offline RegularFishy sh33v4 has a spectacular aura about sh33v4 has a spectacular aura about sh33v4 has a spectacular aura about
    Real Name
    Andri
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    Soerabaia
    Posts
    485

    menurut nelayan lokal
    paling baik trolling itu 1-3 hari sebelum dan sesudah purnama
    paling baik mancing dasar itu 10 hari sesudah purnama atau yang disebut orang bali mangda

    tapi kalo tangan udah gatal mancing yah udah nggak lihat posisi bulan lagi
    badai aja mancing(sinting )
    God more than fishing

  5. Jabricks's Avatar
    Jabricks is offline SponsorFishy Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future
    Real Name
    Wiwied
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Alor - East Nusa Tenggara
    Posts
    3,927

    kalo menurut hasil wawancara dengan berbagai kalanyan nelayan dimanapun saya pernah mancing..... rata2 tgl baik adalah:

    - tgl 4 s/d tgl 11
    - tgl 21 sd tgl 26

    ini tanggalan bulan (lunar calendar), bukan tanggalan matahari.

    jadi, kalo mo mancing, liat calender yang ada penanggalan jawa/cina/arab nya.

  6. sh33v4's Avatar
    sh33v4 is offline RegularFishy sh33v4 has a spectacular aura about sh33v4 has a spectacular aura about sh33v4 has a spectacular aura about
    Real Name
    Andri
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    Soerabaia
    Posts
    485

    om wied ada penjelasannya nggak yah, knapa bisa begitu? terus bagusnya mancing apa itu om?

    kalo yang 1-3 hari sebelum dan sesudah purnama itu kata nelayan ombaknya besar jadi tidak cocok mancing dasar sedangkan hari ke 10 setelah purnama rata2 ombaknya tidak besar jadi mancing dasar tidak begitu pusing

    Quote Originally Posted by Jabricks View Post
    kalo menurut hasil wawancara dengan berbagai kalanyan nelayan dimanapun saya pernah mancing..... rata2 tgl baik adalah:

    - tgl 4 s/d tgl 11
    - tgl 21 sd tgl 26

    ini tanggalan bulan (lunar calendar), bukan tanggalan matahari.

    jadi, kalo mo mancing, liat calender yang ada penanggalan jawa/cina/arab nya.
    God more than fishing

  7. Pak Djupri's Avatar
    Pak Djupri is offline RegularFishy Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of
    Real Name
    lie djupriadi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    cirebon
    Posts
    2,204

    Quote Originally Posted by Jabricks View Post
    kalo menurut hasil wawancara dengan berbagai kalanyan nelayan dimanapun saya pernah mancing..... rata2 tgl baik adalah:

    - tgl 4 s/d tgl 11
    - tgl 21 sd tgl 26

    ini tanggalan bulan (lunar calendar), bukan tanggalan matahari.

    jadi, kalo mo mancing, liat calender yang ada penanggalan jawa/cina/arab nya.
    Kalau tanggalan matahari pasti antara tanggal 27 s/d 7 ya Oom Wiwied. Habis gajian masih ada dana untuk trip ha3.
    Kalau masalah waktu mancing rasanya saya pernah baca tulisan di majalah Tip & Trick kalau ngga salah yang mengulas Bp Susanto Nursewan ya.


    Salam

  8. Jabricks's Avatar
    Jabricks is offline SponsorFishy Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future Jabricks has a brilliant future
    Real Name
    Wiwied
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Alor - East Nusa Tenggara
    Posts
    3,927

    tanggalan matahari sama bulan selalu bergeser tiap bulannya karena beda jumlah hari dalam sebulan.

    penjelasan ilmiahnya saya juga ga terlalu mengerti sih, soalnya ini bener2 hasil dari wawancara orang2 lokal di semua daerah yang pernah saya kunjungi, sama hasil wawancara kapten2 kapal tuh... itu juga cuma tanggal rata2 saja... tiap daerah ada beda antara 1-2 hari, tapi rata2 semua ya tanggal2 segituan...

    kalo saya cocokin sama tide table, emang tgl2 segitu tuh arus sedang2 aja, ga mati dan ga terlalu kenceng.

  9. kartono's Avatar
    kartono is offline RegularFishy kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold kartono is a splendid one to behold
    Real Name
    Kartono
    Join Date
    Sep 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,133

    Quote Originally Posted by sh33v4 View Post
    om wied ada penjelasannya nggak yah, knapa bisa begitu? terus bagusnya mancing apa itu om?

    kalo yang 1-3 hari sebelum dan sesudah purnama itu kata nelayan ombaknya besar jadi tidak cocok mancing dasar sedangkan hari ke 10 setelah purnama rata2 ombaknya tidak besar jadi mancing dasar tidak begitu pusing

    Sheeva maksudnya OMBAK apa ARUS yang besar ya . . . ?
    GBU Thx

  10. sh33v4's Avatar
    sh33v4 is offline RegularFishy sh33v4 has a spectacular aura about sh33v4 has a spectacular aura about sh33v4 has a spectacular aura about
    Real Name
    Andri
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    Soerabaia
    Posts
    485

    Quote Originally Posted by kartono View Post
    Sheeva maksudnya OMBAK apa ARUS yang besar ya . . . ?
    GBU Thx
    ombak dan arus om karena itu pusing kalau bottom fishing kapal goyang2 jadinya
    selain itu sinkernya juga nggak bisa lurus

    GBU TOO om
    God more than fishing

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Mancing beronang malam hari, mungkinkah..?
    By arip in forum FishyRabbit
    Replies: 10
    Last Post: 20-05-2007, 22:41
  2. cari dana buat mancing
    By hance meitayana in forum Off Topic
    Replies: 43
    Last Post: 06-05-2007, 23:32
  3. Persiapan Mancing Malam Hari
    By Jovan in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 23-04-2007, 12:36
  4. Musim paling bagus buat mancing
    By babybaracuda in forum FishyTalk
    Replies: 8
    Last Post: 09-04-2007, 22:56
  5. mancing di siang hari atau malam hari
    By abdurrahman in forum FishyTrick
    Replies: 4
    Last Post: 13-11-2006, 17:11

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts