Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 27

Thread: tips Rangkaian dan cara pemakaian umpan lumut untuk Nila dan bandeng

  1. flyfishing6874's Avatar
    flyfishing6874 is offline RegularFishy flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough
    Real Name
    L-din arhanandhita
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    jember - jawa timur
    Posts
    151

    tips Rangkaian dan cara pemakaian umpan lumut untuk Nila dan bandeng

    sebelonnya maap klo trit ane repost....
    sekedar share aja ...
    cara / trik dalam pemakaian umpan lumut mungkin sebagaian besar sama ... tapi ini sekedar share aja... kali aja ada perbedaan...
    dulu saat pertama kali pakek umpan lumut ane bingung ..gimana cara supaya lumut bisa nempel ke kail .....
    saya coba pakai rangkain dua mata kail ternyata kurang efektif... ikan sering mocel..bahkan sering gagal strike..apalagi untuk nila ukuran 3 jari susahnya minta ampun,....

    setelah sekian lama dicoba2...ahirnya ketemu juga cara yg minurut ane bener2 efektif buat ikan gede maupun ikan kecil....Syaratnya ; .

    RANGAKAIAN UNTUK UMPAN LUMUT
    1. Pakai lumut halus / dibikin halus
    2. pakai mata kail ukuran kecil (1/2)
    3. line pakai PE ukuran kecil (0.25/0.30)
    4. pakai 3 s/d 4 mata kail ..tiap line berisi dua mata kail yg dipasang tanpa jarak
    5. gunakan isi pulpen yg diganjal dengan stopper ... gunanya sebagai pegangan saat kita muterin lumut..
    6. panjang line (total panjang rangkain) -+ 10 cm
    catatan : untuk ikan besar biasanya tiga2nya ketelen semua... untuk ikan 4 jari kebawah biasanya kail pling atas dan tengah yg paling sering nyantol ke bibir mbak nila


    CARA PEMAKAIAN LUMUT :
    lumut sekarang emang lagi sulit dicari ... jadi jangan sampe si lumut kebuang sia sia....
    1. Pakai Tegeg + pelampung ukuran medium sehingga bisa pake pemberat yg cukup untuk meluncurkan secara cepat umpan ke dasar aer...
    2. gunakan wadah yg sesuai / nyaman saat kita menggulung lumut pake rangkaian
    3. untuk lumut kasar haluskan dengan penyedap rasa (mis; royco , vanili , garam)
    4. untuk Bandeng : campurkan essen durian, pandan, lichee dan mint
    5. untuk nila : essen durian + strawbery (tergantung kondisi aer)
    6. untuk ngebom lumut jangan dilempar, kurang efektif.. lumutnya malah nyebar kebawa arus aer caranya : pegang ujung kail yg paling bawah pake tangan kiri .celupkan ke dasar wadah lumut , tangan kanan megang pangkal rangkaian lalu putar (hanya tangan kanan saja yg muter, yg kiri diem) semakin banyak putaran maka semakin gede lumut yg melekat..bahkan bisa sampe segede tikus mati....
    7. kalo tidak untuk ngebom cukup gunakan pegangan rangkaian, lalu putar pada permukaannya saja
    8. taruh pelan2 ke spot yg diinginkan ... syuuuuttt... umpan meluncur.... pas pelampung tegak ..sentak joran... gitu seterusnya ampe bom lumut dirasa cukup.....cara ini minurut ane efektip untuk ngumpulin ikan gede ...
    9. jarak umpan lumut kira2 20cm dari dasar air/kolam ...
    10. untuk danau tergantung kedalaman... untuk kedalaman 5m keatas kedalaman umpan 4m
    11. klo pake lumut ane gak pernah ngebom pake pelet....minurut ane malah gak efektip

    nah begono....
    ... mohon maap klo kliru ato repost....
    ini sekedar berbagi pengalaman cara mancing menguunakan lumut yg selama ini ane dan temen2 praktekin.....semoga bermanpaat.......

    ini gambar rangkainnya :
    Attached Images
    keep fishing ....

  2. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,087

    maap numpang nanya.... ntu rangkaian kalo di dalem air ngga lelilit satu sama yng lain kah...??
    kenapa ngga pake sistem kumis om... atau kayak sistem drop shoot...???

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  3. flyfishing6874's Avatar
    flyfishing6874 is offline RegularFishy flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough
    Real Name
    L-din arhanandhita
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    jember - jawa timur
    Posts
    151

    kalo pakek model kumis ngumpulnya lumut dan daya lekatnya kurang bagus oms....
    tujuan pakek PE memang supaya kedua line tetap menyatu... sehingga ketiga kail tetep dalam satu gumpalan lumut....kadang saat strike (untuk nila)..line pertama melekat di biibir satunya melekat di sirip atas ikan sehingga posisi ikan saat keangkat horizontal....
    keep fishing ....

  4. imran's Avatar
    imran is offline RegularFishy imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future
    Real Name
    Imron Tanjong
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    banda aceh.
    Posts
    3,364

    Nice tips om...nambah ilmu N wawasan.

  5. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,087

    Quote Originally Posted by flyfishing6874 View Post
    ..line pertama melekat di biibir satunya melekat di sirip atas ikan sehingga posisi ikan saat keangkat horizontal....
    oooo gitu kamsudnya... ngerti deh....
    nanyanya nambah boleh ngga...??? kekekekekek
    pake PE ikan ngga jadi takut ya....???
    soale saya kalo mancing nila/mujaer suka pake kenur bening.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  6. flyfishing6874's Avatar
    flyfishing6874 is offline RegularFishy flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough flyfishing6874 is a jewel in the rough
    Real Name
    L-din arhanandhita
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    jember - jawa timur
    Posts
    151

    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    oooo gitu kamsudnya... ngerti deh....
    nanyanya nambah boleh ngga...??? kekekekekek
    pake PE ikan ngga jadi takut ya....???
    soale saya kalo mancing nila/mujaer suka pake kenur bening.
    ane jugak kepikiran gitu oms... tapi saat ane cobak kok keliatannya nggak tuh... lagian minurut ane warna PE ama lumut ampir sama...
    tapi ada beberapa empang yg ikannya sensitip . ganti aja pake kenur bening dan panjang rangkaian ditambah tanpa menggunakan pegangan...
    keep fishing ....

  7. Bang_Marga's Avatar
    Bang_Marga is offline RegularFishy Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future
    Real Name
    Bang Marga
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Ciledug Tangerang/Jakarta
    Posts
    2,492

    nice info...aye pengen nyobain ahhh kali aje nyangkut entu mbak nila.....donga in ye.....!!!!

  8. Si Kumpay's Avatar
    Si Kumpay is offline Your Buddy's Fishing Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future Si Kumpay has a brilliant future
    Real Name
    Veru
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    2,882

    Quote Originally Posted by Bang_Marga View Post
    nice info...aye pengen nyobain ahhh kali aje nyangkut entu mbak nila.....donga in ye.....!!!!
    Ammmiiiiiinnnnnnnnnn

    Nice info,...thanks anyway

  9. Rudy 007's Avatar
    Rudy 007 is offline Belajar mancing Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute
    Real Name
    Rudy Limansia
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Semarang
    Posts
    10,490

    Saya biasanya memakai 2 kail no (7-10) dgn 2 utas PE (lebih gampang ngikat kail kecil). Hanya jarak kail dibuat agak dekat hanya selisih 3-4mm .
    So far ga ada masalah buat menggantung lumut tuh. Soal lumut saya malah ga suka yg terlalu halus, mending yg sedikit kasar dan panjang2.
    Rgds,
    Rudy. EMAIL : Rudysen@fishyforum.com

    Link for the new FF member

    http://www.fishyforum.com/fishysalt/...khususnya.html

    If better is possible, so, good is not enough.

  10. bahtiar2010's Avatar
    bahtiar2010 is offline RegularFishy bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of
    Real Name
    bahtiar efendi
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    gresik
    Posts
    941

    Numpang masukan... Rangkaian sudah ok... bisa 3 atau 4 mata pancing.... jarang dari jarak panjang senar dr sedotan ke pancing pertam pangkal agak kepanjangan kalo bisa pendekkan dikit.. jarak pancing terakhir (ujung/pucuk) kalau bisa direnggangkan lg... dari beberapa kali say membuat rangkaian pancing luut jarak pancing rapat dan jarak tali sedotan ke pancing pertam terlalu panjang mempengaruhi rate strike ikan karena mulut ikan tidak leluasa menyedot umpan... paling bagus menggunakan pancing hitam atau putih tanpa lubang.. dengan ujung hook agak pipih..

    Untuk kenul menggnakan pe atau nilon kecil.... sebab dekan senar biasa mudah kriting...

    pancing emang sesekali mbulet oleh lumut tp prosentasinya 20 kali embulet 2x..

    semoga bermanfaat.... maafyang sebesar2nya kalau sekiranya dianggap sok tahu dan menggurui... tujuan utama ahanya menambah share saja...
    Bahtiar ;
    Sesama Angler seduluran

    http://paguyubanpemancinggresik.blogspot.com

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Mancing nila dgn umpan lumut
    By busan in forum FishyPond
    Replies: 95
    Last Post: 28-10-2011, 13:35
  2. Memancing cara PARABOLA untuk ikan Nila
    By Muhammad Makmum in forum FishyIntro
    Replies: 2
    Last Post: 20-04-2010, 12:20
  3. Cara Pemakaian Umpan
    By didi_Nias in forum FishyTackle
    Replies: 3
    Last Post: 16-05-2008, 14:34
  4. Ask: Leader untuk mancing nila pake lumut
    By mogong in forum FishyWild
    Replies: 2
    Last Post: 23-02-2008, 17:17
  5. Lumut sawah untuk umpan Nila
    By candra in forum FishyWild
    Replies: 26
    Last Post: 19-06-2006, 16:01

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts