Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Karat: Mengapa Bisa Terjadi dan Bagaimana Mencegahnya

  1. kakapmerah's Avatar
    kakapmerah is offline Pemancing Segala Arah kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute
    Real Name
    ADE/DEA
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    7,100

    Karat: Mengapa Bisa Terjadi dan Bagaimana Mencegahnya

    Korosi atau perkaratan sangat lazim terjadi pada besi. Besi merupakan logam yang mudah berkarat. Karat besi merupakan zat yang dihasilkan pada peristiwa korosi, yaitu berupa zat padat berwarna coklat kemerahan yang bersifat rapuh serta berpori. Rumus kimia dari karat besi adalah Fe2O3.xH2O. Bila dibiarkan, lama kelamaan besi akan habis menjadi karat.
    Dampak dari peristiwa korosi bersifat sangat merugikan. Contoh nyata adalah keroposnya jembatan, bodi mobil, ataupun berbagai konstruksi dari besi lainnya.Siapa di antara kita tidak kecewa bila bodi mobil kesayangannya tahu-tahu sudah keropos karena korosi. Pasti tidak ada. Karena itu, sangat penting bila kita sedikit tahu tentang apa korosi itu, sehingga bisa diambil langkah-langkah antisipasi.
    Peristiwa korosi sendiri merupakan proses elektrokimia, yaitu proses (perubahan / reaksi kimia) yang melibatkan adanya aliran listrik. Bagian tertentu dari besi berlaku sebagai kutub negatif (elektroda negatif, anoda), sementara bagian yang lain sebagai kutub positif (elektroda positif, katoda). Elektron mengalir dari anoda ke katoda, sehingga terjadilah peristiwa korosi
    Ion besi (II)yang terbentuk pada anoda selanjutnya teroksidasi menjadi ion besi (III) yang kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi (karat besi), Fe2O3.xH2O. (ane tulis besar2 biar paham apa itu karat)
    Dari reaksi terlihat bahwa korosi melibatkan adanya gas oksigen dan air. Karena itu, besi yang disimpan dalam udara yang kering akan lebih awet bila dibandingkan ditempat yang lembab. Korosi pada besi ternyata dipercepat oleh beberapa faktor, seperti tingkat keasaman, kontak dengan elektrolit, kontak dengan pengotor, kontak dengan logam lain yang kurang aktif (logam nikel, timah, tembaga), serta keadaan logam besi itu sendiri (kerapatan atau kasar halusnya permukaan).
    Pencegahan korosi
    Pencegahan korosi didasarkan pada dua prinsip berikut :
    - Mencegah kontak dengan oksigen dan/atau air
    Korosi besi memerlukan oksigen dan air. Bila salah satu tidak ada, maka peristiwa korosi tidak dapat terjadi. Korosi dapat dicegah dengan melapisi besi dengan cat, oli, logam lain yang tahan korosi (logam yang lebih aktif seperti seg dan krom). Penggunaan logam lain yang kurang aktif (timah dan tembaga) sebagai pelapis pada kaleng bertujuan agar kaleng cepat hancur di tanah. Timah atau tembaga bersifat mampercepat proses korosi.
    - Perlindungan katoda (pengorbanan anoda)
    Besi yang dilapisi atau dihubugkan dengan logam lain yang lebih aktif akan membentuk sel elektrokimia dengan besi sebagai katoda. Di sini, besi berfungsi hanya sebagai tempat terjadinya reduksi oksigen. Logam lain berperan sebagai anoda, dan mengalami reaksi oksidasi. Dalam hal ini besi, sebagai katoda, terlindungi oleh logam lain (sebagai anoda, dikorbankan). Besi akan aman terlindungi selama logam pelindungnya masih ada / belum habis. Untuk perlindungan katoda pada sistem jaringan pipa bawah tanah lazim digunakan logam magnesium, Mg. Logam ini secara berkala harus dikontrol dan diganti.
    -Membuat alloy atau paduan logam yang bersifat tahan karat, misalnya besi dicampur dengan logam Ni dan Cr menjadi baja stainless (72% Fe, 19%Cr, 9%Ni).
    Tips mencegah korosi

    1. Pengecatan. Jembatan, pagar, dan railing biasanya dicat. Cat menghindarkan kontak dengan udara dan air. Cat yang mengandung timbel dan zink (seng) akan lebih baik, karena keduanya melindungi besi terhadap korosi.
    2. Pelumuran dengan Oli atau Gemuk. Cara ini diterapkan untuk berbagai perkakas dan mesin. Oli dan gemuk mencegah kontak dengan air.
    3. Pembalutan dengan Plastik. Berbagai macam barang, misalnya rak piring dan keranjang sepeda dibalut dengan plastik. Plastik mencegah kontak dengan udara dan air.
    4. Tin Plating (pelapisan dengan timah). Kaleng-kaleng kemasan terbuat dari besi yang dilapisi dengan timah. Pelapisan dilakukan secara elektrolisis, yang disebut tin plating. Timah tergolong logam yang tahan karat. Akan tetapi, lapisan timah hanya melindungi besi selama lapisan itu utuh (tanpa cacat). Apabila lapisan timah ada yang rusak, misalnya tergores, maka timah justru mendorong/mempercepat korosi besi. Hal itu terjadi karena potensial reduksi besi lebih negatif daripada timah. Oleh karena itu, besi yang dilapisi dengan timah akan membentuk suatu sel elektrokimia dengan besi sebagai anode. Dengan demikian, timah mendorong korosi besi. Akan tetapi hal ini justru yang diharapkan, sehingga kaleng-kaleng bekas cepat hancur.
    5. Galvanisasi (pelapisan dengan Zink). Pipa besi, tiang telepon dan berbagai barang lain dilapisi dengan zink. Berbeda dengan timah, zink dapat melindungi besi dari korosi sekalipun lapisannya tidak utuh. Hal ini terjadi karena suatu mekanisme yang disebut perlindungan katode. Oleh karena potensial reduksi besi lebih positif daripada zink, maka besi yang kontak dengan zink akan membentuk sel elektrokimia dengan besi sebagai katode. Dengan demikian besi terlindungi dan zink yang mengalami oksidasi (berkarat). Badan mobil-mobil baru pada umumnya telah digalvanisasi, sehingga tahan karat.
    6. Cromium Plating (pelapisan dengan kromium). Besi atau baja juga dapat dilapisi dengan kromium untuk memberi lapisan pelindung yang mengkilap, misalnya untuk bumper mobil. Cromium plating juga dilakukan dengan elektrolisis. Sama seperti zink, kromium dapat memberi perlindungan sekalipun lapisan kromium itu ada yang rusak.
    7. Sacrificial Protection (pengorbanan anode). Magnesium adalah logam yang jauh lebih aktif (berarti lebih mudah berkarat) daripada besi. Jika logam magnesium dikontakkan dengan besi, maka magnesium itu akan berkarat tetapi besi tidak. Cara ini digunakan untuk melindungi pipa baja yang ditanam dalam tanah atau badan kapal laut. Secara periodik, batang magnesium harus diganti.

    Catatan: itu sebabnya saya tidak melakukan respoling pe karena bisa membuat oksigen terperangkap dalam spool. Oksigen ini juga ketemu dengan air dan menempel pada spol, ditambah ada garam, maka jadilah karat itu
    MANCING MENJADIKANKU MEMILIKI BANYAK TEMAN

  2. imran's Avatar
    imran is offline RegularFishy imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future imran has a brilliant future
    Real Name
    Imron Tanjong
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    banda aceh.
    Posts
    3,364

    Kalo daerah pesisir macam Qmi apalagi pernah di gulung tsunami,karatan jadi momok tersendr om..kalo bahasa awamnya udaranya terlalu membawa uap laut,itu benar ga ya?.

  3. rushday's Avatar
    rushday is offline Regular Fishy rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future
    Real Name
    Rushday
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jatiwaringin, Pd.Gede, Bekasi
    Posts
    3,931

    thanks atas pencerahannya bos........

  4. edkuto is offline PremiumFishy edkuto is just really nice edkuto is just really nice edkuto is just really nice edkuto is just really nice edkuto is just really nice
    Real Name
    edwar kesnal
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Serang - Banten
    Posts
    244

    thanks infonya bro dea,,,sedikit menambahi nh,,, seperti bro dea tulis kalau korosi itu adalah suatu proses elektrokimia dimana korosi akan lebih cepat terjadi dilingkungan/ dlm larutan elektrolit... salah satunya larutan elektrolit ini adalah air laut dimana banyak terlarut garam. jadi salah satu cara untuk menghalangi/memperlambat korosi adalah membersihkan alat dari air garam (air laut)...untuk hal ini saya sih biasanya abis trip arsenalnya dicuci/lap pake air panas...(hehhe...tripnya sh masih jarang....maklum newbie... n mungkin bro2 lain punya trik sendiri2 untuk mencegah korosi....

  5. Wahyu Kusuma's Avatar
    Wahyu Kusuma is offline RegularFishy Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future
    Real Name
    wahyu kusuma
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    jakarta pusat
    Posts
    1,859

    Boa ade,,,,numpang ikut baca ah treadnya.............
    mantabs dech dpet pelajaran ilmu kimia,,,,,,,

    salam gentak,,,,,,,,,,,,,,

  6. kakapmerah's Avatar
    kakapmerah is offline Pemancing Segala Arah kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute
    Real Name
    ADE/DEA
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    7,100

    Quote Originally Posted by imran View Post
    udaranya terlalu membawa uap laut,itu benar ga ya?.
    daerah pantai memang begitu. percikan ombak membuat uap garam

    Quote Originally Posted by rushday View Post
    thanks atas pencerahannya bos........
    apanya yang cerah, he he he he

    Quote Originally Posted by edkuto View Post
    tn mungkin bro2 lain punya trik sendiri2 untuk mencegah korosi....
    thanks bro. kalau kita sudah tahu karat disebabkan oleh apa, maka kita bisa mencegahnya. beragam cara yang bisa dilakukan

    Quote Originally Posted by Wahyu Kusuma View Post
    B......
    mantabs dech dpet pelajaran ilmu kimia,,,,,,,
    ,,,
    jangan numpang aja om, sekalian share ilmunya, hi hi hi
    untung dulu pelajaran kimia di sekolah gak suka tidur
    MANCING MENJADIKANKU MEMILIKI BANYAK TEMAN

  7. kakapmerah's Avatar
    kakapmerah is offline Pemancing Segala Arah kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute
    Real Name
    ADE/DEA
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    7,100

    jika tetap memilih respooling, pastikan spool benar2 bersih. lapisi dengan wd atau oli agak tidak ada kontak air laut dengan spool dan oksigen yang terperangkap
    MANCING MENJADIKANKU MEMILIKI BANYAK TEMAN

  8. dino97i's Avatar
    dino97i is offline RegularFishy dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future
    Real Name
    Murdy
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Sleman dekat Merapi
    Posts
    3,695

    Nice inpoh om, sangat berguna.
    Rajin uncal pangkal strike

  9. Bang_Marga's Avatar
    Bang_Marga is offline RegularFishy Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future Bang_Marga has a brilliant future
    Real Name
    Bang Marga
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Ciledug Tangerang/Jakarta
    Posts
    2,492

    aye sih selalu make aer anget(bukan aer panas...he...he..he)tapi kalo pake wd lom perne...aye mikir bole juge nih soalnye aye sering make entu wd bakal bersiin jeroannye ril aje abis entu aye kaje kering baru tetesin gemuknye ril/penn.

  10. PhilipsMardianto's Avatar
    PhilipsMardianto is offline PremiumFishy PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future PhilipsMardianto has a brilliant future
    Real Name
    Philips Mardianto
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    830

    Terus pe-nya sendiri memang ga kenapa2 yah ditetesin wd40 atau cairan sejenisnya bro? Ga buat jadi getas atau apa gitu?
    Kalau saya sih sekarang tiap abis trip, pe digulung ke gulungan plastik. Ntar di gulung kembali ke spool setelah mau trip kembali.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 25
    Last Post: 06-08-2011, 15:04
  2. Replies: 6
    Last Post: 18-03-2011, 23:09
  3. Apakah ini bisa terjadi di Indonesia???
    By sixtysix in forum Off Topic
    Replies: 14
    Last Post: 30-05-2008, 10:57
  4. Kecurangan2 yg bisa/pernah terjadi di Galatama...?
    By AngleRboY in forum Kolam Galatama
    Replies: 35
    Last Post: 27-03-2008, 15:01
  5. Bagaimana ikan bisa bersuara.......
    By roel in forum FishyRonment
    Replies: 1
    Last Post: 18-09-2007, 14:33

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts