Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Ask Rangkaian kail ikan nila

  1. Anto_313's Avatar
    Anto_313 is offline RegularFishy Anto_313 is on a distinguished road
    Real Name
    Kuswanto
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    88

    Ask Rangkaian kail ikan nila

    Dear Rekans,

    Hari Sabtu siang minggu lalu menuju perjalanan ke kantor di senayan sempetin mapir ke waduk kukila,Halim.Kebetulan sy mampir di lapak pojok dekat pintu air yg merupakan lapak favorit (katanya) saat itu ada yg mancing ikan mujaer nila.Itu pertama kali sy liat org mancing nila dgn cara spt itu,lempar kemudian tarik begitu trus sampe pelampung tenggelam baru berhenti yg menendakan kail masuk lobang (??) dgn panjang pelampung kr2 12-15cm. Pas liat kearah lain tiba tiba org tsb sudah strike dgn joran melengkung dgn indahnya, terjadi fight bbr menit yg dimenangkan sang angler dan ikan nila pun naik.Nila lumayan besar kr 8-9 ons sy liat sang pemancing nyatai aja karena dag biasa dapet,katanya.
    Yg menarik adalah rangkaian 2 kail serta pelampungnya yg tinggi.tiap kail cukup di isi oleh 1 butir styrofoam dgn timah sebesar ujung kelingking.
    Sayangnya sy tdk sempet photo rangkaian kail tsb cm tanya beli di mana rangkaian tsb,di jawab bikin sendiri...
    Kalo ada rekan yg bisa kasih info ato foto ttg rangkaian tsb sy senang sekali, sekalian ingin coba sebabnya cukup unik cara mancingnya.

    Thanks
    Anto 313

  2. Malikenzo's Avatar
    Malikenzo is offline RegularFishy Malikenzo will become famous soon enough
    Real Name
    Jamalludin Malik
    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Sawangan-Ulujami-Mampang (JakSel)
    Posts
    770

    Lam kenal bro, nih aye dapet dari anggota FF laen fotonye. Semoga bermanfaat buat ente...
    Attached Images

  3. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,081

    @Anto_313:
    Itu namanya mancing Lobang kang....!!!
    Dah banyak dan sering di ulas..... bisa di search deh...
    beberapa linknya bisa di lihat dan dibaca:

    "Mancing Lubang"
    tanya??bisa jelasin ga tentang teknik mancing lobang buat nila?
    Teknik mancing nila lobang

    @Malikenzo:

    itu memang salah satu set rangkaian untuk mancing mujair/nila. Tapi setahu saya masih ada kumisnya lagi untuk timah yang di gantung di bawahnya.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  4. Anto_313's Avatar
    Anto_313 is offline RegularFishy Anto_313 is on a distinguished road
    Real Name
    Kuswanto
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    88

    @ Malik, Salam kenal kembali,thanks buat sharing foto rangkain kailnya.
    @ Kang Sigit, pertanyaan saya kalo pas kail di tarik trus pelampung tenggelam yg berarti masuk lobang,sedangkan di kail itu ada timah,bisa aja yg masuk lubang bukan kail tp timahnya,itu gimana ya( sorry rada Ooot).Anyway thanks buat penjelasannya

  5. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,329

    mas Kuswanto lobang ikan nila bentuknya kurang lebih kayak mangkok besar, bukan seperti lobang ular begitu, jadi kalo timahnya masuk ke lobangnya ya pasti bareng2 sama kailnya, nah kailnya yg ada styrofoam nya ini yg akan di singkirkan ikannya karena mengotori lobangnya, tinggal gentak deh....bisa kena di mulutnya atau di badannya.

  6. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,081

    @Anto_313:
    Seperti yg di paparkan kang bara aka bmoer.....
    sarang mujair nila itu berbentuk cekungan2 mirip wajan.
    besar diameternya bervariasi... bahkan ada yg hampir 1 meteran.
    Bila mas Kus pernah ketempat budidaya ikan mujair nila dengan kolam berdasarkan tanah/lumpur maka akan tampak cekungan2 tersebut.
    Sarang mujair nila ini berada dalam kedalam kolam dari 30 cm s/d kira2 2 meteran.

    Lobang sarang mujair nila tidak/bukan berbentuk lobang seperti sumur/lorong... seperti halnya belut, ular, kepiting...!!!

    Jadi logikanya timah di bawah akan menjadi semacam alat pendekteksi keberadaan lobang..... sedangkan fungsi umpan di kail berupa sterofoam sebagai pengusik sarang saja. Karena ikan mujair nila itu senang sekali bersih2 sarangnya.... sterofoam dianggap sampah di rumahnya.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  7. Anto_313's Avatar
    Anto_313 is offline RegularFishy Anto_313 is on a distinguished road
    Real Name
    Kuswanto
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    88

    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    @Anto_313:
    Seperti yg di paparkan kang bara aka bmoer.....
    sarang mujair nila itu berbentuk cekungan2 mirip wajan.
    besar diameternya bervariasi... bahkan ada yg hampir 1 meteran.
    Bila mas Kus pernah ketempat budidaya ikan mujair nila dengan kolam berdasarkan tanah/lumpur maka akan tampak cekungan2 tersebut.
    Sarang mujair nila ini berada dalam kedalam kolam dari 30 cm s/d kira2 2 meteran.

    Lobang sarang mujair nila tidak/bukan berbentuk lobang seperti sumur/lorong... seperti halnya belut, ular, kepiting...!!!

    Jadi logikanya timah di bawah akan menjadi semacam alat pendekteksi keberadaan lobang..... sedangkan fungsi umpan di kail berupa sterofoam sebagai pengusik sarang saja. Karena ikan mujair nila itu senang sekali bersih2 sarangnya.... sterofoam dianggap sampah di rumahnya.
    Wah thanks banget bt penjelasannya pokoke gabung di FF gak rugi dah kl ksh penjelasan tob BGT, apalagi banyak pakar mancing gabung di forum ini.

  8. awan_awan's Avatar
    awan_awan is offline RegularFishy awan_awan has a spectacular aura about awan_awan has a spectacular aura about awan_awan has a spectacular aura about
    Real Name
    Anang Arisetiawan
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    Semarang
    Posts
    1,030

    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    Itu namanya mancing Lobang kang....!!!
    Dah banyak dan sering di ulas..... bisa di search deh...
    beberapa linknya bisa di lihat dan dibaca:
    "Mancing Lubang"
    tanya??bisa jelasin ga tentang teknik mancing lobang buat nila?
    Teknik mancing nila lobang
    itu memang salah satu set rangkaian untuk mancing mujair/nila. Tapi setahu saya masih ada kumisnya lagi untuk timah yang di gantung di bawahnya.
    Quote Originally Posted by sigit_susilo View Post
    .....
    sarang mujair nila itu berbentuk cekungan2 mirip wajan.
    besar diameternya bervariasi... bahkan ada yg hampir 1 meteran.
    Bila mas Kus pernah ketempat budidaya ikan mujair nila dengan kolam berdasarkan tanah/lumpur maka akan tampak cekungan2 tersebut.
    Sarang mujair nila ini berada dalam kedalam kolam dari 30 cm s/d kira2 2 meteran.
    Lobang sarang mujair nila tidak/bukan berbentuk lobang seperti sumur/lorong... seperti halnya belut, ular, kepiting...!!!
    Jadi logikanya timah di bawah akan menjadi semacam alat pendekteksi keberadaan lobang..... sedangkan fungsi umpan di kail berupa sterofoam sebagai pengusik sarang saja. Karena ikan mujair nila itu senang sekali bersih2 sarangnya.... sterofoam dianggap sampah di rumahnya.
    sip sip..... ijin sedot ya om...
    @N@N9

  9. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,081

    oh ya kelupaan....:
    ikan mujair/nila yg berada disarangnya hanya berjumlah maksimal 2 ekor.
    Satu jantan dan satu betina. Ada kalanya hany 1 ekor saja karena biasa sang pasangannya sedang cari makan sedang yg satu ekor itu jaga kandangnya.
    Ada kalanya lobang itu pun kosong... lobang yg kosong adalah lobang yang sudah ditinggalkan penhuninya. Karena masa bertelur dan merawat anak2 ikan telagh selesai.

    Jadi kalo mancingnya dah dapat 2 ekor satu lubang... kita harus pindah mencari lubang yg lainnya.

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

  10. Rudy 007's Avatar
    Rudy 007 is offline Belajar mancing Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute
    Real Name
    Rudy Limansia
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Semarang
    Posts
    10,483

    Ga ada yg poligami yah pak? He3, sori joking.
    Yg saya bingung mengaplikasikan teknik ini di waduk/setu bgmn caranya? Bisa2 seharian byk an cr lobangnya drpd mancingnya .
    Rgds,
    Rudy. EMAIL : Rudysen@fishyforum.com

    Link for the new FF member

    http://www.fishyforum.com/fishysalt/...khususnya.html

    If better is possible, so, good is not enough.

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. H budin tgl 9 agustus mancing lagi
    By ElRiCo in forum FishyTrip
    Replies: 229
    Last Post: 09-08-2009, 21:45
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts