Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 27

Thread: Rangkaian Pancing Ikan Cendro

  1. frankyl's Avatar
    frankyl is offline RegularFishy frankyl is just really nice frankyl is just really nice frankyl is just really nice frankyl is just really nice frankyl is just really nice
    Real Name
    Franky
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    534

    Rangkaian Pancing Ikan Cendro

    Ikan Cendro / Tylosurus Crocodilus Garfish

    Ikan Julung-Julung / Kacang-Kacang / Baliho (Hemir Hamphus Far Barred Garfish)

    Cendro termasuk ikan Pellagic gemar mengejar ikan2 kecil teri / renyo, juga termasuk ikan permukaan.

    umpan yang cocok : udang kecil - teri / renyo, kadang2 udang kupas juga mau.

    habitatnya di pinggir2 pantai / pulau2 / di teluk.

    waktu yg paling bagus Oktober - Desember / awal2 musim barat ikan akan menepi berlindung, tetapi di pulau2 sepanjang tahun ikan ini selalu ada, misal di Pulau Sepa, Cendro sebesar “bambu” sepanjang tahun ada!

    Di Batam jembatan Barelang

    dagingnya enak baik dibumbui gulai pedas / digoreng asam garam, bawang putih ...

    duri di daging sedikit, hati2 waktu melepas kail / memegang, ikan ini menggigit. rasanya digigit ... enak tenan, kaya orang cantengan

    Penjelasan Gambar I

    Rangkaian Pancing

    1. kenur utama ke joran ,disarankan joran agak panjang 4.5 meter. kenur jangan terlalu besar ukurannya. kalau terlalu besar di lempar nggak bisa jauh.

    2. pelampung berlubang di tengah bisa dbeli di toko pancing / buat sendiri dari kayu, gunanya pemberat agar bisa dilempar jauh.
    catatan : kalau angin kencang pakai pelampung ringan. kalau nggak ada angin, pelampung agak berat, agar waktu dilempar bisa maksimal.
    khusus cara membuat pelampung sendiri akan diulas terpisah.!!

    3. kili-kili

    4. pelampung tengah berlubang di tengah, simpul dibuat mati dng cara lubang pelampung diganjal batang korek api. gunanya mendeteksi bila umpan dimakan lalu dibawa lari ikan pelampung ini akan terulur keluar menjauhi pelampung besar.

    5. kenur dari kili2 sampai pelampung kecil No. 6 panjang +/- sedepa ....pakai ukuran +/- 12 lbs.

    6. pelampung kecil (lubang di tengah) disimpul mati dng cara diganjel batang korek api gunanya agar umpan di ujung kail tidak tenggelam/ mendeteksi dimkn

    7. bisa kenur 6 lbs / neklin 10 lbs yg kecil (type neklin 7x7 ) antara kenur no.5 dan no.7 (ket. gamb) disambung simpul mati, lalu sambungan dimasukkan ke lubang pelampung kecil no.6 (ket. gamb) baru diganjal batang korek api.
    kenur / neklin di ujung (leader) no.7 (ket. gamb) sepanjang 10cm / 15cm saja.

    8. mata kail harus yang tajam.. carbon.. biasa saya pakai daiichi no.4-5-6. bila ujung pakai neklin (uk. 10 lbs lemas 7x7) beri 1 tetes power glue di simpul ikatan mata kailn sering terjadi mata kail dan ikannya lari/lepas krn ngikat neklin dimata kail kecil rada susah apalagi mata kail tanpa lubang.

    9. waktu melempar rangkaian harus diayun diseimbangkan dengan berat pelampung besarnya dan bila rangkaian hampir menyentuh permukaan air ditahan sedikit/ sentak dikit agar rangkaian jatuh dipermukaan air bisa berurutan ,paling depan kail / umpan - pelampung kecil - pelampung tengah - pelampung besar.

    teori cara melempar ini untuk mengurangi risiko kusut!
    setelah rangkaian dilempar ke arah gerombolan ikan, tarik / gulung reel perlahan2.. ikan akan mengejar.. bila strike tunggu 5 detik baru gentak nah.. rasakan serunya fight "baby marlin" hahahaha..
    Attached Images
    Last edited by frankyl; 09-07-2008 at 16:14.

  2. frenzy's Avatar
    frenzy is offline RegularFishy frenzy has a spectacular aura about frenzy has a spectacular aura about frenzy has a spectacular aura about
    Real Name
    Deni Yandi
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    Batu Aji - Batam
    Posts
    171

    mantapphh om frangky.. ini dia alternative lain untuk mancing di barelang.. thanks om dah sharing..
    [CENTER][SIGPIC][/SIGPIC][/CENTER]

  3. yusiadi's Avatar
    yusiadi is offline RAFAC member yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of yusiadi has much to be proud of
    Real Name
    yustiadi
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    batam
    Posts
    1,547

    tip ya top... saya rate binang 5 tuh om

    tip ya top... saya rate binang 5 tuh om....

    sebelumnya gak tahu loh kalo ikan cendro ini bisa dipancing..

    lebih seru kalo mancing bareng temen2...
    bisa teriak2 dan wakakak-wikikik seru ..seperti waktu om frangky dan arip strike kala itu... maaf ya saya post lagi ni ..
    http://www.fishyforum.com/t18247/

    salam mancing,
    yustiadi

  4. equinox's Avatar
    equinox is offline RegularFishy equinox has a spectacular aura about equinox has a spectacular aura about
    Real Name
    Tony Jassin
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jogja,Sadang,Jakarta
    Posts
    293

    Top banget pak Franky! Trims banget atas infonya. Pak Franky di sadeng ada cendronya nggak? kalo ada sabtu ini mau ngetest ah! Tapi belon sempat bikin pelampungnya pak beli di mino ada nggak?
    [URL="http://www.indokiblok.com"]www.indokiblok.com[/URL]
    How fast can you build!

  5. edi.r's Avatar
    edi.r is offline RegularFishy edi.r has a spectacular aura about edi.r has a spectacular aura about edi.r has a spectacular aura about
    Real Name
    Edi Ruhimat
    Join Date
    May 2007
    Location
    X-bata, depan kuburan
    Posts
    140

    Hahaha..... Top banget om Franky penjelasannya....
    ilustrasi gambarnya sangat jelas dan unik banget..
    kalo mancing di batrean muara baru, selain udang kupas pake umpannya ikan cere nyerok di got sekitar pabrik-pabrik...,
    kalo lagi musim yang mancing banyak banget, sampai gantian tempat..


    Salam Cendro om....

  6. nico's Avatar
    nico is offline RegularFishy nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of
    Real Name
    nico
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Bula, P.Seram - Maluku
    Posts
    1,525

    Waaaaah.....akhirnya suhu cendro turun gunung nich...hahahahaha...

    Ini dia nich yang kita tunggu2 dari dulu.... Ini alternative kalau lagi boncos mancing baronang di jembatan barelang nich...hehehe

    Makasih atas sharing ilmunya ya ooom.....

    masak iyaaa....mancing juga iya...

  7. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    ............ kalau dilihat dari gambarnya, mirip dengan rangkaian yang ada dan dipakai di sini. cuman, kalau di sini, diposisi sebelum pelampung tuh dikasih "esabako" alias tabung kecil plastik yang bolong-bolong, yang dipakai untuk tempat rebon yang dipakai untuk cumming ikan supaya ngumpul.......

    ini ikan, walau kecil enak banget... gurih dan kalau digoreng kering, untuk lauk makan nasi anget, pakai sambel kecap pedes... lalap timun ama kubis... nggak bakalan inget diet lagi dah!
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  8. nico's Avatar
    nico is offline RegularFishy nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of nico has much to be proud of
    Real Name
    nico
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Bula, P.Seram - Maluku
    Posts
    1,525

    Quote Originally Posted by silver_sanma View Post
    ............ kalau dilihat dari gambarnya, mirip dengan rangkaian yang ada dan dipakai di sini. cuman, kalau di sini, diposisi sebelum pelampung tuh dikasih "esabako" alias tabung kecil plastik yang bolong-bolong, yang dipakai untuk tempat rebon yang dipakai untuk cumming ikan supaya ngumpul.......
    Good idea nich mister..... nanti begitu ada kesempatan ngubek2 cendro di jembatan barelang langsung di coba dech teknik ini..
    Tapi kalau dicasting, rebonnya bubar gak yaa????

    masak iyaaa....mancing juga iya...

  9. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,375

    jadi ingat pengalaman saya neh,
    beberapa kali saya pernah dapat cendro dgn tehnik casting minow,lumayan juga tenaganya
    apalagi yg sekiloan..he..he..he..muantafff Bro!

    nah kalau ikan kacang2,tehnik pakai pelampung model kapal-kapalan,dgn umpan rebon tapi yg paling muantaff pakai cacing laut.
    demikian pengalaman saya dulu..dulu sekali mancing di pelabuhan sunda kelapa.

    thank's
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  10. ChandraG's Avatar
    ChandraG is offline RegularFishy ChandraG will become famous soon enough
    Real Name
    Chandra
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Batam
    Posts
    93

    Kalo saya dapet ilmu turunan langsung dari bos Frenky, soalnya waktu beliau langsung praktek iketin pancing ini dihotel... lagian dikasi juga tu beberapa pelampung cendro... kayaknya dibatam nggak ada yang jual pelampung tsb... makasih bos.... karena bagi elmu.... gimana bung yus, udah bisa prakteknya belon ???
    [SIGPIC][/SIGPIC]
    This is show time.....

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Sembam Ikan
    By eddysoh in forum FishyDine
    Replies: 12
    Last Post: 05-07-2007, 17:43
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts