Closed Thread
Page 2 of 4
FirstFirst 1 2 3 4 LastLast
Results 11 to 20 of 38

Thread: Cara pembuatan rumpon.

  1. Marlin Jablai's Avatar
    Marlin Jablai is offline RegularFishy Marlin Jablai will become famous soon enough Marlin Jablai will become famous soon enough
    Real Name
    Dedeg P. Charis
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Medan
    Posts
    259

    Cak, kalo rumponnya pake Excavator atau Buldozernya sampeyan pasti lebihh ciamikkk heheeee......kaburrrrrr....

  2. rerecello's Avatar
    rerecello is offline Regular Fishy rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice
    Real Name
    Rerecello Hanza
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    antara jatim-jateng bag utara
    Posts
    447

    Quote Originally Posted by archiebald View Post
    trik yang bagus kang...
    apa mesti dari pelepah kelapa n daunnya ???? dari bahan lainnya seperti batang pohon yang dah mati + rantingnya bisa ga ? trus apa kailnya ga tersangkut di rumpon ? makasih kang be....
    Setahu saya yang paling jamak di pakai memang adalah pelepah kelapa yang masih baru/ seger itu. tetapi untuk alternatif bisa juga dengan dahan beserta daun waru yang masih seger yang konon kabarnya lebih cepet di jadikan rumah ikan, tetapi tidak tahan lama seperti pelepah kelapa. Yang paling tahan lama ada yaitu ban bekas,cuma bisanya hanya sebagai rumpon dasar saja.

    Untuk antisipasi kena trawl, biasanya pada bagian pinggir / sekeliling rumpon bambu yang di tanam di beri batu pemberat yang agak banyak. Dan bambu tidak di kasih pelepah kelapa atau daun2 yang lain tetapi di gantikan dengan kawat duri. jadi kalo ada yang pake trawl bisa2 jebol jaringnya. ini hanya sebagai shock therapy buat nelayan jaring agar tidak nge-trawl di sekitar rumpon kita.

  3. farhad is offline RegularFishy farhad is on a distinguished road
    Real Name
    farhad
    Join Date
    May 2005
    Location
    tangerang
    Posts
    41

    Wah kebetulan, minggu ini saya rencana mau bikin rumpon. Tapi saya tinggal terima beres aja, dan biayanya menurut saya relatif murah 300rb. Nelayan yang bikin rumponnya bilang bahannya dari batang pohon kedondong, katanya itu yang paling bagus. Bentuk rumponnya seperti apa saya kurang tahu. Tapi rencananya nanti pas masang rumponnya saya mau ikut. Nanti kalo saya sudah lihat rumponnya seperti apa, akan saya posting kesini.....

  4. rerecello's Avatar
    rerecello is offline Regular Fishy rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice
    Real Name
    Rerecello Hanza
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    antara jatim-jateng bag utara
    Posts
    447

    tambahan : Pohon bambu beserta ranting ( orang jawa bilang : carang )dan daunnya juga bagus buat rumpon, cuman agak ribet pada prosesnya karena mesti ranting2nya yang lebat itu di iket dulu dengan batang bambunya dengan tujuan memudahkan saat ngangkutnya, baru kalo udah mau di ceburin tali2 di lepas semua sehingga bisa mengembang kayak pohon bambu aslinya . ini sangat tahan lama.

    @ Pak Halim Mfc : ada desain untuk pembuatan rumpon pake beton nesser nggak pak?? cuma rencana saya desain itu saya aplikasikan pada rumpon bambu untuk ngirit biaya..

  5. rdipanegara's Avatar
    rdipanegara is offline RegularFishy rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold
    Real Name
    Reza
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    sentul City
    Posts
    1,277

    Maaf nih kalau pertanyaannya tidak berbobot, tapi apakah ada kavling2 di laut sana sehingga kalau kita pasang rumpon hanya kita saja yang boleh memanen? Atau terbuka untuk umum, siapa saja yang tahu ada rumpon disitu, boleh memanen?
    Dan kalau rumpon yang telah kita pasang terkena jaring nelayan, bagaimana caranya kita mengetahui bahwa rumpon kita telah rusak atau tiada lagi? Apalagi kalau rumpon tersebut diturunkan di lokasi yang agak dalam?
    Last edited by rdipanegara; 23-06-2008 at 18:58. Reason: Incomplete

  6. william's Avatar
    william is offline RegularFishy william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future
    Real Name
    Stop Fishing
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    山 口 洋( 印尼)
    Posts
    3,282

    wah kalo bicara trawl mah kaga kusah lagi di omong dah,, dulu saya pake bubuh aja 1 ikat 8buah aja bersih kena kapal trawl thailand lewat bersih semua,,, koordinat 111 - 115 di bawah kalimantan ato dekat bawean sana,,,

    pake beton model gorong 2 aja,, seperti pipa buat orang buat sumur pak halim,, kalo pelepah daun kelapa bisa tuk ikan kembung,bawal, kalo ada batunya biasanya dasaran kakap merah,,CMIIW
    Salam......



    William
    Monkey Friend


    希 望 有一天会 得 到 辛 福 每 天 很 高 心
    明 天会 更 好

  7. rerecello's Avatar
    rerecello is offline Regular Fishy rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice
    Real Name
    Rerecello Hanza
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    antara jatim-jateng bag utara
    Posts
    447

    @ mas Reza : Salam kenal ya mas..!!soal kaplingan di laut kayaknya nggak ada ya mas.. kalo orang lain sekedar mancing di rumpon kita saya pikir sah2 saja. lain kalo pake jaring karena resiko rusaknya rumpon lebih besar kalo kena jaring. karena bagaimanapun kita bikin rumpon dengan biaya tentunya,nah kalo belum sempat nikmatin hasilnya udah rusak ya jengkel juga. kalo ikan sih nggak akan habis, tapi kalo rumah ikan rusak mungkin ikan bakal pindah lagi.. kaya PKL kena gusur gitu..he.he..

    Soal mendeteksi rumpon yg rusak ato belum mungkin ada yang tahu ya?? soalnya saya nggak pernah pegang alat2 yg hi-tech jadi gak berani ngomong..he..he..

  8. rerecello's Avatar
    rerecello is offline Regular Fishy rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice rerecello is just really nice
    Real Name
    Rerecello Hanza
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    antara jatim-jateng bag utara
    Posts
    447

    Quote Originally Posted by william View Post
    pake beton model gorong 2 aja,, seperti pipa buat orang buat sumur pak halim,, kalo pelepah daun kelapa bisa tuk ikan kembung,bawal, kalo ada batunya biasanya dasaran kakap merah,,CMIIW
    model gini bisa di aplikasikan pada batang bambu nggak pak William ??
    dan naruhnya horisontal apa vertikal???

  9. chris's Avatar
    chris is offline RegularFishy chris is a glorious beacon of light chris is a glorious beacon of light chris is a glorious beacon of light chris is a glorious beacon of light chris is a glorious beacon of light
    Real Name
    christian liesaputra
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Paradise of Nias Island...
    Posts
    901

    Quote Originally Posted by Halim Mfc Sby View Post
    Kedua.....ambil 5-10 pelepah+daun kelapa untuk diikat, dan beri jarak antara batu dengan pelepepah kisaran 5-10 meter.

    Ketiga........ikat bambu 4-8 batang sebagai pelampung.jarak antara pelepah dengan bambu juga kisaran 5-10 meter, dan setiap batang bambu ambil 5-7 ruas biar mudah saat transportasinya.
    Pak Halim,

    Mau tanya ya apa pelepah+daun kelapanya diikat sekaligus dalam satu ikatan? dan begitu juga ya dengan bambunya?

    Untuk talinya apa memakai tali nylon saja?

    Dan kira2 rumpon sebegini bisa tahan berapa lama ya Pak?

    Thanx...
    salam,
    [B][SIZE=3] CHRISTIAN [/SIZE][/B]
    [FONT=Book Antiqua][SIZE=2][/SIZE][/FONT]

  10. Nes-Lyn's Avatar
    Nes-Lyn is offline RegularFishy Nes-Lyn is a name known to all Nes-Lyn is a name known to all Nes-Lyn is a name known to all Nes-Lyn is a name known to all Nes-Lyn is a name known to all Nes-Lyn is a name known to all
    Real Name
    Joni
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Banjarmasin
    Posts
    408

    Om Halim, berapa banyak struktur/berapa set model bangunan nya yg harus di taruh agar bisa disebut rumpon, apa hanya 1 set atau harus ditambah2 in lg? lalu bisa ga ya dibikin di kedalaman 20mtr?
    [FONT=Comic Sans MS][SIZE=3][I][SIGPIC][/SIGPIC][B]...DOUBLE STRIKES.....!!!!!??[/B][/I][/SIZE][/FONT]

Closed Thread
Page 2 of 4
FirstFirst 1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. "Gimana sihTecknik Pembuatan Rumpon?"
    By JOKO in forum FishyTalk
    Replies: 1
    Last Post: 23-04-2008, 00:13
  2. Cigi, cara unik mendapatkan umpan hidup.
    By SwordFish in forum FishyTrick
    Replies: 9
    Last Post: 11-04-2008, 07:56
  3. Replies: 51
    Last Post: 13-02-2008, 09:28
  4. Rumpon Tuban 4-11-07
    By erwinar in forum FishyReport
    Replies: 13
    Last Post: 13-11-2007, 23:50
  5. Replies: 0
    Last Post: 12-11-2007, 08:51

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts