Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Cacing darat, kok tinggal di pantai?

  1. SwordFish's Avatar
    SwordFish is offline RegularFishy SwordFish has a spectacular aura about SwordFish has a spectacular aura about
    Real Name
    David
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Karawang-Bandung
    Posts
    261

    Cacing darat, kok tinggal di pantai?

    Di Biak sini terdapat hewan yang disebut cacing darat yang bisa digunakan sebagai umpan gratis untuk mancing ikan-ikan kecil.

    Katanya sih cacing darat tapi kok hidupnya di pasir pantai?

    Cara mendapatkannya gampang-gampang susah. Kalau sedang surut (disini disebut Meti) gampang mencarinya, tapi kalau sedang pasang susah sekali mencarinya.

    Cara mendapatkan hewan ini adalah menggali pasir pantai sampai sebatas air lalu bagian bawah lubang ini diperlebar tanpa menggali atasnya (jadi seperti bergaung). Setelah dirasa cukup lebar pasir diatanya dijatuhkan (seringkali jatuh sendiri). Mata kita harus awas melihat cacing darat ini yang terlihat di dinding lubang karena cepat sekali masuk ke pasir.

    Warna hewan ini paling banyak berwarna merah tapi ada juga yang berwarna biru (belum sempat saya foto).

    Hewan ini ampuh sekali kalau dipakai mancing.

    Ada yang tahu apakah hewan ini?
    Attached Images

  2. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Setahu saya jenis cacing itu memang hidup di pasir2 pantai pak David, di sini cara nangkapnya di perbatasan pasir yg terkena air laut, di umpan dulu pake parutan kelapa atau ikan mati, trus waktu kepala cacingnya nongol dari dalam pasir tinggal di comot satu per satu sambil menunggu air laut menyapu pasir agar cacingnya mudah diangkat.

  3. aris_pasirputih's Avatar
    aris_pasirputih is offline RegularFishy aris_pasirputih is on a distinguished road
    Real Name
    riswanto
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    karawang ex-kediri
    Posts
    114

    Kilung-kilung.

    Namanya kilung2,ini cacing manjur bin ajaib,dimana aja ikan mau makan. biasanya hidup di akar pohon bakau/api2,kalo dikasi ampas kelapa pada nongol2.
    Nggak cuma di pantai aja,di tanggul tambak udang/bandeng,bahkan rumah sy yg 100mtr dr pantai aja di sekitar air kecomberannya ada juga.Tapi kecil2 gak kyk dipantai atau hutan mangrove.
    AWAS!!!! HATI2,yg ukuran gede bisa nge GIGIT,ga sakit2 amat sih cuma agak geli2 gt.
    CASTINGER BONCOSSSSS.....

  4. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    Waaahhh..... cacing itu, ya.... kepalanya serem banget tuh, kayak alien Di sini (Jepang) juga ada. Namanya AOISOME (yang hijau agak biru) dan AKAMUSI / AKAISOME (yang merah). Harganya mahal sekali kalau di sini, sekitar ¥1000 per 6-8 ekor...

    Kalau bahasa Inggrisnya kalau ndak salah sand worm. Barkley tuh dah bikin softplastic-nya. Saya punya. Katanya teman-teman di Aussie itu bagus untuk target ikan Sea Bream sama Black Bass kalau mancing malam hari.
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  5. sigit_y's Avatar
    sigit_y is offline RAFAC member sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    jogjakarta
    Posts
    491

    Cacing ini di jogja disebut cacing lur (yang warna merah) kalo nyari harus ke pantai yang berpasir putih di sepanjang pantai Gunung Kidul. Efektif untuk pasiran kalo pas musim bojor, garon, dan megan (dart), kadang permit juga mau.

    sgt

    sgt


    Baru Memble aje, kata teman

  6. izzuman's Avatar
    izzuman is offline RegularFishy izzuman is just really nice izzuman is just really nice izzuman is just really nice izzuman is just really nice
    Real Name
    Izzuman Bayu
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    312

    bingung2, cari aja (kalo di jakarta) di jembatan yg menuju marunda, kalo dari priuk teruus aja. ntar ada jembatan yg dari besi yg tinggi sekali. nah di situ pada jongkok org jualan cacing ini. seplastik isi 5 Rp. 1500 (warna biru only). Cukup untuk mancing ikan kacang2 100 ekor (dipotong2 setengah centi) . Saya kalo mau mancing di pantai bende ancol, Hari sabtu beli cacingnya (dalam plastik berisi air asin) lalu hari minggu mancingnya, tuh cacing masih hidup. Kelebihan cacing ini (cacing laut org bilang) yaitu darahnya warna merah dan amiss banget.

    @silver sanma: mmm...sptnya asik juga nih kalo ekspor cacing ini ke jepang... ada yg mau nampung?
    Last edited by izzuman; 07-04-2008 at 10:51. Reason: tambah spasi
    IKUTAN MANCING DONG....
    08170826674

    [SIGPIC][/SIGPIC]

  7. iwan rambe's Avatar
    iwan rambe is offline RegularFishy iwan rambe has a spectacular aura about iwan rambe has a spectacular aura about
    Real Name
    iwan nasution
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Banda Aceh
    Posts
    196

    nimbrung ni , kalau kami di aceh disebut kupret, betul cacing ini hidup dirawa air asin apalagi kalau rawatu ada lumpurnya pasti banyak ini kupret. biasanya umpan ini digunakan untuk mancing ikan layang dan memang manjur.

  8. ong_edward's Avatar
    ong_edward is offline RAFAC member ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice
    Real Name
    Edward
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Semarang -> Kav Polri - Jakarta Barat
    Posts
    865

    itu lur atau lengki?<----- jawa tengah only hihii
    Best regards,
    Edward
    081-325-889-885
    0888-645-8569

  9. chancan's Avatar
    chancan is offline RegularFishy chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all
    Real Name
    ade
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    semarang
    Posts
    389

    Quote Originally Posted by ong_edward View Post
    itu lur atau lengki?<----- jawa tengah only hihii
    kalo di semarang itu namanya lur, kalo lengki itu yang gede panjang bisa sampe 30cm mirip kaki seribu

  10. ong_edward's Avatar
    ong_edward is offline RAFAC member ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice ong_edward is just really nice
    Real Name
    Edward
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Semarang -> Kav Polri - Jakarta Barat
    Posts
    865

    o iya kui lur ono jrawut2e kaya wulu pinggire hehehe....

    soale warnane mirip lengki si... hahahaha
    Best regards,
    Edward
    081-325-889-885
    0888-645-8569

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. FFT 23 Desember di Pantai Depok
    By hampala in forum FishyReport
    Replies: 11
    Last Post: 07-01-2008, 20:19
  2. Pantai Utara Jakarta yang Tak Berjiwa
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-05-2007, 08:58
  3. Replies: 48
    Last Post: 10-03-2007, 00:09

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts