Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Mancing tenggiri

  1. jao
    jao is offline RegularFishy jao is on a distinguished road
    Real Name
    jao
    Join Date
    Nov 2004
    Location
    jakarta
    Posts
    54

    Mancing tenggiri

    Mau nanya kalau mancing tenggiri tenknik mancing bagaimana , umpan nya apa dan di P 1000 didaerah mana .
    thanks.

  2. Kiki's Avatar
    Kiki is offline FeAr No FiSh Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all
    Real Name
    Kiki Azis
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Depok - Jawa Barat
    Posts
    972

    Pak Jao

    Pertama tama saya ucapkan selamat datang dan bergabung di Fishy Forum...

    Saya akan coba bantu jawab sedikit pertanyaan bapak dan mungkin teman teman yg lain juga akan ikutan menjawab berdasarkan pengalaman masing masing

    MANCING TENGGIRI

    Tehnik Mancing :

    Yang paling umum di pakai adalah dengan cara KONCER yaitu rangkaian kail yang disambungkan ke kawat nikelin -/+ 20-30cm bisa yg berupa single wire (tungal) ataupun menggunakan yang multi wire (serabut) dan biasanya tanpa menggunakan timah. Dan biasanya dilepas dikedalaman 1/2 sampai degan 3/4 kedalaman air dilokasi tersebut.
    Cara lainya adalah dengan cara mancing dasar (jeblug) ataupun Jigging. Khusus untuk mancing dasar saya rasa cara ini kurang efektif mengingat ikan tenggiri merupakan ikan yang tergolong Pelagic.

    Umpan :

    Untuk umpan mancing tenggiri dengan tehnik koncer yang terbaik adalah dengan menggunakan ikan Tembang hidup, kembung hidup ukuran 3 jari orang dewasa. Umpan ini bisa didapat di sero/bagang di sekitaran P1000, atau dengan cara mancing sendiri dengan menggunakan Kotrekan. Bisa juga menggunakan cumi segar utuh ataupun ikan kacang kacang utuh yg sdh mati... tapi umpan ini kurang efektif pak apalagi kalau perahu saingan di kanan kiri menggunakan umpan hidup, dapat dipastikan umpan kita ngga akan disentuh sama ikannya.
    Sedangkan untuk mancing dasar/jeblug bisa menggunakan irisan cumi besar dan memanjang, ikan mati utuh atau bahkan cumi utuh (sekali lagi tehnik ini kurang efektif).

    Piranti / Alat Pancing :

    Bisa menggunakan piranti Spining atau Overhead buat yg sdh terbiasa dengan line class 8-16 Lbs sdh sangat mencukupi. Namun kalau masih belum terbiasa dan cari aman dari problem tali yang putus bisa pakai ukuran 20Lbs juga masih oke kok.
    Tapi kalau bapak berani pake ukuran 6 Lbs begitu kena tenggiri ukuran 3-4 kilo ajaaaa rasanya wuiiihhhhh... nikmatnya paaaaak

    Lokasi Mancing :

    Nah ini dia yang agak susah neranginnya... di daerah utara sekitaran P1000 - Tj.Kerawang banyak sekali lokasi tandes utk nyari tenggiri sebagai contoh di sekitaran P.Damar, Kr.Munadi, Kr.Setan, dlsb
    Mendingan bapak langsung aja turun mancing dan ajak salah satu rekan di Forum ini yang sdh tau lokasi yang bagus utk mancing tenggiri.

    Mudah mudahan sedikit info ini bisa membantu ya pak
    K i k i

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    "A good rule of angling philosophy is not to interfere with any fisherman’s ways of being happy, unless you want to be hated."
    **Zane Grey, Tales of Fishes, 1919**
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  3. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    wah itumah biasa, emang dari dulu cara mancing efektif untuk tengiri seperti itu cuman kita selalu terbentur oleh jumlah ikan untuk umpan , Nah bisa nggak pake umpan buatan yang seefektif pake kembung idup di kocer om kiki

  4. ben's Avatar
    ben
    ben is offline RegularFishy ben will become famous soon enough
    Real Name
    Xiphias Gladius
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    jAkArtA
    Posts
    389

    Tambahan dikit selain dikoncer, bisa juga pake ranggung 1 rangkaian
    kalo kebetulan tenggirinya lagi main di dasar, tapi tetap umpan hidup yg dipakai.
    Jadi pengin cari riri lagi nih udah mulai byk blm yah soalnya denger2 umpan tembangnya lagi susah

  5. Bagoes's Avatar
    Bagoes is offline RegularFishy Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of Bagoes has much to be proud of
    Real Name
    Bagoes
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Perum 1 & Citra Raya - Tangerang
    Posts
    2,886

    ada teknik baru...buatan nelayan karang antu serang...teknik pancing grandong...pake kembung mati tapi keliatan kaya ikan hidup...cara mancing sama teknik buat alatnya ada di tabloid mancing mania beberapa minggu yang lalu..(bukan promosi looo)....kebetulan saya pernah liat..dan cukup efektif juga kok...jadi sekarang faktor umpan idup ngga jadi masalah lagi.

  6. jao
    jao is offline RegularFishy jao is on a distinguished road
    Real Name
    jao
    Join Date
    Nov 2004
    Location
    jakarta
    Posts
    54

    mancing tenggiri

    Pak Kiki , terima kasih atas informasinya tentang mancing tenggiri,

    saya sudah coba umpan nya pakai kembung dan tembang , tapi
    cari umpan di cero dan bagan lagi susah paling cuman dapat 1 ekor kembung . saya coba goktrek cuman dapat ikan selar .
    kira kira bagan atau cero yg banyak kembung di daerah mana .


    Pak Kiki , untuk bulan Nov dan Des apa sedang musim tenggiri

  7. orangpriok's Avatar
    orangpriok is offline RegularFishy orangpriok has a spectacular aura about orangpriok has a spectacular aura about
    Real Name
    Wawan
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    504

    Quote Originally Posted by Bagoes
    ada teknik baru...buatan nelayan karang antu serang...teknik pancing grandong...pake kembung mati tapi keliatan kaya ikan hidup...cara mancing sama teknik buat alatnya ada di tabloid mancing mania beberapa minggu yang lalu..(bukan promosi looo)....kebetulan saya pernah liat..dan cukup efektif juga kok...jadi sekarang faktor umpan idup ngga jadi masalah lagi.
    Gus kalo boleh tau tabloid mancing mania edisi berapa ?

    Trims lho
    Wawan

  8. iim
    iim is offline Moderator iim will become famous soon enough iim will become famous soon enough
    Real Name
    iim
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    tangerang
    Posts
    658

    Di Tanjung Pasir Sero agak banyak tuh. Tapi tentang adanya tembang atau kembung, itu tergantung keadaanya. Kadang banyak, kadang dikit.

    Sebenarnya ada umpan lain yang sama bagus atau pada kondisi tertentu lebih bagus untuk tenggiri...ikan layur dan golok2....umpan ini paten sekali.

    November....bila hujan sudah mulai turun beberapa kali...musim ikan akan mulai memuncak....sebulan ini pun sudh ada penampakan ikan2 besar tapi belum galakin....tinggal tunggu hujan beberapa kali deh

    Lokasi: Pulau Pari (Karang JOng), Pulai Air ( Karang Panjang), Karang Berak dan Karang Kroya dan masih banyak lagi

    Selamat Bergabung

  9. Kiki's Avatar
    Kiki is offline FeAr No FiSh Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all
    Real Name
    Kiki Azis
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Depok - Jawa Barat
    Posts
    972

    Quote Originally Posted by alphonsus
    wah itumah biasa, emang dari dulu cara mancing efektif untuk tengiri seperti itu cuman kita selalu terbentur oleh jumlah ikan untuk umpan , Nah bisa nggak pake umpan buatan yang seefektif pake kembung idup di kocer om kiki

    untuk Mas Alfons

    Rasa rasanya sih belum ada yg bisa ngalahin umpan hidup (tembang/kembung) kalau kita bicara efektifitas mancing Jeng Riri ini ya

    Mengenai adakah umpan buatan yg bisa dipakai utk mancing Jeng Riri ini jawabanya jelas ada mungkin anda bisa mulai mencoba cara Jigging, karena cara ini memungkinkan utk itu dan juga kebetulan beberapa kawan di Forum ini (Bekti/Adrianus) pernah mempraktekan tehnik ini di P1000 dan Frekuensi strikenya juga lumayanlah... asal siap siap aja tangan berasa pegel linu dan bulu ketek anda pada rontok :P karena harus mompa joran teruussssss... Untuk lebih jelasnya nanti bisa ditanyakan langsung ke YBS, karena saya pada waktu itu lebih memilih mancing menggunakan tembang hidup daripada ikut2an bekti mompa joran teruss...


    untuk Pak Jao

    Betul sekali pak mengenai masalah umpan hidup kadang memang sangat merepotkan apalagi kalau sdh musim Jeng Riri, telat sedikit saja jangan harap anda bisa dapetin umpan di sero/bagang

    Cara yang paling ampuh untuk mendapatkan umpan hidup (kembung/tembang/bentrong) adalah dengan cara mancing sendiri pak, dan kalau tadi bapak bilang sdh mencoba mancing sendiri dan sulit mendapatkannya... ya saya no comment dalam hal ini

    Kebetulan sekali pak setiap saya mancing Jeng Riri dengan Kapal "KL" hampir ndak pernah punya masalah dengan umpan hidup , biasanya sebelum mancing Jeng Riri kita selalu mancing ikan umpan dulu di tansdes khusus buat UMPAN dan kalau cuman 50-75 ekor tembang aja mah bisalah kita dapetin paling lama sktr 1 jam mancing apalagi kalau ABK udah turun tangan... Dan sudah hampir pasti juga kalau sampai kita ndak dapat ikan umpan sang KAPTEN akan membatalkan acara mancing Jeng Riri dan diganti dengan mancing ikan yang lain seperti Kakap Merah dlsb-nya (percuma aja kata beliau)

    Mengenai Kapan musimnya sertinya sdh dijawab oleh Mas Iim

    Mengenai umpan ikan Golok golok dan Layur mati, Mas Iim betul sekali umpan ini cukup baik sebagai umpan alternatif, saya juga pernah pake umpan tsb dengan menggunakan tehnik Running Sinker dengan catatan arus dibawah sedang2 saja... tapi tetep Mas Iim umpan hidup seng ada lawan kalau bicara Jeng Riri, apalagi dikanan kiri (kapal tetangga) pake umpan hidup... bakalan dicuekin deh umpan kita dijamin !!!! soalnya sempet pengalaman dengan keadaan seperti ini daripada kesel ngeliat tetangga narikin trus kita bengong aja mendingan balik aja atau cari ikan target yang lainya deh...
    K i k i

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    "A good rule of angling philosophy is not to interfere with any fisherman’s ways of being happy, unless you want to be hated."
    **Zane Grey, Tales of Fishes, 1919**
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  10. jao
    jao is offline RegularFishy jao is on a distinguished road
    Real Name
    jao
    Join Date
    Nov 2004
    Location
    jakarta
    Posts
    54

    Pak Kiki , kalau mancing tenggiri dgn cara jgging apa harus reel dan joran yg khusus.

    Nama kapal KL itu naik nya dari mana , mohon informasinya .
    thanks.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Sarasehan Mancing - Sabtu 24 September 2006
    By Ichang in forum FishyTalk
    Replies: 9
    Last Post: 26-09-2006, 09:56
  2. Lokasi Mancing Deket2 Surabaya
    By arsandy in forum FishyTalk
    Replies: 4
    Last Post: 18-01-2006, 09:44
  3. Mancing di Merak
    By benaol-chaser in forum FishyReport
    Replies: 13
    Last Post: 13-05-2005, 12:22
  4. tehnik mancing tenggiri
    By youdfish in forum FishyTrick
    Replies: 11
    Last Post: 22-02-2005, 19:14
  5. koordinat mancing tenggiri
    By fishy in forum FishyTalk
    Replies: 0
    Last Post: 16-02-2005, 16:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts