Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Info Buku - MUSIM PENANGKAPAN IKAN DI INDONESIA

  1. orangpriok's Avatar
    orangpriok is offline RegularFishy orangpriok has a spectacular aura about orangpriok has a spectacular aura about
    Real Name
    Wawan
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    504

    Info Buku - MUSIM PENANGKAPAN IKAN DI INDONESIA

    Ga sengaja browsing ketemu info ini, bukunya belum punya.
    Jadi belum bisa kasih review, mudah-mudahan bermanfaat.




    Judul : MUSIM PENANGKAPAN IKAN DI INDONESIA
    Penyusun : Peneliti Balai Riset Perikanan Laut
    Sambutan : Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S.
    Kata Pengantar : Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. APU.
    Jumlah halaman : xx + 116
    Penerbir : PT. Penebar Swadaya
    Edisi : Cetakan ke-1 Tahun 2004

    Resume:
    Kapan terjadinya musim puncak suatu jenis ikan di suatu perairan ? Kapan penangkapan udang, cumi-cumi ataupun kekerangan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal ? Informasi ini selengkapnya dapat dibaca dan ditemukan dalam buku “Musim Penangkapan Ikan di Indonesia” yang disusun oleh para peneliti Balai Riset Perikanan Laut (BRPL).

    Penangkapan ikan sudah sejak dulu dan secara turun-temurun dilakukan nelayan. Dalam perkembangannya, pengalaman penangkapan ikan di laut telah memberikan sumbangan ilmu di bidang perikanan tangkap. Keberhasilan penangkapan – yang ditunjukkan oleh jumlah tangkapan – dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan aktivitas penangkapan. Dengan demikian, adanya informasi tentang musim penangkapan ikan akan sangat membantu nelayan untuk memperoleh hasil tangkapan yang optimal.

    Di negara yang telah maju perikanannya, informasi yang berkaitan dengan musim penangkapan ikan seperti di atas sudah dapat diperoleh dengan mudah, sehingga para pengusaha penangkapan dapat melaksanakan usahanya lebih pasti dan memperoleh keuntungan maksimal. Sementara di Indonesia, informasi tersebut belum tersusun dengan baik dan sistematis karena sepenuhnya berdasarkan pengalaman atau tradisi leluhur.

    Secara umum buku ini bertujuan menjawab tantangan kebutuhan informasi tersebut dengan dilandasi kaidah-kaidah keilmuan berdasarkan hasil riset. Seluruh materi yang menjadi dasar dalam penyusunan ini merupakan hasil riset dan ditunjang dengan data dan informasi dari perorangan, lembaga, serta institusi terkait yang berkecimpung di dalam pengelolaan sumberdaya perikanan. Beberapa materi pokok yang ada dalam buku ini antara lain Musim Penangkapan Ikan Pelagis Besar (tuna, cakalang), Ikan Pelagis Kecil, Ikan Demersal, Udang, Cumi-cumi, Kekerangan, dan Cucut.

    Buku setebal 116 hal ini selain dilengkapi dengan gambar berbagai jenis ikan ekonomis penting yang menjadi tujuan penangkapan, juga dilengkapi dengan grafik fluktuasi tangkapan musiman yang mengindikasikan musim puncak dan musim paceklik. Untuk memudahkan pemahaman, pada bagian awal dilengkapi bahasan mengenai pola angin musim (monsson), pola umum arus permukaan dan pembagian wilayah pengelolaan perikanan (WPP). Dugaan musim penangkapan dari jenis-jenis ikan atau kelompok jenis ikan diperoleh dengan menganalisis data statistik perikanan (data produksi bulanan dan laju tangkap bulanan) yang dikumpulkan dari berbagai TPI (Tempat Pendaratan Ikan) dan PPI (Pusat Pendaratan Ikan) seluruh Indonesia. Informasi mengenai musim diperoleh dengan cara mencari rata-rata data bulanan (produksi dan laju tangkap) selama beberapa tahun yang dikumpulkan oleh peneliti ketika mengikuti operasi penangkapan dari berbagai jenis alat tangkap.

    Penyajian informasi yang komunikatif serta didukung dengan data yang lengkap dari beragamnya sumber serta penggunaan metode analisis yang relevan, menjadikan buku ini “berisi”. Tidak berlebihan bila buku ini disarankan untuk dimiliki para nelayan skala kecil; menengah; maupun besar; akademisi; dan praktisi di bidang penangkapan ikan. (*)
    Wawan

  2. evon212's Avatar
    evon212 is offline RAFAC member evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future
    Real Name
    Zainal Evon Smile Fals Vanda Costa Lee Roth Cannavaro 212
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Rawa belong & Ciganjur
    Posts
    1,669

    Bagus...

    Quote Originally Posted by orangpriok View Post
    Ga sengaja browsing ketemu info ini, bukunya belum punya.
    Jadi belum bisa kasih review, mudah-mudahan bermanfaat.


    Penyajian informasi yang komunikatif serta didukung dengan data yang lengkap dari beragamnya sumber serta penggunaan metode analisis yang relevan, menjadikan buku ini “berisi”. Tidak berlebihan bila buku ini disarankan untuk dimiliki para nelayan skala kecil; menengah; maupun besar; akademisi; dan praktisi di bidang penangkapan ikan. (*)
    Bagus Info Bang Wa2N...thanx...




    Evon212
    -----------------------------------------
    Special Thanks For Bang Donny (Cah_don), Aye gak akan Lupain..

    Tebarkan Salam , Sampaikan Cinta..
    Go to my site : http://evon212.multiply.com


  3. Munandar's Avatar
    Munandar is offline RegularFishy Munandar is a jewel in the rough Munandar is a jewel in the rough Munandar is a jewel in the rough
    Real Name
    Munandar
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Cirebon
    Posts
    420

    Wach bagus banget nih infonya,...
    cuman untuk mendapatkan BUKU tersebut dimana yach...
    apa udah tersebar juga ke seluruh Indonesia
    terima kasih

    salam strike
    munandar

  4. agungpur's Avatar
    agungpur is offline RegularFishy agungpur has a spectacular aura about agungpur has a spectacular aura about
    Real Name
    agung
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    218

    Bagus infonya pak .... tapi kesimpulannya apa ya pak ? .. hehehe .. maaf ... bulan2 yg buanyak ikannya kapan ya pak ?

  5. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Suruh Om Wawan beli trus kita copy rame2.
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  6. Pak Djupri's Avatar
    Pak Djupri is offline RegularFishy Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of
    Real Name
    lie djupriadi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    cirebon
    Posts
    2,203

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Suruh Om Wawan beli trus kita copy rame2.
    Ntar kalau dituntut juga rame-rame ya, biasanya ada tulisannya hak cipta dilindungi undang2, dilarang memperbanyak, mengcopy dst tanpa ijin........

  7. orangpriok's Avatar
    orangpriok is offline RegularFishy orangpriok has a spectacular aura about orangpriok has a spectacular aura about
    Real Name
    Wawan
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    504

    Quote Originally Posted by Munandar View Post
    Wach bagus banget nih infonya,...
    cuman untuk mendapatkan BUKU tersebut dimana yach...
    apa udah tersebar juga ke seluruh Indonesia
    terima kasih

    salam strike
    munandar
    Maaf nih saya coba cari di Untitled Document
    ga ada tuh ?

    Quote Originally Posted by evon212 View Post
    Bagus Info Bang Wa2N...thanx...
    Sama-sama Von.

    Quote Originally Posted by agungpur View Post
    Bagus infonya pak .... tapi kesimpulannya apa ya pak ? .. hehehe .. maaf ... bulan2 yg buanyak ikannya kapan ya pak ?
    Maaf yah saya belum punya bukunya jadi ga bisa kasih kesimpulan.

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Suruh Om Wawan beli trus kita copy rame2.
    STOP PIRACY ...
    Nanti kapten Jack bisa marah lho, he he he
    Wawan

  8. wongsolo's Avatar
    wongsolo is offline RegularFishy wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future wongsolo has a brilliant future
    Real Name
    Yanto Irwanto
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Villa Galaxi Bekasi Selatan
    Posts
    4,806

    Pak Wawan.........thanks informasi atas buku tsb mudah2an bermanfaat


    Quote Originally Posted by orangpriok View Post
    Ga sengaja browsing ketemu info ini, bukunya belum punya.
    Jadi belum bisa kasih review, mudah-mudahan bermanfaat.




    Judul : MUSIM PENANGKAPAN IKAN DI INDONESIA
    Penyusun : Peneliti Balai Riset Perikanan Laut
    Sambutan : Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S.
    Kata Pengantar : Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. APU.
    Jumlah halaman : xx + 116
    Penerbir : PT. Penebar Swadaya
    Edisi : Cetakan ke-1 Tahun 2004

    Resume:
    Kapan terjadinya musim puncak suatu jenis ikan di suatu perairan ? Kapan penangkapan udang, cumi-cumi ataupun kekerangan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal ? Informasi ini selengkapnya dapat dibaca dan ditemukan dalam buku “Musim Penangkapan Ikan di Indonesia” yang disusun oleh para peneliti Balai Riset Perikanan Laut (BRPL).

    Penangkapan ikan sudah sejak dulu dan secara turun-temurun dilakukan nelayan. Dalam perkembangannya, pengalaman penangkapan ikan di laut telah memberikan sumbangan ilmu di bidang perikanan tangkap. Keberhasilan penangkapan – yang ditunjukkan oleh jumlah tangkapan – dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan aktivitas penangkapan. Dengan demikian, adanya informasi tentang musim penangkapan ikan akan sangat membantu nelayan untuk memperoleh hasil tangkapan yang optimal.

    Di negara yang telah maju perikanannya, informasi yang berkaitan dengan musim penangkapan ikan seperti di atas sudah dapat diperoleh dengan mudah, sehingga para pengusaha penangkapan dapat melaksanakan usahanya lebih pasti dan memperoleh keuntungan maksimal. Sementara di Indonesia, informasi tersebut belum tersusun dengan baik dan sistematis karena sepenuhnya berdasarkan pengalaman atau tradisi leluhur.

    Secara umum buku ini bertujuan menjawab tantangan kebutuhan informasi tersebut dengan dilandasi kaidah-kaidah keilmuan berdasarkan hasil riset. Seluruh materi yang menjadi dasar dalam penyusunan ini merupakan hasil riset dan ditunjang dengan data dan informasi dari perorangan, lembaga, serta institusi terkait yang berkecimpung di dalam pengelolaan sumberdaya perikanan. Beberapa materi pokok yang ada dalam buku ini antara lain Musim Penangkapan Ikan Pelagis Besar (tuna, cakalang), Ikan Pelagis Kecil, Ikan Demersal, Udang, Cumi-cumi, Kekerangan, dan Cucut.

    Buku setebal 116 hal ini selain dilengkapi dengan gambar berbagai jenis ikan ekonomis penting yang menjadi tujuan penangkapan, juga dilengkapi dengan grafik fluktuasi tangkapan musiman yang mengindikasikan musim puncak dan musim paceklik. Untuk memudahkan pemahaman, pada bagian awal dilengkapi bahasan mengenai pola angin musim (monsson), pola umum arus permukaan dan pembagian wilayah pengelolaan perikanan (WPP). Dugaan musim penangkapan dari jenis-jenis ikan atau kelompok jenis ikan diperoleh dengan menganalisis data statistik perikanan (data produksi bulanan dan laju tangkap bulanan) yang dikumpulkan dari berbagai TPI (Tempat Pendaratan Ikan) dan PPI (Pusat Pendaratan Ikan) seluruh Indonesia. Informasi mengenai musim diperoleh dengan cara mencari rata-rata data bulanan (produksi dan laju tangkap) selama beberapa tahun yang dikumpulkan oleh peneliti ketika mengikuti operasi penangkapan dari berbagai jenis alat tangkap.

    Penyajian informasi yang komunikatif serta didukung dengan data yang lengkap dari beragamnya sumber serta penggunaan metode analisis yang relevan, menjadikan buku ini “berisi”. Tidak berlebihan bila buku ini disarankan untuk dimiliki para nelayan skala kecil; menengah; maupun besar; akademisi; dan praktisi di bidang penangkapan ikan. (*)
    [FONT=Courier New][COLOR=blue][B][SIZE=3][FONT=Arial][U]Yanto Irwanto[/U][/FONT][/SIZE][/B][/COLOR][/FONT]
    [FONT=Arial][COLOR=black]Email : [/COLOR][/FONT][EMAIL="wongsolo@fishyforum.com"][FONT=Arial][COLOR=black]wongsolo@fishyforum.com[/COLOR][/FONT][/EMAIL]
    Email :yanto@ptoaj.co.id
    [url]http://www.******.blogspot.com[/url]

  9. Real Name
    Achmad S. Ruki
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Indah - Jakarta Selatan
    Posts
    2,544

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Suruh Om Wawan beli trus kita copy rame2.
    Kenapa harus memfoto copy? Minta aja ke Departemen Kelautan dan Perikanan kan pasti banyak stock walaupun Dana Taktis sudah distop! Ha, ha, ha!

  10. wiraseta is offline Banned wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future
    Real Name
    Wiraseta
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Sanur
    Posts
    2,239

    sepanjang pengetahuan saya bergaul dengan nelayan tradisional puncak dari musim ikan itu adalah bulan oktober-november

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  2. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21
  3. Musim penangkapan Ikan Pelagis Besar
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 01-11-2004, 16:24
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts