Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Keberadaan Ikan Lihat Tanda-Tanda Alam

  1. chandra's Avatar
    chandra is offline RegularFishy chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold
    Real Name
    tresna chandra
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Jimbaran bali
    Posts
    373

    Keberadaan Ikan Lihat Tanda-Tanda Alam

    Pada thread saya mencoba berbagi sedikit pengalaman ( maaf kalau sudah ada dithread sebelumnya ), serta mohon saran dari rekan2 FF mengenai bagaimana melihat tanda-tanda alam dalam mencari lokasi ikan, terlepas dari penggunaan peralatan yang canggih ( GPS, Fish sounder,/Echosounder ) karena tidak semua rekan2 di FF mempunyai peralatan tersebut. Atau dapat membawa pawang ikan.
    Meskipun tanda2 alam ini tidak seluruhnya didukung dengan alasan yang kuat, tapi saya melihat pemancing kawakan umumnya selalu memanfatkan tanda alam pada setiap perjalanan memancing. Beberapa tanda-tanda alam yang sering menjadi patokan :

    1. Warna air.
    Warna biru tua, warna favorit yang dicari pemancing utk mencari ikan2 besar.
    Warna Hijau , karena saya senang memancing di Land base bisanya warna ini yang dicari ( dominan ada disekitar pantai), asalkan jernih ikan karang berukuran besar akan mencari mangsa disini. Tetapi pertemuan antara air hijau dan biru sering juga dipercaya akan banyak menghasilkan ikan besar.
    Warna air yang harus dihindari:
    Air Keruh/Hitam, biasanya terjadi karena arus sangat kuat atau air hujan/banjir dari daratan, memancing di air ini akan sia2, kecuali kalau ingin mencari jenis ikan Baracuda atau tenggiri.
    Air laut yang bening: memancing pada kondisi ini hanya akan menghabiskan waktu sia2, karena menandakan tidak adanya plankton yang merupakan makan bagi ikan2 kecil otomatis ikan2 besar pun tidak ada

    2. Suhu Air
    Dilautan luas suhu permukaan atau kedalaman ditempat2 tertentu seringkali dapat berbeda cukup nyata dibandingkan tempat lain, Berbagai spesies ikan pada suhu kurang dari 21 derajat C. seolah2 berpuasa tapi pada suhu 25 derajat C mereka rakus terhadap mangsa / umpan, alat yang baik untuk mengukur suhu adalah termometer, pada kapal2 pemancing yang modern alat ini biasanya sudah selalu tersedia/menyatu pada fishsounder, akan tetapi kalau kapal tradisional sungguh report membawanya,…saya biasanya mengunakan timah pemberat dan felling sebagai patokan utk mengukur suhu …, saat akan memancing dasar biasanya timah saya genggam dulu beberapa saat kemudian saat menganti umpan saya genggam lagi jika timah terasa dingin, saya siapkan tenaga untuk menarik ikan Pari atau siap bengong rangkaiaan pancing diambil ikan buntel.

    3. Garis Arus.
    Akibat pengaruh pasang surut , air laut akan menimbulkan garis arus yang dapat terlihat nyata, dapat berupa warna yang berbeda atau riak arus dengan arah yg berbeda dengan membawa rumput atau sampah, biasanya garis laut nyaris selalu dikelilingi oleh ikan2 besar, itu pengemar trolling gemar berhanyut disepanjang garis laut ini.


    4. Benda Terapung
    Kayu dsb, atau benda buatan manusia mis ;tabung pelampung utk navigasi menuju pelabuhan rumpon akan menarik berbagai jenis ikan ; ikan kue / GT , tenggiri, Mahi-mahi, tuna, wahoo , marlin dll , sepanjang laut tdk tercemar… Jadi sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa mengecek terlebih dahulu apa isi didalamnya.

    5. Burung Laut.
    Biasanya sekawanan burung akan mencari lokasi ikan2 kecil sebagai makanannya dan sudah dipastikan biasanya predator/pemangsanya akan ada disekitarnya. Pola mencari makan sekawanan burung inilah sebagai petanda keberadaan ikan2 besar.

    6. Dasar laut.
    Ada suatu kebisaan nelayan saat mencari ikan selalu membawa batu untuk menditeksi dasar laut dengan cara menengelamkan batu yang sudah dikikat tali/senar sehingga bunyi benda yang beradu menandakan bahwah dasar laut ada karang2/tandes yang sudah dipastikan terdapat ikan, hal ini efektif dilakukan jika kedalaman tidak melebihi 30 mtr

    Pada rekan2 mohon dikoreksi jika ada kesalahan saya dalam penulisan dan tambahannya, semoga bermanfaat

  2. ancell02's Avatar
    ancell02 is offline RegularFishy ancell02 will become famous soon enough
    Real Name
    Aan
    Join Date
    May 2007
    Location
    Tanah Grogot - KALTIM
    Posts
    52

    Quote Originally Posted by chandra View Post
    Pada thread saya mencoba berbagi sedikit pengalaman ( maaf kalau sudah ada dithread sebelumnya ), serta mohon saran dari rekan2 FF mengenai bagaimana melihat tanda-tanda alam dalam mencari lokasi ikan, terlepas dari penggunaan peralatan yang canggih ( GPS, Fish sounder,/Echosounder ) karena tidak semua rekan2 di FF mempunyai peralatan tersebut. Atau dapat membawa pawang ikan.
    Meskipun tanda2 alam ini tidak seluruhnya didukung dengan alasan yang kuat, tapi saya melihat pemancing kawakan umumnya selalu memanfatkan tanda alam pada setiap perjalanan memancing. Beberapa tanda-tanda alam yang sering menjadi patokan :

    1. Warna air.
    Warna biru tua, warna favorit yang dicari pemancing utk mencari ikan2 besar.
    Warna Hijau , karena saya senang memancing di Land base bisanya warna ini yang dicari ( dominan ada disekitar pantai), asalkan jernih ikan karang berukuran besar akan mencari mangsa disini. Tetapi pertemuan antara air hijau dan biru sering juga dipercaya akan banyak menghasilkan ikan besar.
    Warna air yang harus dihindari:
    Air Keruh/Hitam, biasanya terjadi karena arus sangat kuat atau air hujan/banjir dari daratan, memancing di air ini akan sia2, kecuali kalau ingin mencari jenis ikan Baracuda atau tenggiri.
    Air laut yang bening: memancing pada kondisi ini hanya akan menghabiskan waktu sia2, karena menandakan tidak adanya plankton yang merupakan makan bagi ikan2 kecil otomatis ikan2 besar pun tidak ada

    2. Suhu Air
    Dilautan luas suhu permukaan atau kedalaman ditempat2 tertentu seringkali dapat berbeda cukup nyata dibandingkan tempat lain, Berbagai spesies ikan pada suhu kurang dari 21 derajat C. seolah2 berpuasa tapi pada suhu 25 derajat C mereka rakus terhadap mangsa / umpan, alat yang baik untuk mengukur suhu adalah termometer, pada kapal2 pemancing yang modern alat ini biasanya sudah selalu tersedia/menyatu pada fishsounder, akan tetapi kalau kapal tradisional sungguh report membawanya,…saya biasanya mengunakan timah pemberat dan felling sebagai patokan utk mengukur suhu …, saat akan memancing dasar biasanya timah saya genggam dulu beberapa saat kemudian saat menganti umpan saya genggam lagi jika timah terasa dingin, saya siapkan tenaga untuk menarik ikan Pari atau siap bengong rangkaiaan pancing diambil ikan buntel.

    3. Garis Arus.
    Akibat pengaruh pasang surut , air laut akan menimbulkan garis arus yang dapat terlihat nyata, dapat berupa warna yang berbeda atau riak arus dengan arah yg berbeda dengan membawa rumput atau sampah, biasanya garis laut nyaris selalu dikelilingi oleh ikan2 besar, itu pengemar trolling gemar berhanyut disepanjang garis laut ini.


    4. Benda Terapung
    Kayu dsb, atau benda buatan manusia mis ;tabung pelampung utk navigasi menuju pelabuhan rumpon akan menarik berbagai jenis ikan ; ikan kue / GT , tenggiri, Mahi-mahi, tuna, wahoo , marlin dll , sepanjang laut tdk tercemar… Jadi sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa mengecek terlebih dahulu apa isi didalamnya.

    5. Burung Laut.
    Biasanya sekawanan burung akan mencari lokasi ikan2 kecil sebagai makanannya dan sudah dipastikan biasanya predator/pemangsanya akan ada disekitarnya. Pola mencari makan sekawanan burung inilah sebagai petanda keberadaan ikan2 besar.

    6. Dasar laut.
    Ada suatu kebisaan nelayan saat mencari ikan selalu membawa batu untuk menditeksi dasar laut dengan cara menengelamkan batu yang sudah dikikat tali/senar sehingga bunyi benda yang beradu menandakan bahwah dasar laut ada karang2/tandes yang sudah dipastikan terdapat ikan, hal ini efektif dilakukan jika kedalaman tidak melebihi 30 mtr

    Pada rekan2 mohon dikoreksi jika ada kesalahan saya dalam penulisan dan tambahannya, semoga bermanfaat
    untuk mancing di sungai tanda-tanda alamnya ada gak yah...
    [B][FONT=Comic Sans MS][COLOR=White].................................................................................................................[/COLOR][SIGPIC][/SIGPIC][/FONT][/B]

  3. Rudy 007's Avatar
    Rudy 007 is offline Belajar mancing Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute Rudy 007 has a reputation beyond repute
    Real Name
    Rudy Limansia
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Semarang
    Posts
    10,836

    Wah terima kasih tips nya pak. Sangat bermanfaat dan menambah pengalaman.
    Mau saya tembak cendol blm bs nih. Heran, semalam sampai kehabisan jatah, tp sampai siang ini kok blm re load lg cendolnya. Mana sdh byk utang nih .
    Rgds,
    Rudy. EMAIL : Rudysen@fishyforum.com

    Link for the new FF member

    http://www.fishyforum.com/fishysalt/...khususnya.html

    If better is possible, so, good is not enough.

  4. wiraseta is offline Banned wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future
    Real Name
    Wiraseta
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Sanur
    Posts
    2,239

    Quote Originally Posted by chandra View Post
    Pada thread saya mencoba berbagi sedikit pengalaman ( maaf kalau sudah ada dithread sebelumnya ), serta mohon saran dari rekan2 FF mengenai bagaimana melihat tanda-tanda alam dalam mencari lokasi ikan, terlepas dari penggunaan peralatan yang canggih ( GPS, Fish sounder,/Echosounder ) karena tidak semua rekan2 di FF mempunyai peralatan tersebut. Atau dapat membawa pawang ikan.
    Meskipun tanda2 alam ini tidak seluruhnya didukung dengan alasan yang kuat, tapi saya melihat pemancing kawakan umumnya selalu memanfatkan tanda alam pada setiap perjalanan memancing. Beberapa tanda-tanda alam yang sering menjadi patokan :

    1. Warna air.
    Warna biru tua, warna favorit yang dicari pemancing utk mencari ikan2 besar.
    Warna Hijau , karena saya senang memancing di Land base bisanya warna ini yang dicari ( dominan ada disekitar pantai), asalkan jernih ikan karang berukuran besar akan mencari mangsa disini. Tetapi pertemuan antara air hijau dan biru sering juga dipercaya akan banyak menghasilkan ikan besar.
    Warna air yang harus dihindari:
    Air Keruh/Hitam, biasanya terjadi karena arus sangat kuat atau air hujan/banjir dari daratan, memancing di air ini akan sia2, kecuali kalau ingin mencari jenis ikan Baracuda atau tenggiri.
    Air laut yang bening: memancing pada kondisi ini hanya akan menghabiskan waktu sia2, karena menandakan tidak adanya plankton yang merupakan makan bagi ikan2 kecil otomatis ikan2 besar pun tidak ada

    2. Suhu Air
    Dilautan luas suhu permukaan atau kedalaman ditempat2 tertentu seringkali dapat berbeda cukup nyata dibandingkan tempat lain, Berbagai spesies ikan pada suhu kurang dari 21 derajat C. seolah2 berpuasa tapi pada suhu 25 derajat C mereka rakus terhadap mangsa / umpan, alat yang baik untuk mengukur suhu adalah termometer, pada kapal2 pemancing yang modern alat ini biasanya sudah selalu tersedia/menyatu pada fishsounder, akan tetapi kalau kapal tradisional sungguh report membawanya,…saya biasanya mengunakan timah pemberat dan felling sebagai patokan utk mengukur suhu …, saat akan memancing dasar biasanya timah saya genggam dulu beberapa saat kemudian saat menganti umpan saya genggam lagi jika timah terasa dingin, saya siapkan tenaga untuk menarik ikan Pari atau siap bengong rangkaiaan pancing diambil ikan buntel.

    3. Garis Arus.
    Akibat pengaruh pasang surut , air laut akan menimbulkan garis arus yang dapat terlihat nyata, dapat berupa warna yang berbeda atau riak arus dengan arah yg berbeda dengan membawa rumput atau sampah, biasanya garis laut nyaris selalu dikelilingi oleh ikan2 besar, itu pengemar trolling gemar berhanyut disepanjang garis laut ini.


    4. Benda Terapung
    Kayu dsb, atau benda buatan manusia mis ;tabung pelampung utk navigasi menuju pelabuhan rumpon akan menarik berbagai jenis ikan ; ikan kue / GT , tenggiri, Mahi-mahi, tuna, wahoo , marlin dll , sepanjang laut tdk tercemar… Jadi sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa mengecek terlebih dahulu apa isi didalamnya.

    5. Burung Laut.
    Biasanya sekawanan burung akan mencari lokasi ikan2 kecil sebagai makanannya dan sudah dipastikan biasanya predator/pemangsanya akan ada disekitarnya. Pola mencari makan sekawanan burung inilah sebagai petanda keberadaan ikan2 besar.

    6. Dasar laut.
    Ada suatu kebisaan nelayan saat mencari ikan selalu membawa batu untuk menditeksi dasar laut dengan cara menengelamkan batu yang sudah dikikat tali/senar sehingga bunyi benda yang beradu menandakan bahwah dasar laut ada karang2/tandes yang sudah dipastikan terdapat ikan, hal ini efektif dilakukan jika kedalaman tidak melebihi 30 mtr

    Pada rekan2 mohon dikoreksi jika ada kesalahan saya dalam penulisan dan tambahannya, semoga bermanfaat
    nih saya tambahkan pak chandra,kalo kita mancing ke tengah laut nggak punya sounder buat nyari tandes caranya gampang...tempelkan kuping di dasar perahu dengan kondisi mesin perahu mati...jika terdengar suara minyak mendidih seperti kita memanaskan minyak di wajan maka pertanda dibawah ada tandes ato karang...ini ilmu warisan dari kakek saya sebagai nelayan tradisional...he..he..

  5. chandra's Avatar
    chandra is offline RegularFishy chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold chandra is a splendid one to behold
    Real Name
    tresna chandra
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Jimbaran bali
    Posts
    373

    Quote Originally Posted by ancell02 View Post
    untuk mancing di sungai tanda-tanda alamnya ada gak yah...
    Wah...Pa Aan maaf sekali, saya tidak punya pengalaman utk yg disungai, mungkin nanti ada rekan2 diFF ini bisa bantu kita berbagi pengalamannya sekalian utk tanda2 alam mancing didanau/telaga

    Quote Originally Posted by Rudy 007 View Post
    Wah terima kasih tips nya pak. Sangat bermanfaat dan menambah pengalaman.
    Mau saya tembak cendol blm bs nih. Heran, semalam sampai kehabisan jatah, tp sampai siang ini kok blm re load lg cendolnya. Mana sdh byk utang nih .
    terima kasih Pa..., (weleh.. ngga usah repot-repot sama cendolnya) yg penting dengan berbagi pengalaman ini saya sudah senang dan juga bisa sharing sama temen2 yang lain dan akan menambah pengetahuan saya....

    Quote Originally Posted by wiraseta View Post
    nih saya tambahkan pak chandra,kalo kita mancing ke tengah laut nggak punya sounder buat nyari tandes caranya gampang...tempelkan kuping di dasar perahu dengan kondisi mesin perahu mati...jika terdengar suara minyak mendidih seperti kita memanaskan minyak di wajan maka pertanda dibawah ada tandes ato karang...ini ilmu warisan dari kakek saya sebagai nelayan tradisional...he..he..
    Ini..nih Gile bener......dedemit laut ada aja pengalamnnya kalau ada log booknya udah setebel yellow page kali, Pa wir....tapi kan kalau terlalu dalem apa ngga susah ngedengerinnya, kira2 berapa meter masih bisa terdengar

  6. evon212's Avatar
    evon212 is offline RAFAC member evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future evon212 has a brilliant future
    Real Name
    Zainal Evon Smile Fals Vanda Costa Lee Roth Cannavaro 212
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Rawa belong & Ciganjur
    Posts
    1,669

    Kalo Baronang..? DLL

    Quote Originally Posted by wiraseta View Post
    nih saya tambahkan pak chandra,kalo kita mancing ke tengah laut nggak punya sounder buat nyari tandes caranya gampang...tempelkan kuping di dasar perahu dengan kondisi mesin perahu mati...jika terdengar suara minyak mendidih seperti kita memanaskan minyak di wajan maka pertanda dibawah ada tandes ato karang...ini ilmu warisan dari kakek saya sebagai nelayan tradisional...he..he..

    Hehehehe kalo baronang Gimane..? Ada nggak Tande2 nye selaen nyang udeh di bilangin ame Pakar2 baronang di Fishy Rabbit...kale aje ade kunciannye nyang laen ...

    Thanx...




    Evon212
    -----------------------------------------
    Special Thanks For Bang Donny (Cah_don), Aye gak akan Lupain..

    Tebarkan Salam , Sampaikan Cinta..
    Go to my site : http://evon212.multiply.com


  7. wiraseta is offline Banned wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future
    Real Name
    Wiraseta
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Sanur
    Posts
    2,239

    Quote Originally Posted by evon212 View Post
    Hehehehe kalo baronang Gimane..? Ada nggak Tande2 nye selaen nyang udeh di bilangin ame Pakar2 baronang di Fishy Rabbit...kale aje ade kunciannye nyang laen ...

    Thanx...
    waduh kalo baronang...kakek saya nggak doyan mancing baron jadi nggak sempat nyolong ilmunya...he...he...kalo baron bukannya spotnya gampang,ada di dermaga,karang dekat palung laut yang sangat dekat dengan bibir pantai terutama karang yang banyak lumut merah ato lumut ijonya..mudah-mudahan nggak salah,entar pakar baronang mencak-mencak lihat penjelasan yang salah...he...he..

  8. wiraseta is offline Banned wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future
    Real Name
    Wiraseta
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Sanur
    Posts
    2,239

    Quote Originally Posted by chandra View Post


    Ini..nih Gile bener......dedemit laut ada aja pengalamnnya kalau ada log booknya udah setebel yellow page kali, Pa wir....tapi kan kalau terlalu dalem apa ngga susah ngedengerinnya, kira2 berapa meter masih bisa terdengar
    saya sudah sering praktekin kalo pake jukung,kedalaman laut 50 meter masih bisa didengar...kalo sudah biasa bisa tahu mana suara arus mana suara air yang melewati karang...suaranya hampir mirip dengan suara udang hidup yang lagi di taruh di dalam dungki/tempat ikan tanpa air maupun aerator...

  9. bobbo's Avatar
    bobbo is offline Regular Fishy bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future bobbo has a brilliant future
    Real Name
    Darwan
    Join Date
    May 2007
    Location
    surabaya
    Posts
    3,092

    Pak Wiraseta, bagi nomor telp lagi donk... no telp yang lama ketinggalan dirumah nih... hehee... Bisa PM saya pak... lengkap lho nomor flexi, hp, rumah, sepatu hahahhaa.....
    Darwan, Surabaya

    BLUEQUTUQ.... BLUQUTUQ.... cari makan ahhh.....

  10. Pak Djupri's Avatar
    Pak Djupri is offline RegularFishy Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of
    Real Name
    lie djupriadi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    cirebon
    Posts
    2,217

    Quote Originally Posted by wiraseta View Post
    nih saya tambahkan pak chandra,kalo kita mancing ke tengah laut nggak punya sounder buat nyari tandes caranya gampang...tempelkan kuping di dasar perahu dengan kondisi mesin perahu mati...jika terdengar suara minyak mendidih seperti kita memanaskan minyak di wajan maka pertanda dibawah ada tandes ato karang...ini ilmu warisan dari kakek saya sebagai nelayan tradisional...he..he..
    Wah kalau yang begini namanya luar biasa. Salut buat pak Wira.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Ikan Lou Han atau Nyamuk Demam Berdarah...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 12-04-2007, 22:13
  2. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  3. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts