Closed Thread
Results 1 to 3 of 3

Thread: SPECIES IKAN BERACUN

  1. mobie's Avatar
    mobie is offline RegularFishy mobie will become famous soon enough
    Real Name
    Bhima
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Sidoarjo
    Posts
    192

    SPECIES IKAN BERACUN

    wah..gw abis lihat di berita ada beberapa orang keracunan setelah habis makan ikan ikan laut dan yang sampai meninggal lagi..hii , mungkin ada rekan2 yang ngerti species atau jenis ikan yang ngga boleh dimakan, mas tony yellowfin kayaknya yang mumpuni untuk masalah ini yang bisa ngasih masukan jenis2 ikan apa aja yang ngga boleh dikonsumsi , trus di daerah gw ada mitos nih kalo sejenis ikan catfish tapi badannya ada belang-belangnya, nama lokalnya sih sembilang, habitatnya di daerah muara/hutan bakau itu kalo dimakan bisa bikin pigment kulit wajah jadi belang2 ngga bisa ilang bener ngga sih..itu, habisnya setiap kali kalo mancing di muara yang dominan mesti dapat ikan tersebut, sayang kalo ngga dimakan.. .
    "EveryDays is Fishing Day"

  2. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    Mas Bimo,

    Daftar ikan yang layak dikonsumsi atau tidak, yg beracun atau tidak; sepertinya ada di fishyronment deh, coba browse lagi kesana

    Sembilang (plotusus sp) mudah dikenali dengan warna coklat lumpur dan sisi perut putih kekuningan serta duri punggung tegak menantang ketika didaratkan, yang mirip dengan sembilang tapi belang-belang itu bisa jadi Keropak (istilah nelayan lokal), ikan ini berlendir dan berbau tidak enak ketika tertangkap.. sedikit seperti kambing (prengus kalo kata orang jawa).. saya rasa makan ikan tidak akan merubah pigmen kita sedrastis itu mas..kemungkinan besar mitos saja.. kalo penasaran dicobakan ke kucing polos (saya jadi ikut penasaran)

    Semua ikan ketika tertangkap akan stress sehingga tubuhnya akan bereaksi secara kimia dengan mengeluarkan banyak enzym yang bersifat acitic/asam.. dengan teknik bleeding/pengeluaran darah hal ini bisa diminimalisir.. Nah pada beberapa ikan bukan asam saja yg dihasilkan tetapi juga venom/zat racun..misal beberapa spesies ikan Buntal.

    Sebaiknya kalo gak kenal ikan yg kita tangkap jangan dimakan dilepas lagi saja, ntar pulangnya mampir ke TPI beli kakap buat oleh-oleh untuk yang di rumah biar gak diomelin

    Terima Kasih

    Tony

  3. mobie's Avatar
    mobie is offline RegularFishy mobie will become famous soon enough
    Real Name
    Bhima
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Sidoarjo
    Posts
    192

    thanks banget langsung ditanggapi, ,cuman jadi ngga enak nih abisnya topiknya udah lama tapi gwe ngga ngikuti . wahn kalo ikannya beli dipasar bini udah ngerti kalo itu bukan hasil pancingan soalnya ikan yang didapet langsung dilihat bibirnya jontor ngga? kalo ngga wah entar bini malah curiga mancing ikan ato mancing lainnya hi hi hi
    "EveryDays is Fishing Day"

Closed Thread

Similar Threads

  1. Ikan Lou Han atau Nyamuk Demam Berdarah...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 12-04-2007, 22:13
  2. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  3. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts