Closed Thread
Results 1 to 5 of 5

Thread: Cara Menghitung/Mengetahui Air Laut Pasang - Surut

  1. Real Name
    Aan
    Join Date
    May 2007
    Location
    Tanah Grogot - KALTIM
    Posts
    52

    Cara Menghitung/Mengetahui Air Laut Pasang - Surut

    di bawah ini saya ambil dari salah satu blog natrekk.multiply.com/journal/item/60
    yang isinya :

    Oleh : Kesha Andrea

    Semalam, jam 23.00, saya dengar di Radio El Shinta, sedang mewawancarai seorang pakar/ahli cuaca, pak Hendro P, yang saya akui akurat ramalannya karena berdasarkan data-data dari satelit. Tetapi ketika ditanya tentang air pasang/surut besar, beliau hanya menjawab bulan purnama, terus ditanya kapan lagi, jawabannya sangat tidak memuaskan saya.

    Sebagai orang China yang tinggal di pinggir laut, semasih masih kecil (umur 7 tahun sampai umur 15 tahun), saya dulu sangat memperhatikan dan diajarkan menghitung air pasang besar/surut berdasarkan kalender China, karena itu adalah "my berenang days, my fishing days, cari2 mussels" hahaha.... jadi selalu mempelototin tanggalan.


    Cara menghitung air pasang besar (ingat pelajaran SD; pasang surut air laut dipengaruhi oleh gravitasi bulan):

    Dari Kalender China (Kalender China menggunakan sistem matahari dan bulan), air pasang/surut besar adalah setiap tanggal 13-18 (bulannya besar/purnama) dan tanggal 29-3 (bulan mati/bulan sabit). Air pasang, istilahnya air mulai dorong jam 2-3 pagi/sore, mencapai peaknya tertingginya jam 5-6 pagi/sore (sama saja jam pasang/surut di pagi/sore hari). Air surut, ada di peaknya (surut jauh) di jam 11-12 siang/malam (sama saja jamnya).

    Sedangkan untuk pasang tertinggi setiap bulan ada di tanggal 18 dan tanggal 3, itu merupakan tertinggi ---> kalo ini, aku selalu memperhatikan batas garis air di tiang-tiang jembatan dan menghitung anak tangga yang tergenang.

    Diluar tanggal 13 - 18 dan 29 - 3, air laut dinamakan air KONDA, yaitu suatu kondisi dimana air tidak pasang dan tidak surut, air konda di bagi 2, konda besar dan konda kecil (aku paling benci air konda, apalagi kalo konda kecil, laut serba tanggung, mau mancing, ikan besarnya ngga ada yang lewat, mau berenang airnya kurang, mau cari seashell airnya masih ada, yang akhirnya aku cuma bengong2 aja di jembatan/dermaga sepanjang 1 km milik kakek aku...)

    Bisa juga melihat kalendar Arab yang berdasarkan sistem bulan, karena tanggalan China dan Arab hampir sama tanggalnya, hanya kalo dibanding sama kalendar China yang di mixed sama kalendar matahari (sungguh rumit ya...), kalendar Arab selalu menuju maju bila di bandingkan dengan kalendar internasional (lihat Hari Lebarannya), beda dengan kalendar China, yang Lebaran/Imleknya hanya disekitar Januari atau Februari.

    Jadi di musim banjir begini sebenarnya bisa memperkirakan kapan saatnya pintu air yang menuju ke laut itu boleh dibuka atau tidak boleh dibuka, mengingat dataran jakarta sebagian besar ada dibawah permukaan laut.

    Kalau tidak salah, banjir besar 2002, juga bertepatan dengan bulan Purnama.

    Oh ya... nanti tanggal 18 Februari 2007 adalah hari Imlek, hari Raya Musim Semi, artinya tanggal 1 Imlek, bulan mati, artinya air pasang tinggi... semoga ngga hujan deras dan bikin banjir seperti sekarang ini...


    semoga dapat membantu..



    nb :
    jika thread ini sdh ada silahkan dihapus.
    [B][FONT=Comic Sans MS][COLOR=White].................................................................................................................[/COLOR][SIGPIC][/SIGPIC][/FONT][/B]

  2. Real Name
    Mas Waluyo R H, M.Mcg.
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Renon, Denpasar
    Posts
    3,263

    Pasang tinggi, jadi pas Imlek nanti cocok buat mancing dong

  3. Real Name
    ircham haripranowo
    Join Date
    May 2007
    Location
    bekasi
    Posts
    217

    benar2 info yg berguna, bisa dipraktekan nanti, lam kenal p. Aan

  4. Real Name
    Darwan
    Join Date
    May 2007
    Location
    surabaya
    Posts
    3,092

    ya emank betul sih kalau para nelayan keturunan Cina, pake'nya kalender cina... kalo di Jawa, pake kalender jawa tuh orang2... kalo orang Bali pake kalender Bali hehehe...
    Setelah kuamat2i, secara garis besar kondisi kalender cina yang diterangkan diatas hampir sama dengan buku pasang surut yg dikeluarkan angkatan laut kita... paling selisih 1 hari aja...
    Boleh dipraktek'in deh....

    Cuma, yang mau saya tanyakan, kapan cocoknya mancing dasaran??? ketika konda (arus mati sama sekali), atau ditengah2 arus kenceng n konda??

    Kalau mau mancing ikan besar trus enaknya yang gimana juga?? apa cari arus kenceng???

    thx
    Darwan, Surabaya

    BLUEQUTUQ.... BLUQUTUQ.... cari makan ahhh.....

  5. Real Name
    Sudharmo Boy
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    154

    ssat yang tetap buat mancing

    Pak Darwan kalau menurut pengalaman kami setiap tgl 20 keatas baik imlek maupun Arab (biasanya Imlek dan arab angkanya tidak berbeda jauh) hasil yang kami dapat lebih memuaskan, waktunya ikan makanin adalah 1 jam sebelum dan sesudah titik pasang paling tinggi. soal titik pasang ini bisa didapat dari Syahbandar daftarnya lengkap satu tahun tgl dan jam titik pasang dan surut lengkap. dan satu lagi kita suka liat kalau pada hari tersebut titik pasang dan titik surut jaraknya besar (ditandain dengan angka dalam daftar) menurut nelayan Jakarta ikannya banyak, teorinya dari mana saya gak tau cuma berdasarkan pengalaman mereka aja.
    Boy

Closed Thread

Similar Threads

  1. Cara Survive Di Laut
    By The Old Man and the Sea in forum FishyTalk
    Replies: 17
    Last Post: 13-07-2007, 21:27
  2. Baca software Pasang surut
    By btm_fishing in forum FishyTalk
    Replies: 9
    Last Post: 14-09-2005, 13:15
  3. Kampanye WWF, Laut Sehat, Seafood Sehat
    By dwihartanto in forum FishyDine
    Replies: 0
    Last Post: 24-06-2005, 11:18
  4. Software Pasang Surut (TideComp-2000)
    By Kiki in forum FishyTrick
    Replies: 25
    Last Post: 17-12-2004, 16:56
  5. PP No. 19 Tahun 1999
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 18-10-2004, 16:37

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts