Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Pengaruh Jadwal Mancing berdasarkan Arus Air Penanggalan Imlek

  1. hyrule's Avatar
    hyrule is offline RegularFishy hyrule is on a distinguished road
    Real Name
    Rudy
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    132

    Pengaruh Jadwal Mancing berdasarkan Arus Air Penanggalan Imlek

    Bro senior, newbie mau cari info.

    Kan sering tuh di majalah ada yang namanya "JADWAL MANCING BERDASARKAN ARUS PENANGGALAN IMLEK". Biasa ada "*" sampai dengan "***" (Satu bintang sampe 3 bintang - Arus Serong - BAGUS banget buat mancing, dst)

    Jadwal yang demikian Efektif GAK yah? / Sejauh mana sih pengaruhnya ama hasil pancingan?
    Jadi kalo di Kalender = *** --> Hasil pancingan biasa lebih OK, kalo tidak ada Bintang/Arus mati --> mancing biasanya Jelek & bakal boncos.

    Saya tau mancing laut kan Banyak sekali faktor yang menentukan. Tapi Kalender tsb bisa menambah factor hasil mancing gak yah?

    Maklum saya baru mulai Hobby mancing sekitar 5 bulanan. Selama ini gak begitu ngerti yang masalah ginian.

    Thanks in Advance

  2. bajak laut's Avatar
    bajak laut is offline RegularFishy bajak laut has a spectacular aura about bajak laut has a spectacular aura about bajak laut has a spectacular aura about
    Real Name
    fahmi
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Medan
    Posts
    371

    Bro hyrul........... penanggalan itu jelas berpengaruh. Karena ikan akan galak makannya pada saat mulai ada arus / sorong. Jika tidak ada arus itu dinamakan pasang mati di tandai dengan tidak adanya pasang surut dan itu terjadi saat tanggal 7,8,9,10 dan 21,22,23,24 kalender bulan ( islam / china ).

    Tanda bintang 1 ( * ) itu artinya air sudah bergerak sorong tetapi masih pelan, bintang 2 ( ** ) berarti air sudah bergerak lebih cepat dari sebelumnya dan saat bintang 3 ( *** ) air mulai bergerak kencang dan seterusnya sampai pada puncaknya ada pada hari ke 15 atau 30 kalender bulan yang merupakan pasang besar yg arusnya sangat kuat.

    Di beberapa tempat utamanya perairan selat bahkan timah / jig 500 gr masih melayang. Jika arus sudah terlalu kuat maka ikan juga tidak lagi galak memakan umpan. Dan untuk lebih memantapkan hasil pancingan sebaiknya kita juga memperhatikan jam pasang surutnya air, usahakan kita memancing pada saat air mulai bergerak dari surut ke pasang.

    Mohon maaf jika ada yg salah.....
    Kerjanya Mancing
    Hobinya Wiraswasta

  3. hyrule's Avatar
    hyrule is offline RegularFishy hyrule is on a distinguished road
    Real Name
    Rudy
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    132

    Quote Originally Posted by bajak laut View Post
    Bro hyrul........... penanggalan itu jelas berpengaruh. Karena ikan akan galak makannya pada saat mulai ada arus / sorong. Jika tidak ada arus itu dinamakan pasang mati di tandai dengan tidak adanya pasang surut dan itu terjadi saat tanggal 7,8,9,10 dan 21,22,23,24 kalender bulan ( islam / china ).

    Tanda bintang 1 ( * ) itu artinya air sudah bergerak sorong tetapi masih pelan, bintang 2 ( ** ) berarti air sudah bergerak lebih cepat dari sebelumnya dan saat bintang 3 ( *** ) air mulai bergerak kencang dan seterusnya sampai pada puncaknya ada pada hari ke 15 atau 30 kalender bulan yang merupakan pasang besar yg arusnya sangat kuat.

    Di beberapa tempat utamanya perairan selat bahkan timah / jig 500 gr masih melayang. Jika arus sudah terlalu kuat maka ikan juga tidak lagi galak memakan umpan. Dan untuk lebih memantapkan hasil pancingan sebaiknya kita juga memperhatikan jam pasang surutnya air, usahakan kita memancing pada saat air mulai bergerak dari surut ke pasang.

    Mohon maaf jika ada yg salah.....
    Thanks Pak atas penjelasannya.
    Waduh berarti buat Tanggal 6 Feb di majalah, penanggalan = Arus Mati jelek dong yah Pak? Tapi selama bulan Feb di penanggalan selalu tiap Weekend (Sabtu & Minggu) gak ada tanda bintangnya nih.
    Padahal rencana tanggal 6 ini mau ke P.1000, dah puasa sejak Desember tahun lalu soalnya gak Narik2 Jor/Rod
    Sedangkan SIM (Surat ijin melaut) cuma bisa Sabtu or minggu

    Apa di mundurin aja yah?
    Bedanya arus sorong vs arus kencang pasang besar apa yah? Kok kondisi yang bagus buat mancing cuma arus sorong yah?

    Maaf kalo repotin nanya mulu, newbie banget soalnya.

  4. bajak laut's Avatar
    bajak laut is offline RegularFishy bajak laut has a spectacular aura about bajak laut has a spectacular aura about bajak laut has a spectacular aura about
    Real Name
    fahmi
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Medan
    Posts
    371

    Beda antar sorong dgn arus kencang sebenarnya hanya pada kekencangan arus air itu sendiri pak. Saat sorong adalah waktu arus air pasang-surut mulai bergerak tapi masih pelan s/d sedikit kencang, namun masih ideal utk memancing. Sedangkan arus kencang adalah saat air pasang surut yg bergerak dengan cepat di akibatkan gravitasi bulan thd bumi yg mencapai puncaknya ( jarak terdekat bulan dgn bumi ).

    Kalau sakaw dah gak bisa di tahan bisa juga pergi tanggal 13 feb ini pak. Memang arus sudah kuat saat itu, namun berdasarkan pengalaman kami disini utk mancing di pulau lebih mantaf kalo saat mulai pasang besar / arus kencang.

    Hal ini mungkin di akibatkan ikan2 kecil yg merapat ke pulau2 utk berlindung dari arus kencang yg pasti mengundang ikan besar untuk mendekat ke pulau guna mencari mangsanya.

    Akan tetapi jika kita mancing di pulau harus di perhatikan posisi datangnya arus, usahakan kita mancing berlindung di balik pulau dari arah arus yg datang, karena disitulah ikan2 predator menunggu mangsanya ikan2 kecil yg hanyut terbawa arus.

    Untuk kalender bulan bisa bapak download di sini http://www.al-habib.info/islamic-cal...lqura-2010.pdf
    Kerjanya Mancing
    Hobinya Wiraswasta

  5. java is offline RegularFishy java has a spectacular aura about java has a spectacular aura about
    Real Name
    Fajar Santoso
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    east jakarta (Old Banana City)
    Posts
    197

    Makasih bang fahmi bwt uraiannya...
    ikutan dengerin jg yaah

  6. Soe Giek's Avatar
    Soe Giek is offline RegularFishy Soe Giek is on a distinguished road
    Real Name
    Kristanto
    Join Date
    Jul 2009
    Location
    malang
    Posts
    138

    wow..info yang mantaf....ikut nimbrung ya......
    @bajak laut : yang dimaksud mancing dipulau itu dari penggir (landbase) atau dari tengah (sekitar pulau)?
    & itu apa berlaku untuk semua jenis ikan?

  7. hyrule's Avatar
    hyrule is offline RegularFishy hyrule is on a distinguished road
    Real Name
    Rudy
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    132

    Makasih lagi Pak Fahmi karena dah SHARE ilmunya.
    Tanggal 13 Gak bisa Pak, soalne besokne ada perayaan tahun baru-an

    Jadi boleh dibilang Makin kencang arus = makin OK buat mancing yah?
    Tapi kalo Arus kencang bukannya sering pada ngedumel yah di fishy report? (sering pada bilang : J10 Melayang!!! Pake 2 Buah TETAP melayang!!)
    Last edited by hyrule; 02-02-2010 at 20:47.

  8. g4n3fo's Avatar
    g4n3fo is offline RegularFishy g4n3fo will become famous soon enough
    Real Name
    ganefo
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    910

    ikut menyimak,
    sekalian mau nanya nih Bo Fahmi, apa penanggalan itu berlaku di semua lautan dgn kondisi yg sama, terima kasih sebelumnya...

  9. Devisal's Avatar
    Devisal is offline RegularFishy Devisal is just really nice Devisal is just really nice Devisal is just really nice Devisal is just really nice
    Real Name
    Devisal
    Join Date
    Mar 2006
    Location
    Kebon Bawang,Tg.Priok, Jakarta-Utara
    Posts
    2,277

    Quote Originally Posted by g4n3fo View Post
    ikut menyimak,
    sekalian mau nanya nih Bo Fahmi, apa penanggalan itu berlaku di semua lautan dgn kondisi yg sama, terima kasih sebelumnya...

    hi hi hi secara baru aja kita bahas ya gan by Hp tadi.. eh udah ada yg bahas ne.., turut menyimak juga ya om.. lanjuuuuuuuuuttt
    Devisal :

    SMS: HP: 0856-92875161

    Address: Kebon Bawang Tg.Priok Area.
    "Manceng Jalan teruuuuuuss.

  10. Devisal's Avatar
    Devisal is offline RegularFishy Devisal is just really nice Devisal is just really nice Devisal is just really nice Devisal is just really nice
    Real Name
    Devisal
    Join Date
    Mar 2006
    Location
    Kebon Bawang,Tg.Priok, Jakarta-Utara
    Posts
    2,277

    boss. itu yg tgl di bawah tgl masehi adalah tgl islam ato tgl imlex neh... misal besok tgl 3feb=19..
    19 itu tglan apa... kalo pake imlek/china, tgl 19 imlek berarti sorong 3 tuh (***) iya kan.
    gimana neh
    Devisal :

    SMS: HP: 0856-92875161

    Address: Kebon Bawang Tg.Priok Area.
    "Manceng Jalan teruuuuuuss.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Pengaruh Arus Laut
    By perecek in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 03-04-2009, 20:43
  2. [tanya] pengaruh suara senar di arus deras
    By semut ireng in forum FishyWild
    Replies: 0
    Last Post: 05-07-2008, 09:19
  3. Hasil Mancing Hari IMLEK
    By iponk73 in forum FishyReport
    Replies: 9
    Last Post: 18-02-2008, 11:33
  4. Jadwal Mancing - FF Region Jawa Timur
    By tiger_wong in forum FishyTrip
    Replies: 23
    Last Post: 03-01-2008, 15:27
  5. Replies: 14
    Last Post: 15-08-2005, 16:03

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts