Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast
Results 1 to 10 of 32

Thread: Ikan/hewan laut yang beracun

  1. aries_wonk is offline RegularFishy aries_wonk is on a distinguished road
    Real Name
    aries
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    surabaya
    Posts
    48

    Ikan/hewan laut yang beracun

    Pada trip saya beberapa waktu yang lalu di daerah Jember, saya mendapat seekor ikan seperti Kerapu, (sayang ga kepikir buat ambil gambarnya) kata pemilik kapal ikan itu beracun dan tidak dapat di konsumsi tetapi kata temen saya yang orang luar Jawa ikan tsb tidak beracun dan dapat di konsumsi jadi di bawa pulang aja, namun karena kalah suara akhirnya ikan tsb kami lepas lagi.

    nah berdasarkan pengalaman tsb saya ingin dapat masukan dari temen2 FF tentang jenis2 ikan yang beracun kalo bisa + fotonya dan mungkin juga akan berguna bagi anggota forum yg lain.

  2. wongbelagak's Avatar
    wongbelagak is offline RegularFishy wongbelagak will become famous soon enough wongbelagak will become famous soon enough
    Real Name
    Alvin
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Cibubur
    Posts
    419

    bakal jadi thread yg informatif neh
    smoking kills, fishing not!
    081384013894

  3. Ananto81's Avatar
    Ananto81 is offline RegularFishy Ananto81 is on a distinguished road
    Real Name
    Sriyanto
    Join Date
    May 2009
    Location
    Cipayyoeng Jaktim
    Posts
    177

    Salah satu ikan yg hrs diwaspadai adalah ikan pari. Knp demikian?krn ikan ini sgt sering jg terpancing. Apapun jenisnya,smua pnya semacam sengat yg sangat beracun di ekornya..

    Untuk mncegah hal2 yg tdk diinginkan,bgtu udah naik ke kapal,pegang ujung ekornya..lalu perlahan raba ke arah atas (jgn pake tangan ya..utk amannya gunakan tang/pliers),kira2 spertiga bagian dri pangkal ekor,disitu lah letak sengat berupa duri tajam yg sangat beracun..kalo udah ketemu,jepit trs cabut pake tang..aman deh..

  4. crotsd4's Avatar
    crotsd4 is offline RegularFishy crotsd4 will become famous soon enough crotsd4 will become famous soon enough
    Real Name
    sukmana
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    prapatan senen, jakpus
    Posts
    277

    iya oom, aku pernah ambil fotonya waktu di kotabaru, kalsel.. bentuknya kayak ikan kerapu, warna coklat, ada semacam bercak keputihan tidak merata, kepala besar, mulut juga besar...
    kata orang sana, ikan itu gak bisa dimakan, beracun... ntar kalo dah sampe rumah, tak coba aplod, siapa tahu jenis ikan yang dimaksud sama...

  5. AgusIki's Avatar
    AgusIki is offline RegularFishy AgusIki is just really nice AgusIki is just really nice AgusIki is just really nice AgusIki is just really nice
    Real Name
    Agus Ray
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Tangerang
    Posts
    1,829

    terus menyimak...
    lanjuuut....
    B3tter On3 than N0n3

  6. kakapmerah's Avatar
    kakapmerah is offline Pemancing Segala Arah kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute
    Real Name
    ADE/DEA
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    7,268

    ikan buntal adalah salah satu jenis yang beracun. Tapi, jika berada di tangan orang yang pintar, dagingnya bisa diolah dah rasanya sangat nikmat
    MANCING MENJADIKANKU MEMILIKI BANYAK TEMAN

  7. asyaf thea's Avatar
    asyaf thea is offline RegularFishy asyaf thea is on a distinguished road
    Real Name
    Asep Syafrudin
    Join Date
    May 2009
    Location
    Lampung selatan
    Posts
    154

    bnyk sekali jenis ikan yg beracun baik di sengat ataupun dibagian dlm tubuhnya, yg sering terpancing diantaranya : ikan pari, ikan sembilang, ikan semadar/baronang, kiper, buntal, lepo, kedukang, dlsb
    Menempati peringkat paling atas ikan pari, sengatnya sangat berbahaya, klo terlambat penanganan bisa menyebabkan membusuk ditmpt yg tersengat bahkan ada yg sampe meninggal, tuk yg mirip kerapu mungkin ditmpt saya disebut ikan lepo, ga tau klo ditmpt laen, racun nya ada disengat dari duri2 kecil yg terbungkus kulit disekitar kepalanya, klo tersengat terasa gatal, tp tdk sangat berbahaya...
    Maaf ga ada fictnya, but any way untuk mencegah sebaiknya klo dapet ikan yg menurut kita masih asing jangan langsung menggunakan tangan dlm penanganan, gunakanlah selalu tang atau penjepit lainnya
    mancing tuk melatih kesabaran...
    > asyaf_aya@yahoo.com
    +6282179933332

  8. aries_wonk is offline RegularFishy aries_wonk is on a distinguished road
    Real Name
    aries
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    surabaya
    Posts
    48

    Yang Beracun Yang Enak....

    Salah satu Ikan beracun yang banyak tertangkap karena seringkali makan umpan waktu mancing dasar adah ikan Buntal/buntek kata orang surabaya, ikan ini mempunyai mulut seperti paruh burung pipit, kalau terpancing seringkali rig kita akan rusak/baret2 bahkan kalo kena Buntal yg besar mata kail pun bisa sampe patah waktu mencoba ngelepasinnya

    NAMUN tahukah anda
    bahwa ikan buntal dapat kita konsumsi dan rasa dagingnya pun enak apabila anda ingin coba2 masak ikan buntal berikut caranya :

    potong ekornya trus sobek punggung belakang ikan buntal dgn pisau yang tajam, lalu tarik kulit ikan tsb seluruhnya mulai ekor ke arah kepala tepatnya sampe di belakang mata, pastikan kantung perutnya jangan sampe pecah, kalau kantung perutnya pecah buang aja ikannya. Lalu potong n buang kulit + kepala tadi karena racun ikan ini terletak dalam perut, termasuk telurnya. hasilnya anda akan mendapat daging buntal yg putih seperti daging kodok siap di olah sesuai selera anda.


    using that term at Your Own Risk, None guarantee at all


    ada yang mo coba....??
    Attached Images

  9. masra_dj's Avatar
    masra_dj is offline PremiumFishy masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of masra_dj has much to be proud of
    Real Name
    Masra Djambak
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Bekasi
    Posts
    1,329

    Saya dan temen2 sering dapatkan ikan krapu sebagaimana yang disampaikan diatas di Baterai Tanjung Priok. Kalo kami, menamai ikan tersebut adalah Krapu Bagong dan ada racunnya kalo kita tidak bisa memasaknya. Tapi setelah diteliti... ternyata ikan tersebut tidak tahu racunnya ada dimana. Trus kalo kami dapatkan ikan tersebut langsung dirilis aja. Sebab kepalanya menyek-menyek menakutkan, ekor dan badanya nya persis mirip dengan Krapu warna kecoklatan bintik bintik hitam.

  10. Mangokiwi's Avatar
    Mangokiwi is offline RegularFishy Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of Mangokiwi has much to be proud of
    Real Name
    Bonny Satya
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Frankfurt-Germany
    Posts
    653

    Jangan coba-coba makan ikan buntal kalau tidak pengalaman dan tidak tahu jenisnya. Yang namanya Fugu yang di makan di Jepang itu bukan hanya dalamya saja yang beracun (tetrodotoksin) tapi kulitnya juga. Ini racun tidak tawar menawar, pasti langsung exitus.
    Koki Jepang harus sekolah bertahun-tahun sampai boleh ngerjain ikan buntal.

    Di laut dan air payau memang terlalu banyak ikan yang punya patil beracun. Selain itu ada ikan predator (mulai dari 2 kiloan) yang jadi beracun karena memakan ikan kecil yang makan alga ciguatera. Konsentrasi racun paling tinggi di organ dalam perutnya. Keracunan ciguatera biasanya musiman. Sebaikya tanya nelayan setempat.
    use non-lead weights - don't leave litter - this is your only planet

Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. *1 Ons Bukan 100 Gram.*
    By roel in forum Off Topic
    Replies: 6
    Last Post: 29-11-2007, 13:37
  2. PP No. 19 Tahun 1999
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 18-10-2004, 16:37
  3. Replies: 8
    Last Post: 16-10-2004, 11:19

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts