Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 18

Thread: cara nyari lengki/lur/cacing laut

  1. inug's Avatar
    inug is offline RegularFishy inug will become famous soon enough inug will become famous soon enough
    Real Name
    sigit nugroho
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    batang-semarang
    Posts
    264

    cara nyari lengki/lur/cacing laut

    rasa penasaran ini berawal ketika mancing glosor(didaerahku namanya mancing ngambur) dari pantai berkarang(ujungnegoro). ketika itu saya bersama 2 temen(non FF) menggunakan umpang udang kupas dan udang hidup, tapi lama g da sambaran, kaloun ada paling ikan2 kecil. karena waktu semakin siang dan panas akhirnya istirahat dulu di warung tepi pantai.

    g lama kemudian datang sepasang suami istri yang ikut nimbrung di warung, ngobrol2 bentar sambil makan. setelah selesai makan si suami ijin bentar kearah sisi barat pantai katanya mo cari umpan, dalam hati bertanya cari umpan apaan.....? sekitar 10 menit kemudian di kembali dengan sekantung kecil lengki di tangannya. rasa penasaran dari mana mendapatkannya memberanikan diri untuk tanya kepadanya.....namun orang itu enggan memberikan trik cari lengki itu. saat dia mulai pergi memancing saya coba tanyakan kepada pemilik warung, katanya orang itu sering kesini dan umpannya pasti lengki yang dicarinya sendiri di sekitar pantai. dan rata2 pemancing yang berasal dari timur(batang sisi timur-kendal) memakai umpan ini. dan alhasil kurang dari 30 menit dia dah angkat ikan sembilang cukup besar-+80cm panjangnya (mungkin hanya faktor keberuntungan saja, dan saya rasa ikan ini emang makanan favoritnya jenis cacing2an)

    dari informasi yang aku dapatkan cari lengki itu disekitar pantai pertemuan antara air dan pasir. dan sudah kucoba beberapa kali hasilnya masih nihil. yang ingin kutanyakan pada rekan2 yang mungkin saja sudah berpengalaman dalam mencari lengki, bisa berbagi trik2nya disini;
    1) bagaimanakah cara mendeteksi lokasi yang kira2 potensi lengkinya ada?
    2) umpan apa sajakah yang bisa menarik perhatian lengki untuk nongol keluar permukaan?

    nb: saya dah gunakan umpan parutan kelapa, nasi putih, air yang dicampur esence udang(amis)

  2. dino97i's Avatar
    dino97i is offline RegularFishy dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future
    Real Name
    Murdy
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Sleman dekat Merapi
    Posts
    3,695

    Lengki itu jenis cacing laut yang berkaki banyak dan berwarna putih kemerahan atau yang tak berkaki berwarna kehitaman seperti belut mas. Kalau lur di jogja adalah jenis yang pertama, jenis ini hanya ada di pantai berpasir putih dan berdasar karang. Cacing ini biasanya berada di batas antara air dan pasir, saat air surut adalah waktu yang tepat untuk mencarinya. Cara mencarinya kita tinggal mengeruk pasir yang sudah diketahui ada cacingnya ( karena biasanya lokasinya sudah diketahui).
    Kalau untuk jenis cacing yang kedua biasanya berada di muara2 sungai atau pantai berpasir hitam, cara mencarinya dengan alat seperti sabit tapi tidak tajam, caranya alat itu ditancapkan di pasir kemudian ditarik mundur, dan dengan sendirinya kalau ada cacing yang terlewati alat ini akan tersangkut dengan sendirinya. Sebetulnya alat inipun bisa digunakan untuk mencari jenis cacing yang pertama asal dasarannya rata.
    Contoh pic lur: Suka umpan yang mana ?
    Rajin uncal pangkal strike

  3. asyaf thea's Avatar
    asyaf thea is offline RegularFishy asyaf thea is on a distinguished road
    Real Name
    Asep Syafrudin
    Join Date
    May 2009
    Location
    Lampung selatan
    Posts
    154

    cukup dengan goceng

    klo di tempat saya sih dg Rp 5000, cukup buat mancing seharian, tp klo mo cari sendiri, di tepi pantai disekitar hutan mangroove di lumpur tanah yg agak keras, dikedalaman sktr 30cm, gali aja pake bilah bambu ato yg lebih bagus sih pake tangan, karena gerakan cacing ini cepat skli...cacingnya kecil agak kemerahan, emang ini umpan paporit ikan sembilang
    mancing tuk melatih kesabaran...
    > asyaf_aya@yahoo.com
    +6282179933332

  4. inug's Avatar
    inug is offline RegularFishy inug will become famous soon enough inug will become famous soon enough
    Real Name
    sigit nugroho
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    batang-semarang
    Posts
    264

    makasih kang infonya, disini kadang ada juga yang jual tp kadang stoknya sering kosong, saya cm tertarik ja untuk cari sendiri, yang paling sulit itu mendeteksi daerah mana yang kira2 dibawahnya ada cacingnya. kata oarang sih di pancing keluar dulu pake umpan yang saya sebutkan baru kalau sudah kelihatan ada cacingnya baru di gali pake skop kecil.

  5. asyaf thea's Avatar
    asyaf thea is offline RegularFishy asyaf thea is on a distinguished road
    Real Name
    Asep Syafrudin
    Join Date
    May 2009
    Location
    Lampung selatan
    Posts
    154

    klo ditmpt saya, yg penting pantai yg pinggirnya tanah basah tapi tdk terendam air, biasanya dibawah pohon bakau atau mangroove, pasti bnyk cacingnya, apalagi klo ada kayu yg lapuk, dibawahnya pasti bnyk banget...tp ga tau klo ditempat laen mungkin beda, karena saya pernah ngeliat di acara tv tempatnya di pasir
    mancing tuk melatih kesabaran...
    > asyaf_aya@yahoo.com
    +6282179933332

  6. otongs's Avatar
    otongs is offline RegularFishy otongs will become famous soon enough
    Real Name
    Fitra.s
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Jakarta - salemba
    Posts
    503

    Salam kenal om.. Stau ane kalo mo cari cacing laut harus extra sabar.. Sebab kalo ada getaran dikit aje di dekat sarangnye tuh cacing bakalan kabur ke tempat yg lebih dalem yg panjangnye bisa 1m di bawah tanah..! CMIIW
    Kerja biar bisa mancing.. ^^

  7. inug's Avatar
    inug is offline RegularFishy inug will become famous soon enough inug will become famous soon enough
    Real Name
    sigit nugroho
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    batang-semarang
    Posts
    264

    tenkiu ya kang semua, mungkin langsung aku praktekin ja ne

  8. om rudy's Avatar
    om rudy is offline RegularFishy om rudy is on a distinguished road
    Real Name
    P. rudy H
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    jogja - Balikpapan (PP)
    Posts
    311

    cari di sekitar jembatan kaligawe wae...
    The Baronang's say...
    Common Dab... please GGB. n'
    Yukk Memayu Hayuning Bawono...

  9. inug's Avatar
    inug is offline RegularFishy inug will become famous soon enough inug will become famous soon enough
    Real Name
    sigit nugroho
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    batang-semarang
    Posts
    264

    ada to kang, yang sebelah mananya jembatan(lama/baru)?

  10. be bhe's Avatar
    be bhe is offline RegularFishy be bhe is on a distinguished road
    Real Name
    ais yusuf
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    belakang paphros
    Posts
    173

    mang ono to??
    setahu aq (dari leptop si unyil) lengki ki adane dimuara, hutan bakau. jd pinggiran pantai yg bellumpur. tp nek lor (ky lengki tp kecil2) itu adalah cacing tambak (semarangan).

    nek lengki gak tw carine dimana. tp nek lor, cobo sambangi wae blumbangan dket pos 1, seng pinggir dalan tp. opo nek gak seng neng parkiran truck seng arah sriboga, dseberang jalan ada tanah kosong ber rumput, dstu jg ad..
    -ais yusuf-
    -08995612006-
    ----------------
    "CUMA BERHARAP BISA CEPET LULUS KULIAH"

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. nyari vcd/dvd mancing di laut
    By herman 19 in forum Barang Dicari
    Replies: 6
    Last Post: 21-06-2007, 19:05
  2. Kampanye WWF, Laut Sehat, Seafood Sehat
    By dwihartanto in forum FishyDine
    Replies: 0
    Last Post: 24-06-2005, 11:18
  3. Gelar Ekspedisi Laut Banda oleh National Geographic
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 15-04-2005, 10:12
  4. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25
  5. PP No. 19 Tahun 1999
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 18-10-2004, 16:37

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts