Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Cara Mancing Ikan Sepat

  1. Abd Halim's Avatar
    Abd Halim is offline RegularFishy Abd Halim has a spectacular aura about Abd Halim has a spectacular aura about
    Real Name
    Abdul Halim
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pati - Semarang
    Posts
    467

    Cara Mancing Ikan Sepat

    Bagaimana cara Mancing Ikan Sepat ?

    Ikan Sepat saat ini masih dapat kita jumpai hampir di semua tempat : empang, waduk, rawa, sungai, sawah, dll.
    Populasi ikan Sepat juga masih bisa dibilang melimpah, dari yg ukuran mini sampai yg ukuran jumbo.

    Mohon pencerahan / bantuan para pakar ikan air tawar dan pakar mancing :
    - bagaimana cara mancing ikan Sepat ?
    - ukuran kail, kenur, dan umpan yg tepat ?
    - kebiasaan makan ikan Sepat (tempat, waktu, kondisi air)
    saya dari kecil sampai sekarang belum bisa strike ikan sepat.

    atas bantuan para suhu kami ucapkan terima kasih.

    Salam.
    Attached Images
    mbuh piye enake

  2. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,555

    Salam kenal pak,
    coba pakai kail(kalau nomernya rada bingung nih pak,sebab lain merk lain ukuran) ukuran paling kecil,tali/senar(ukuran 0,10 atau 0,12 mm) juga yg paling kecil dgn umpan telur semut/kroto,
    setahu saya kebiasaan ikan sepat suka bergerombol dan selalu makan umpan yg kita sodorkan setiap waktu.
    demikian Pak sedikit pengalaman saya,mungkin ada Rekan2 lain yg lebih pengalaman mau menambahkan?

    thank's
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  3. Abd Halim's Avatar
    Abd Halim is offline RegularFishy Abd Halim has a spectacular aura about Abd Halim has a spectacular aura about
    Real Name
    Abdul Halim
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pati - Semarang
    Posts
    467

    Quote Originally Posted by Didi Afandy View Post
    Salam kenal pak,
    coba pakai kail(kalau nomernya rada bingung nih pak,sebab lain merk lain ukuran) ukuran paling kecil,tali/senar(ukuran 0,10 atau 0,12 mm) juga yg paling kecil dgn umpan telur semut/kroto,
    setahu saya kebiasaan ikan sepat suka bergerombol dan selalu makan umpan yg kita sodorkan setiap waktu.
    demikian Pak sedikit pengalaman saya,mungkin ada Rekan2 lain yg lebih pengalaman mau menambahkan?

    thank's
    Salam kenal juga Pak.
    Tak taunya mancing sepat segampang itu to.... tapi saya kok belum pernah dapat ya. Coba nanti kail dan senar saya gantai yg paling kecil.
    Kalo ikan sudah dikasih umpan kroto... tapi cuma dicium-cium terus ditinggal pergi itu kenapa Pak? Kurang baik bagaimana aku? hehehe..
    mbuh piye enake

  4. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,214

    Hallo pak Abdul...
    Sy pengin nambahin dikit... tp bukan berarti lebih pengalaman lho....

    Untuk menambah lebih bergerombol lagi itu sepat... coba di cuming dulu pake dedek (pakan ayam) entar kalo udah keliatan kumpul... baru lempar itu umpan.

    Oia untuk umpan selain kroto, juga bisa pake udang (nyerok aja di lokasi) dikupas, lalu dipotong kecil2... memakai mata kail tunggal, pelampung disesuaikan -/+ 2 jengkal dari mata kail... (tergantung selera makan ikan) apalagi kalo jorannya lentur.... wuih strike sepat siyem serasa GT lho.... hahahaha... mudah2an bisa sedikit membantu.

    Salam-

  5. suburaje's Avatar
    suburaje is offline RegularFishy suburaje will become famous soon enough
    Real Name
    subur
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jkt
    Posts
    182

    nah itu kayanya udah komlit tingal di coba......nihhhh......
    Salam

    Suburaje

  6. ghedak's Avatar
    ghedak is offline RegularFishy ghedak is on a distinguished road
    Real Name
    hadi gumilar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    jln.bangka raya
    Posts
    142

    Gw dulu sering mancing sepat di setu sepat siem (cise'eng), tuk ukuran knur pk ukuran 0,10 mata kail lupa ukurannya yg pasti pake mata kail ukuran kecil lbh kecil dari mata kail mujair, cara mancingnya cari spotnya dulu tmpt sepat biasa nenggak, trus kita chumming pake dedek ato pelet kambang yg alus, trus ksih pelampung, jarak pelampung ke mata kail kira2 5 s/d 10 cm aja. selamat mencoba
    ><>hadi @ka ghedak<><
    hadigumilar76@yahoo.com
    hadigumilar76@gmail.com

  7. Abd Halim's Avatar
    Abd Halim is offline RegularFishy Abd Halim has a spectacular aura about Abd Halim has a spectacular aura about
    Real Name
    Abdul Halim
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pati - Semarang
    Posts
    467

    @abu yoga :
    @suburaje :
    @ghedak :
    hallo semua.
    terima kasih, ilmunya mantap semua, tinggal praktek nih.
    Wah sampai rerasa strike GT, mantaff..... gak usah jauh2 kelaut.
    oh iya, kalo misal pakai kail berantai 2 or 3 kail efektif gak ya.
    Trim's
    mbuh piye enake

  8. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Saya tambahin informasinya :

    Kail: size 0,3 s/d 0,8 tergantung besar target sepatnya

    kenur: size terkecil mulai dari 1lbs s/d 3lbs

    pelampung: kecil model lancip

    timah: model lembaran/timah daun

    joran: joran lentur, atau joran jenis pegeg 2-3mtr yg jg lentur akan lebih nyaman

    umpan: telur semut/kroto, cacing kecil2 (cacing gebog pisang), belatung kecil2, kalau semua umpan di atas tdk membuat sepat tertarik coba cari kodok kecil gunakan keratan2 kecil dagingnya, jamin tdk akan ditolak oleh sepat.

    chumming: dedak, bisa juga campuran minyak jelantah/minyak sayur bekas.

  9. Abd Halim's Avatar
    Abd Halim is offline RegularFishy Abd Halim has a spectacular aura about Abd Halim has a spectacular aura about
    Real Name
    Abdul Halim
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Pati - Semarang
    Posts
    467

    Terima kasih pak Candra
    Jadi pinter nih gue... nyedot ilmunya para master.
    gak salah gue masuk disini.... sip markosip. tinggal praktek..tek.tek..tek.
    mbuh piye enake

  10. markus's Avatar
    markus is offline RegularFishy markus is a jewel in the rough markus is a jewel in the rough markus is a jewel in the rough markus is a jewel in the rough
    Real Name
    Markus
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Bekasi
    Posts
    350

    Quote Originally Posted by Abd Halim View Post
    Terima kasih pak Candra
    Jadi pinter nih gue... nyedot ilmunya para master.
    gak salah gue masuk disini.... sip markosip. tinggal praktek..tek.tek..tek.
    Pak Abdul Halim, tambah satu tip lagi.
    Bila ikan sepat tidak kunjung memakan umpan jangan pernah menyerah. Coba lagi..., coba lagi... dan bila ikan sepat tetap tidak mau makan, cobalah mengambil mangga yg masih mentah kalo ada mangga koweni, cobalah gigit..., gigit...gigit lagi.... maka anda akan dapat sepat dan bahkan berteriak kencaaang" Sepaaat...., sialan mangganya masih sepat..." he....he... he...

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. cara mancing ikan di sungai pake popper
    By dickyl in forum FishyTrick
    Replies: 28
    Last Post: 14-11-2008, 07:32
  2. Mancing Lampam Bonus Sitam
    By aryanto in forum FishyWild
    Replies: 23
    Last Post: 31-07-2008, 18:55
  3. Replies: 29
    Last Post: 30-06-2008, 13:59
  4. mohon info cara mancing ikan belanak/mullet ?
    By planetdivingbali in forum FishyTalk
    Replies: 0
    Last Post: 02-12-2007, 14:40

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts