Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: cara mancing ikan kembung?

  1. madday is offline RegularFishy madday is on a distinguished road
    Real Name
    made
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    bali
    Posts
    27

    cara mancing ikan kembung?

    maaf, saya pemula untuk mancing ngoncer ikan hidup....
    tp ternyata ngoncer sangat efektif untuk mancing (baru nyadar)
    ceritanya begini:
    mancing di daerah singaraja bali
    pas mancing malem (drifting slow bgt karena ga ada angin), saya lite-jigging sendirian.
    udah ganti macam2 warna jig, 2 jam cuman 1 strike dan ga hook-up,
    sementara temen2 yang lain yang mancing dasar udah pada puas ngangkatin kerapu dan kakap merah.
    pas udah capek jigging, kebetulan ada temen yang dapet ikan kembung.
    langsung aja jig dilepas dan tu ikan kembung dicantolin kesana pke jig hook-nya.. (tanpa timah)
    baru aja beberapa detik dilepas ke air, dan joran ditaro d rod holder,
    reel langsung menjerit, dan assist hook jig lgsg putus... WOOW..
    kebetulan ada yg bawa sabiki, lgsg aja jigging pke sabiki...
    anehnya ga ada ikan kembung yang mau nyamber (hiks)
    pertanyaan saya cuman satu:
    gimana sih cara mancing umpan hidup atau kembung/tamban/dll dsb?
    thxu bwt bro2 di fishy forum....

  2. william's Avatar
    william is offline RegularFishy william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future
    Real Name
    Stop Fishing
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    山 口 洋( 印尼)
    Posts
    3,282

    Di kotrek pake bulu pak. nah bulu itu bermacam macam pak. di toko pancing banyak di jual kok. puri pancing, keke istana pancing, bali fishing celub
    Salam......



    William
    Monkey Friend


    希 望 有一天会 得 到 辛 福 每 天 很 高 心
    明 天会 更 好

  3. Johan is offline RAFAC member Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of
    Real Name
    Johan
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,586

    Sudah benar pake sabiki, atau kotrekan merek lainnya. Mungkin lokasi ngotreknya yg salah. Harus di tubiran2 karang dan di kepala arus.
    Jangan ngotrek di sembarang lokasi/ lokasi yg terlalu dalam (>40m)
    Dan jika mancing menggunakan umpan hidup, sebaiknya gunakan neklin, karena biasanya targetnya adalah ikan2 bergigi tajam.
    Johan

  4. frankyl's Avatar
    frankyl is offline RegularFishy frankyl is just really nice frankyl is just really nice frankyl is just really nice frankyl is just really nice frankyl is just really nice
    Real Name
    Franky
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    534

    Quote Originally Posted by william View Post
    Di kotrek pake bulu pak. nah bulu itu bermacam macam pak. di toko pancing banyak di jual kok. puri pancing, keke istana pancing, bali fishing celub
    Pak Willie waktu di Bali saya kotrek pakai bulu ndak mau ! lha saya bilang sama guide saya (Hendry) dimana yah bisa beli rebon di Bali sini ?! gantian dia nyang puyeng.....di Bali kagak ada rebon ?!........biasanya kl ikan nggak mau dikibulin, ya pakai rebon alternatif terakhir......

  5. mayok's Avatar
    mayok is offline RegularFishy mayok is on a distinguished road
    Real Name
    Adi
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    PLM-BTH
    Posts
    129

    Saya pernah mancing bersama nelayan tradisional di kep. Natuna, mereka ngotrek ikan kembung dengan tali plastik / tali Rafia warna merah dibuat seperti sabiki.
    234 n kopi panas...

  6. ALFIANDI's Avatar
    ALFIANDI is offline RegularFishy ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice
    Real Name
    ALFIANDI
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Palu-Makassar-Palangka-Jakarta-Bekasi-Jogjakarta ..
    Posts
    1,476

    Bali dimana Kang ??? singaraja yeh ???? kebetulan nih ...bisa maendan ketemuan di sini, Siapa tahu ada niatan mau main ke Istana Pancing atau puri pancing ??? nanti saya ke sana, sabtu lah kalo ga ada kerjaan lagi. sebelum balik ke makassar ... NGEBOROOOOOOOOONG.
    Ngoncer ikan kembung pake rebon juga mantep kang

  7. madday is offline RegularFishy madday is on a distinguished road
    Real Name
    made
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    bali
    Posts
    27

    udah pke macem2 sabiki....

    next trip udah pke macem2 sabiki...
    dan tetep ikan kembungnya kagak mau nyambar.
    udah nyalain lampu sorot,
    ikan kecil2nya dah ngumpul, tp tetep aja ga mau nyamber sabiki-nya...
    ampe bendega-nya sebel gara2 disuruh handline pke umpan sabiki

    btw,
    caranya jigging pke kotrekan tu gimana?
    maklum.... pemula

    klo pke rebon,
    gimana pula caranya?

  8. Johan is offline RAFAC member Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of Johan has much to be proud of
    Real Name
    Johan
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,586

    Mancingnya malam ?? Kirain siang.
    Ga tau deh ngotrek kembung malam hari bisa atau engga.
    Sudah dicoba pake kail kecil dengan umpan irisan cumi kecil?

    Cara pakai kotrekan, ulur sampai kotrekan sampai kedasar, lalu digoyang2 naik turun aja. Biasanya kalau ada ikannya, saat ulur pancingan sebelum sampai dasar juga sudah disambar ikan. Kalau lagi ulur, tiba2 benang turunnya tersendat2/berhenti, sedangkan timah belum sampai dasar, artinya sudah dimakan ikan tuh.

    Pakai rebon ya seperti mancing dasaran biasa, cuma pakai mata kail yg kecil banget dengan umpan rebon.
    Johan

  9. gajami's Avatar
    gajami is offline RegularFishy gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of gajami has much to be proud of
    Real Name
    weri w
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,670

    udah nyoba pake sabiki yang di cantelin rebon?
    kalo malem bisa cobain pake kail kecil plus pasang selang fosfor yang dijual meteran,gunting5mm,pasang di tiap2 mata kail...pakein rebon juga..

  10. ALFIANDI's Avatar
    ALFIANDI is offline RegularFishy ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice ALFIANDI is just really nice
    Real Name
    ALFIANDI
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Palu-Makassar-Palangka-Jakarta-Bekasi-Jogjakarta ..
    Posts
    1,476

    btw,
    caranya jigging pke kotrekan tu gimana?
    maklum.... pemula

    Waduh boss ... ky x ada yg janggal nh, Jigging pake kotrekan ?? setahu sya sih jigging yah pake metal jig atau lure yg terbuat dr metal/besi/timah cor2an yg bentuknya menyerupai ikan2 CMIIW. kalo ngotrek yah bisa pake bulu, pentil karet dengan cara digoyang naik turun seperti kalo kita "ngedet" benang layangan, atau kalo lagi arus semi kenceng.... diemin aja dan sesekali aja digoyang karena antingnya akan bermain dengan arus. atau pake rebon lebih efektif, kalo malem hari kayanya belum pernah menghasilkan tuh saya.... kalo pagi, siang dan sore pasti tokcer.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 29
    Last Post: 30-06-2008, 13:59
  2. Mohon Info Cara Mancing Ikan Mas Danau
    By andyrattan06 in forum Kolam Harian
    Replies: 7
    Last Post: 22-04-2008, 11:38
  3. Replies: 38
    Last Post: 03-12-2007, 22:29
  4. Need Help cara mancing ikan patin di kolam
    By dyo_donjuan in forum FishyTrick
    Replies: 11
    Last Post: 28-11-2007, 09:37
  5. tolong gimana cara mancing ikan patin sungai
    By achyar in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 29-05-2007, 21:16

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts