Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Membuat "Lapak" Baronang

  1. Ichang's Avatar
    Ichang is offline RegularFishy Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of
    Real Name
    Ikhsan "Chang Han" Setianto
    Join Date
    Feb 2006
    Location
    Sunter Kumuh, Tanjung Priok
    Posts
    2,886

    Membuat "Lapak" Baronang

    Seperti umumnya jenis ikan yang lain, ikan baronang juga biasanya senang "bercengkerama" / bermain2 di tempat2 tertentu dalam habitatnya.

    LAPAK ALAMI

    Untuk ikan air tawar seperti ikan mas, tawes, nila dll yang hidup di alam bebas (sungai, danau dll), mereka biasanya banyak/senang bermain di beberapa lokasi tertentu seperti lokasi yang terdalam, lokasi banyak ranting atau tumpukan batang pohon, batuan2 dasar dll.

    Sedangkan untuk ikan air asin (laut) khususnya ikan jenis demersal (dasar), lokasi yang menjadi favorit tempat bermain biasanya di gugusan karang, tubiran karang, lokasi terdalam dll.

    Lokasi2 tersebut diatas biasanya sering disebut sebagao lapak alami karena terbentuk secara alami dan (umumnya) tanpa campur tangan manusia dengan sengaja.


    LAPAK BUATAN

    Khusus untuk ikan baronang, lapak yang biasa dibuat oleh nelayan/pemancing adalah dengan membuat rumpon di satu lokasi tertentu baik itu di tengah laut maupun di pinggir laut.

    Rumpon biasanya terbuat dari dari bermacam2 bahan seperti ban bekas, potongan tali/tambang kapal, potongan kayu, batu2, pelepah daun/pohon dll. Akan tetapi rumpon2 ini khususnya yang terletak di tengah laut setelah jadi biasanya tidak hanya berisi ikan baronang, bahkan kemungkinan besar jenis ikan dasar lain yang justru menjadi penghuni terbesar.

    Dalam artikel mini kali ini, pembahasan akan lebih diperkecil skoop-nya agar lebih mudah diterapkan oleh pemancing yang lain. Pembuatan lapak baronang dilakukan di pinggir laut yang masih bisa terjangkau oleh panjang joran tegeg sehingga ikan dapat dipancing dengan mudah.

    Lokasi yang dapat dicoba adalah di beberapa tempat yang merupakan habitat baronang seperti dermaga dengan kedalaman < 10 mtr, baterean pemecah ombak, dll.

    Yang umum dibuat untuk lapak baronang di beberapa lokasi diatas antara lain potongan tambang kapal, tumpukan ban, kayu2 balok, biji2an dalam karung besar (jagung, kedelai, kacang tanah dll). Cara ini pernah dipraktekkan oleh team BFC (Baronang Fishing Club) Priok beberapa tahun lalu di baterean lampu merah Kresek.

    Dari informasi para sesepuh BFC Priok yang masih hidup dan berumur panjang hingga saat ini (Tom, Bewok, Nurdin, Yono MJO dll), rumpon tersebut sangat efektif dan sempat menjadi lapak favorit tempat menimba ikan cukup lama sebelum di"rusak" oleh nelayan bubu yang memasang perangkap ikan serta "hilang" sedikit demi sedikit akibat sering tersangkut pancing garong yang ditarik paksa.

    Kali ini kita akan mencoba alternatif baru untuk membuat lapak baronang dengan memanfaatkan sisa2 umpan yang sudah tidak terpakai saat kita selesai mancing.

    Ide ini terinspirasi salah satunya oleh fenomena lapak semi buatan di beberapa lokasi pinggir dermaga/batere/pantai dimana di lokasi tersebut merupakan lokasi tempat pembuangan sisa2 makanan yang sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi (contoh di lokasi pembuangan sisa makanan di P. Ayer Besar - P.Seceng serta di belakang stasiun bis Merak - Banten). Lokasi2 tersebut biasanya merupakan lapak favorit tempat ikan paling banyak/sering berkumpul memakan sisa2 makanan yang dibuang.

    Biasanya, sisa umpan yang selesai digunakan seperti lumut lumpur, lumut ijo, nasi lumat, udang mati, cumi iris dll dibuang secara sembarangan. Nah...sebagai alternatif baru, sisa2 umpan tersebut sebaiknya dibuang di satu titik/spot tertentu yang masih terjangkau panjang tegeg sebagai calon lapak tempat mengumpulkan ikan.

    Jika setiap habis mancing sisa2 umpan dibuang ke calon lapak tersebut, diharapkan ikan mau berkumpul atau sering2 mendatangi spot tersebut karena terdapat sisa umpan yang berlimpah.

    Cara ini kemungkinan besar cukup efektif apabila frekuensi mancing kita rutin/berkala sehingga setiap periode tertentu ikan dapat menemukan umpan di lapak kita.

    Saat ini penulis sedang mencoba cara membuat lapak diatas yang dipraktekkan di batere lampu merah Kresek. Setiap habis mancing, sisa2 umpan yang digunakan sendiri termasuk mengumpulkan sisa2 umpan orang lain langsung dibuang di calon lapak.

    Jarak dari pinggir batere sebelah dalam sekitar 3.5 mtr dan kedalaman saat air pasang sekitar 1.2 mtr / 1 depa. Memang bukan termasuk termasuk lokasi terdalam di sekitar kepala lampu merah karena masih ada beberapa titik/spot di sekitaran yang lebih dalam.

    Pertimbangan penulis saat menentukan lapak tersebut karena dari beberapa kali trip mancing yang dilakukan, lokasi tersebut merupakan salah satu tempat yang sering disinggahi ikan (tipikal baronang lingkis/angin/tompel di batere Kresek yang senang bolak balik bermigrasi sambil menggerogoti lumut2 yang menempel di bebatuan dasar sepanjang baterean).

    Untuk sisa lumut lumpur yang digunakan (sisa umpan biasanya masih cukup banyak karena saat ini sedang musimnya sehingga umpan sangat melimpah dan gampang dicari di sepanjang batere sebelah luar sebelum kepala lampu merah).

    Sedangkan sisa umpan lumut ijo yang masih ada biasanya diikat dengan sisa senar dan ditalikan dengan sepotong batu baru dibuang ke calon lapak yang dibuat.

    Karena cara ini masih dalam taraf uji coba dan baru mulai diterapkan 2 kali sejak 2 minggu terakhir (turun mancing seminggu sekali), masih perlu dibuktikan efektivitas cara pembuatan lapak ini.

    Diharapkan paling tidak mulai awal bulan November 2007 sampai sekitar bulan Februari/Maret 2008 (saat musim panen baronang di batere Kresek), penulis sudah tidak perlu bingung & repot2 lagi mencari titik/spot/lobang di batere Kresek yang panjangnya berkilo meter tersebut karena sudah punya lapak sendiri. Paling2 resikonya lapak tersebut dipakai orang lain yang datang lebih awal/dulu di lokasi, namanya juga tempat mancing umum, he..he..he....

    Catatan :
    - Metode/cara ini kemungkinan besar kurang efektif untuk kang MJO sang jin baterean Ijo serta muridnya Shekyl Man yang merupakan garongers yang bertipe nomaden (senang mancing sambil berpindah2), tapi mungkin cukup efektif untuk garongers yang malas keluyuran seperti penulis, bos Tom, kang Nurdin, kang Maming serta team BFC Priok lainnya
    - "Musuh" utama metode baru ini biasanya nelayan bubu yang memasang perangkap ikan (bubu) di sekitar/dekat lapak kita, arus dasar laut yang deras sehingga membuyarkan sisa umpan yang dibuang serta garongers lain khususnya yang bukan dari team kita (RAFAC) yang datang/menempati lapak kita lebih dulu
    - Untuk pembuktian lebih lanjut, mungkin perlu diujicobakan di lokasi dermaga pulau di gugusan kepulauan Seceng khususnya bagi garongers yang rutin mancing baronang di satu lokasi dermaga tertentu (P.Pramuka, P.Cipir/Kayangan, P.Onrust, P.Kelapa, P.Tidung, P.Untung Jawa dll)

    * Disarikan dari pengalaman memancing baronang sehari2 penulis

    Jakarta, Oktober 2007
    Ichangasin
    RAFAC

    Salam ndobos bin kibal kibul ,
    Ichang
    RAFAC
    Pengacara (Pengangguran Banyak Acara)
    "...It is not how long you've been there but how smart you can learn...!" ( Ichangasin, Dec 2008 )

  2. arip's Avatar
    arip is offline RegularFishy arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of
    Real Name
    Arif Marsudi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Batam
    Posts
    1,480

    Ilmiah

    Mantap surantap mas, cukup masuk akal.

    Nanti akan saya coba di pel. sekupang (deket rumah). Yang mana dulu saya dapet 8 jarian, sekarang jadi grandong melulu... hehehehe
    Negek + Ngotrek =

  3. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,292

    Rumpon Baronang..hmmmmmmmm..boleh juga

    Ichangggggggggg,
    kalau mau niat bikin rumpon lebih baik ajak team garonger RAFAC,tentukan tempatnya,bahannya apa
    biayanya berapa,dijaga kerahasiaannya,gue yakin pasti banyak yg dukung,gak usah besar2 ukuran rumponnya cukup 2x2 meter kedalaman 2-4 meter,bahannya??drum bekas,batang kelapa,tambang..dll
    menurut gue memang lokasi yg ideal dibatrean ijo atawa merah yg kira2 garonger jarang
    datangi seperti dipasiran gitu..
    menurut elo gimane Chang dan team RAFAC???

    thank's
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  4. djusuv's Avatar
    djusuv is offline RAFAC member djusuv is just really nice djusuv is just really nice djusuv is just really nice djusuv is just really nice
    Real Name
    yusuf budiadi
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    semarang
    Posts
    735

    patut di coba juga bos, cuman ya itu ada beberapa musuh juga (masak mo dikasih bendera buat tanda daerah kekuasaan hahaha.....)
    .......be quite and fishing.......
    08995677330

  5. Jovan's Avatar
    Jovan is offline RegularFishy Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future Jovan has a brilliant future
    Real Name
    Jovan
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,600

    Chang .. bikin di pulaunya johan aja .. dijamin aman .. he he he
    Jovan
    Facebook: Jovanovsky@gmail.com


    Humas RAFAC

  6. metzad's Avatar
    metzad is offline RegularFishy metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold metzad is a splendid one to behold
    Real Name
    SLAMET
    Join Date
    Oct 2005
    Location
    Tuban - Madura
    Posts
    913

    Ini merupakan rencana & sekaligus tips yang sangat bagus. Kenapa saya ngga pernah kepikiran dari dulu yach, padahal sering ikut Galatamaan dan sering pakai Umpan boom ....... hehehehe.... ..........



    Tambahan :

    Bawa 1 plastik kresek (tanggung), diisi nasi putih sebanyak mungkin + di tambah batu pemberat didalamnya + dilobangi kecil2 di sekitar plastik sebanyak mungkin (u/ keluarnya nasi satu2) = Umpan boom (rumpon sementara)
    Bagaimana....ada yang setuju.....???
    Health Body Is Important for Happy Fishing
    =================================
    Mancing Tetap Hobby, Bodybuilding Jalan Terus

    ---------- ooooo OOO ooooo ----------

    (Persahabatan Harus Selalu Terjalin, Meskipun Tidak Saling Temu Muka)



    The Really Striker at The World

  7. edi.r's Avatar
    edi.r is offline RegularFishy edi.r has a spectacular aura about edi.r has a spectacular aura about edi.r has a spectacular aura about
    Real Name
    Edi Ruhimat
    Join Date
    May 2007
    Location
    X-bata, depan kuburan
    Posts
    140

    Serious??

    ini serius ataw kibal kibul??
    kibal kibul kok panjang banget hehehe...
    atau... serious kibal kibulnya...

  8. nurdin priok's Avatar
    nurdin priok is offline RegularFishy nurdin priok will become famous soon enough
    Real Name
    muhamad nurdin
    Join Date
    May 2007
    Location
    Priok
    Posts
    174

    dukung coy

    ane mah dukung abis aje munkin kita nanti dapat baronang 7 jari sampai 12 jari 50 ekor setiap mancing di lapak yang kita bikin. om icang kapan nih kita bikin rumponya .



    slm lapak/rumpon.
    Nurdin
    BFC Priok

  9. tomblos007's Avatar
    tomblos007 is offline RegularFishy tomblos007 is just really nice tomblos007 is just really nice tomblos007 is just really nice tomblos007 is just really nice tomblos007 is just really nice
    Real Name
    yohan c
    Join Date
    Nov 2005
    Location
    bali, island of god
    Posts
    571

    Quote Originally Posted by metzad View Post
    Ini merupakan rencana & sekaligus tips yang sangat bagus. Kenapa saya ngga pernah kepikiran dari dulu yach, padahal sering ikut Galatamaan dan sering pakai Umpan boom ....... hehehehe.... ..........



    Tambahan :

    Bawa 1 plastik kresek (tanggung), diisi nasi putih sebanyak mungkin + di tambah batu pemberat didalamnya + dilobangi kecil2 di sekitar plastik sebanyak mungkin (u/ keluarnya nasi satu2) = Umpan boom (rumpon sementara)
    Bagaimana....ada yang setuju.....???
    gOOD iDEA BRO........ OGUT MO COBA AH......
    salam garong
    yohan-bukit jimbaran
    081338649173

  10. djusuv's Avatar
    djusuv is offline RAFAC member djusuv is just really nice djusuv is just really nice djusuv is just really nice djusuv is just really nice
    Real Name
    yusuf budiadi
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    semarang
    Posts
    735

    bento !!!!

    Quote Originally Posted by tomblos007 View Post
    gOOD iDEA BRO........ OGUT MO COBA AH......
    bener juga ya, kenapa belum pernah terpikirkan....
    --->misalnya kita sayang sama 'rumpon' sementara yang se-plastik tadi..kan ada kemungkinan spot tsb "memang gak ada baronnya" (mungkin ud migrasi ke ujung/tempat lain)
    na ana usul juga kalo plastik tersebut dikasih tali sampe tempat kita mancing,jadi 1/2-1 jam ato 1 1/2 jam plastik bisa kita angkat u/mengetahui apakah rumpon ada yang makan ato emg lagi sepi spot disitu..
    kalo sepi ya pindah lagi ke spot yang lain(jangan lupa plastik rumponnya juga dibawa uei....)
    .......be quite and fishing.......
    08995677330

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Mancing Baronang Pake Rebon
    By flemed in forum FishyReport
    Replies: 8
    Last Post: 10-05-2007, 10:36
  2. Tips & Trick mancing Baronang
    By Jovan in forum FishyTrick
    Replies: 9
    Last Post: 03-04-2007, 09:17
  3. Artikel - Mancing Baronang (3)
    By Ichang in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 13-10-2006, 14:40
  4. Artikel - Mancing Baronang (2)
    By Ichang in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 13-10-2006, 14:37
  5. Artikel - Mancing Baronang (1)
    By Ichang in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 13-10-2006, 14:31

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts