Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Simpul Pancing Garong.....

  1. Ichang's Avatar
    Ichang is offline RegularFishy Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of
    Real Name
    Ikhsan "Chang Han" Setianto
    Join Date
    Feb 2006
    Location
    Sunter Kumuh, Tanjung Priok
    Posts
    2,886

    Simpul Pancing Garong.....

    Lagi bikin garong pesenan bos BRI di Cilacap tadi malem, kepikiran untuk sharing sedikit mengenai simpul tali ganda di pancing garong, siapa tahu berguna buat yang laen.....

    Proses/Foto :
    1. Buat simpul tali ganda biasa
    2. Masukkan potongan pentil sepeda jika ingin digunakan sebagai penjepit umpan (alternatif selain pakai timah daun/stopper/senar)
    3. Masukkan ujung tali ganda ke dalam lubang kepala garong (foto-1)
    4. Buat simpul biasa dengan tali ganda utama/sebelah atas (foto-2)
    5. Masukkan ujung tali ganda/mata garong kedalam lubang ujung tali ganda (foto-3)
    6. Tarik lubang tali ganda yang sudah mengunci tali ganda utama keatas sambil dipegang/atur agar tali yang mengikat/mengunci tidak panjang sebelah (foto-4)
    7. Tali mengunci dengan sempurna (foto-5)

    Catatan :
    - Ulangi proses/latihan sampai tali ganda yang mengikat kepala garong tidak panjang sebelah (practice make perfect)
    - Kelebihan : posisi garong "jatuh" (turun kebawah/menggantung) sempurna tidak miring kiri/kanan (kecuali jika ukuran senar terlalu besar, misal > 0.35mm)
    - Kekurangan : karena kepala garong sudah terkunci "mati", kalau ingin ganti ukuran garong maka harus memotong simpul awal & membuat rangkaian simpul baru (bisa juga membuka simpul awal dengan alat bantu peniti/jarum, tapi akan membuat dokter mata bahagia karena mata akan tambah jereng/juling sehingga harus berobat ke dokter)
    - Elmu dari Jin Ijo - Yono Ireng (jurig lampu ijo kresek priok)

    Perbandingan dengan simpul biasa :
    1. Simpul Tunggal (foto-6)
    - Kelebihan : simpel, posisi garong menggantung sempurna kebawah
    - Kekurangan : kekuatan simpul hanya 1 senar yang menahan lubang kepala garong, kalau ingin ganti ukuran garong harus potong/buat tali ganda baru
    2. Simpul Jepit (foto-7)
    - Kelebihan : simpel, paling gampang & cepat ganti ukuran garong
    - Kekurangan : posisi garong menggantung miring kiri/kanan (kecuali menggunakan senar ukuran < 0.2mm)

    Silahkan pilih masing2 sesuai kesukaan....

    Salam iseng2 ,
    Attached Images
    Ichang
    RAFAC
    Pengacara (Pengangguran Banyak Acara)
    "...It is not how long you've been there but how smart you can learn...!" ( Ichangasin, Dec 2008 )

  2. anakpantai's Avatar
    anakpantai is offline RegularFishy anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of anakpantai has much to be proud of
    Real Name
    Dionisius Hageng Nugroho
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Daerah Istimewa Pasiran Yogyakarta
    Posts
    1,415

    Yes.... palomar knot.... walau sederhana, namun mudah, cepat dan sangat kuat tuh...
    Mancing jarang dapat...
    D. Hageng Nugroho
    JOGJANGLER
    Http://fishingatjogja.blogspot.com

  3. Hamzy is offline RegularFishy Hamzy has a spectacular aura about Hamzy has a spectacular aura about Hamzy has a spectacular aura about
    Real Name
    Hamzah O
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    572

    Bimini twistnya juga donk Chang......
    JA harus pake Bimini Twist tuh..........


    Salam,
    - Hamzy -

  4. Ichang's Avatar
    Ichang is offline RegularFishy Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of Ichang has much to be proud of
    Real Name
    Ikhsan "Chang Han" Setianto
    Join Date
    Feb 2006
    Location
    Sunter Kumuh, Tanjung Priok
    Posts
    2,886

    Sabar....

    Quote Originally Posted by Hamzy View Post
    Bimini twistnya juga donk Chang...... JA harus pake Bimini Twist tuh.......... Salam,
    Sabar......satu2 den bagus, mengko tak jajal upload. Bagusnye bikin pas di lapangan/kantor biar agak terang cahayanye jadi keliatan proses bikin simpulnye.

    Salam,
    Ichang
    RAFAC
    Pengacara (Pengangguran Banyak Acara)
    "...It is not how long you've been there but how smart you can learn...!" ( Ichangasin, Dec 2008 )

  5. aa muftibritama0185's Avatar
    aa muftibritama0185 is offline RegularFishy aa muftibritama0185 is on a distinguished road
    Real Name
    mufti adi wirawan
    Join Date
    May 2008
    Location
    mAjNnG_ciLcP_mgLAng
    Posts
    774

    Wakakakakakak,,,,
    Nice trick,,,Bos besar ichang ikan gresek...
    dikau sungguh dermawan....gemar berbagi ilmu tali temali, juga gemar berbagi segalanya....tapi jangan sekali2 berbagi pasangan...huahahahaha...

    @Hageng : kita praktekkan tgl 22 nanti dab, sekalian aku diajari negeg yg bener tuh ky apa,he.he.he...

    @hamzy: perkenalkan bos, saya anak didik bos ichang, lg belajar jarak jauh, berjarak 1400 km dari batam, baru 3 sks yaitu mata kuliah tali temali pancing garong...
    Bagi ilmu gentaknya ya bos, biar cepet lulus...he.he..

  6. chancut's Avatar
    chancut is offline RegularFishy chancut will become famous soon enough
    Real Name
    ikhsan akbar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    sumatra
    Posts
    275

    wahhhh...!!! jd nambah lg nih elmu ogut! selama ini cm pake simpul jepit.
    pantesan ogut boncos terus!!!! (tp mudah buat ganti2 garong).
    mudah2an aja kalo suhu udah ngasih trik ampuh bs jd obat penawar boncos!

  7. Hamzy is offline RegularFishy Hamzy has a spectacular aura about Hamzy has a spectacular aura about Hamzy has a spectacular aura about
    Real Name
    Hamzah O
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    572

    Quote Originally Posted by aa muftibritama0185 View Post
    Wakakakakakak,,,,
    Nice trick,,,Bos besar ichang ikan gresek...
    dikau sungguh dermawan....gemar berbagi ilmu tali temali, juga gemar berbagi segalanya....tapi jangan sekali2 berbagi pasangan...huahahahaha...

    @Hageng : kita praktekkan tgl 22 nanti dab, sekalian aku diajari negeg yg bener tuh ky apa,he.he.he...

    @hamzy: perkenalkan bos, saya anak didik bos ichang, lg belajar jarak jauh, berjarak 1400 km dari batam, baru 3 sks yaitu mata kuliah tali temali pancing garong...
    Bagi ilmu gentaknya ya bos, biar cepet lulus...he.he..
    Salam kenal juga,
    Ilmu gentak? gampang....., harus olah kanuragan dulu, tiap hari angkat beras satu kintal pakai satu tangan doank, kalau udah oke, meningkat latihan lempar beras satu kintal sampai bisa sejauh 50m, kalau sudah bisa........timpukin tuh satu karung beras 1 kintal ke Ichang.....hahahahaha


    Salam,
    - Hamzy -

  8. iwakasinbanget's Avatar
    iwakasinbanget is offline RegularFishy iwakasinbanget has a spectacular aura about iwakasinbanget has a spectacular aura about iwakasinbanget has a spectacular aura about
    Real Name
    Hanny
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    571

    Quote Originally Posted by Hamzy View Post
    Salam kenal juga,
    Ilmu gentak? gampang....., harus olah kanuragan dulu, tiap hari angkat beras satu kintal pakai satu tangan doank, kalau udah oke, meningkat latihan lempar beras satu kintal sampai bisa sejauh 50m, kalau sudah bisa........timpukin tuh satu karung beras 1 kintal ke Ichang.....hahahahaha


    Salam,
    wah Ichang udah kemajuan makan beras yaaa?
    Hanny

  9. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    Quote Originally Posted by iwakasinbanget View Post
    wah Ichang udah kemajuan makan beras yaaa?
    ........tapi masih dipatukin...

    kabur dulu........... sembunyi dibalik Om Nico!
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  10. aa muftibritama0185's Avatar
    aa muftibritama0185 is offline RegularFishy aa muftibritama0185 is on a distinguished road
    Real Name
    mufti adi wirawan
    Join Date
    May 2008
    Location
    mAjNnG_ciLcP_mgLAng
    Posts
    774

    @Hamzyn: bos ichang ditimpuk 1 kwintal beras....waduh, jangan bos, ntar kl kena kepala trus lupa ingatan kan payah. Ilmunya ga akan bisa di rtgs semua,he.he...
    Mendingan karung berasnya dikirim ke bos ichang,trus yg naliin ya pakar talitemali bos ichang pake uni knot or palomar knot...kmd dikirim ke korban banjir di semarang,biar om wieby yg bagi2in...huahahaha.
    @iwak asin : emang dulu bos ichang makan apa bos, waduh jadi takut nich.nich.nich....asal jgn ky sumanto aja udah syukur berat...
    @lorensius: share ilmu talitemalinya dari jepun pakdh....biar tambah gayeng...

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Mata Pancing "RELIX"Iseama,Buat Garong.
    By Didi Afandy in forum FishyTrick
    Replies: 8
    Last Post: 19-09-2007, 17:32
  2. Baronang Dam Ijo (Pancing Garong Pakai Lem Super Glue)
    By Imam S.Tedjo in forum FishyReport
    Replies: 23
    Last Post: 20-08-2007, 16:07
  3. Cara Bikin Pancing Garong - ala Hamzy
    By Hamzy in forum FishyTrick
    Replies: 93
    Last Post: 22-06-2007, 13:49
  4. Pembuatan Pancing Garong
    By Tom Priok in forum FishyTrick
    Replies: 15
    Last Post: 27-09-2006, 10:44
  5. Rangkaian pancing garong
    By metzad in forum FishyTrick
    Replies: 14
    Last Post: 30-11-2005, 17:31

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts