Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 22

Thread: Ikan Juaro

  1. aryanto's Avatar
    aryanto is offline RegularFishy aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold
    Real Name
    Aryanto Purnomo
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Jogja - Jambi
    Posts
    252

    Ikan Juaro

    Ikan Juaro adalah common fish di S. Batanghari. Ikan yang sangat umum dan paling sering kena pancing dengan teknik pancing dasar.

    Bentuknya sangat mirip dengan ikan Patin. Sekilas saya tidak bisa bedakan antara Ikan Juaro dengan Ikan Patin pada saat pertama kali melihat ikan ini. Bentuk mulut sama dan juga mempunyai patil di 3 tempat, yaitu di sirip dada kiri kanan, dan sirip punggung.
    Perbedaan dengan Ikan Patin secara mencolok adalah, tubuh Ikan juaro lebih langsing, mata lebih besar, dan lendir badan lebih banyak.

    Populasinya merata di semua bagian sungai. Mulai dari tengah yang berarus kencang hingga pinggiran yang berair tenang.
    Mulai dari hulu sungai hingga ke hilir yang sudah dekat laut.

    Ikan juaro termasuk ikan yang sangat rakus dan bisa dikatakan sebagai cleaning fish. Seringkali ikan ini terlihat sedang mengejar sampah atau (maaf) kotoran manusia yang terapung di sepanjang sungai.
    Mungkin oleh karena itu ikan ini mempunyai kelenjar/urat yang kalau terpotong baunya minta ampun.
    Menurut cerita beberapa orang, untuk mengkonsumsi ikan Juaro ini perlu teknik memotong khusus. Apabila urat kelenjar bau terpotong.. dijamin masakan dan seluruh perkakasnya akan berbau seperti kotoran manusia hiiii.....

    Sabagai ikan pancingan, ikan Juaro juga bukan good fighter. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai hingga 5-6 kg, perlawanannya sangat tidak berarti. Untuk ikan ukuran 1 kg saja dengan mudah dapat ditaklukkan dengan piranti mancing udang.
    Saya sendiri selalu menerapkan CnR kalau dapat ikan juaro. Salah satu alasannya ya karena yang saya tulis diatas itulah...

    salam
    ary
    Attached Images
    [B]The worst day fishing is still better than a good day at work [/B]
    [FONT="Comic Sans MS"][I]Kerja ya kerja, tapi jangan sampai ganggu mancingnya...[/I][/FONT]

  2. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    804

    kang aryanto, ikan juaro juga terbagi 2 jenis ada yang juaro gendut ini terkenal dengan pemakan .......... satu lagi juaro papan(bentuknya panjang) saya juga pro dengan kata2 pak aryanto kalo ikan ini ngak bertenaga karna kalo nyangkut dimata kail kayak narik sampah aja. masih mending baung tarikan pertama begitu menggoda. ngo2 besok jangan lupa bawa oleh2 hasil mancingnya yach

  3. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Ha3. Pemakan sampah toh? Teknik pemotong kelenjarnya mohon di share. Soalnya saya jg takut jualan patin jg ada kejadian spt itu. Wuih bikin kapok.
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  4. aryanto's Avatar
    aryanto is offline RegularFishy aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold
    Real Name
    Aryanto Purnomo
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Jogja - Jambi
    Posts
    252

    Quote Originally Posted by Oka_1010 View Post
    kang aryanto, ikan juaro juga terbagi 2 jenis ada yang juaro gendut ini terkenal dengan pemakan .......... satu lagi juaro papan(bentuknya panjang)
    Iya betul. Ada 2 jenis ikan juaro. Yang perutnya gendut, tubuhnya lebih pendek. Yang satu lagi ramping, dan tubuhnya lebih panjang.

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Ha3. Pemakan sampah toh? Teknik pemotong kelenjarnya mohon di share. Soalnya saya jg takut jualan patin jg ada kejadian spt itu. Wuih bikin kapok.
    Wah Oom Soni... begitu saya dikasih tahu orang-orang kalo potong ikan Juaro harus hati-hati, saya gak pernah mau bawa pulang tuh ikan. Kaya gak ada ikan lain yang lebih enak ajah..hahahaha....
    Infonya sih, kelenjar itu terletak di bagian ekor. Jadi, kalau mau dimasak ekor tidak boleh dipotong. Harus dimasak utuh. Nanti setelah ikan masak, baru urat itu dibuang (soalnya sudah kelihatan).

    Pengalaman lucu gw tentang ikan ini terjadi minggu lalu wkt iseng-iseng mancing udang.
    Juaro yang nyamber umpan setelah ke angkat, mau gw lepasin mata kail yang nyangkut di mulutnya... waktu tak pegang....blaik... mulut ikannya masih belepotan kuning-kuning...

    Ampun bener dah ini ikan... tuh t*i di mulut belum ketelen udah nyamber cacing gue....

    Akhirnya gw potong tuh leader tanpa lepasin mata kail dari mulut ikan. Biarin dah.. temen-temen FF mau maki-maki gw krn CnRnya gak bener.. biarin.. rela dah gue... daripada megang t*i yang gak jelas punya siapa

    salam
    ary
    [B]The worst day fishing is still better than a good day at work [/B]
    [FONT="Comic Sans MS"][I]Kerja ya kerja, tapi jangan sampai ganggu mancingnya...[/I][/FONT]

  5. Metaliron's Avatar
    Metaliron is offline RegularFishy Metaliron is on a distinguished road
    Real Name
    Verick
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    58

    ha...ha... tandanya ikan itu lagi marah ama mas Aryanto. Tapi ikan nakal itu ud mas kasih pelajaran dengan kail dimulutnya, lain kali pasti tak berani kurangajar lagi.. ha.....ha.....

  6. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    Quote Originally Posted by aryanto View Post
    Akhirnya gw potong tuh leader tanpa lepasin mata kail dari mulut ikan. Biarin dah.. temen-temen FF mau maki-maki gw krn CnRnya gak bener.. biarin.. rela dah gue... daripada megang t*i yang gak jelas punya siapa
    OOT dikit, yak! Mau nanggepin nyang ini aja...

    Om, bukannya kalau CnR yang bener tuh malah gitu caranya, ya? Seminimal mungkin memegang badan ikan. Kalau terpaksa pegang, mesti tangan dibasahi air (lebih baik dicelup di air agar tangan jadi tidak panas bagi kulit ikan. terus, potong aja kenurnya sedekat mungkin dengan mata kail. konon kabarnya, nanti itu mata kail bisa dilepas sendiri sama si ikan.

    itu sih kebiasaan saya kalau CnR, kecuali kalau mancingnya pakai lure..... gitu nggak sih....
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  7. aryanto's Avatar
    aryanto is offline RegularFishy aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold
    Real Name
    Aryanto Purnomo
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Jogja - Jambi
    Posts
    252

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Ha3. Pemakan sampah toh? Teknik pemotong kelenjarnya mohon di share. Soalnya saya jg takut jualan patin jg ada kejadian spt itu. Wuih bikin kapok.
    Oom Soni, sudah aku tanyain cara memotong ikan juaro yang baik dan benar. Caranya sbb :
    1. Ikan tidak boleh dipotong dulu, harus dalam keadaan utuh dibelah perut memanjang mulai dari insang hingga dubur.
    2. Buang insang dan seluruh isi perutnya
    3. Setelah bersih, nanti di dekat tulang belakang ada semacam urat warna putih mirip benang yang memanjang mulai dari belakang kepala hingga ke dubur. Urat ini ada 2 di sebelah kiri dan kanan tulang belakang
    4. Urat ini harus dibuang dan tidak boleh putus.
    5. Setelah urat dibuang, ikan dicuci bersih dan boleh dipotong-potong sesuai selera.
    Katanya sih daging ikan juaro enak, mirip patin. Tapi kalo saya boleh pilih ya mending makan ikan lain aja deh... heuhueheuue.....

    salam
    ary
    [B]The worst day fishing is still better than a good day at work [/B]
    [FONT="Comic Sans MS"][I]Kerja ya kerja, tapi jangan sampai ganggu mancingnya...[/I][/FONT]

  8. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    804

    Quote Originally Posted by aryanto View Post
    Oom Soni, sudah aku tanyain cara memotong ikan juaro yang baik dan benar. Caranya sbb :
    1. Ikan tidak boleh dipotong dulu, harus dalam keadaan utuh dibelah perut memanjang mulai dari insang hingga dubur.
    2. Buang insang dan seluruh isi perutnya
    3. Setelah bersih, nanti di dekat tulang belakang ada semacam urat warna putih mirip benang yang memanjang mulai dari belakang kepala hingga ke dubur. Urat ini ada 2 di sebelah kiri dan kanan tulang belakang
    4. Urat ini harus dibuang dan tidak boleh putus.
    5. Setelah urat dibuang, ikan dicuci bersih dan boleh dipotong-potong sesuai selera.
    Katanya sih daging ikan juaro enak, mirip patin. Tapi kalo saya boleh pilih ya mending makan ikan lain aja deh... heuhueheuue.....

    salam
    ary

    tambahan lagi pak, sirip ekor ngak boleh dipotong, gua pernah potong sirip ekornya trus beraroma yang mengharumkan. kalo ngak dipotong ngak mengeluarkan aroma yang mengharumkan.

  9. spongebob's Avatar
    spongebob is offline RegularFishy spongebob is on a distinguished road
    Real Name
    arief
    Join Date
    Feb 2005
    Location
    Bikini Bottom
    Posts
    327

    saya dan adik ipar pernah mancing ikan ini di sungai musi, tepatnya di pinggiran Boom baru, kebetulan istri saya orang palembang dan mertua tinggal disana, mancing dgn umpan jangkrik, tekniknya dasaran dgn benang ukuran 60lb pakai kelosan, karena arus sungai musi besar jadi menggunakan engkol sepeda sbagai pemberat, jadi setia 15menit sekali diangkat dan dilihat apakah ada ikan yg nyangkut, waktu itu saya memangdapat 3 ekor juaro , sebelumnya saya ga tau nama ikan tsb setau saya mirip patin dan 2 ekor baung ukuran 6ons an,

    benar kata Mas Aryanto,
    untuk menyiangi ikan juaro tsb perlu tekhnik khusus,
    regards - Arief

  10. eddy_hiu's Avatar
    eddy_hiu is offline RegularFishy eddy_hiu has a spectacular aura about eddy_hiu has a spectacular aura about
    Real Name
    eddy rahiu
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    154

    Pak Ary, saya dari dulu kalo dapet juaro, ngak pernah mau dibawa pulang, paling dikasih ke teman aja.
    Geli kayaknyaa kalo inget ituuu nyaa.

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts