Closed Thread
Page 2 of 3
FirstFirst 1 2 3 LastLast
Results 11 to 20 of 22

Thread: Ikan Juaro

  1. Taufik_bfc's Avatar
    Taufik_bfc is offline RegularFishy Taufik_bfc will become famous soon enough
    Real Name
    Taufik Hais
    Join Date
    May 2007
    Location
    Harapan Indah,Bekasi
    Posts
    96

    Quote Originally Posted by aryanto View Post
    Ikan Juaro adalah common fish di S. Batanghari. Ikan yang sangat umum dan paling sering kena pancing dengan teknik pancing dasar.

    Bentuknya sangat mirip dengan ikan Patin. Sekilas saya tidak bisa bedakan antara Ikan Juaro dengan Ikan Patin pada saat pertama kali melihat ikan ini. Bentuk mulut sama dan juga mempunyai patil di 3 tempat, yaitu di sirip dada kiri kanan, dan sirip punggung.
    Perbedaan dengan Ikan Patin secara mencolok adalah, tubuh Ikan juaro lebih langsing, mata lebih besar, dan lendir badan lebih banyak.

    Populasinya merata di semua bagian sungai. Mulai dari tengah yang berarus kencang hingga pinggiran yang berair tenang.
    Mulai dari hulu sungai hingga ke hilir yang sudah dekat laut.

    Ikan juaro termasuk ikan yang sangat rakus dan bisa dikatakan sebagai cleaning fish. Seringkali ikan ini terlihat sedang mengejar sampah atau (maaf) kotoran manusia yang terapung di sepanjang sungai.
    Mungkin oleh karena itu ikan ini mempunyai kelenjar/urat yang kalau terpotong baunya minta ampun.
    Menurut cerita beberapa orang, untuk mengkonsumsi ikan Juaro ini perlu teknik memotong khusus. Apabila urat kelenjar bau terpotong.. dijamin masakan dan seluruh perkakasnya akan berbau seperti kotoran manusia hiiii.....

    Sabagai ikan pancingan, ikan Juaro juga bukan good fighter. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai hingga 5-6 kg, perlawanannya sangat tidak berarti. Untuk ikan ukuran 1 kg saja dengan mudah dapat ditaklukkan dengan piranti mancing udang.
    Saya sendiri selalu menerapkan CnR kalau dapat ikan juaro. Salah satu alasannya ya karena yang saya tulis diatas itulah...

    salam
    ary
    Ingat Ikan Juaro, ingat sungai siak, waktu kecil dulu saya sering mancing ikan ini, caranya dengan umpan roti yang di injak sampai gepeng, kemudian dipotong persegi empat, kecil-kecil ; ikan ini selalu terpancing di pinggiran suangai siak yang ber arus deras, kalo menurut saya tarikannya lumayan dan sering meronta-ronta, dan dagingnya enak kalo dimasak pindang ala melayu ;
    TAUFIK HAIS BFC
    ------------------
    BFC COMMANDER
    -----------------
    === POPPING MANIA ===
    STRIKE.....ngk STRIKE.... yang penting LEMPAR TERUS..... POKOKNYA POPPING...

  2. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    Pertanyaan....

    Kalau misalnya ikan juaro ini diternakan dan tanpa diberi makan t*i, itu akan tetep bau juga nggak? Terus, kalau emang ikan ini enak untuk dikonsumsi, kok belum ada yang berusaha ternak, ya... atau udah?

    Mungkin, nantinya bisa jadi seperti lele.... dan jadi saingannya patin.... Ikan jorok biasanya mudah dibiakan dan dibesarkan, terus tahan penyakit....

    Ada yang tertarik? Kalau emang bisa, sebenarnya saya tertarik, tinggal cari teman usaha di Indonesia he.. he.. he...
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  3. Layaran's Avatar
    Layaran is offline RegularFishy Layaran is a jewel in the rough Layaran is a jewel in the rough Layaran is a jewel in the rough
    Real Name
    Ary
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    358

    JuARO = PATIN???

    Quote Originally Posted by aryanto View Post
    Ikan Juaro adalah common fish di S. Batanghari. Ikan yang sangat umum dan paling sering kena pancing dengan teknik pancing dasar.

    Bentuknya sangat mirip dengan ikan Patin. Sekilas saya tidak bisa bedakan antara Ikan Juaro dengan Ikan Patin pada saat pertama kali melihat ikan ini. Bentuk mulut sama dan juga mempunyai patil di 3 tempat, yaitu di sirip dada kiri kanan, dan sirip punggung.
    Perbedaan dengan Ikan Patin secara mencolok adalah, tubuh Ikan juaro lebih langsing, mata lebih besar, dan lendir badan lebih banyak.

    Populasinya merata di semua bagian sungai. Mulai dari tengah yang berarus kencang hingga pinggiran yang berair tenang.
    Mulai dari hulu sungai hingga ke hilir yang sudah dekat laut.

    Ikan juaro termasuk ikan yang sangat rakus dan bisa dikatakan sebagai cleaning fish. Seringkali ikan ini terlihat sedang mengejar sampah atau (maaf) kotoran manusia yang terapung di sepanjang sungai.
    Mungkin oleh karena itu ikan ini mempunyai kelenjar/urat yang kalau terpotong baunya minta ampun.
    Menurut cerita beberapa orang, untuk mengkonsumsi ikan Juaro ini perlu teknik memotong khusus. Apabila urat kelenjar bau terpotong.. dijamin masakan dan seluruh perkakasnya akan berbau seperti kotoran manusia hiiii.....

    Sabagai ikan pancingan, ikan Juaro juga bukan good fighter. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai hingga 5-6 kg, perlawanannya sangat tidak berarti. Untuk ikan ukuran 1 kg saja dengan mudah dapat ditaklukkan dengan piranti mancing udang.
    Saya sendiri selalu menerapkan CnR kalau dapat ikan juaro. Salah satu alasannya ya karena yang saya tulis diatas itulah...

    salam
    ary

    Setelah melihat deskripsi anda tentang ikan juaro saya teringat ikan patin saya...

    saya miara beberapa patin albino buat hiasan aja....

    nah masalahnya gk semuanya gedenya sama... padahal waktu beli suekuran tuh...

    ada yg cepet besar dan ada yg lambat...

    terus yg lambat persis seperti deskripsi anda tentang ikan juaro badan lebih kurus n mata lebih besar jadi saya foto kebetulan patin yg agak gemuk juga ada buat perbandingan...

    mungkin juaro di sungai itu patin juga cuma kekurangan makan jadi kurus keliatannya...

    menurut saya dua-duanya patin atau juaro = patin CMIIW
    Attached Images
    Fishing with lure-The sportiest way to get fish! Plus 2 times more fun!

  4. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Urat putihnya yg kayak gmana sih? Sy cari2 ga ktemu.
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  5. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    804

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Urat putihnya yg kayak gmana sih? Sy cari2 ga ktemu.
    Kang Soni, urat putihnya itu nempel dengan tulang tengahnya kalo perutnya di potong baru keliatan utar putihnya

  6. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    Mas Soni,

    Buat percobaan, korbankan satu ikan dulu aja. Semua urat yang kelihatan putih dipotong aja... terus dicium... ntar kalau ada yang habis potong terus bau wc, lha itu urat putihnya ha.. ha.. ha.. ha...
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  7. aryanto's Avatar
    aryanto is offline RegularFishy aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold aryanto is a splendid one to behold
    Real Name
    Aryanto Purnomo
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Jogja - Jambi
    Posts
    252

    Quote Originally Posted by Super_hampala View Post
    Urat putihnya yg kayak gmana sih? Sy cari2 ga ktemu.
    Oom Sony,

    Sampeyan cari uratnya di mana? Ini yang diomongin ikan juaro. Jangan-jangan sampeyan carinya di ikan patin... ya mana ketemu...????

    Kalau nggak ya coba aja teorinya Mas Bowo. Potong2 semua urat yang kelihatan, kalau bau WC ya itu uratnya...hahaha.. good & smart idea tuh...


    salam
    ary
    [B]The worst day fishing is still better than a good day at work [/B]
    [FONT="Comic Sans MS"][I]Kerja ya kerja, tapi jangan sampai ganggu mancingnya...[/I][/FONT]

  8. rushday's Avatar
    rushday is offline Regular Fishy rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future
    Real Name
    Rushday
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jatiwaringin, Pd.Gede, Bekasi
    Posts
    3,931

    hahahaha..... ini thread lucu banget dah..... hahahahaha......

  9. jst's Avatar
    jst
    jst is offline RegularFishy jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of jst has much to be proud of
    Real Name
    Joesito Huang
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Pinggir laut jakarta
    Posts
    1,079

    Quote Originally Posted by Taufik_bfc View Post
    Ingat Ikan Juaro, ingat sungai siak, waktu kecil dulu saya sering mancing ikan ini, caranya dengan umpan roti yang di injak sampai gepeng, kemudian dipotong persegi empat, kecil-kecil ; ikan ini selalu terpancing di pinggiran suangai siak yang ber arus deras, kalo menurut saya tarikannya lumayan dan sering meronta-ronta, dan dagingnya enak kalo dimasak pindang ala melayu ;
    Klaau ingat di siak, saya selalu mancing di tempat yang ada suara plung - plung - brurrr.... Klauu strike dan ikan juaronya naik biasa lsg di lepas tanpa di pegang dengan cara putusin leadernya.....
    Nenek moyang ku seorang pemancing

  10. rikok30 is offline RegularFishy rikok30 will become famous soon enough
    Real Name
    riko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    pontianak
    Posts
    74

    kalo di pontianak namanya ikan juara, umumnya pake pancing dasaran. beneran kayak narik sampah gak ada perlawanan, takngkapan sehari2 di sungai kapuas. ada trik khusus untuk mengolahnya, mulai memotong dari belakang kepala sampe ke anus jangan sampe kantung perutnya pecah dan satu lagi jangan dipotong ekornya, di jamin gak bau. tapi saya sendiri gak makan tuh ikan, jadi kalo dapat yah dikasihkan ma tetangga hitung2 sedekah, wekekekkee

Closed Thread
Page 2 of 3
FirstFirst 1 2 3 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts