Closed Thread
Results 1 to 9 of 9

Thread: Jenis Ikan Populer - Ekor Kuning (Yellowtail Snapper)

  1. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    Jenis Ikan Populer - Ekor Kuning (Yellowtail Snapper)

    YELLOWTAIL SNAPPER (Lutjanus Chrysurus)

    Istilah Indonesia : Ekor Kuning - Wakung Sawo

    Ciri-ciri
    Ekor kuning, berwarna kuning kebiruan, bernoktah kuning di bawah sirip dorsal dan dari ekor ke arah insang terdapat garis menyerupai anak panah berwarna kuning jreng :P , perut putih keperakan. Pinggiran sirip kuning, sirip ekor kuning juga sesuai namanya

    Ikan ekor kuning termasuk keluarga kakap, hidup di perairan berkedalaman 10-70m, di sekitar pantai berpasir, tubiran, kapal tenggelam, tandes, di daerah dengan banyak karang hidup dan padang lamun. ikan ini bergerombol dalam jumlah besar.

    Taksonomi Order: Perciformes
    Family: Lutjanidae
    Genus: Lutjanus
    Species: chrysurus

    Berat: rata-rata kurang dari 1 kg, max 4 kg.

    Dimana Mancingnya
    Di sekitar karang, tubiran, kapal tenggelam, tandes, pantai berpasir dengan suhu optimum 28' - 30' Celcius.

    Kapan Mancingnya
    Kapan saja selalu ada, pagi dan sore hari lebih galak

    Metode Mancing Efektif
    Mancing jebluk/dasar dengan umpan udang hidup

    Peralatan
    peralatan standar ringan, kelas 1 kg sampai 3 kg. Ikan ini bisa juga dipancing dg umpan mati (cumi) tetapi metode yang paling tepat adalah mancing dasar dengan umpan udang hidup.

    Karakteristik
    Petarung yang mengasyikkan; ketika hooked up, langsung ngaciiiir ke karang atau batu-batu untuk memustuskan kenur.

    Tempat mancing Populer - Perairan Lampung
    - Kapal Tenggelam di P1000
    - Tubiran P. Bokor dan Rambut
    - Perairan Selatan Jawa
    - Daerah INTIM (Indonesia Timur)

    Regulasi
    Belum ada yang resmi

    Bisa Dimakan ?
    BISA !! daging putih, lembut dan gurih, TAPI! HATI-HATI! karena ikan ini masuk dalam daftar ikan yang mengandung racun Ciguatera, bila terdapat kasus keracunan di suatu wilayah maka sebaiknya jangan makan ikan yang terpancing di wilayah tersebut, dalam hal ini termasuk ikan ini. Jangan lupa yang masih mini sebaiknya dilepas kembali, biar gedean dulu
    Attached Images

  2. Sportfisherman's Avatar
    Sportfisherman is offline Sportfisherman Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future
    Real Name
    John I. HambaLi
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,711



    Paling ampuh pakai ranggung dan umpannya udang kecil / rebon .

    Jon .

  3. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    keliatannya ikan ini spesiesnya banyak deh sebab yang terpancing di pulau seribu dan anyer berbeda ciri 2x nya meski ekornya masih kuning juga.

  4. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    pak Jon tauuuuuuuuu aja....
    saya sering denger tuh kalo ikan ini asyiiknya dipancing pake ranggung, liat bahkan.. cuman blom pernah praktek sendiri. sepertinya susaaah

  5. Sportfisherman's Avatar
    Sportfisherman is offline Sportfisherman Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future
    Real Name
    John I. HambaLi
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,711



    Master of Ranggung adalah ko Anyan dari Toko Pancing Kartini , kalau sampai tidak mempan ranggungnya , dia jadi Drunken Master !

    Ngeliatin dia mancing pakai ranggung , bisa makan tempat dari buritan kapal sampai bagian tengah kapal , wah engga bisa bawa banyak banyak pemancing spt. dia dech tapi biar dia jadi pengumpul umpan hidup .

    Jon .

  6. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    pak Jon,

    Sebetulnya gimana sih caranya mancing ranggung itu ? saya punya tuh timah loncengnya tapi belum tahu rigging dan cara mancingnya, setau saya cuman umpan rebon dimasukkan ke timah lonceng, di salah satu kumisnya dipasangin udang hidup, kemudian pakai handline digoyang2 di spot mancing ..trus dapet deh ..

    metode yang betul bagaimana pak Jon / Rekan-rekan ???

    Tony

  7. Sportfisherman's Avatar
    Sportfisherman is offline Sportfisherman Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future
    Real Name
    John I. HambaLi
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,711



    Itu sudah benar tapi cara ngocok nya spy umpan dari timah bell tsb keluar dan umpan yang dikumisnya bisa menjadi sama dgn yang keluar dari timah , itu rahasia masing masing ranggung master . :P

    Teknik ini deadly utk Ekor Kuning , Kue Rambe dan lain lain yang umumnya agak " shy " utk makan umpan dgn kail saja .

    Memperhatikan Anyan mancing seperti orang bersilat saja .

    Jon .

  8. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    lho itu namanya ranggung ya, kalau mancing gitu sih saya sering om di pulau panjang bahkan hampir semua nelayan pancing dr Tanjung pasir menerapkan mancing seperti itu , biasanya cara tersebut saya pake kalo lagi banyak rebon sekalian buat chuming atau kalau lagi males ngotrek rahasiannya sebenarnya terletak di cara menghentak , jadi bukan cuman dihentak kayak menghentak joran tapi lebih seperti ditarik kesamping kiri dengan cepat kemudian di hentak ke kanan sambil agak diangkat supaya rebonnya nyebar dari bawah ke atas nah perlakuan selanjutnya adalah modifikasi dari setiap pemancing, yang dilihat oleh om Jon seperti orang lagi main silat he....he....he....rahasia selanjutnya kalau nggak salah juga pada panjang kumis , sebenarnya cara ini nggak pake pemberat lonceng juga bisa kok kadang 2x saya malah pake plastik yang diiket ujungnya cara ini efektif untuk semua ikan pasar selain ikan diatas juga kembung, como bahkan baronang juga bisa

  9. ben's Avatar
    ben
    ben is offline RegularFishy ben will become famous soon enough
    Real Name
    Xiphias Gladius
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    jAkArtA
    Posts
    389

    Yang saya tahu mengenai ranggung bedasarkan yg saya liat itu memang digunakan timah model lonceng bisa yg padat atau yg kosong.
    Di atas timah tersebut pake snap swivel diatas swivel ini
    ada yg pake tanduk kerbau karena awet dan lentur yg membentuk huruf V (ranggung 2) ada juga yg pake kawat kaku, ada juga yg pake tulang atau mungkin silikon yg keras tapi lentur. Yang 2 terakhir saya cuma menduga.
    Lalu dari ujung2 kawat atau tanduk (panjang +- 40 cm) tersebut baru dikasih kumis yg panjangnya kurang lebih 1-1.5 meter biasanya pake fluorocarbon atau mono kelas kecil. Baru di atas sambungan antara timah dan kawat atau tanduk tersebut main line.
    Saya sih kalo pake ranggung nga terlalu sering dikocok hanya sekali2 karena kan kumisnya sendiri sudah cukup panjang.
    Dengan ranggung ini hampir semua ikan dapet di tangkep, saya pernah liat dan menggunakan ranggung ini untuk nangkep kakap, kue rambe maupun bulet, kerapu, bahkan tenggiri. Khusus tenggiri ada sedikit modifikasi dimana kalo strike timah akan lepas
    Untuk penggunaan rebon saya lebih setuju kalo dipisah dr ranggung tersebut. Biasanya ada abk yg khusus ngocokin rebon dr depan kapal sedangkan kita mancing di belakang kapal.

Closed Thread

Similar Threads

  1. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  2. Jenis Ikan Populer - Tanda Tanda (Mahogany Snapper)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 11
    Last Post: 28-10-2004, 13:38
  3. Jenis Ikan Populer - Kakap Merah (Red Snapper)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 22-10-2004, 11:35
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts