Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 19

Thread: Jenis Ikan Populer - Baronang (Siganus sp)

  1. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    Jenis Ikan Populer - Baronang (Siganus sp)

    Rabbitfish/Baronang (Siganus sp)

    Istilah Indonesia : Baronang, Beronang, Kea-kea (P1000), Biawas
    (Jateng), Samadar (Maluku)
    Istilah keren : Baronang

    Ciri-ciri
    Ikan baronang termasuk pemakan tumbuh-tumbuhan, tubuhnya membujur dan memipih lateral, dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil posisinya terminal. Rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh sebuah duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulit. Duri-duri ini dilengkapi dengan kelenjar bisa/racun pada ujungnya (Hati-hati).

    Secara lengkap taksonomi ikan baronang adalah sebagai berikut.
    Kelas:
    - Dada : Percipformes
    - Sub dada : Acanthuroidei
    - Famili : Siganidae
    - Genus : Siganus
    - Species : Siganus spp.

    Berat: rata-rata kurang dari 1 kg

    Dimana Mancingnya
    Di sekitar karang, dermaga, pemecah ombak yang sudah ditumbuhi lumut, dengan suhu optimum 28' - 30' Celcius.

    Kapan Mancingnya
    Kapan saja selalu ada

    Metode Mancing Efektif - Tegek

    Peralatan
    Lebih asik pake peralatan standar ringan, kelas 1 kg sampai 3 kg. Ikan ini bisa juga dipancing dg umpan (pake pelampung) tetapi metode yang paling tepat adalah Tegek dengan umpan lumut/nasi kuning/kerang ijo/nasi lumat, di pinggiran karang, dermaga, pemecah ombak.

    Karakteristik Walaupun berukuran relatif kecil tetapi Baronang termasuk Petarung yang hebat, begitu hooked up langsung ngaciiiir deh ke segala arah, kenur bisa sampai bunyi saking kencengnya tarikan

    Tempat mancing Populer
    - Buaaanyak ... merunut penyebaran ikan ini yang sangat luas di Indonesia, banyak tempat potensial yang masih bisa ditemukan, kreatif dan mencoba tempat2 baru... kuncinya
    - PLTU Suralaya (Spelling??) - Banten (kalo gak salah)
    - Perairan dangkal berbatu karang di sekitar P1000
    - Dermaga P. Ayer Besar
    - Pemecah ombak P. Rambut
    - Bagang2 di Cilincing ..dst

    Regulasi
    Belum ada yang resmi

    Bisa Dimakan ?
    BISA BANGET !!!! daging putih dan gurih sekali (paling cocok di bakar ...hmmm sluuuurrrup ). Yang masih mini sebaiknya dilepas kembali, biar gedean dulu
    Attached Images

  2. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    KALO NGGAK SAYANG ikan ini juga termasuk sangat doyan pake udang baik yang masih seger atau yang tidak seger baik yang seukuran rebon atau udang ukuran medium, tapi jangan pake rebon karena yang kecil juga sering ngikut
    Ikan ini juga merupakan jenis ikan yang makannya malu 2x jadi nggak main telen tapi di jawil 2x dulu sehingga filing untuk menghentak dengan tepat diperlukan, supaya umpan nggak habis mulu

  3. arief is offline RegularFishy arief is an unknown quantity at this point
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Batavia
    Posts
    38

    baronang

    Om Toni
    dulu waktu saya macing di bagan sewaktu nunggu pancing dasar di makan ikan, sambilan nya mancing baronang ngga pake joran cuma handline dan pancing garong umpanya kerang ijo, dia suka cari makan di tiang-tiang bagan yg udah ditumbuhin lumut dan kerang emang sih ngga gede cuma 4-5 jarian tapi kalo lagi musim bisa keangkat banyak, umunya lepas tengah hari mereka pada ngumpul di tiang bagan, sampe rumah di goreng garing ....kriuk...kriuk...gurih.dah..

  4. orangpriok's Avatar
    orangpriok is offline RegularFishy orangpriok has a spectacular aura about orangpriok has a spectacular aura about
    Real Name
    Wawan
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    504

    ini sih salah satu ikan kesukaan ane... yummmmmiee

    mas arif suka mancing di bagang mana?
    kalo di bagang cililcing mancing pake kijing emang top (galakan), sayang terakhir ane ke sana airnya butek abisss
    ane lagi nunggu mancing bareng mas hamzah nih (baronangmania). kemane nih orang ???
    joran graphite dia pernah patah tuh, di suralaya baronang-nya gede2 sampe ade yang ukuran 9 jari ....
    mantap banget kan (bisa liat di fishyforum yang lama) sayang aje diusir sama centeng sono...
    Wawan

  5. arief is offline RegularFishy arief is an unknown quantity at this point
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Batavia
    Posts
    38

    saya biasanya di bagan P. Laki atau P. lancang dari Tj kait..

  6. igo
    igo is offline RegularFishy igo has a spectacular aura about igo has a spectacular aura about igo has a spectacular aura about
    Real Name
    Daeng Igo
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Doha - Qatar
    Posts
    217

    kalo mau mancing di suralaya bisa lewat mana? apa ada penginapan juga di sana?

    thanks before

  7. iim
    iim is offline Moderator iim will become famous soon enough iim will become famous soon enough
    Real Name
    iim
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    tangerang
    Posts
    658

    Kalau mau mancing baronang harus tahu musimnya juga...sekitar 1,5 bulan lalu teman saya, yang hobi berat ama bronang, ke Suralaya tapi kosong..katanya belum musim...tadinya dia mau ajak saya kalau lagi musim...

    Wong Priok....masih senang nih ama bronang lalu cumi gimana?

  8. Kiki's Avatar
    Kiki is offline FeAr No FiSh Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all Kiki is a name known to all
    Real Name
    Kiki Azis
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Depok - Jawa Barat
    Posts
    972

    Baronang Korowelang (kendal) pake kail tunggal umpan teri plus peralatan spining biasa (bukan joran tegeg lho)

    Lumayan juga loh sambutannya...
    setelah diukur sktr 8-9 jari saya... apa ini termasuk ukuran super???

    Btw utk di Korowelang baronangnya musim sepanjang tahun...
    Attached Images
    K i k i

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    "A good rule of angling philosophy is not to interfere with any fisherman’s ways of being happy, unless you want to be hated."
    **Zane Grey, Tales of Fishes, 1919**
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  9. orangpriok's Avatar
    orangpriok is offline RegularFishy orangpriok has a spectacular aura about orangpriok has a spectacular aura about
    Real Name
    Wawan
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    504

    Quote Originally Posted by kiki
    Baronang Korowelang (kendal) pake kail tunggal dan umpan teri
    Lumayan juga loh sambutannya...

    Btw utk di Korowelang baronangnya musim sepanjang tahun...
    Mas kiki kalau dari Semarang kira-kira rute ke Korowelang yang enak lewat mana yah ? Trus yg ongkos perahunya berapa? + Contact person

    Trims Bgt
    Wawan

  10. iim
    iim is offline Moderator iim will become famous soon enough iim will become famous soon enough
    Real Name
    iim
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    tangerang
    Posts
    658

    Wong Priok....ente memang mau ke sana? Atau nanya doang....keep squid fishing...

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. Artikel - Mancing Baronang (1)
    By Ichang in forum FishyTrick
    Replies: 1
    Last Post: 13-10-2006, 14:31
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts