Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Menyelamatkan terumbu karang berurusan dengan hukum

  1. rdipanegara's Avatar
    rdipanegara is offline RegularFishy rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold
    Real Name
    Reza
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    sentul City
    Posts
    1,277

    Menyelamatkan terumbu karang berurusan dengan hukum

    Berikut saya cuplik dari artikel sebuah organisasi non-profit dengan tujuan utama mereka menyelamatkan dan melestarikan kekayaan laut Indonesia.

    Mohon bantuannya.

    Berikut ini saya sampaikan perkembangan kasus pengambilan terumbu karang di Kabupaten Alor, berdasarkan informasi dari Dinas KP Kab. Alor.
    Mohon teman2 dapat memberikan masukan untuk penyelesain kasus ini.

    KRONOLOGIS KASUS TERUMBU KARANG

    DI KABUPATEN ALOR TAHUN 2006

    I. DASAR Sdr.JHON IMAGO MELAKUKAN PENGAMBILAN TERUMBU KARANG :

    a) Permohonan Ijin Tangkap dari saudara Johan Imago tanggal 20 April 2006 Nomor: 15/IV/KSK/2006, prihal Permohonan Ijin Tangkap kepada Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam KSDA NTT II

    b) Surat dari Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nomor 239/IV/20/PKP/2006, tanggal 24 April 2005, tentang ijin mengambil/menangkap tumbuhan satwa liar yang tidak dilindungi undang-undang dan Keputusan Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam NTT, Nomor: SK.21/IV/K/20/PKP/2006, tanggal 26 Januri 2006 tentang Pemberian ijin usaha pengedar dilingkungan dalam negeri satwa liar atau bagian-bagian yang tidak dilingdingi undang-undang kepada PT KITA SUBUR KARANG MAS di Kecamatan Teluk Mutiara.

    c) Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Nomor :22/24-05/PB/V/91, tanggal 18 Mei 1991.

    d) Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) Nomor : EK.503/153/1991, tanggal 23 Pebruari 1991

    II. KRONOLOGIS

    a) Bahwa pada tanggal 2 Nopember 2006 anggota Satuan POL PP Kabupaten Alor yang bertugas di Pelabuhan Kalabahi menemukan pengangkutan Terumbu Karang yang tidak dilengkapi Dokumen yang Sah, dan selanjutnya menginformasikan kepada Kasat POLL PP tentang adanya pengangkutan Terumbu Karang diatas Kapal KM KUMAWA RAYA yang tidak dilengakapi dokemun. Kepala Kantor POL PP bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor melaporkan masalah tersebut kepada Bupati Alor dan atas Perintah dan Petunjuk Bupati Alor , Terumbu karang tersebut tidak boleh diantar pulaukan Selanjutnya Bedarsasarkan Surat Perintah Bupati Alor Nomor : POL.PP DAN PPNS.331.1/461/2006 tanggal 2 Nopember 2006, tentang Perintah melakukan pembongkaran dan penurunan terumbu karang diatas KM KUMAWA RAYA, dan 5 jam setelah dilakukan pembongkaran diatas kapal saudara Johan Imago baru memperlihatkan Surat Ijin yang diduga baru didapatkan dari pihak Balai Konservasi Sumber daya Alam NTT II.

    b) Pada tanggal 3 Nopember 2006 terumbu karang tersebut ( 100 karung) diamankan pada antara halaman kantor Dinas Kelautan dan Perikanan dan Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Alor

    c) Pada tanggal 3 Nopember 2006 PPNS Kabupaten Alor mengajukan Surat Permohonan Penyitaan kepada Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi, Nomor : POL.PP.PPNS. 331.1/461/2006, tanggal..3 Nopember 2006.prihal Mohon Persetujuan Penyitaan, dan mendapat penetapan dari Ketua Pengadilan Negeri Kalabhi denagan surat Penetapan Nomor :136/Pent.Pid/2006/PN.KLB. tanggal.16 Nopember 2006,

    d) Bahwa pada tanggal 4 Nopember 2006 telah dilakukan pelepasan Kembali Terumbu Karang kehabitatnya ( Perairan Alor Kecil dan Sekitarnya) oleh Kepala POL PP DAN PPNS , Kadis Kelautan dan Perikanan dan Kepala Bapedalda Kabupaten Alor ( secara Teknis pelaksaannya dilakukan oleh Staf Dinas Kelautan dan Perikanan), dengan Surat Perintah Pelepasan dari Bupati Alor Nomor : EK.500/350.A/XI/06.tanggal 4 Nopember prihal Perintah Pelepasan Barang Bukti yang dilengkapi dengan Berita Acara Pelepasan Nomor : POLL.PP.PPNS.331/1/461/2006, tanggal 4 Nopember 2006.

    e) Bahwa pada tanggal 18 Februari 2007 saudara Jhon Imago melaluii Kuasa Hukumnya mengajukan Permohonan Pemeriksaan Praperadilan kepada Pengadilan Negeri Kalabahi,( mempraperadilankan Bupati Alor ) selanjutnya atas permohonan praperadilan dimaksud, Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi Menolak ( tidak dapat mengabulkan ) dengan penetapan Nomor : 01/Pid.Pra/2007/PN.LKB.

    f) Bahwa pada tanggal 13 Februari 2007 PPNS Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Nusa Tenggara Timur, melakukan pemanggilan terhadap saudara Johan Imago dengan Surat Panggilan Nomor : SP-GIL/02/PPNS-DISLUTKAN/II/2007 dan Surat Nomor: SP-GIL/10/PPNS-DISLUTKAN/II/2007 tanggal 9 Februari 2007, tapi kedua panggilan tersebut saudara Johan Imago tidak hadir tanpa alasan yang sah.

    g) Bahwa pada tanggal 6 Maret 2007 saudara Johan Imago dilakukan Penahanan dengan Surat Perintah Penahanan Nomor : SPRINT-HAN/01/PPNS-DISLUTKAN/II/2007, tanggal 6 Matret 2007, selanjutnya pada tanggal 9 Maret 2007 telah dilakukan Penangguhan Penahanan.

    h) PPNS Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Nusa Tenggara Timur menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Negeri Kalabahi. Barang Bukti antara lain ; Kapal dan Mesinnya, selajutnya oleh Jaksa Penuntut Umum melimpahkan kepada Ketua pengadilan Negeri Kalabahi untuk disidangkan, dalam persidangan Jaksa Penuntut Umum melakukan Tuntutan pidana yang pada pokoknya menuntut saudara Johan Imago 5 Tahun kurungan dikurangi Masa Tahanan.

    i) Pada tanggal 4 Juni 2007, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kalabahi dalam putusan Nomor : 26/PID.B2007/PN.KLB dalam putusannya menetapkan saudara Johan Imago tidak terbukti secara Sah dan Meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Salah satu Anggota Majelis Hakim atas nama Deny Indrayana ,SH membacakan dissenting Opinion terhadap putusan tersebut,

    j) Bahwa pada tanggal 15 Juni 2007 Jaksa Penuntut Umum mengajukan Kasasi ke Ketua Mahkamah Agung RI dan dalam Putusan Kasasi oleh Mahkamah Agung RI Menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Kalabahi.

    k) Bahwa akibat Putusan tersebut (poin 10) diatas, Jaksa Penuntut Umum keberatan dan mengajukan Penijauan Kembali (PK) kepada Mahkamah Agung RI. Putusan mahkamah Agung RI dalam kasus Peninjauan Kembali (PK) di Tolak oleh Mahkamah Agung, dengan demikian kasus tersebut telah mempunyai Kekuatan Hukum yang tetap.

    l) Bahwa pada tanggal 14 Februari 2011 sdr Jhon Imago mendaptarkan perkara Perdata ke Pengadilan Negeri Kalabahi dengan Perkara Nomor 04/PDT.G/2011/PN.KLB, Tanggal 14 Februari 2011.

    III. PERMASALAHAN

    a) Dalam Permohonan Ijin Tangkap Satwa Liar yang tidak dilindungi Undang-Undang, dalam keadaan hidup, faktanya yang bersangkutan mengambil terumbu karang dalam keadaan mati ( dimasukan dalam karung), demikian jumlah dan ukurannya tidak sesuai. BUKTI PERMOHONAN IJIN TANGKAP DAN PERSETUJUAN TERLAMPIR.

    b) Tidak memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) khusus untuk pengambilan jenis-jenis tumbuhan dan satwa liar sebagaimana diatur dalam pasal 44 hurup b. Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 447/Kpts/-II/2003, tentang tatausaha pengambilan dan penangkapan dan peredaran tumbuhan dan satwa liar. Faktanya yang bersangkutan hanya memeiliki Surat ijin Usaha Perdagangan ( SIUP ), hasil laut, hasil kerajinan tangan, barang campuran, jasa angkutan laut. dan SIUP tersebut tidak berlaku lagi. BUKTI SIUP TERLAMPIR , dan Keputusan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTT II Nomor : SK.21/IV/-K .20/PKP/2006. BUKTI TERLAMPIR.

    c) Tidak Memiliki Surat Ijin Tempat Usaha ( SITU) Khusus untuk menampung terumbu karang, sebagaimana diatur dalam pasal 28 Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 447/Kpts/-II/2003, tentang tatausaha pengambilan , penangkapan dan peredaran tumbuhan dan satwa liar. Faktanya yang bersangkutan hanya memiliki SITU untuk menjalankan kegiatan bidang Perdagangan dan Perikanan.BUKTI TERLAMPIR.

    d) Tidak memiliki ijin Pengangkutan yang dikeluarkan oleh KSDA sesuai pasal 68 dan 69, Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 447/Kpts/-II/2003, tentang tatausaha pengambilan , penangkapan dan peredaran tumbuhan dan satwa liar.

    e) Pengambilan tumbuhan dan satwa liar dilakukan dengan memperhatikan kelestarian dan tidak menyebabkan kematian atau luka pada specimen tumbuhan atau satwa liar yang ditangkap, tidak mengakibatkan terganggunya atau merusak populasi habitat dan lingkungan, pasal 27, hurup 1,2,3 dan 4 Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 447/Kpts/-II/2003, tentang tatausaha pengambilan , penangkapan dan peredaran tumbuhan dan satwa liar. Faktanya yang bersangkutan mengambil terumbu karang dengan cara menggali sehingga terumbu karang yang diambil dan ditinggalkan mati serta menimbulkan kerusakan lingkungan.

    f) Hasil Sitaan dimusnahkan apabila dipandang membahayakan karena hama dan penyakit atau sebab-sebab lain, selain dipergunakan sebagai barang bukti. pasal 113, Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 447/Kpts/-II/2003, tentang tatausaha pengambilan , penangkapan dan peredaran tumbuhan dan satwa liar.

    Demkikian Kronologis dan permasalahan Kasus Terumbu Karang sebagai bahan referensi kepada Bapak dalam mengambil kebijakan lebih lanjut, terima kasih.


    Simon Boyke Sinaga
    Coral Reef Rehabilitation and Management Prongram Phase II (COREMAP II)


    Bagaimana tanggapan rekan-rekan sekalian, terlebih bila diantara rekan ada yang memiliki background hukum?

    Terima kasih dan mari selamatkan kekayaan bahari Indonesia untuk generasi seterusnya!!!
    flyfishingnusantara.blogspot.com

  2. bahtiar2010's Avatar
    bahtiar2010 is offline RegularFishy bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of
    Real Name
    bahtiar efendi
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    gresik
    Posts
    941

    Menanggapi temuan fakta tersebut diatas.. Permasalahan tersebut layak masuk pada pelanggaran berat.. yang mana fakta2 tersebut sudah sangat cukup mendukung, tentang adanya pelanggaran.

    Biarlah permasalahan tersebut menjadi wewenang ranah hukum dan ditangani pihak2 yang terkait, apalagi kasus tersebut sudah memiliki status hukum yang tetapketetpan hukum pasti.

    Adapun kewajiban kita sebagai masyarakat pecinta dan pelestari lingkungan adalah, bagaimana bertindak dan mencegah agar kasus2 seperti diatas tidak terjadi atau terulang lagi berikutnya.. dalam hal hal ini COREMAP bersama2 masyarakat setempat (seluruh lapisan masyarakat), dinas2 dan Lembaga2 Terkait, seperti Pol PP, AIRUT, Pencinta Lingkungan/alam dan komponen lainnya lebih rajin dan aktif dalam pengawasan terhadap lingkungan juga pegawasan terhadap apapun kegiatan2 exploratif dan pemanfaatan SDA dari pihak manapun lebih ditingkatkan lagi.. demi lestrainya ekosistem.. dari kita sebagai pemancing jg mesti hati2 dan sepenuh hati ikut menjaganya..

    Salut, atas usaha dan kepedulian saudara yang besar atas Lingkugan hidup.

    Salam,
    Bahtiar
    Last edited by bahtiar2010; 18-04-2011 at 10:22.

  3. rdipanegara's Avatar
    rdipanegara is offline RegularFishy rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold
    Real Name
    Reza
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    sentul City
    Posts
    1,277

    Masih banyak kelemahan dalam negara kita ini dan mudah-mudahan kedepannya menjadi semakin baik.
    Perlu didukung usaha para pelestari alam, karena merekalah yang melakukan kerja nyata dalam melestarikan alam.

    Moga temans dapat memberikan dukungan terhadap kerja mereka dalam bentuk apapun.
    flyfishingnusantara.blogspot.com

  4. dony come's Avatar
    dony come is offline RegularFishy dony come is on a distinguished road
    Real Name
    dony come
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    bengkulu
    Posts
    210

    sy kurang ngerti hukum cm mw merespon aja dgn topik ini.,,merusak alam kok masih ad sgala izinnya ya,?sedikit atau bnyak,pengangkatan trumbu karang dari dalam laut tetap merusak ,saya pling kesal klo ad yg kyk gini,merusak alam,(laut khususnya)..pengawsan yg lebih ketat hrus di berlakukan spya tdk kecolongan lagi,.

  5. rdipanegara's Avatar
    rdipanegara is offline RegularFishy rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold
    Real Name
    Reza
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    sentul City
    Posts
    1,277

    Kalau ga salah sih ada perijinan untuk mengangkat terumbu dalam jumlah terbatas pada lokasi-lokasi tertentu.
    Masalahnya adalah ijin yang kemudian ditunjukkan oleh si'perusak' lingkungan disinyalir baru dimintakan dan didapatkan karena baru dapat ditunjukkan ke petugas 5 jam setelah petugas membongkar muat terumbu dari kapal si 'perusak' lingkungan yang lalu terumbu tersebut diamankan oleh petugas.
    Si perusak lingkungan dengan membawa surat ijin yang telat 5 jam itu ke pengadilan dan menuntut para petugas tersebut.

    Kasian ya para petugas yang berusaha menjalankan tugasnya dan melindungi lingkungan malah harus berhadapan dengan hukum.

    Dukung terus para aparat pelindung lingkungan!!!
    flyfishingnusantara.blogspot.com

  6. bahtiar2010's Avatar
    bahtiar2010 is offline RegularFishy bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of bahtiar2010 has much to be proud of
    Real Name
    bahtiar efendi
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    gresik
    Posts
    941

    Ya bgtulah Pak Radit, hukum itu berjalan berdasrkan fakta dokument, sebulan seblumnya atau seminggu sebelumnya selama proses hukum itu masih berjalan, maka data2 dan fakta bru akan terus masuk... sampai dirasa cukup bukti2 pendukungnya... HAl tersebut diats seperi yang dikatakan pak radit, itulah keseleonya hukum, yang melulu berdasarkan Afkta, data, dokument....

    Ya Semoaga saja yg berniat baik selalu mendapatkan pertolongan Tuhan, dan yg tidak mendapat balasannya yg setimpal.. Hukum itu memang "SUMMA IUS SUMMA IMANIURA" .. maaaf kaloh salah tulisannya... "Dalam Keadilan Tertinggi Terletak Juga Ketidak Adilan Tertinggi..." he.he.... kayak...ngertio2 ae..badahal blank soal hukum... yang penting Support kita tetap pada Para Pelindung Alam Pak..

  7. Yana*29 is offline RegularFishy Yana*29 is on a distinguished road
    Real Name
    yana
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    surabaya, indonesia
    Posts
    21

    Terumbu karang dan hukum

    Untuk kasus tsb bro, meski telah terjadi beberapa tahun lalu namun menarik untuk dijadikan pelajaran. Menurut saya penyelamatan terumbu karang di negeri kita harus gencar dilakukan, apalagi di daerah Alor NTT yang kaya akan potensi perikanan wajib hukumnya dilindungi dan diamankan dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Dalam hal ini tentu pemerintah daerah setempat yang punya peran besar dengan dukungan masyarakat luas untuk menindak perilaku tersebut. Pemda tentu mempunyai dasar pembuktian yang kuat untuk melakukan penertiban, baik dari segi peraturan perundangan maupun alat bukti fisik yang memperkuat tindakan pemerintah. Saya yakin penegakan hukum terhadap oknum perusakan terumbu karang tersebut didasari untuk kelestarian lingkungan laut Alor dan sudah seharusnya masyarakat sekitarnya menjunjung tinggi kaidah hukum yang ada, jadi ada kasualitas hubungan antara pemerintah dan masyarakat dimana pemerintah yang berperan mengatur masyarakat untuk ketertiban bersama dan masyarakat yang mentaati peraturan tersebut. Namun demikian, sosialisasi pemda kepada masyarakat tentang pemanfaatan terumbu karang secara aman dan prosedural memang masih terus perlu ditingkatkan, agar tidak terjadi misinformasi yang mengakibatkan ketidaktahuan. Untuk itu, bro mari kita dukung terus semua upaya penyelamatan terumbu karang baik oleh pemerintah maupun nonpemerintah - biar para angler mania tetap bisa merasakan strike di laut. Maap ya bro ... kaya wong kampanye lingkungan hidup ya, padahal cuma meneruskan apa yang pernah disampaikan oleh expertnya doang. wk wkwk wkwk .....

    Tapi ya sudah, yang penting gak lupa ............. mancing terus, mantap.
    Yana*29

  8. Real Name
    willywilly
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    indonesia/jakarta
    Posts
    437

    Wah kalo sy jd mancing mania,
    Maka sy akan bikin rumpo pribadi
    Buat strike, ingat bro tak ada yang
    Gratis, ok

  9. giriwil's Avatar
    giriwil is offline RegularFishy giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute
    Real Name
    Arief
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,825

    Quote Originally Posted by wild_conservation View Post
    Wah kalo sy jd mancing mania,
    Maka sy akan bikin rumpo pribadi
    Buat strike, ingat bro tak ada yang
    Gratis, ok
    mmm ... emang selama ini anda gak suka mancing?
    "The secret of success is not how to catch the fish ... but how to enjoy"

    "... Clooommm ... giriwil !!! ..."



  10. Real Name
    willywilly
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    indonesia/jakarta
    Posts
    437

    Quote Originally Posted by giriwil View Post
    mmm ... emang selama ini anda gak suka mancing?
    masih bikin rumpon sebanyak banyaknya mod,

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 5
    Last Post: 17-01-2011, 20:55
  2. mancing dasar merusak terumbu karang ?
    By giriwil in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 12-11-2008, 13:32
  3. [ask] Adopsi terumbu karang
    By Jovan in forum FishyRonment
    Replies: 3
    Last Post: 27-05-2008, 10:06
  4. Terumbu Karang
    By Cyber_Octopus in forum FishyRonment
    Replies: 4
    Last Post: 02-08-2006, 11:22
  5. Pembiakan terumbu karang
    By babybaracuda in forum FishyRonment
    Replies: 25
    Last Post: 10-03-2005, 13:20

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts