Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 19

Thread: Apakah ikan mujair termasuk hama?

  1. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    Apakah ikan mujair termasuk hama?

    Mohon maaf kalau judulnya agak membingungkan..., maksud saya disini mau bertanya apakah ikan mujair turut berperan menghabiskan ikan lokal jenis yg lain seperti ikan lopis, nilem, benteur, tembakang dsb. Karena dari yang saya perhatikan dari memancing di danau atau rawa di sekitar jakarta, di daerah yg lebih dekat dengan kota seperti di daerah pamulang, cipondoh dsb, kalau saya mancing ikan yg di dapat pasti sebagian besar mujair, berikutnya biasanya gabus biasa, gabus broso, kadang bawal , lele . ikan mas dan tawes, ke empat jenis yg terakhir biasanya hasil dari jaring piaraan yg terlepas. Tapi jenis ikan yang paling banyak adalah mujair. Yang ingin saya tanyakan apakah benar populasi mujair yg sangat banyak dan kemampuan berkembang biak dan bertahan di kondisi air yg kurang baik, secara tidak langsung ( di luar faktor lingkungan yang lain seperti pencemaran dsb) artinya ikan mujair merebut makanan dan tempat berkembang biak ikan-ikan lokal seperti di atas...?, Saya sendiri senang mancing ikan mujair..., tapi kalo memang benar dugaan saya kalo ikan mujair mendesak populasi ikan lokal lainnya, apa sudah seharusnya ada tindakan terutama dari instansi yg berwenang untuk mengontrol populasi ikan ini..?,
    Contohnya di setu-setu di pamulang di tahun 80-an saya masih bisa dapat ikan nilem, benteur, seren yang sekarang sama sekali tidak ada ( termasuk informasi dari tukang jala setempat ).Hampir 90% hasil tangkapan adalah ikan mujair.

    Mohon pendapatnya, maaf kalau ada yg salah karena saya awam soal cara hidup dan perilaku ikan ini.

  2. x yandi x's Avatar
    x yandi x is offline RegularFishy x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of x yandi x has much to be proud of
    Real Name
    Achmad Sofiyandi
    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Johar Baru, Jakarta Pusat
    Posts
    1,156

    Gak jg om menurut sy.. Di danau sunter (karena kadang2 sy suka mancing disini jg).. Itu ikan mujaer skrg malah susah di dapat, klo dulu jgn kan dgn tekhnik glosor, pake tegek aja mancing dipinggir gampang amat dapatnya.. Klo skrg, boro2 dapet yg gede, yg segede jempol aja dapetnya susahnya minta ampun.. Klo di sini malah yg jd hama menurut sy malah ikan slayer, atau klo disini org nyebutnya jg red devil..

  3. BLOWfish's Avatar
    BLOWfish is offline Sweet Caroline BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future BLOWfish has a brilliant future
    Real Name
    Janto Darryanto
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Jakarta Utara - Kelapa Gading
    Posts
    5,528

    Kalo di tempat pemancingan iya ......karena mujair sering makanin umpan kita .......


    FF ID 1462

  4. yuandi sbj's Avatar
    yuandi sbj is offline RegularFishy yuandi sbj has a spectacular aura about yuandi sbj has a spectacular aura about
    Real Name
    yuandi
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    kaltim
    Posts
    376

    bener tuh om, mujair & nila adalah ikan yang terlalu cepat berkembang dan rakus...........di daerah saya ikan mujair dan nila nyebar di alam dengan cepat dan hampir ngalahkan spesies lokal, saya juga kadang jengkel kalo mancing lebih sering dapet nila daripada ikan lokal................dah kayak di fish invationnya Natgeo deh..................

  5. Real Name
    willywilly
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    indonesia/jakarta
    Posts
    437

    Quote Originally Posted by yuandi sbj View Post
    bener tuh om, mujair & nila adalah ikan yang terlalu cepat berkembang dan rakus...........di daerah saya ikan mujair dan nila nyebar di alam dengan cepat dan hampir ngalahkan spesies lokal, saya juga kadang jengkel kalo mancing lebih sering dapet nila daripada ikan lokal................dah kayak di fish invationnya Natgeo deh..................

    hehe...sama nih, saya juga sempet nonton Natgeo kemaren2 invasi redneck/grouper asal asia itu yang nangkep ikannya ada festival segala dan terlihat mudah karena ikannya 1kg an pada loncat dari air waktu speddboat lewat.
    saya rasa dengan melihat pengalaman atau sering nonton Natgeo pasti timbul cinta pada animal.

    btt: menurut pengalaman nyebar nila di empang emang sih cepet banget nyebarnya, tapi kalau di fishywild saya rasa ada predatornya....nah itulah mungkin ada orang yang lepas aligatorfish segala ya..hehehe mungkin dia abis nonoton Natgeo...???

  6. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    To X yandi x

    Masa sih di sunter sudah jarang mujairnya...?, bukannya memang belakangan ini mujair lagi susah makan..?, mungkin karena musim bertelur kali ya...? kalo red devil kayanya memang cepat ya berkembang biaknya...?,dan sepertinya lebih rakus makannya di banding mujair.

    To Blowfish

    Kalo di pemancingan sih...bisa dikeringkan dan di jaring ya om mujairnya.

    To Yuandi SBJ

    Iya..maksud saya seperti iti pak...,sedikit banyak ada benarnya kan kalo mujair lama kelamaan lebih dominan jumlahnya di banding ikan lokal. Yang belum pasti cuma apa benar banyaknya jumlah mujair berpengaruh pada berkurangnya jumlah ikan lokal.

    To Wild Conservation

    Setahu saya di fishywild predator ikan mujair yg utama cuma ada tiga Ikan Gabus ( yang makain banyak di pancing untuk di jual/komersial pake pancing teger yg jumlahnya samapi puluhan mungkin karena ikan asin gabus mahal kali ya...
    kedua Ular ketiga Ya manusia, tapi tetap aja mujair tetap banyak jumlahnya.
    Dan yg di natgeo itu kalo ngga salah jenis carp ya bukan grouper..?

    Saya belakangan ini lagi coba relokasi beberapa jenis ikan lokal seperti ikan seren, nilem, lele lokal dll, yang saya dapat di setu sawangan golf untuk di lepas di setu sasak tinggi pamulang, jumlahnya cuma sedikit-sedikit sih...tapi siapa tau bisa selamat dari tukang jala dan bisa berkembang biak lagi di situ.

  7. st_michael is offline ProbationFishy st_michael is on a distinguished road
    Real Name
    Jo
    Join Date
    Sep 2010
    Location
    Hot Spot terdekat
    Posts
    1

    Salam,

    Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) atau Mozambique tilapia adalah jenis ikan konsumsi air tawar, sebaran alaminya di perairan Afrika dan Indonesia, pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair pada tahun 1939 di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar-Jatim. Ikan tersebut dinamakan "mujair" untuk mengenang sang penemunya. Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam, sehingga dapat hidup di air payau. Ikan ini memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat sehingga populasi ikan ini dapat meningkat sangat pesat. Apalagi mujair sangat mudah beradaptasi dengan aneka lingkungan perairan dan kondisi ketersediaan makanan. Tidak mengherankan di beberapa belahan Dunia ikan ini dianggap invasif dan menimbulkan berbagai masalah baru di perairan yang didatanginya, hal ini terjadi di Singapura, California Selatan, Amerika Serikat dan di beberapa waduk di Indonesia. Ada baiknya kita tidak sembarang melepas ikan2 yg bukan spesies asli wilayah setempat ke lingkungan perairan kita baik yg bersifat herbivor/carnivor maupun omnivor, mengingat rusaknya satu saja rantai ekosistem perairan asli akan berakibat pada rusaknya seluruh rantai ekosistemnya dan bahkan bisa menyebabkan kepunahan pada spesies lokal yang tidak mampu bersaing dengan spesies pendatang.

    Kesimpulan; Ikan Mujair tidak menjadi hama bila memang asli terdapat di habitat perairan tertentu dan akan menjadi Hama bila dimasukkan ke perairan baru yang bukan habitat aslinya.

    Sekedar menambahkan, semoga bermanfaat.

    Cheers

  8. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    To St michael

    Terimakasih informasinya, kesimpulannya cukup menjelaskan.

  9. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,656

    Quote Originally Posted by st_michael View Post
    Salam,


    Kesimpulan; Ikan Mujair tidak menjadi hama bila memang asli terdapat di habitat perairan tertentu dan akan menjadi Hama bila dimasukkan ke perairan baru yang bukan habitat aslinya.

    Sekedar menambahkan, semoga bermanfaat.

    Cheers
    betul Om,contoh nyatanya,sungai ciliwung,selain dampak polusi, 99 % isinya ikan sapu2 yg 1 % lele,bawal,mas..ikan aslinya(nilam,tawes/lalawak/bader,lopis,keting,baung) sdh hampir tidak ada..

    thank's
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  10. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,331

    To Pak Didi Afandy

    Betul pak, saya kira malah ikan ini ( sapu-sapu ) yang paling banyak populasinya, terutama di sungai di sekitaran jakarta, dan setahu saya ikan ini tidak ada predatornya ya..?, karena kulitnya yg keras dan tebal, kecuali manusia mungkin, karena di danau di daerah pamulang ada pengumpul ikan sapu-sapu ini...ngga tau untuk di buat apa...., untuk makana ternak mungkin...? Sepertinya kalau ada yang bisa mendaya gunakan ikan ini perlu di bantu oleh instansi perikanan tuh...biar bisa mengurangi populasi ikan sapu-sapu.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. ikan apakah ini??
    By drain72 in forum FishyTalk
    Replies: 19
    Last Post: 24-11-2008, 18:48
  2. Mohon info umpan ikan gurame + mujair
    By Celolet Fish in forum FishyPond
    Replies: 5
    Last Post: 07-11-2008, 12:53
  3. Apakah Memancing Ikan Termasuk Menyiksa Hewan ?
    By hampala in forum Off Topic
    Replies: 17
    Last Post: 25-07-2008, 16:05
  4. Replies: 6
    Last Post: 22-04-2008, 16:09
  5. Replies: 9
    Last Post: 15-08-2007, 07:22

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts