Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Tiga Ekor Lumba-lumba Terdampar di Brebes

  1. archiebald's Avatar
    archiebald is offline RegularFishy archiebald is a glorious beacon of light archiebald is a glorious beacon of light archiebald is a glorious beacon of light archiebald is a glorious beacon of light archiebald is a glorious beacon of light archiebald is a glorious beacon of light
    Real Name
    Heri Yadi
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Banjarmasin-Banjarbaru (pp)
    Posts
    347

    Tiga Ekor Lumba-lumba Terdampar di Brebes

    Lagi, saya CoPas dari Kompas.

    Tiga Ekor Lumba-lumba Terdampar di Brebes


    Jumat, 19 September 2008 | 20:51 WIB

    BREBES, JUMAT - Tiga ekor lumba-lumba terdampar di pantai Randusanga Indah, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Kamis (18/9) sekitar pukul 15.00. Satu diantaranya akhirnya mati karena sakit. Hingga Jumat (19/9) siang, dua lumba-lumba yang masih tersisa dibiarkan berada di kolam becak air, dan menjadi tontonan warga.

    Ketiga lumba-lumba tersebut ditemukan oleh warga sekitar yang biasa berjualan di Pantai Randusanga Indah, Dakram (35) dan Sapin (35). Menurut Dakrim, saat itu ia hendak menata dagangan di warungnya.
    Tiba-tiba ia melihat satu ekor lumba-lumba terdampar di pantai sebelah timur dan dua lainnya terdampar di pantai sebelah barat. Setelah didekati, ketiga lumba-lumba itu terlihat tidak sehat. Bahkan satu lumba-lumba yang terdampar di pantai sebelah timur, mengalami luka di bagian mulut.
    Bersama dengan Sapin, ia membawa ketiga lumba-lumba itu ke dalam kolam yang biasa digunakan untuk mainan becak air, seluas sekitar 5.000 meter persegi. Satu ekor lumba-luma yang sakit akhirnya mati satu jam kemudian dan dikuburkan di kawasan pantai tersebut.

    Menurut Dakrim, lumba-lumba itu memiliki berat lebih dari 40 kilogram, dengan panjang sekitar 1,5 meter. Untuk sementara, warga bersama-sama menjaga keberadaan hewan air tersebut. "Sampi saat ini kami sudah dua kali memberi makan lumba-lumba itu dengan pirik (ikan kecil-kecil)," ujarnya.
    Ia berharap agar pemerintah segera bertindak untuk melindungi kedua hewan itu. Apabila dibiarkan, dikhawatirkan kedua lumba-luma itu akan mati. "Selain airnya keruh, di dalam kolam itu terdapat tonggak-tonggak bambu yang terpasang melingkar di bagian tengah. Lumba-lumba itu dapat terjepit diantara bambu," katanya.

    Kepala Kantor Informasi dan Kehumasan Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo mengatakan, pemerintah sedang membahas beberapa opsi terkait temuan lumba-lumba itu. Tindakan utama yang saat ini dilakukan yaitu menjaga agar kedua hewan tersebut tetap hidup, dengan memperbaiki kualitas air dalam kolam.
    Selanjutnya, apabila memang keduanya dapat bertahan di tempat itu, pemerintah akan mengurus perizinan dan menjadikannya sebagai bagian kekayaan wisata Pantai Randusanga Indah. "Namun apabila tidak memungkingkan, kedua hewan itu akan dilepas kembali ke laut . Yang penting ikan hidup dulu," katanya.


  2. wieby69's Avatar
    wieby69 is online now RegularFishy wieby69 will become famous soon enough wieby69 will become famous soon enough
    Real Name
    wieby.honoris
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    semarang
    Posts
    470

    sip , itu harus segera di tangani .dan salut buat yg menyelamatkan lumba 2 tersebut

    salam mbledugg
    -------------------
    save our SEA
    wieby
    024-70708816

  3. amo's Avatar
    amo
    amo is offline RegularFishy amo has a spectacular aura about amo has a spectacular aura about
    Real Name
    gede darma putra
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Denpasar - Bali
    Posts
    232

    Sebaiknya lumba2 tersebut dilepaskan lagi ke laut , karena mmg habitatnya disana

    Gimana nih pihak departemen perikanan dan kelautan ?

  4. Lucky Man's Avatar
    Lucky Man is offline RegularFishy Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of
    Real Name
    AGUS WIJAYA
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Cikarang, Bekasi
    Posts
    1,262

    Wakakakaka.......... masalah begini aja ribet ya.... harus nunggu keputusan ato opsi mana yang akan di ambil ( sambil nunggu ikannya mati kaleeeee ), kenapa ngga di lepasin aja ke laut, kalo mo di pelihara ya... ga usah nunggu...gimana mau maju negara kita ini, urusan simple aja di bikin ribet, apalagi urusan ribet, jadi apa hayoh ?.............
    Tetap Semangat

    [SIGPIC][/SIGPIC]


    DaPet IkAn SemanGat, gA daPeT iKan TaMbah SeManGat

    Lucky Man

    0817 6448534

  5. amo's Avatar
    amo
    amo is offline RegularFishy amo has a spectacular aura about amo has a spectacular aura about
    Real Name
    gede darma putra
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Denpasar - Bali
    Posts
    232

    Quote Originally Posted by Lucky Man View Post
    Wakakakaka.......... masalah begini aja ribet ya.... harus nunggu keputusan ato opsi mana yang akan di ambil ( sambil nunggu ikannya mati kaleeeee ), kenapa ngga di lepasin aja ke laut, kalo mo di pelihara ya... ga usah nunggu...gimana mau maju negara kita ini, urusan simple aja di bikin ribet, apalagi urusan ribet, jadi apa hayoh ?.............

    Mungkin yg menyelamatkan minta ongkos jerih payahnya sudah mindahin lumba2 tsb ke kolam n ongkos penguburan lumba2 yg sudah mati .

    Makanya jadi berbelit2 urusannya .

  6. maskili's Avatar
    maskili is offline RegularFishy maskili will become famous soon enough
    Real Name
    Wisnu Purnomo Sidhi
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Surabaya
    Posts
    239

    Hehehehe...gitu aja kok repot, yah udah toh balikin aja ke laut selesai ga ngerepotin banyak orang, untuk yg nguburin dan sudah selamatkan yang masih hidup kita doakan amal ibadahnya bertambah selama bulan puasa habis perkara..hahahahaha (mode kompor:ON)
    Mancing?..hmmmmm...ayuuuk...

  7. rdipanegara's Avatar
    rdipanegara is offline RegularFishy rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold
    Real Name
    Reza
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    sentul City
    Posts
    1,277

    Sayang sekali respon dari Pemerintah seperti itu ... tidak mau turun tangan secara langsung, yang ada membiarkan penduduk setempat memelihara ikan tersebut dan diberi ijin khusus. Seharusnya pemerintah langsung mengambil alih danmemindahkannya ke karantina sampai ikan2 tersebut sehat dan siap untuk dilepas kembali. Rakyat kan memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai cara memelihara dengan baik dan benar mamalia laut seperti lumba2, jadi dengan menyerahkannya kepada rakyat setempat takutnya kondisi lumba2 tersebut akan menjadi semakin buruk.
    Last edited by rdipanegara; 24-09-2008 at 17:09. Reason: incomplete

  8. chancan's Avatar
    chancan is offline RegularFishy chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all chancan is a name known to all
    Real Name
    ade
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    semarang
    Posts
    389

    tinggal di lepas aja kok bertele tele...

    mesti ada pihak2 yang mau ambil keuntungan tuh...
    MAncing? Let's Go....

  9. arcawana's Avatar
    arcawana is offline RegularFishy arcawana has a spectacular aura about arcawana has a spectacular aura about
    Real Name
    Agung Indra Permana
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Surabaya-Malang
    Posts
    375

    Huh,baca thread ini bikin sedih,jengkel & ribet jd ikut emosi. jadi pengen tau hasil akhirnya,mo diapain tuh lumba2.kalo tindakan pemerintah lambat berarti sangat egois.

  10. liu acay's Avatar
    liu acay is offline RegularFishy liu acay will become famous soon enough
    Real Name
    Acay Liu
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    761

    kasian sekali tuh lumba2nya....katanya Pemerintah....masalah apa lagi yang mesti ditunggu....urusan kecil saja tidak bisa diselesaikan,....apalagi yang besar....
    I Love Fishinnnnng.....Forever Fishinnnnng.....

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts