Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast
Results 1 to 10 of 32

Thread: Ikan Lais

  1. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Ikan Lais

    Ikan Lais

    Ada 2 macam ikan lais yang bisa besar dan layak untuk dipancing, karena ternyata ikan lais itu banyak jenisnya, ada yg kecil sekali dan tidak bisa besar.
    Yang pertama adalah Lais tabirin (Belodonichthys dinema) dan yang kedua Lais timah (Cryptoterus apogon). Kedua jenis ikan ini hampir mirip yaitu mempunyai ciri betuk badan yang panjang dan agak pipih. Mulutnya lebar menghadap ke arah atas dan memiliki gigi yang tajam. Warna tubuh di bagian tengkuk serta permukaan kepalanyanya kecoklatan. Perut berwarna putih, sedangkan bagian punggung dan dada kehitaman. Hidup di sungai terutama daerah banjir dan bagian hilir di daerah pasang surut (muara).
    Perbedaan lais tabirin dan lais timah adalah pada sirip punggungnya, lais timah tidak mempunyai sirip punggung dan warnanya lebih keperakan mirip timah.
    Ikan-ikan ini di sungai2 yang besar bisa berukuran lumayan sampai beratnya belasan kilogram. Ikan ini masih banyak sekali di sungai-sungai kalimantan dan sumatra dan sangat rakus, apapun yang bergerak disambarnya. Sangat layak untuk game fishing terutama casting.

    Sayang karena saking banyaknya ikan ini kadang dianggap ikan sampah... karena semua umpan bisa-bisa disambar ikan ini. Pernah dengar cerita dari seorang teman kalau pas lagi musim, dia pake semua ranting dan dahan pohon yg ada di tepi sungai dikasih kenur, pancing dan umpan, keesokan harinya hampir semua pancingan kena ikan ini.. katanya kayak panen buah aja.. tinggal petik satu2.. he3...

    Nah ini ada beberapa foto2 ikan lais yg berukuran gamefish dari Malaysia.. sayang juga rekor IGFA juga dipegang oleh orang Malaysia...
    Ada teman2 yang pengen mecahin rekor IGFA ini ?? kayaknya masih punya peluang tuh...

    DSCN0228.JPG

    rekor IGFA

    12052008154.jpg

    lais 14kg

    26042008097.jpg

    lais 8kg
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  2. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Lais Tabiring atau Begahak

    Saya punya VCD Sirip tentang troling ikan ini, cuma di Malaysia disebut begahak. Waktu masih tinggal di Palangka Raya, ikan ini termasuk yang dicari, karena rasa dagingnya yg enak dari ikan lainnya. Di Palangka Raya sudah agak sulit mancingnya, apalagi di sungai Kahayan. Setahu saya ikan ini muncul kalo air sungai mulai surut pd saat kemarau, sering saya lihat ikan ini mengejar anak2 ikan di dekat pertemuan anak sungai dengan sungai besar (sungai Katingan). setahu saya jg ikan ini agak selektif mengenai umpan, lain dng saudaranya ikan LAWANG yg mau menyambar umpan apa saja dari yg wangi (kue) maupun yg busuk (palit). Palit ini dibuat dsari usus ayam yg dibusukkan, jika memegang umpan ini dijamin 3 hari tdk hilang bau yg semeriwing ini he..he

  3. Lucky Man's Avatar
    Lucky Man is offline RegularFishy Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of
    Real Name
    AGUS WIJAYA
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Cikarang, Bekasi
    Posts
    1,262

    Wuih.....mantep kayanya narik ikan lain ini, karena dengan body yang panjang biasanya tarikannya mantap..........
    Tetap Semangat

    [SIGPIC][/SIGPIC]


    DaPet IkAn SemanGat, gA daPeT iKan TaMbah SeManGat

    Lucky Man

    0817 6448534

  4. rdipanegara's Avatar
    rdipanegara is offline RegularFishy rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold rdipanegara is a splendid one to behold
    Real Name
    Reza
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    sentul City
    Posts
    1,277

    Wah doakan saja nanti sewaktu pulang kampung ke Riau ada kesempatan dan jodoh dengan ikan Lais beserta teman2-nya yang lain ... tapah, hampala, toman, baung, dll. Siapa tahu bisa menemukan specimen dari species yang langka atau sudah dianggap punah ... apapun itu.

  5. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    805

    pak de, neng jambi iwak iki di sebut sengarat
    kalo lagi feeding frenzy lompat2 tuch.........
    umpan yang di pake orang2 setempat ikan sepat yang di hanyut
    Never Give Up Always Be Happy

  6. abrisam is offline RegularFishy abrisam is a splendid one to behold abrisam is a splendid one to behold abrisam is a splendid one to behold abrisam is a splendid one to behold abrisam is a splendid one to behold abrisam is a splendid one to behold abrisam is a splendid one to behold
    Real Name
    irwan
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Pondok Kelapa
    Posts
    375

    Ada tuh, pas minggu lalu ke kartini. Di kios almarhum deden. Kecil2
    Irwan
    www.allaboutfishes.multiply.com

  7. handy_ang's Avatar
    handy_ang is offline RegularFishy handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold handy_ang is a splendid one to behold
    Real Name
    Handy Anggawidjaja
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Balikpapan
    Posts
    424

    Kalo yg kecil (uk 15-20 cm) digoreng kering uenak sekali....

  8. BaAp's Avatar
    BaAp is offline RegularFishy BaAp is on a distinguished road
    Real Name
    Apri Rabialdy
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Dumai
    Posts
    38

    Ikan itu kalo di dumai atau riau pada umumnya dipanggil SELAIS
    tapi ukurannya kecil, sy belum pernah liat yang segede itu
    emang sih suka makan apa aja

  9. lamun_lamun's Avatar
    lamun_lamun is offline RegularFishy lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future
    Real Name
    Syaiful rachman
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Kalimantan Selatan (South Borneo), Banjarbaru city
    Posts
    2,596

    Quote Originally Posted by tukang_unjun View Post
    Saya punya VCD Sirip tentang troling ikan ini, cuma di Malaysia disebut begahak. Waktu masih tinggal di Palangka Raya, ikan ini termasuk yang dicari, karena rasa dagingnya yg enak dari ikan lainnya. Di Palangka Raya sudah agak sulit mancingnya, apalagi di sungai Kahayan. Setahu saya ikan ini muncul kalo air sungai mulai surut pd saat kemarau, sering saya lihat ikan ini mengejar anak2 ikan di dekat pertemuan anak sungai dengan sungai besar (sungai Katingan)
    Betul pak, moment yg tepat utk hunting lais tabiring ini adalah saat musim kemarau air rada jernih, kalo musim hujan air keruh dan butek ga ada ikannya.

    Quote Originally Posted by hampala View Post
    Ikan Lais

    Ada 2 macam ikan lais yang bisa besar dan layak untuk dipancing, karena ternyata ikan lais itu banyak jenisnya, ada yg kecil sekali dan tidak bisa besar.
    Yang pertama adalah Lais tabirin (Belodonichthys dinema) dan yang kedua Lais timah (Cryptoterus apogon). Kedua jenis ikan ini hampir mirip yaitu mempunyai ciri betuk badan yang panjang dan agak pipih. Mulutnya lebar menghadap ke arah atas dan memiliki gigi yang tajam. Warna tubuh di bagian tengkuk serta permukaan kepalanyanya kecoklatan. Perut berwarna putih, sedangkan bagian punggung dan dada kehitaman. Hidup di sungai terutama daerah banjir dan bagian hilir di daerah pasang surut (muara).
    Perbedaan lais tabirin dan lais timah adalah pada sirip punggungnya, lais timah tidak mempunyai sirip punggung dan warnanya lebih keperakan mirip timah.
    Ikan-ikan ini di sungai2 yang besar bisa berukuran lumayan sampai beratnya belasan kilogram. Ikan ini masih banyak sekali di sungai-sungai kalimantan dan sumatra dan sangat rakus, apapun yang bergerak disambarnya. Sangat layak untuk game fishing terutama casting.
    Betul Mas, ikan ini memang sangat efektif sekali utk casting, makanya saya pesan minnow jointed 7 cm itu selain utk target hampala sekalian lais tabiring, cuman sampai sekarang belum sampat saya coba soalnya di hulu sungai Barito hujan terus sehingga air keruh dan butek

    Quote Originally Posted by rdipanegara View Post
    Wah doakan saja nanti sewaktu pulang kampung ke Riau ada kesempatan dan jodoh dengan ikan Lais beserta teman2-nya yang lain ... tapah, hampala, toman, baung, dll. Siapa tahu bisa menemukan specimen dari species yang langka atau sudah dianggap punah ... apapun itu.
    Coba pake tekhnik casting Pak, dan lurenya biasanya jenis minnow jangan terlalu besar sekitar 7 cm atau kurang, warna silver yg efektif, karena menyerupai ikan seluang yg merupakan makanan alaminya. Saat pagi hari atau sore saat yg tepat, kalo malam hari carilah tempat yg terang sekitar dermaga yg ada lampu-lampu.
    Baru belajar memancing

  10. sigit_susilo's Avatar
    sigit_susilo is offline RegularFishy sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute sigit_susilo has a reputation beyond repute
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    kota hujan
    Posts
    10,278

    Satu lagi ikan yang berpotensi untuk di jadikan ikan gamefish...
    @Kang Reza, Mas Soni, kang Ferry:
    gimana kalo yang satu ini didaftarin untuk ikan tebar benih (bibit) kalo seandainya si toman kagak jadi di cemplungin di Ragunan....(just usul sajah)

    sigits bogor
    "The greatest service is to share with others the joys of living"
    Brahma Kumaris

Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. Mancing Ikan Sepat Siam di pinggir jalan kota
    By innal in forum FishyWild
    Replies: 5
    Last Post: 12-05-2008, 15:09
  2. Belajar dari ikan
    By bahar in forum Off Topic
    Replies: 7
    Last Post: 14-12-2007, 21:37
  3. IKAN PANGGANG TANPA bau AMIS
    By alphonsus in forum FishyDine
    Replies: 7
    Last Post: 20-04-2005, 16:08
  4. Selamatkan Ikan Bilih ...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 15-04-2005, 11:32
  5. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts