Closed Thread
Page 2 of 6
FirstFirst 1 2 3 4 5 6 LastLast
Results 11 to 20 of 59

Thread: Pengeboman ikan

  1. strike is offline RegularFishy strike is on a distinguished road
    Real Name
    Kendi Bocor
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Deket Empang
    Posts
    46

    Ramah Lingkungan

    waduuuuuuuh, kasihan sekali negeri kita yang tercinta ini ...
    seandainya saja para pemimpin kita adalah penggiat & pecinta lingkungan plus para penggiat mancing ... INSYA ALLLAH darat, laut dan udara kita akan makmur (bukan lautan hanya kolam susu, kail dan jala cukup ...... kata lagu KOES PLUS).

    la wong yang memimpin kita orientasinya hanya untuk kepentingan kelompoknya kali ya????

    Kasihan tuch nelayan tradisional, pantes pulang kadang bukan bawa ikan malah masuk angin doank ... mana solar & minyak tanah juga gak kebeli sama mereka?

    Apa yang bisa kita sumbangkan dari forum ini buat bumi & negeri tercinta kita?

    Bung MODERATOR, usul sekalian ach ... gimana kalau ada main forum tentang "FishyVironmentally" yg isinya tetang kecintaan para anggota forum ini pada bumi pertiwi tercinta (lingkungan hidup) yang akan kita wariskan ke anak cucu kita kelak?

  2. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    8,946

    Beberapa bulan lalu ada artikel yg isinya pemasok bom untuk nelayan adalah aparat keamanan>> Arip

    Yess Pak Arip, sama kayak kondisi di teluk Jakarta. Tuch yg nyupply bomber di perairan Kep Seribu justru nyang mestinya jaga lautan. Kalo saya bilang mah yang di Kepri juga cuma 'lips service' doank. Lantas bombernya diapain?? perahunya disita?? orangnya dipenjara?? bakalan jadi gelap lagi dech.....

    Boro - boro polisi cecurut di lapangan. Bekas Kapolri ajah jadi maling duit paspor ketika jadi Dubes di Malaysia......

    Let's sing the song........ Long live cleptocratic!!!
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  3. albatross is offline RegularFishy albatross is just really nice albatross is just really nice albatross is just really nice albatross is just really nice albatross is just really nice
    Real Name
    Richard
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Tangerang
    Posts
    364

    Dulu sekitar 5 tahun yll, memang d daerah binu juga banyak kapal bom ikan dari lampung. untungnya sekarang udah pada gak ada. mudah2n sih gak akan ada lagi.
    kalau usul saya sih kalau ada kapal yang ngebom laut dan ketangkep, kapalnya di sita trus di bom di laut biar jadi rumpon ikan.
    Cheers,
    Richard.
    0818754969

    Happy Fishing Guys...

  4. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    8,946

    Bettulll sekalee Pak Richard, yang ngerusak terumbu karang di area Binu seperti :
    - Pasir Panjang
    - Karang De'et
    - Sekitaran P Tinjil dan Deli
    - Sodong, dsb dsb
    Adalah nelayan Lampung, namun apa tindakan pihak Syahbandar dan Kepolisian di sonoh?? "NOL BESAR!!!" sayah udah bosen laporan. Malahan pernah sewaktu scuba diving di kedet P Deli, ada yg ngebom juga, bujug dech sekujur badan kayak diremes. Tapi yg ngebom mah jauh, gak kelihatan.

    Syahbandar sama Polisi disonoh mah cuma rajin dateng kalo deket hari besar doank, cuma minta 'jatah preman'. Kalo soal kerja : cuma kanjut burut doank....

    Kenapa sekarang para bomber Lampung itu pada gak nongol lagi?? ; karena terumbu karang s/d kedalaman 40 meteran mah udah relatif habis bis bis... coba kalo masih banyak - para bomber akan meraja lela dech....

    Coba ajah mancing jebluk si Binu pada kedalaman gak nyampe 60 meter ; kemungkinan besar boncoss surocoss toch ??: palingan juga ikan - ikan kecil maceman : lencam, pakol, kuwe kecil, kikil, kakatua, dsb - kalo ngarepin ikan kelas 'game fish' seperti : kuwe di atas 2 kg, kurisi ijo, salem / rainbow runner di atas 2 kg, kerapu merah, kerapu gede dsb dsb mah bisa dibilang 'hopeless' toch?? Padahal sekitar 1990-an saya sering panen ikan gede pake jeblug di kedalaman sekitar 30 - 40m. Di Pasir Panjang ajah pernah ngerelease kerapu di atas 30 kg. Di Sodong pernah kena rombongan GT - rata rata di atas 20 kgs - sayah kena yg di atas 55kgs.

    Kalo sekarang?? peralatan trolling sayah (rata - rata kelas 50 lbs) - sering kali 'over kill' So saaaaadddd........
    Last edited by monyet; 28-01-2008 at 10:48.
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  5. Lucky Man's Avatar
    Lucky Man is offline RegularFishy Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of
    Real Name
    AGUS WIJAYA
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Cikarang, Bekasi
    Posts
    1,262

    Ya itulah indonesia, tapi wajar saja, karena dengan nilai mata uang Rp. yang sangat murah tidak sesuai dengan harga beli, apalagi dengan tingkat pengangguran yang tinggi, jadi wajar saja semua itu terjadi, juga dalam kondisi pemerintahan yang seperti sekarang ini, yang ngga ada kejelasan tentang hukum, HAM dll
    tapi kita sebagai pemancing Bodo teuing.... yang penting strike...strike...
    Tetap Semangat

    [SIGPIC][/SIGPIC]


    DaPet IkAn SemanGat, gA daPeT iKan TaMbah SeManGat

    Lucky Man

    0817 6448534

  6. monyet's Avatar
    monyet is offline RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    8,946

    tapi wajar saja, karena dengan nilai mata uang Rp. yang sangat murah tidak sesuai dengan harga beli, apalagi dengan tingkat pengangguran yang tinggi, jadi wajar saja semua itu terjadi, juga dalam kondisi pemerintahan yang seperti sekarang ini, yang ngga ada kejelasan tentang hukum, HAM dll tapi kita sebagai pemancing Bodo teuing.... yang penting strike...strike...>> Agus Wijaya

    Dengan segala faktor negatif itu kita gak bisa mambenarkan atau bersikap cuek donk Pak. sampe kapan mo begini?? emang mo nambah bonyok?? nggak toch... Lalu gimenong kita sebagai angler bisa strike terus kalo alamnya juga rusak?? ... Gak bisa donk prinsip 'tujuan menghalalkan cara' itu diterapkan. Biar gimana pun yg salah adalah tetap salah.

    We can't just ignoring those negative habits to continue. We have to do something, if can't we can shout!!! we can protest!!! we can do small right things..... there're must something we can do.... even the smallest one.....
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  7. arip's Avatar
    arip is offline RegularFishy arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of arip has much to be proud of
    Real Name
    Arif Marsudi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Batam
    Posts
    1,480

    Quote Originally Posted by Lucky Man View Post
    Ya itulah indonesia, tapi wajar saja, karena dengan nilai mata uang Rp. yang sangat murah tidak sesuai dengan harga beli, apalagi dengan tingkat pengangguran yang tinggi, jadi wajar saja semua itu terjadi, juga dalam kondisi pemerintahan yang seperti sekarang ini, yang ngga ada kejelasan tentang hukum, HAM dll
    tapi kita sebagai pemancing Bodo teuing.... yang penting strike...strike...
    Saya rasa masalah utamanya bukan soal kesulitan ekonomi bos, tapi soal keserakahan. Ingat para pejabat kita yg notabene udah gajinya tinggi ditambah berbagai tunjangan masih korupsi juga.

    So, kalau kita-2 ini yg mengetahui soal-2 kelestarian alam hanya cuek dan hanya mementingkan strike aja, sampai kapan bisa mancing terus dan yg lebih penting lagi adalah siapa lagi yg punya kepedulian ? tanya hati nurani, tanya hati nurani.
    Negek + Ngotrek =

  8. Lucky Man's Avatar
    Lucky Man is offline RegularFishy Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of Lucky Man has much to be proud of
    Real Name
    AGUS WIJAYA
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Cikarang, Bekasi
    Posts
    1,262

    @ Om Ferry >> Hal seperti itu kita hanya bisa diam ( hanya bisa ngomel dll ) tapi kita ngga bisa action karena kita ngga punya power ( seperti Orang yang di atas , tinggal ngomong orang pada takut sedangkan kita, kita ngomong orang pada cuek ).
    kita sich sebagai angler marah banget melihat hal seperti itu, tapi buat nelayan mungkin itu harus dilakukan karena kurang ( atau karena serakah ), karena mungkin kebutuhan biaya dengan hasil yang di dapat tidak sesuai ( unbalance ) alias tekor terus dan tidak adanya dukungan dari pemerintah daerahnya ( mungkin ada tapi di korup kali )
    dan saya tidak membenarkan segala hal yang namanya pengrusakan alam ( ntar ngga strike lagi katanya he3 )


    @ Om Arip >> Untuk orang yang di atas mungkin semua itu sebagai keserakahan tapi untuk yang di bawah belum tentu, saya dulu pernah di cerita in ma teman nelayan yang ada di cirebon, kapal harus sewa, solar harus beli, harus bawa bekal dll.... dia cerita dia mau jadi tukang Beca karena untuk jadi nelayan sudah susah, kebutuhan untuk melaut mahal, sedangkan pendapatan minim, makanya saya jadi tukang beca... ini cerita nelayan yang masih mau usaha yang laen, kalo nelayannya dah ngga mau berusaha yang laen selain jadi nelayan gimana ? ya mungkin kejadian seperti thread ini....

    Dan kita hanya Bisa diamkan ( hanya bisa ngomel action belum ) he3...

    Mungkin di FF, ada petinggi yang kerja di pemerintah, yang mau melirik dan melestarikan kekayaan alam kita, baik darat, laut dan udara..he3....
    Tetap Semangat

    [SIGPIC][/SIGPIC]


    DaPet IkAn SemanGat, gA daPeT iKan TaMbah SeManGat

    Lucky Man

    0817 6448534

  9. javano is offline RegularFishy javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough javano is a jewel in the rough
    Real Name
    c louis n
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    151

    perusak lingkungan dan mentalitas

    Salam kenal, n mau ikut nimbrung suhu2 sekalian...

    Sepertinya sebagian besar masyarakat kita masih rendah mentalitasnya. Klo kita baca Kamus Besar Bahasa Indonesia, mentalitas: (n) keadaan dan aktivitas jiwa (batin), cara berpikir, dan berperasaan. Nah, keadaan dan aktivitas jiwa/batin (dibaca kesadaran) masyarakat pada umumnya, dan nelayan bomber (atau perusak sumber daya hayati dalam segala bentuknya) masih sangat rendah. Cara berpikir mereka bukan berjangka panjang alias pendek, demi keuntungan dengan "menghalalkan segala cara" untuk mendapatkan apa yg mereka mau dengan secepat-cepatnya dan semudah-mudahnya.

    Dan cara berperasaan mereka (simpati juga empati), yang seharusnya peka akan kelestarian alam, kalah oleh iming2 keuntungan dan kemudahan cara yang mereka pakai. Atau memang mereka tak berperasaan sama sekali, dalam arti sah-sah saja melakukan itu. Seharusnya ada kesadaran individu, lalu kesadaran kolektif, untuk sama2 menjaga lingkungan kita.
    Kaget juga ni tau yg nyuplai malah aparat keamanan. Saya sangat setuju klo ketangkap, kata mas GT, diledakkan aja jadikan rumpon gantinya karang2 yg mereka rusak. Para lekunya, sebelum diserahkan ke polisi, disuruh ndayung perahu sampe daratan. Harus ada efek jera, kali.

    Iya, pemimpin kita orientasinya bisnis. Mana mikir masalah lingkungan. Kecuali yg jadi presiden atau wakil suka banget mancing, pasti asyik tuh. Kan ada pepatah, GAK KENAL MAKA TAK SAYANG.

    Sewaktu aku kecil, sungai pun diBOM. Ikan2 terkapar semaput tinggal mungut. Utk sungai aktivitas bom mungkin gak terlalu merusak dibandingkan di laut krn dasar sungai umumnya bebatuan. Dan, tidak ditindak.

    Jadi, selama mentalitas sebagian besar masyarakat rendah, yaa, kita hanya bisa bersedih dgn semakin rusaknya lingkungan. Apa perlu penyuluhan agar muncul kesadaran? Jelas perlu. Tp siapa yg peduli? Apa perlu tindakan tegas? Jelas perlu, tp polisi malah membiarkannya. Menurutku kuncinya adalah aparat keamanan. Jika mereka punya integritas, tidak mudah disogok, menindak tanpa pandang bulu para pelaku kejahatan lingkungan, pasti ada kemajuan dalam hal ini.

    Mungkin, apakah harus menunggu ikan habis dulu baru semua sadar? Bisa saja di suatu waktu para angler, karena ikan dah sangat langka, berduyun-duyun datang ke Sea World untuk melepaskan rindu dan mengenang masa lalu tentang "STRIKE"!

    Salam untuk semua...
    Louis

  10. albatross is offline RegularFishy albatross is just really nice albatross is just really nice albatross is just really nice albatross is just really nice albatross is just really nice
    Real Name
    Richard
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Tangerang
    Posts
    364

    Om Ferry,

    kalau masalah petugas di binu yang datangnya cuma hari raya saja, dan minta jatah preman, saya rasa di mana2 sama saja deh. tapi yang pasti mereka di berikan sarana yang sangat tidak mupuni. contohnya saja, kapal dinas polair, dan syahbandar, ukurannya hanya aman untuk di pakai di kali binu. coba kalau lagi ada ombak di samudra binu, saya rasa kapal dinas mereka bisa jadi tumbal tuh.
    kalau om ferry sudah laporkan masalah itu, mereka juga tidak bisa berbuat banyak. nelayan asli binu aja gak ada yang berani nguber. dulu pernah ada yang nguber, eh malah di siapin bom! saya rasa kalau ada lagi, kita harus sama2 pakai kapal yang agak cepat dan bawa petugas lengkap dengan senjata laras panjang. jadi tinggal tembak aja kapalnya. mudah2an sih mereka belum pakai kapal fiber glass yang mana dengan ketebalan tertentu bisa jadi kebal terhadap senjata organik. hehehe...
    Cheers,
    Richard.
    0818754969

    Happy Fishing Guys...

Closed Thread
Page 2 of 6
FirstFirst 1 2 3 4 5 6 LastLast

Similar Threads

  1. Teknik Galatama
    By ariefbali in forum Kolam Galatama
    Replies: 15
    Last Post: 28-01-2008, 22:42
  2. Belajar dari ikan
    By bahar in forum Off Topic
    Replies: 7
    Last Post: 14-12-2007, 21:37
  3. IKAN PANGGANG TANPA bau AMIS
    By alphonsus in forum FishyDine
    Replies: 7
    Last Post: 20-04-2005, 16:08
  4. Selamatkan Ikan Bilih ...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 15-04-2005, 11:32
  5. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts