Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Jenis Ikan Populer - Belida (Notopetrus chitala H.B.)

  1. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    Jenis Ikan Populer - Belida (Notopetrus chitala H.B.)

    Belida (Notopetrus chitala H.B.)

    Menurut masyarakat Sumatera Selatan, artinya makhluk yang pandai berdiplomasi (be = punya, lida = lidah, pandai bersilat lidah)

    Istilah Indonesia: Belida, Lopis, Balida

    Ciri-ciri
    Berukuran sedang, panjang maksimum 100 cm dan berat rata-rata 0,5-1 kg, di alam asli bisa mencapai 2 - 4 Kg. Bentuk badannya pipih dengan kepala yang berukuran kecil dan di bagian tengkuknya terlihat bungkuk. Rahang atas letaknya jauh di belakang mata. Badan tertutup oleh sisik yang berukuran kecil. Sisik di bagian punggungnya berwarna kelabu sedangkan di bagian perutnya putih keperakan. Pada bagian sisinya terdapat lingkaran putih seperti bola-bola hitam yang masing-masing dikelilingi lingkaran putih. Dengan bertambahnya umur hiasan tubuh ikan belida akan hilang dengan sendirinya dan diganti oleh garis-garis kehitaman, sistem reproduksi ikan ini dengan bertelur. Merupakan ikan air tawar yang bersifat predator atau pemangsa dan nokturnal (aktif pada malam hari). Pada siang hari biasanya bersembunyi diantara vegetasi. Makanannya berupa anak-anak ikan dan udang. Tak jarang mangsanya berukuran lebih besar. Ikan belida jantan bertugas membuat sarang yang dibuatnya dari ranting dan daun, juga menjaga telur dan anak-anaknya. Ikan belida dapat menghirup udara dari atmosfir. Ikan karnivora ini hidup di kedalaman 2-3 meter di tempat-tempat gelap. Saat air sungai meluap, mereka naik ke rawa-rawa untuk kawin dan melepas telurnya di sana.


    Taksonomi:
    Isospondyli, Suku Notopterridae

    Habitat: Sungai-sungai besar dan daerah yang sering tergenang banjir. Di daerah dataran rendah tidak lebih dari 30 m dpl.

    Penyebaran: Sumatera, Jawa dan Kalimantan

    Populasi: Langka !!!

    Upaya Konservasi:
    Kolam, Aquarium dan Keramba.

    Di mana Mancingnya
    Di anak-anak sungai besar, bekas galian pasir, danau, rawa banjir.

    Kapan Mancingnya
    Malam, ikan ini Nokturnal (aktif di malam hari)

    Metode Mancing Efektif
    Mancing glosor/dasar dengan umpan udang hidup/anak ikan/katak

    Peralatan
    peralatan standar ringan, kelas 1 kg.

    Karakteristik
    Tipikal penyambar dan ketika hooked up, langsung ngaciiiir ke akar bahar di dalam air untuk memutuskan kenur. jadi harus diantisipasi dengan cepat agar kenur gak nyangkut.

    Regulasi
    Tidak dilindungi undang-undang ...sigh

    Bisa Dimakan ?
    Bisa sih, tapi kalau ada ikan konsumsi lain sebaiknya ikan ini di lepas (Release) saja deh, mengingat populasinya yang semakin langka apalagi dengan semakin menjamurnya Toko Pempek.
    Attached Images

  2. mobie's Avatar
    mobie is offline RegularFishy mobie will become famous soon enough
    Real Name
    Bhima
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Sidoarjo
    Posts
    192

    mas tony itu sih namanya ikan pisau/peso kalo di surabaya, populasinya emang langka banget, mancing ngga pernah dapet ikan ini, mangkanya wajib dilindungi . saya sih taunya di tempat jual ikan hias..sayang kalo ngga dilindungi apalagi diperjual belikan sebagai ikan peliharaan kasian soalnya susah dipelihara di aquarium. Sayangnya pemerintah kurang deh memperhatikan jenis2 ikan air tawar yang langka karena banyaknya polusi air, pembangunan perumahan atau industri ataupun penangkapan dan penjualan ikan tersebut, mangkanya mesti ada kampanye untuk melindungi ikan2 tsb kasian kalo sampe punah
    "EveryDays is Fishing Day"

  3. Sportfisherman's Avatar
    Sportfisherman is offline Sportfisherman Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future
    Real Name
    John I. HambaLi
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,711



    Tony ,

    Mestinya tuh anda cariin dana dari LSM asing dan bikin decomentary tentang ikan kita di Indonesia , bagaimana keadaan sebenarnya dan
    bagaimana langkah langkah yang perlu diambil untuk menyelamatkan
    ikan ikan tsb. dari kepunahan .

    Dari sportfishing communities kita harus sadar bahwa kalau mau enjoy
    fishing , kitapun harus contribute dan mungkin dgn ide ide dari anda bisa
    kita realisir satu sanctuary untuk ikan ikan air tawar kita . Masa di negara tentangga bisa kita tidak bisa ?

    Saya kepingin tuh ngajak satu kepala daerah utk memajukan freshwater fishing , tapi mulainya bagaimana yah ? Selalu bersinggungan dgn
    meatfishermen sih , jadi ikan ikan exotic kita juga turut jadi makanan , memang spt. teman saya bilang , The Biggest Mass Grave of Animals Is In Our Stomach .

    Jon .

  4. yellowfin is offline Moderator yellowfin is on a distinguished road
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    446

    Sudah pak Jon, Yayasan KEHATI (Keragaman Hayati) dan KIARA (Koalisi Ikan ntuk Rakyat) sudah handling ini semoga dalam waktu dekat kita bisa mendapatkan data dan produknya.

    Regards

    Tony

  5. AngleRboY's Avatar
    AngleRboY is offline RegularFishy AngleRboY is just really nice AngleRboY is just really nice AngleRboY is just really nice AngleRboY is just really nice
    Real Name
    ArY
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Singapur--Indonesia--Beijing
    Posts
    1,250

    waktu mancing toman, saya sempat lihat ikan belida ini berenang di bawah permukaan air tp waktu saya cast lure, dia malah kaburzz Di singapur jg dipanggil ikan belida. waktu itu mancingnya pada siang hari, makanya pas tadi baca penjelasan dr om Tony bahwa ikan ini tuh nocturnal, langsung memble deh.. hehheee
    FB: Ary Anglerboy
    林弦汉
    ¯`·.¸..><((((º>⌡¸.·´¯`·.♥(Á)(Я)(Ŷ)♥, . .·´¯`·.. ><((((º>⌡`·.»»™♥♂

  6. nOtHiNG_eSCaPeS's Avatar
    nOtHiNG_eSCaPeS is offline RegularFishy nOtHiNG_eSCaPeS will become famous soon enough nOtHiNG_eSCaPeS will become famous soon enough
    Real Name
    Rocky Ryanto
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    SG-Indo-OZ
    Posts
    218

    eh ry,

    tuh belida buanyak lagi di tempat xxx kita man(gede lagi). Gue jua pernah liat yang luka, di hajar toman man. bagian belakangnya udah hilang , ngelepar2 di deket permukaan gitu. gile baru tau gue dia ikan nocturnal.wah harus nyoba hajar man malam2, haha lebih asyik malahan, kagak terlalu was2an mancingnya haha.
    Rocky

  7. AngleRboY's Avatar
    AngleRboY is offline RegularFishy AngleRboY is just really nice AngleRboY is just really nice AngleRboY is just really nice AngleRboY is just really nice
    Real Name
    ArY
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Singapur--Indonesia--Beijing
    Posts
    1,250

    Rocky, klo malem susah mancingnya.. ngga kliatan.
    ntar ngga dapet belida, eh malahan dapet pontianak menjerit lg.. hiiii
    FB: Ary Anglerboy
    林弦汉
    ¯`·.¸..><((((º>⌡¸.·´¯`·.♥(Á)(Я)(Ŷ)♥, . .·´¯`·.. ><((((º>⌡`·.»»™♥♂

  8. nOtHiNG_eSCaPeS's Avatar
    nOtHiNG_eSCaPeS is offline RegularFishy nOtHiNG_eSCaPeS will become famous soon enough nOtHiNG_eSCaPeS will become famous soon enough
    Real Name
    Rocky Ryanto
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    SG-Indo-OZ
    Posts
    218

    hehehe,
    kalo dapet pontianak menjerit, mendingan loe jerit balik ry.hihihihi.pasti kabur ntar.kalo ngga mempan yah sogok deh, pake jeruk pontianak.hehehehe.bilang mahal nih, Rp 6000 per kg.di peres enak kok, manis, ngga usah pake gula.hahahaha.
    Rocky

  9. PopperZ is offline RegularFishy PopperZ is on a distinguished road
    Real Name
    Kevin Revaldo
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Singapore
    Posts
    254

    wayah ni orang bedua doyan OOT juga
    Yg berlokasi di Singapore ajak-ajak mancing donk... Butuh teman mancing he he he...
    Regards, t3h h4x0r PopperZ

  10. nOtHiNG_eSCaPeS's Avatar
    nOtHiNG_eSCaPeS is offline RegularFishy nOtHiNG_eSCaPeS will become famous soon enough nOtHiNG_eSCaPeS will become famous soon enough
    Real Name
    Rocky Ryanto
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    SG-Indo-OZ
    Posts
    218

    Ry kapan2 kita night ops untuk belida yuk!!!! hehehe, udah jangan takut ama pontianaknya deh, urusan pontianak ntar gue tanganin.lol tapi urusan ranger loe yang tanganin hehe, u noe how to use ur hige muscles wisely rite?
    Rocky

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Ikan Lou Han atau Nyamuk Demam Berdarah...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 12-04-2007, 22:13
  2. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  3. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts