Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 23

Thread: Painan, Sumatera Barat.

  1. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Painan, Sumatera Barat.

    Guys:

    Seperti yg anda sudah ketahui, saya baru saja ikut turnamen mancing di Painan, 75 km selatan Padang. Berikut ini sedikit laporan perjalanan saya:

    Dari bandara Padang ke Painan dapat ditempuh +/- 2,5 jam, kotanya kecil, pemandangannya sangat indah. Ada beberapa penginapan sederhana disana.

    Pelabuhannya cukup/sangat baik, lebih baik dari MuaraBinuangeun. Kapal yg tersedia disana rata-rata kapal kayu dengan mesin Yanmar atau mesin truk. Model kapal mirip kapal nelayan Binuangeun. Kecepatan kapal sekitar 7 knots.

    Pemda disana sudah membuat puluhan Rumpon Tuna. Lokasinya 20-30 mil laut dari Pelabuhan. Laut disana sampai jarak 13 mil merupakan laut dangkal, kedalaman sekitar 30 meter (kira-kira, saya gak bawa sounder). Disana ada beberapa karang dangkal/gosong laut. Kedalamannya +/- 5 meter saja. Saya sempat popping di karang-karang itu dan berhasil meperoleh GT kecil (10,2 kg), dan beberapa kali strike. Sekali diperkirakan hiu, berwarna coklat cukup besar dan langsung memutuskan leader 80 lbs yg saya gunakan.

    Dari karang itu sudah langsung drop off. Dalam jarak kurang dari 1 mil sudah garis 200 meter. Rumpon tuna mulai dari jarak 7 mil dari sana. Saya sempat mendatangi 2 rumpon, waktu itu isinya hanya lemadang kecil, banyak sekali. Rumpon lain rupanya ada yg berisi lemadang yg besar, sehingga ada tim yg berhasil meperoleh lemadang 13 kg-an. Pada waktu itu laut disana lat, tanpa ombak. Jigging disana juga cukup mencanjikan, Tim Mitra-Daiwa sempat jigging sampai bosan, karena terus menerus disambar ikan. Meskipun ikannya tidak begitu besar, hanya 3-4 kg-an. Hasil lain adalah hiu pasir seberat 80kt lebih, yg didapat oleh David, kalau gak salah member FishyForum juga, laporannya dong?

    Kami sempat diundang makan malam oleh Bupati setempat, dan saya sempat ngobrol dengan beliau. Menurut beliau, musim ikan disana puncaknya pada bulan April-Juni. Tuna mulai masuk pada bulan Februari, ukurannya mencapai 60-70 kg. Saya katakan, kalau memang begitu, pasti banyak pemancing yg mau kesana. Cuma masalahnya apakah ada yg bisa membanu mengurus kapal, akomodasi, dan transportasi disana? Ternyata bapak Bupati bersedia membantu. Beliau memberikan kartu nama dan no. hpnya pada saya dan berkata bahwa kalau saya mau datang kontak saja, dan hal itu akan diurus.

    Saya berminat untuk pergi lagi kesana, mungkin pada bulan April. Tapi enaknya beramai-ramai kalau bisa sekitar 20 orang, dengan 5-6 kapal. Biaya trip relatif tidak terlalu mahal, tiket Jakarta-Padang dengan Air Asia atau Lion Air sekitar 500 ribu pulang-pergi, ditambah lain-lain mungkin sekitar 2 jt per orang sudah cukup.

    Bagaimana Siapa yg berminat?
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  2. Sportfisherman's Avatar
    Sportfisherman is offline Sportfisherman Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future Sportfisherman has a brilliant future
    Real Name
    John I. HambaLi
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,711

    Adrianus ,

    Saya berminat tapi April tuh sudah schedule ke Komodo n May tidak bisa , mungkin bulan Juni yah ?

    Jon .
    It's not what you don't know that gets you into troubles , it's what you know for sure that ain't so . Mark Twain .

  3. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Dicatat dulu aja deh, yang lain gimana?
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  4. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Peminat Sementara:

    1. Adrianus
    2. Jon Hambali (maunya Juni)
    3. Irwin
    4. Lod

    siapa lagi?
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  5. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    tambahan, sekarang 5 peserta, siapa lagi?

    1. Adrianus
    2. Jon Hambali (maunya Juni)
    3. Irwin
    4. Lod
    5. Bambang Indriarto
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  6. beavis Guest

    Pak Fishy, brp lama di sana?? Kalau bs perginya yg tanggalnya lg merah kalau ada mungkin saya mau ikut.
    Sekalian belajar dgn pakar-pakar di sana.

  7. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Rencananya sih mancingnya 3-4 hari maksimum. Kalau cuma sabtu-minggu kok kayaknya tanggung ya? sudah jauh jauh berangkat. Tapi kalau ada yg mau mancing cuma sabtu-minggu juga gakpapa sih, tinggal dikumpulin saja nantinya.

    Tanggal merahnya kapan saja ya?
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  8. beavis Guest

    Bulan april tgl merah : tgl 6 jumat, sabtu dan minggu. ini pas 3 hari.

    Bulan mei tgl merah : tgl 17 kamis. jumat (bs madol lah) sabtu dan minggu. ini juga bagus pg kamis balik minggu.

    Bulan juni tgl merah: tgl 1 Jumat , sabtu dan minggu. ini pas 3 hari cocok untuk Pak Jon ini.

  9. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    tanggalnya nanti kita pastikan paling lambat bulan Januari ya pak.

    Berikut daftar peminat sementara. Saya sih mengharapkan ada 25-30 orang peminat sementara, sehingga nanti finalnya antara 15-20 orang, biar rame gitu. Idealnya kalau untuk popping, satu kapal maks 3 orang. Kalau jebluk sih 6 orang juga bisa.

    1. Adrianus
    2. Jon Hambali (maunya Juni)
    3. Irwin
    4. Lod
    5. Bambang Indriarto
    6. Yaya
    7. Yopie
    8. Reinhardt
    9. Benny S.
    10. Joss
    11. Johan
    12. Ruben
    13. Alex
    14. David
    15. Bob

    Mana lagi nih peserta dari FishyForum?
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



  10. fishy's Avatar
    fishy is offline FairweatherFisherman fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future fishy has a brilliant future
    Real Name
    adrianus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Bogor
    Posts
    8,411

    Barusan saya ngobrol dengan pak Susanto Nursewan, beliau cukup berpengalaman di daerah itu. Menurutnya Tuna mulai masuk kesana akhir Januari sampai April. Ini sesuai dengan penuturan Bupati bahwa Tuna mulai masuk sekitar 2 bulan dari sekarang.

    Beberapa rekan dari Formasi juga berminat untuk berangkat, diantaranya pak Susanto sendiri, dan pak Eric Laoh.

    Saya baru melihat daftar libur 2007, untuk tanggal 6 April adalah libur Paskah, ada beberapa rekan Kristiani yg keberatan kalau tanggal itu. Hari Senin, 19 Maret adalah libur nasional dalam rangka hari Raya Nyepi. Bagaimana kalau kita adakan pada tanggal itu? Berangkat dari Jakarta hari Jumat, mancing Sabtu-Senin, pulang Selasa/Senin malam.

    ada tambahan 2 peserta lagi, jadi sementara:

    1. Adrianus
    2. Jon Hambali (maunya Juni)
    3. Irwin
    4. Lod
    5. Bambang Indriarto
    6. Yaya
    7. Yopie
    8. Reinhardt
    9. Benny S.
    10. Joss
    11. Johan
    12. Ruben
    13. Alex
    14. David
    15. Bob
    16. Chandra
    17. Yul
    adrianus

    Friends, Fun, Fish.



Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Replies: 1
    Last Post: 16-12-2005, 16:15

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts