Closed Thread
Results 1 to 8 of 8

Thread: Mancing di Palembang

  1. igo
    igo is offline RegularFishy igo has a spectacular aura about igo has a spectacular aura about igo has a spectacular aura about
    Real Name
    Daeng Igo
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Doha - Qatar
    Posts
    217

    Mancing di Palembang

    Lebaran nanti saya ke Palembang, ceritanya ngumpul dengan keluarga istri. Ada yang tau gak tempat mancing yang top di Palembang. Kalau Sungai Musi bagaimana, ada ikan apa aja? dari Palembang ke laut lepas berapa jauh yah?

    Ditunggu infonya........ Thanks

  2. arief is offline RegularFishy arief is an unknown quantity at this point
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Batavia
    Posts
    38

    hello

    Ms Igo
    tahun lalu waktu saya ke Palembang ke rumah mertua saya dgn adik ipar saya mancing di Sungai musi, arusnya bawahnya deras sekali mas ngga bisa pake joran dan reel jadi kita mancing pake kenur gulungan kelas 50lb dengan pemberat menggunakan engkol sepeda (pedal buat goes sepeda) umpan pake jangkrik, tiap 15 menit sekali di angkat untung-untungan kalo lagi untung dapet ikan baung atau ikan yg orang sana bilang ikan juaro ukuran 1.5 - 2 kg an ..wah engga enak deh mancing model begitu meding mancing udah galah di pinggiran sungai musi nah yg ini baru bisa pake joran sama reel umpannya cacing lumayan Mas udangnya gede-gede . Menurut adik ipar saya kalo kita mau ke laut kita musti sewa perahu menuju ke muara yg kurang lebih makan waktu 4-5 dengan speedboat jauh dah...susah mas kalo mo mancing ke laut dari Palembang atau coba mancing di sungai Gerong adik saya bilang lumayan bagus ikannya disana tapi saya sendiri belom pernah . Buat informasi : pernah ada rekan di forum yg lama Namanya Mas Nizom dia orang Palembang saya pernah japri , dia ngajakin saya mancing bareng kalo saya lagi ke Palembang, coba deh Mas Igo hubungin dia via email dulu Nizomi58@yahoo.com.
    semoga bisa membantu
    regards - Arief
    mancing itu perlu uang dan pengorbanan

  3. igo
    igo is offline RegularFishy igo has a spectacular aura about igo has a spectacular aura about igo has a spectacular aura about
    Real Name
    Daeng Igo
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Doha - Qatar
    Posts
    217

    thanks mas arief,

    I'll follow your advice.
    /160

  4. malikuswari is offline ProbationFishy malikuswari is on a distinguished road
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Depok
    Posts
    2

    Mancing di Palembang bukan beban dan pengorbanan!

    Pak Igo,
    Salam kenal! Saya asli Palembang, dan tidak sepakat dengan istilah mancing perlu pengorbanan dan uang di palembang.
    Saya sekarang tinggal di Depok, sdh hampir 4 tahun....(Numpang nyari makan di negri orang Pak!)
    Saya sangat hobi mancing! Rumah saya di Plaju, berdekatan dengan Dermaga Pertamina, hampir setiap hari waktu senggang saya saya sempatkan mancing!

    Untuk informasi, palembang merupakan lumbung ikan air tawar, ikan air tawar sangatlah murah harganya, tidak memerlukan dana yang banyak, tebukti di Palembang hanya terdapat beberapa kolam pancing yang masih dibuka, karna kurang penggemarnya, dan para maniak mancing lebih cenderung memancing di Sungai yang Ikannya tdk bisa diprediksi baik jenis dan ukurannya kalau dapat pada saat memancing. Dan palembang bukanlah berada di pesisir, sehingga memerlukan dana yang besar serta waktu yang lama untuk mencapai ke laut (itu suatu kewajaran). tetapi bila Bapak ingin tempat mancing ikan di sungai, Bpk bisa saya rekomendasikan daerah2 sbb:
    1. Sirah Pulau Padang (ikan gabus, betok,sepat, baung, sepatung (mirip gurame), udang, gurame liar(
    2. Selapan/pedamaran (ikan gabus, toman, betok,sepat, baung, sepatung (mirip gurame), udang, gurame liar, kadang2 ada ikan Tengkleso (Arwana Silver)
    3. Sekayu/Babat toman,(ikan gabus, toman, betok,sepat,putak, baung, sepatung (mirip gurame), udang, gurame liar)
    4. Pulau Rimau (ikan gabus, betok,sepat, putak, baung, sepatung (mirip gurame), udang)
    5. Spanjang Sungai Musi ( baung, juaro, belido, ikan pare, Tilan dll)

    Karena sering rusaknya joran yang digunakan oleh para pemancing di sungai musi (patah, retak) akibat besarnya ikan yang didapat, sehingga mereka berinisiatif menggunakan joran yang bahannya dibuat dari Fiber (stang Rod) bekas fiber pengeboran minyak dimana fiber ini sangatlah kuat, bahan joran ini didapat dari beberapa penggemar mancing yang juga bekerja di pengeboran minyak yang banyak terdapat di Palembang seperti Prabumulih, muara enim.
    Dan apabila ingin membuat joran ini, mereka memesan pada beberapa pengrajin/pembuat joaran yang saya tahu paling banyak ada di Plaju. Bahkan untuk satu joran jadi, bisa mencapai harga yang sama dengan Joran Shimano (basstera/bassrise0) atau Fenwick. Tetapi itu tergantung pesanan dan bahan.

    Jadi jangan terlalu dikhawatirkan untuk mengeluarkan dana atau pengorbanan yang besar untuk mancing di palembang.

    Salam,
    malikuswari (Wong Kito)
    +628121313848

  5. mayok's Avatar
    mayok is offline RegularFishy mayok is on a distinguished road
    Real Name
    Adi
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    PLM-BTH
    Posts
    129

    Salam buat wong kito galo, sy juga asli Palembang pak salam kenal bae. kalu dipalembang sy seringnya mancing ikan sepat siam dng modal pancing tegek 5 mtr trs pake pelampung bawa kerupuk buat cumming agar ikannya ngumpul trs dipancing pakai cacing kecil kalu terasa ikannya nyengol umpan cepat disentak pasti strike . tapi stlh jd orang pulau sy ngak pernah mancing ikan airtawar lg seringnya mancing dilaut mumpung disini dekat laut jd ngak capek jauh2x pergi kelaut spt diplg
    234 n kopi panas...

  6. malikuswari is offline ProbationFishy malikuswari is on a distinguished road
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Depok
    Posts
    2

    mancing sepat siam

    Salam Kenal jugo mang! kalu aku mancing sepat siam pake Tegek Golden Fish 6,3m karno aku sering mancing di lahan gabut di Dusun Siju, arah ke Selapan, disana aku bisa dapat ikan sampe 150 ekor yang ukuran sendal merk "zando", tebel, itam2!
    Kalo mancing ikan sepat di Depok, banyak yang tertawa, heran.......! ikan sepat biasanya mereka jaring atau jala,

    Tips mancing ikan sepat:

    1. Umpan : daging ayam (di suir2) atau pake kangkung di tumis.
    2. Penebar : minyak jelanta, kerupuk, atau pelet bubuk/dedek
    3. kail : liat ukuran ikan, dengan cara menebar penebar dulu, jadi bisa kita lihat ukuran mulutnya.
    4. jangan membuat gerakan terlalu kasar karna ikan sangat sensitif

    Kalau ingin mancing di Palembang, khususnya sepat siam yang besar2, bisa dengan rombongan dari Plaju yang terkenal dengan julukan "Tukang Ngabisin Ikan"

    Salam!
    Malikuswari
    +628121313848

  7. mayok's Avatar
    mayok is offline RegularFishy mayok is on a distinguished road
    Real Name
    Adi
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    PLM-BTH
    Posts
    129

    Quote Originally Posted by malikuswari View Post
    Salam Kenal jugo mang! kalu aku mancing sepat siam pake Tegek Golden Fish 6,3m karno aku sering mancing di lahan gabut di Dusun Siju, arah ke Selapan, disana aku bisa dapat ikan sampe 150 ekor yang ukuran sendal merk "zando", tebel, itam2!
    Kalo mancing ikan sepat di Depok, banyak yang tertawa, heran.......! ikan sepat biasanya mereka jaring atau jala,

    Tips mancing ikan sepat:

    1. Umpan : daging ayam (di suir2) atau pake kangkung di tumis.
    2. Penebar : minyak jelanta, kerupuk, atau pelet bubuk/dedek
    3. kail : liat ukuran ikan, dengan cara menebar penebar dulu, jadi bisa kita lihat ukuran mulutnya.
    4. jangan membuat gerakan terlalu kasar karna ikan sangat sensitif

    Kalau ingin mancing di Palembang, khususnya sepat siam yang besar2, bisa dengan rombongan dari Plaju yang terkenal dengan julukan "Tukang Ngabisin Ikan"

    Salam!
    Malikuswari
    +628121313848
    boleh kapan2x kalau pas sama2x balek kampung, nanti saya hubungin no hpnya. kita trip mancing bareng aja nanti krn mancing ikan sepat disana lebih ok ketimbang didaerah lain mereka belum pernah aja coba mancing ikan sepat didaerah kita pak, kalu udah pasti ngak heran melihat kita mancing ikan sepat
    Last edited by mayok; 16-04-2007 at 14:13.
    234 n kopi panas...

  8. j2000's Avatar
    j2000 is offline RegularFishy j2000 has a spectacular aura about j2000 has a spectacular aura about
    Real Name
    Zulkarnain
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Palembang
    Posts
    147

    Wooii wong Palembang....salam kenal galooo....
    Btw, kalo dr Sekanak ke Selat bangka butuh 3 -3.5jam ...
    Biasa mancing 3-4org/boat kalo mau cukup nyaman...
    Disitu sy biasa mancingnya...
    Kalo nanti mo mancing dilaut kita janjian saja...
    Tanggal 22apr kemaren baru pulang juga dari selat...

    @ Boss Mayok..sekarang tinggal di bangka yaa ?
    [B]Joel 0819-789 7920 /|\ 0816-384499[/B]

Closed Thread

Similar Threads

  1. Pengalaman mancing di tanjung burung
    By Asfur in forum FishyWild
    Replies: 39
    Last Post: 20-07-2007, 14:41
  2. Trip Mancing Di Sungai Musi Palembang
    By Najam in forum FishyTrip
    Replies: 26
    Last Post: 05-03-2007, 07:50
  3. Sarasehan Mancing - Sabtu 24 September 2006
    By Ichang in forum FishyTalk
    Replies: 9
    Last Post: 26-09-2006, 09:56
  4. Cari Teman Mancing dari Palembang.
    By budi_ga in forum FishyTrip
    Replies: 0
    Last Post: 14-07-2005, 10:03
  5. Mancing di Palembang
    By arwana in forum FishyWild
    Replies: 0
    Last Post: 07-01-2005, 15:08

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts