Closed Thread
Results 1 to 7 of 7

Thread: (Ask) Mancing Landbase di Bali

  1. salomon is offline RegularFishy salomon has a spectacular aura about salomon has a spectacular aura about
    Real Name
    Salomon DRD Hanafi
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta Barat (Kalideres)
    Posts
    189

    (Ask) Mancing Landbase di Bali

    Yth. Moderator FishyForum Region Bali,
    dan Kawan-Kawan Anglers,

    Hal: Minta saran/ide/masukan untuk mancing pinggiran di Bali yang tidak jauh dari Jalan Sunset Road (Kuta, Bali).

    Tanggal 26-27-28-29 Oktober ini saya akan ikut acara gerejawi ke cabang kami yang ada di Kuta, Bali. Pikir saya dan 1-2 teman yang suka mancing, ingin mancing di sela-sela jam kosong acara kami. Mungkin Jumat malam (26 Okt) dan atau Minggu malam (28 Okt) dan atau Senin pagi (29 Okt) kami akan mancing dari pinggiran pantai atau keramba (kalau ada). Terus terang, saya dkk masih buta soal jalan-jalan di Bali, apalagi tentang spot mancingnya. Rasanya sayang kalau kesempatan untuk mancing dilewatkan begitu saja; bisa 'getun sanget' (Jawa: sangat menyesal) pulangnya. Saya sudah baca-baca hampir semua postingan Teman-Teman khususnya daerah Bali. Tapi, saya mengaku buta lokasi, dan sangat perlu bimbingan/saran dari Teman-teman Moderator dan Anglers (Sesepuh Bali ).
    Dengar-dengar, bisa sewa sepeda motor @Rp 50.000/hari. Mungkin bisa saya sewa 1-2 motor untuk menuju lokasi mancing waktu malam. Memang kami tidak menargetkan mancing pakai perahu/boat ke tengah. Cuma ingin mancing dari pinggiran saja. Dengar-dengar ada keramba, boleh juga.
    Rencana teknik mancingnya, antara lain:
    1) Tegek dengan kail tunggal (mata kail kecil) untuk mancing ikan kembung dari pinggiran/dermaga. Pakai rebon, dikaitkan satu-satu. Atau mungkin juga saya mancing Baronang dengan lumut dan pancing garong. [Catatan: saya benar2 masih baru dalam hal mancing dengan tegek. Baru mau mulai].
    2) Cari ikan selar/kembung dulu di pinggiran pakai kotrekan (atau beli sama nelayan, kalau ada). Lalu, gunakan itu sebagai umpan hidup untuk ngoncer ikan besar dengan pelampung. Harap2 bisa dapet Barracuda/ ikan predator lainnya. [Di Jakarta, biasanya saya mancing Kakap putih di tambak-tambak Salembaran, Teluk Naga Banten. Jadi teknik koncerannya sama dengan setelan koncer Kakap putih, jarak kail sampai pelampung kira2 30-40cm.].
    3) Mungkin saya akan mancing cumi juga kalau lokasinya memungkinkan. Prediksi pasangsurut.com untuk daerah Kuta pd Oktober2012 nanti menyatakan bulan terang/purnama.
    4) Atau mancing pasiran. Di postingan FF berjudul "Surf Casting Syut Beach Gianyar Bali" tgl.14-06-2010, ada Pak Ahmad Farid yang narikkin 'baby GT' dan Cakal Jabris. Tapi itu kan tahun 2010 bulan Juni; enggak tahu bagaimana kondisinya sekarang (2012). Rencana saya sih, kalau ada yang jual udang hidup di sana, saya akan mancing pakai udang hidup, baik dikupas maupun utuh.
    5) Kalau ada dermaga atau karamba yang bisa disewa (atau ada ongkos masuknya per orang), boleh juga biar bisa mancing dasaran. Mungkin pakai umpan udang hidup (kalau ada yang jual), atau pakai rebon, atau pisang (untuk Baronang). Mungkin kotrek ikan-ikan kecil dulu untuk umpan hidup. Masa saya mancing Cendro lagi? [Catatan: Kalau terpaksa karena tidak ada umpan, saya akan mancing Cendro (kalau ada di Bali)].
    6) Kata teman saya yg usul: Kalau di Bali, coba kunjungi pasar terdekat pd pagi hari dan beli rebon atau udang di sana. Itu akan saya lakukan.
    Demikian angan-angan pemancing pemula ini yang ingin gunakan kesempatan/kebahagiaan mancing di Bali. Terima kasih atas SEMUA saran dan ide dan masukan dan kritikan dari Rekan-Rekan Fishy yth. Salam strike!

  2. salomon is offline RegularFishy salomon has a spectacular aura about salomon has a spectacular aura about
    Real Name
    Salomon DRD Hanafi
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta Barat (Kalideres)
    Posts
    189

    Enggak ada yang bales, ya...? Sepi orang atau salah posting, nih? Terpaksa belajar sendiri deh (baca'in postingan orang-orang di Bali atau sub forum lain).

  3. rabbit's Avatar
    rabbit is offline RegularFishy rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of rabbit has much to be proud of
    Real Name
    Budiman
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    1,065

    Kalau mau negeg hubu8ngi aja Yohan 081338640173, atau Cak Lobo 08179707050. Land base yang lain ga tau bro
    Budi

  4. salomon is offline RegularFishy salomon has a spectacular aura about salomon has a spectacular aura about
    Real Name
    Salomon DRD Hanafi
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta Barat (Kalideres)
    Posts
    189

    Terima kasih, Pak Budi (Mr. Rabbit, PremiumFishy) untuk jawabannya. Saya sudah rekam nomor telp Pak Yohan dan Cak Lobo. Semoga bisa berkenalan langsung dgn beliau-beliau di Bali sana. Salam strike!

  5. caklobo's Avatar
    caklobo is offline RAFAC member caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future caklobo has a brilliant future
    Real Name
    Lobo
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    Pasuruan-Denpasar-Waingapu
    Posts
    335

    salam kenal om solomon....

    untuk landbase didenpasar dan sekitarnya ada beberapa pilihan :

    1. Pelabuhan benoa : pilihannya bisa negeg baronang, casting barakuda, ngoncer chendro, dasaran pake lumuru nyari GT, pada umumnya ikan mau makan saat pasang puncak, dan turun surut.

    2. Pelabuhan tanjung benoa : pilihannya bisa dasaran nyari gebel/dorang umpan udang kupas/roti, bisa juga dasaran pake lemuru iris kecil buat nyari lingkis.

    3. Kedonganan : mancing diatas kapal nelayan yang sedang parkir, om bisa hubungi pak wayan (087862683001), beliau yang biasanya ngantar orang mancing, tarifnya 15 ribu antar jemput, targetnya kuwe ekor kuning pelampungan pake udang kupas, baronang lingkis dan jalu pake umpan udang kupas, lemuru iris, lumut, nasi lumat.

    4. Keramba serangan : biayanya terakhir saya kesana, antar jemput 10ribu, sewa keramba 25ribu/orang, om nanti bisa cari keramba yang paling ujung, biasanya banyak kuwe yang main, ngotrek nyari kembung juga bisa.

    5. jembatan serangan : sekarang lagi musim baronang batik 4-5 jarian, biasanya habis musimnya saat musim penghujan, umpan lumut.

    semoga bisa membantu


    Mie Ayam Cak Lobo
    Mie Paling Enak Sedunia
    Setidaknya Kata Keluargaku

  6. salomon is offline RegularFishy salomon has a spectacular aura about salomon has a spectacular aura about
    Real Name
    Salomon DRD Hanafi
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta Barat (Kalideres)
    Posts
    189

    Wah, ini masternya keluar nih, Cak Lobo. Saya kira nanti baru bisa saya hubungi saat di Bali (26 Okt). Ternyata, sudah ngebales di sini. Terima kasih banyak, Cak Lobo. Informasinya betul-betul berharga buat saya dan teman-teman dari Jkt. Nanti waktu tiba di Bali, akan saya SMS lagi ke Cak Lobo, untuk mengabari. Salam kenal.

  7. salomon is offline RegularFishy salomon has a spectacular aura about salomon has a spectacular aura about
    Real Name
    Salomon DRD Hanafi
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta Barat (Kalideres)
    Posts
    189

    Laporan singkat: Waktu di Bali, 28 Oktober 2012, jam 22-24, saya mancing di Pelabuhan Benoa. Teknik dasaran, pakai cumi (bukan segar, sudah masuk kulkas) dipotong kecil2. Ada ikan2 dasaran berseliweran tapi gak makan. Sementara itu, banyak pemancing lainnya (kebanyakan orang Jawa Timur) mancing pakai teknik casting; saya ajak aja ngomong bahasa Jawa, jadi banyak temannya. Mereka lagi cari ikan GT. Katanya, GT-nya lumayan walaupun baby GT. Saya lihat poppernya lumayan besar, selebar 2 jarian orang dewasa dan sepanjang sejengkal orang dewasa. Saya hanya mancing 2 jam, jadi tidak tahu mereka dapat atau tidak. Tempat/spot mancingnya cukup sempit; jadi kami berbagi tempat dengan saling mengerti. Kadang nyangkut juga ke kiri dan ke kanan; dan di situlah kelihatan "saling memaafkan" antara para pemancing. Yah, saya juga ngertian jangan sampai nyangkut ke orang lain terus; bisa marah, dia. Pulangnya, ketangkep polisi Bali karena saya gak pakai helm; cuma pakai topi. Teman saya yang setir motor, distop. Terpaksa deh, saya yang ngomong baik-baik sama polisinya. Kena 20rb.

Closed Thread

Similar Threads

  1. Mancing landbase di Bali?
    By Calidude in forum FishyTrip
    Replies: 1
    Last Post: 02-07-2011, 11:35
  2. Replies: 23
    Last Post: 12-04-2011, 19:15
  3. Newbie, Mohon info mancing landbase di Pel Ratu
    By Neilson in forum FishyIntro
    Replies: 7
    Last Post: 06-09-2010, 08:32
  4. [ASK] Lure untuk landbase casting di Bali
    By camilla in forum FishyCast
    Replies: 2
    Last Post: 13-07-2010, 22:11
  5. [Ask] mancing di bali
    By yomi in forum FishyTrip
    Replies: 26
    Last Post: 21-10-2006, 10:48

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts