Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Cara Memancing dan Membuat Umpan Gurita

  1. torocbrm's Avatar
    torocbrm is offline RegularFishy torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of
    Real Name
    Kusumantoro
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Bogor
    Posts
    1,200

    Cara Memancing dan Membuat Umpan Gurita

    Sempat bingung juga mau taruh dimana tulisan ini, mungkin karena gurita tidak termasuk target mancing para angler kali ya ?. Terserah moderator dah, mau dipindah kamar silahkan, kalau dianggap sampah dan dihapus juga silahkan.

    Bagian I : Cara Memancing Gurita

    Gurita hidup di terumbu karang dan biasa memakan kepiting/rajungan, oleh karena itu umpan untuk memancing gurita dibuat menyerupai rajungan. Bagian badannya dibuat dari bola plastik kecil pada permainan anak-anak mandi bola, cangkang kepiting/rajungan atau juga potongan botol mineral, batok kelapa dll. Berdasarkan pengalaman, terkadang gurita juga memakan ikan kecil yang digunakan untuk umpan memancing ikan dasar. Bahkan rekan saya pernah mendapat gurita pada saat jigging di perairan dangkal Ujung Genteng menggunakan metal jig.Untuk memancing gurita, biasa menggunakan perahu dengan cara dihanyutkan mengikuti arus diatas terumbu karang. Di tempat yang berarus deras, digunakan parasit sebagai penahan laju perahu.

    Gunakan handline dengan benang mono ukuran 1.000 atau lebih, benang ukuran kecil meskipun kuat akan membuat jari-jari tangan mudah terluka. Penggunaan joran dan benang PE tidak dianjurkan mengingat resiko umpan tersangkut di karang sangat besar. Turunkan umpan sampai menyentuh dasar, kemudian angkat sekitar 0,5-1 m dari atas karang agar tidak mudah tersangkut. Gerakkan umpan naik turun dengan frekwensi lambat atau cepat. Apabila terasa tersangkut .... ada 2 kemungkinan : betul tersangkut karang, atau gurita memakan umpan. Tarik cepat ke atas dan hindari gurita menempel di badan perahu.

    Biasanya nelayan menangkap gurita hasil pancing pada saat masih berada di permukaan air dengan memegang bagian yang bulatnya. Hal ini berguna untuk menghindari gurita menyemprotkan tinta hitamnya di dalam perahu. Lepaskan dari mata pancing dan masukkan ke dalam karung yang kemudian diikat. Apabila dimasukkan ke dalam coollbox, pastikan tutupnya terkunci, apabila ada celah sedikit, gurita pasti merayap melarikan diri.


    Bagian II : Cara Membuat Umpan


    Langkah 1 - Mempersiapkan Bahan Baku dan Peralatan

    Dalam ilustrasi pembuatan umpan ini, saya gunakan potongan botol minuman tertentu dengan pertimbangan : bahan baku adalah limbah yang mudah didapat dan tekstur botol menyerupai jeruk yang sudah dikupas kulitnya, mempermudah kita dalam membagi lingkaran botol menjadi 4-6 bagian. Mata pancing saya ganti dengan kawat baja stainless steel. Sebagai pengisi bagian dalam yang biasanya menggunakan resin, saya ganti dengan campuran semen dan pasir. Pemberat saya gunakan timah + mur/baut yang sudah tidak terpakai. Tali penggantung sebagai kaki serta tali leader saya gunakan tali nylon ukuran 1.000 (kalau ada gunakan ukuran lebih besar).

    Bahan lain yang diperlukan adalah kili-kili ukuran kecil dan besar, sedotan minuman, kawat stainless untuk pengikat serta 2 buah sendok makan stainless. Peralatan kerja, sesuaikan dengan kebutuhan. (Foto 1 & 2)

    Langkah 2 - Mempersiapkan bagian badan

    Bila anda menggunakan bola plastik ukuran kecil, lubangi bagian bola sebesar uang logam Rp. 500,- atau lebih, gunanya untuk memasukkan timah pemberat, mata pancing, tali pancing sebagai gantungan sendok dan tali leader serta menuang cairan resin/semen. Penggunaan cangkang kepiting/rajungan memerlukan kesabaran dalam membuat lubang mengingat cangkang mudah sekali pecah. Cara pembuatan umpan dari botol plastik atau bola plastik sebagai berikut :

    Potong bagian atas botol tepat pada lekukan yang bertekstur jeruk. Cat bagian dalamnya dengan cat semprot berwarna merah atau orange. Bolongi bagian atas 1-2 cm dibawah tutup sebanyak 5 lubang dan masukkan mata pancing dengan bagian tajamnya menghadap keluar. Gunakan lem plastik bakar untuk mengatur posisi mata pancing. Apabila perlu tekuk mata pancing dengan tang agar posisi yang lancip menghadap ke atas di sekeliling bola.

    Lubangi bagian bawah dekat ke dasar sebanyak 6 lubang dan masukkan 3 tali nylon secara bersilangan menembusi botol. Potong sepanjang 6 cm di luar botol. Lubangi tutup botol di pusat lingkaran dan masukkan tali leader sepanjang 40 cm dan ikatkan pada persilangan tali penggantung atau ikatkan pada timah pemberat. Guna pengikatan ini adalah agar tali leader tidak mudah merosot pada saat ditarik ke atas.

    Masukkan pemberat berupa timah atau mur/baut. Berat timah/besi bisa disesuaikan dengan arus perairan dimana umpan akan digunakan. Semakin kencang arus, semakin berat timah/besi. (Foto 3)

    Langkah 3 – Mengecor dengan semen/resin

    Siapkan botol dengan lubang menghadap ke atas untuk di cor dengan adukan semen/resin. Agar tidak mudah terguling, bisa diletakkan diatas potongan botol bagian bawah atau kaleng bulat sesuai ukuran. (Foto 4)

    Aduk semen dan pasir sebagaimana kita membuat adukan untuk bangunan dan tuangkan ke dalam botol sampai penuh atau dapat juga dibuat lancip ke atas. Apabila menggunakan resin, aduk resin secukupnya dengan talk dan pewarna (biasanya digunakan warna merah atau oranye). Masukkan pengeras dan segera tuangkan ke dalam botol sampai penuh. Setelah mengeras, cat ulang seluruh permukaan botol dengan cat semprot berwarna merah atau oranye. Gantung dan biarkan cat mengering untuk dilanjutkan ke langkah berikut. (Foto 5)

    Langkah 4 : Memasang accessories

    Potong sedotan menjadi 2, selongsongkan ke kaki gantung dengan cara dipadatkan. agar kaki gantung betambah keras tetapi tetap fleksibel. Pasang kili-kili ukuran kecil di ujungnya dengan melipat sebagian ujung tali dan ikat dengan kawat stainless.

    Potong sendok makan jadi 3 bagian dengan menggunakan gunting seng atau alat sejenis. Gagangnya 1 bagian, yang lebarnya potong/belah jadi 2 bagian memanjang. Lubangi salah satu ujungnya dengan paku dan gantungkan pada kili-kili dengan menggunakan kawat stainless.

    Pasang kili-kili ukuran besar di ujung tali leader yang nantinya akan disambungkan ke tali utama. Umpan siap digunakan. (foto 6 & 7)

    Pada awalnya, umpan berbahan bola plastik atau cangkang rajungan disi resin, dijual di Ujung Genteng dengan harga Rp. 100.000,-. Saat ini nelayan membuat sendiri dengan modal dibawah Rp. 30.000,- , Umpan dari botol plastik isi semen, jauh lebih murah dengan hasil pancing tidak berbeda dengan yang lainnya. Bogor, 18 Oktober 2012. (foto
    Attached Images
    Last edited by torocbrm; 22-10-2012 at 13:47.
    085710371317

  2. badungpapak's Avatar
    badungpapak is offline RegularFishy badungpapak is just really nice badungpapak is just really nice badungpapak is just really nice badungpapak is just really nice badungpapak is just really nice
    Real Name
    D. Dermawan (Wawan)
    Join Date
    May 2011
    Location
    Belakang Fishing Valley Bogor
    Posts
    329

    mantap infonya mbah . . .. dijual berapa satunya mbah .. . ? kalo bikin sendok di rumah ntar abis di pake percobaan heheh . . .

  3. torocbrm's Avatar
    torocbrm is offline RegularFishy torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of
    Real Name
    Kusumantoro
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Bogor
    Posts
    1,200

    tidak di jual ....... nelayan sudah pintar bikin sendiri.
    085710371317

  4. ewinx's Avatar
    ewinx is offline RegularFishy ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of ewinx has much to be proud of
    Real Name
    edwin
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    bandung
    Posts
    873

    wah akhirnya kelar juga nich tips nya....izin copas ya mbah
    ◙♂♀♪♫☼ Looking 4 Babon ♣♠•◘○☺☻♥♦

  5. mlengkungz 2's Avatar
    mlengkungz 2 is offline RegularFishy mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of
    Real Name
    urfan
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Bintaro jaya - Jakarta
    Posts
    678

    Ijin copas ya mbah untuk bikin artikel hehehe
    My facebook Account : Urfan Panji Putra
    Kalau ada empang diladang, Boleh kita menumpang Mancing.

  6. torocbrm's Avatar
    torocbrm is offline RegularFishy torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of torocbrm has much to be proud of
    Real Name
    Kusumantoro
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Bogor
    Posts
    1,200

    Siliahkan .... dibuat untuk umum.
    085710371317

  7. Edisintak is offline RegularFishy Edisintak is a jewel in the rough Edisintak is a jewel in the rough Edisintak is a jewel in the rough Edisintak is a jewel in the rough
    Real Name
    Edi s
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Sumbawa barat-Belitung
    Posts
    260

    @.om Toro,,bagus sekali tips umpan dan cara mancing gurita ini,kalau mudik mau saya coba nanti.Oya om,di tempatku aku biasa jg mancing gurita,hanya cara, peralatannya,dan lokasi mancing aja yg beda.Alat pancingnya dari rotan yg di raut sampai tipis sebesar lidi daun kelapa sepanjang 40-50cm.Kemudian ujungnya di pasang stopper.Utk umpannya di pakai kepiting bakau/kepiting batu yg di buang cangkang dan kaki2nya.Kemudian dari bekas bekas potongan kaki2 kepiting tsb di masukan ujung rotan tadi,di tarik sampai kepitingnya sampai di stopper.Bisa di pasang 1 atau 2 ,tergantung besar kepitingnya.Utk spotnya,di daerah pantai berkarang pd saat air laut surut.Ciri2 lobang/celah karang yg ada penghuni guritanya,biasanya sekitar lobang atau celah tsb ada bekas2 cangkang,atau bagian tubuh kepiting.Masukan rotan yg sudah di pasang umpan tadi ke lobang tsb pelan2.Kalu sdh terasa ada yg narik ke dlm lobang tadi,tahan sambil di tarik pelan2 keluar.Setelah nampak mata gurita,tombak/tusuk cepat2 dgn besi runcing yg memang udh di siapkan sepanjang 30cm,sebesar jeruji sepeda motor,kemudian tahan,sambil di tarik kepala guritanya,,salam,,

  8. Wahyu Kusuma's Avatar
    Wahyu Kusuma is offline RegularFishy Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future Wahyu Kusuma has a brilliant future
    Real Name
    wahyu kusuma
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    jakarta pusat
    Posts
    1,874

    Mangcappp mbahhhhh, nice tipssss,,mau coba akhhhh ntar
    mau sehat dan enak ??????? yach mancing
    089608179480

  9. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,699

    keren.euy, haturnuhun tipsnya bah...., gurita dapet bisep juga jadi gede nih.

    and when it's over
    i know how it's gonna be
    and true love will never die
    no...not fade away........
    (van halen/balance album )

  10. Mas Bambang's Avatar
    Mas Bambang is offline RegularFishy Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold
    Real Name
    Bambang
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Doha-Qatar
    Posts
    1,567

    Keren mas.... Sayangnya di Qatar gak pernah liat gurita. Paling banter cumi atau sotong. Kalo sotong kadang yang ketangkep lumayan gede, bisa sampe 2kiloan.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Memancing Gurita
    By torocbrm in forum FishyReport
    Replies: 26
    Last Post: 15-10-2012, 12:55
  2. Replies: 6
    Last Post: 17-10-2011, 17:17
  3. cara mencari gurita
    By bayu s in forum FishyBait
    Replies: 36
    Last Post: 19-03-2011, 15:25
  4. cara membuat spoon
    By adi erdiyanto in forum FishyTackle
    Replies: 34
    Last Post: 30-03-2010, 19:20
  5. Cara membuat ongol2
    By wongcerbon in forum FishyPond
    Replies: 23
    Last Post: 10-08-2007, 16:54

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts