Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Tips And Trik

  1. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips And Trik

    forum ini khusus untuk trik-trik memasak, jadi bila ada yang ingin menyumbang tips dipersilahkan namun jangan post komentar karena akan langsung saya delete, bila anda ingin mengapresiasi cukup tekan timbangan dan kirimkan kolor ijo, dan bila anda tidak setuju anda bisa lagsung kurangi saja kolornya he...he...he...
    Who say's fisherman can't cook

  2. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 01
    Saya sering melihat orang pergi mancing bawa minyak goreng satu-dua liter sekali mancing, mengingat sekarang ini harga minyak goreng selangit jadi ada cara supaya hemat jadi kalau membawa minyak goreng cukup 6 sendok makan untuk 4 kali menggoreng caranya adalah sebagai berikut.

    Bawalah daun pisang yang sudah kering sebanyak 2x nya, nah ketika anda ingin menggoreng ikan alasilah wajan dengan daun pisang kering tadi kemudian olesilah permukaan daun pisang tadi dengan 1.5 sendok makan minyak goreng sampai rata kemudian masaklah ikan tersebut dalam api kecil-sedang lalu gorenglah seperti biasa sampai matang, silahkan mencoba.


    (ps: terimakasih kepada teman-teman dari medan yang sudah mengajari saya cara ini)
    Who say's fisherman can't cook

  3. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 02
    Untuk menggoreng ikan yang baik agar renyah kulitnya namun tidak terlalu kering didalam dan menghindari ikan lengket di wajan (bila tidak pake teflon atau marble pan), diperlukan minyak goreng yang cukup panas , untuk mengetahui minyak sudah panas atau belum masukkan sumpit bambu ke dalam minyak, bila keluar gelembung-gelembung udara cukup banyak berarti minyak sudah panas, bila masih satu-satu atau tidak keluar gelembung sama sekali berarti minyak belum panas.
    Who say's fisherman can't cook

  4. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 03
    Bagi yang senang mancing lele, dan ingin memasaknya pasti terkadang bingung untuk menyianginnya karena takut kepatil, kalaupun dibiarkan sampai mati kok nggak mati-mati he...he...he... ada cara mudah agar lele cepet koit tanpa kita menjadi penjagal, masukan lele kedalam ember kemudian masukkan 3 sendok garam dan 1 sendok cuka lalu tutup ember diamkan 30 menit ,lele akan beristirahat dengan tenang untuk selama-lamanya. selain itu lele tidak akan amis dan lebih gurih.
    Who say's fisherman can't cook

  5. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    tips 04
    Dalam resep masakan saya banyak menggunakan petai (karena saya seneng petai) nah bila anda beli petai dalam jumlah banyak terkadang nggak habis sekali masak (siapa juga mau ngabisin petai banyak-banyak bisa pingsan satu desa) nah supaya petai awet dan tidak busuk coba cara berikut ini rendam petai dalam air yang diberi sediiiiiiiiiiikit garam lalu tutup, ganti air setiap 2 hari, nah petai anda bisa tahan sampai 3 bulan, asal nggak bosen ngganti airnya aja (tanks mom atas sarannya)
    Who say's fisherman can't cook

  6. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 05
    Siapa yang tak pengen sekali-sekali makan ikan goreng kering garing kriuk, namun ketika kita membuatnya terkadang cuman beberapa saat saja setelah digoreng kondisi ikan goreng kering dan kriuk setelah disimpan beberapa saat kembali lemas dan letoy. Gimana supaya ikan tetap greeeeng dan tidak letoy, begini caranya
    Ambil panci tuangi air sedikit 1/8 panci kemudian tuangi cuka kira 2x setengah sendok teh, garam 1 sdt dan merica 1/2 sdt setelah itu masukkan ikan diamkan 10 menit angkat dan tiriskan kemudian bumbui dan goreng sampai garing, ikan akan tetap garing, kering dan tegak perkasa jadi tidak letoy lagi
    Who say's fisherman can't cook

  7. terajana's Avatar
    terajana is offline RegularFishy terajana is on a distinguished road
    Real Name
    herod hadi
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    18

    aku numpang ngisi yah...

    ini tips buat orang yg alergi mamam seafood tapi ngiler mau nyobain (apakah itu udang,kepiting,dll)

    misalnya mau makan udang (tapi alergi udang)...ambil aja arang kira2 5X5 cm ato lebih banyak (kalo takut bgt) trus rebus deh tuh udang kalo udah selesai buang air rebusannya sama arangnya... gampangkan

    arang buat rebusannya bisa menyerap zat2 yg bisa bikin orang alergi

  8. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 07

    Sebenernya sudah pernah saya tulis, tapi saya tulis lagi disini supaya nggak terpencar-pencar

    Tips mengatasi Bau lumpur pada ikan empang (bandeng,mujair,mas,patin) goreng

    terkadang kita sehabis mancing ikan di empang, ingin langsung menggoreng dan menikmati bersama keluarga istri atau simpenan atau bahkan tetangga, namun ada kalanya ikan tersebut setelah digoreng keluar bau lumpur yang mngganggu,sehingga mengurangi kenikmatan dalam menyantapikan tersebut, nah supaya ikan anda tidak terlalu bau lumpur, ketika hendak mulai menggoreng ikan masukan dulu 1-2 lebar roti tawar kedalam minyak, baru kemudian masukkan ikan lalu goreng seperti biasa hingga matang, moga-moga ikan anda tidak begitu bau lumpur lagi selamat mencoba ( terimakasih kepada bu de atas tipsnya)
    Who say's fisherman can't cook

  9. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 08

    Barusan di fishy talk ada yang nyebut mancing belut, kemaren juga baru aja makan belut fumak di restoran pinggiran Jakarta, dan ternyata masih bau amis, sebenernya ada cara jitu untuk mengolah daging belut agar tidak bau amis dan tidak berlendir banyak. Mmemang sih caranya agak merepotkan tapi efektif

    Pertama-tama bersihkan belut sampai bersih, bagi yang tidak kuat lihat darah mending suruh orang lain bersihin deh, karena darahnya buanyak bener. Setelah dibersihkan gosok 2x belut dengan menggunakan abu gosok agar lendirnya keluar ,setelah itu cuci dengan air sampai bersih dan tiriskan.
    Kemudian ambil 1 kilo timun dan di parut, ambil belut yang sudah dibersihkan pukul 2x dengan ulekan sampai megar atau sampai tulangnya patah sehingga bentuknya nggak bulet 2x amat, lalu masukan belut/lindung tadi ke dalam parutan timun aduk aduk sambil diremas-remas kira-kira 15 menit, angkat bersihkan , belut siap diolah tanpa bau amis. (Terimakasih pada leluhur atas ilmunya)
    Who say's fisherman can't cook

  10. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Tips 09

    Tips 08 bagian timun parut untuk menghilangkan amis juga bisa dipakai untuk cumi dan gurita
    Who say's fisherman can't cook

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. BARONANG MANIA CENTRE
    By KeaKea in forum FishyTalk
    Replies: 53
    Last Post: 29-01-2010, 09:16

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts