Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Resep ikan penambah nafsu makan anak

  1. situsgratis3in1's Avatar
    situsgratis3in1 is offline RegularFishy situsgratis3in1 is on a distinguished road
    Real Name
    Fredy
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Tangerang
    Posts
    45

    Resep ikan penambah nafsu makan anak

    Suhu2 sekalian, bagi2 ilmunya donk bikin resep ikan yang dapat menambah nafsu makan anak. Pake ikan jenis apa? Anak gw masih 1,5 taon, susaah banget makannya. Thanks..
    Save our earth. Go green..

  2. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    Pak,

    Saya gak tahu tuh resep penambah nafsu makan. Kalau cara orang jawa, sih dikasih minum jamu temulawak, atau jamu air perasan daun pepaya, atau masih ada banyak lagi jamu-jamu yang lain. Biasanya terus mau makan....

    Tapi, saya juga ada pengalaman tuh Pak, anak sulit banget disuruh makan. Bahkan sampai sekarang juga kadang masih sulit. Anak saya sekarang sudah hampir 4 tahun sih. Tapi saya selalu ajak dia makan bareng-bareng kami semua, dan bukan disuap sambil diajak jalan-jalan / main-main. Terus, kalau dia nggak mau, saya nggak pernah paksa. Biarkan saja dan jangan dimarahin, tapi dikasih tahu aja, nanti kalau nggak makan, bisa lapar, bisa sakit, nggak bisa main... (nggak bisa melakukan yang dia senangi), nggak bisa seperti tokoh idolanya... dsb-dsb. Bisa juga dikasih tahu, kalau nggak makan nasi nggak bisa dapat dessert es krim, misalnya. Dan yang penting, kita kudu konsisten. Sepertinya anak akan belajar dengan sendirinya.

    Kebetulan, apa yang saya lakukan itu lumayan manjur. Sekarang anak saya sudah mau makan walau emang masih agak sedikit sulit. Tapi itu perlu waktu lama dan kita kudu sabar dan telaten sekali, jaga emosi, pokoknya settingan di kepala kita kudu super longgar dan tabah serta tawakal...
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  3. situsgratis3in1's Avatar
    situsgratis3in1 is offline RegularFishy situsgratis3in1 is on a distinguished road
    Real Name
    Fredy
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Tangerang
    Posts
    45

    Thanks atas infonya. Berguna banget. Btw, gw pernah denger minyak and ikan bisa nambah nafsu makan. Misal minyak ikan Cod. Bener ga seh? Or semua jenis minyak ikan bisa nambah nafsu makan? Trus masaknya gimana ya biar kandungan minyak ikannya ga rusak?
    Save our earth. Go green..

  4. rampok_ikan's Avatar
    rampok_ikan is offline RegularFishy rampok_ikan is on a distinguished road
    Real Name
    onesimus dwiputra
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Sunter-Jakarta Utara
    Posts
    278

    salam kenal bro...kl boleh saran, protein paling oke itu setau saya dari tenggiri (ikan lokal yah)...n cara masaknya ga gitu susah.biar ga rusak kandungan minyaknya, cukup di tim aja.pake bawang merah(diiris tipis n tebarin ke seluruh tubuh ikan, kecap asin secukupnya, kecap ikan secukupnya.ini kan buat anak.kl buat bokap nyokapnya bisa ditambahin irisan cabe rawit...hehehehhe...inget ya di tim atau di steam.dengan cara ini protein ga bakal rusak krn ga ada minyak goreng dll.semoga bermanfaat bro...
    DIE HARD >>> FISHING EVEN HARDER!!!

    CONTACT ME @9498-58-68/089-900-911-80

  5. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Memang susah-susah gampang ngadepin anak susah makan. Anak daku juga begitu susah sekali makan. Apa yang dikatakan om Silver benar memang perlu kesabaran tap coba perhatikan deh setiap anak punya sesuatu yang bisa kita manfaatkan agar mau makan misalnya contoh kasus om Silver dengan es krim, lain lagi dengan anakku dia suka ngemil maka daku coba buat makanan yang cocok dengan kesenangannya kebetulan bahan dasarnya ikan resepnya gampang kok

    Ikan stik

    Ikan tengiri atau tongkol di filet 250gr
    madu 5 sdm
    tepung beras 250 gr
    tepung bumbu 250 gr
    mertega 3 sdm
    Minyak goreng secukupnya
    garam secukupnya

    Cara membuat :
    ikan diiris berbentuk kubus l/p/t 0.5cm/5cm/0.5cm
    Lalu dikucuri anggur kolesom dan garam atau campur dengan garam dan jeruk nipis hingga merata, diamkan 5 menit kemudian lumuri dengan madu tiriskan dan diamkan sejenak masukan dalam campuran tepung bumbu dan tepung beras lalu goreng dengan minyak panas sampai matang selesai.

    PS: Gunanya tepung beras adalah agar gorengan menjadi krispy dan mengurangi rasa tepung bumbu yang terlalu asin
    Who say's fisherman can't cook

  6. silver_sanma's Avatar
    silver_sanma is offline RegularFishy silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of silver_sanma has much to be proud of
    Real Name
    Lorensius
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Osaka, Japan
    Posts
    2,286

    [quote=alphonsus;244803]ikan diiris berbentuk kubus l/p/t 0.5cm/5cm/0.5cm[quote]
    Om Alphon, sejak kapan ukuran kayak gitu layak disebut dengan kubus hi.. hi.. hi....

    Lalu dikucuri anggur kolesom dan garam atau campur dengan garam dan jeruk nipis hingga merata, diamkan 5 menit
    fungsinya? biar nggak amis atau ada maksud lain? misalnya biar bisa "kriuks" gitu....

    kemudian lumuri dengan madu tiriskan dan diamkan sejenak
    fungsinya?

    em, kalau dikasih madu kan jadi manis, kalau digoreng apa ngaak jadi cepet jadi item/gosong?

    Maaf, banyak tanya, sebab ingin coba aja... terus ikannya bebas ikan apa aja atau tertentu?
    Rgds,
    s_s (sabiki.multiply.com)

    [B]...heaven only helps who help themselves...[/B]

  7. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Om Silver

    Fungsi anggur kolesom adalah untuk menghilangkan bau amis om (hasil eksperimen pribadi) namun kalau nggak biasa pakai minuman seperti itu bisa diganti jeruk nipis (cara biasa menghilangkan amis), kalau tentang madu. Madu ini dilumurkan ke ikan lalu ditiriskan kemudian dicemplungin ke tepung om ya fungsinya mirip-mirip putih telor lah tapi menimbulkan rasa manis . Karena dia tertutup tepung jadi nggak gosong om. Tapi saya juga belum pernah nyoba kalau digoreng langsung nggak pake tepung . Jadi saya kurang tau apakah kalo pakai madu langsung digoreng sama pengaruhnya dengan kalo pake gula, nanti saya coba deh. Cuman yang perlu diingat harus memakai madu yang asli jangan yang campuran. Kadang 2x saya tambahin merica, bubuk cabai sama penyedap juga sih kalo buat yang gede-gede.

    PS: Pada dasarnya ikan apa aja bisa sih tapi, aya pernah pake kakap merah tapi kok rasanya kurang gimana gitu ya, tapi itu selera sih
    Who say's fisherman can't cook

  8. rampok_ikan's Avatar
    rampok_ikan is offline RegularFishy rampok_ikan is on a distinguished road
    Real Name
    onesimus dwiputra
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Sunter-Jakarta Utara
    Posts
    278

    fon...itu anggur kolesom kl banyakan boleh ga??jd kyk bikin udang mabok gitu lah...hahhahaha...sapa tau aja bisa "pleng-pleng" abis makannya...huahuahuahuahauhau..kaboeeerrr....

    eh iya besok tgl 11 jadi noh...kumpul di hotel danau sunter ye..besok gue confirm ke semua peserta.
    DIE HARD >>> FISHING EVEN HARDER!!!

    CONTACT ME @9498-58-68/089-900-911-80

  9. alphonsus's Avatar
    alphonsus is offline CHEFishy alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold alphonsus is a splendid one to behold
    Real Name
    Alphonsus
    Join Date
    Oct 2004
    Location
    Pondok Gede, Bekasi
    Posts
    899

    Nggak ngefek bro fungsi anggur kolesom kan cuman buat ngilangin amis yang tinggal paling aromanya aja begitu dimasak tuh alkohol ya langsung menguap, bahkan hampir tidak meninggalkan bekas apapun efek yang ditimbulkan cuman bau amisnya ilang gitu aja sih. Namun kalo dikau makeknya 3 botol sekaligus mungkin ada efeknya juga sih (1/4 botol dipake buat masak sisanya ditenggak) Hua...ha...ha....
    Who say's fisherman can't cook

  10. situsgratis3in1's Avatar
    situsgratis3in1 is offline RegularFishy situsgratis3in1 is on a distinguished road
    Real Name
    Fredy
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Tangerang
    Posts
    45

    Mm, ada ga ya selain anggur kolesom n jeruk nipis buat ngilangin amis pada ikan? Gw pernah dengar ada teknik tertentu mengolah ikan segera setelah dapat ikan pancingan supaya ga jd amis. Btw, resep itu khan buat anak yang agak gedean. Anak gw giginya baru dikit. Ada ga resep ikan yg lebih "soft" buat anak dibawah 2 taon?
    Save our earth. Go green..

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. [Bukan Resep, Cuma Foto]Ikan Fugu / Ikan Buntal
    By silver_sanma in forum FishyDine
    Replies: 8
    Last Post: 05-11-2007, 01:40
  2. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  3. Budidaya Ikan Tuna
    By dwihartanto in forum FishyRonment
    Replies: 9
    Last Post: 29-12-2004, 09:21
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts