Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: FAQ GPS dan Fish Finder (rangkuman dari trit2 yang ada di sini)

  1. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    FAQ GPS dan Fish Finder (rangkuman dari trit2 yang ada di sini)

    Sebelumnya saya perkenalkan diri saya dulu, nama saya arif, ‘nyasar’ kesini gara2 mo nyari info tentang gps dan ff nya yang rencananya mo pakai untuk nelayan. Jadi saya rencananya pinjem ke koperasi terus beli kapal kayu seken yang dah lengkap dengan mesin + kopel dan baling2nya. Terus beli GPS dan FF nya. Yang mengoperasikan bukan saya, tapi nyuruh orang lain. Saya sih tetep dikerjaan sekarang, itung2 buat usaha sampingan.
    Cari2 info disini FishyTronic - FishyForum ternyata sangat membantu saya dalam hal GPS dan FF dengan segala macem tips, info, yang baru pertama kali ini saya tau (saya tau GPS dan FF aja memang baru2 ini, bahkan realnya barang tersebut belum pernah megang, heheheh ...) .

    Jadi selama 2 hari ini secara intensif saya mencari, mengumpulkan informasi yang ada di sini. Terus jadi kepikiran, saya paling tidak buka 5 halaman dari daftar trit disini dan paling tidak 25 trit yang saya baca di sini yang pertanyaan nggak jauh2 dari [ask] fish finder, [ask] tanya GPS dunk, [ask] mending mana GPS a atau GPS b ?, [ask] komparasi GPS x, y, z ? dan pertanyaan2 laen yang sejenis, saya merangkum sebagian trit di sini beserta komentar dari sini, biar apa ? biar saya pribadi punya catatan (saya cetak sampe 14 halaman), juga biar yang baru mau cari info kayak saya bisa ke trit ini dulu untuk mencari info yang umum sebelum buat trit yang lebih spesifik. Yah semacem FAQ gitu dah dalam hal GPS dan fish finder walaupun tidak mencakup secara detail.

    Saya sangat berterimakasih kepada orang2 yang dengan sukarela membagi ilmu dan pengetahuannya dari komentar dan pendapatnya yang telah saya rangkum disini. so, berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan :

    @moderator : sticky please ...

    Pilih GPS standar atau GPS Map ?
    Yang bingung mau beli GPS standar (layar polos gak ada peta, kontur, cuman koordinat doang + fitur standar aja) atau beli yang GPS Map (ada peta baik peta jalan atau peta kontur) ??? liat disini buat pertimbangannya.
    A. ada mapnya juga enak kalo cruising bisa tau dimana ada karang2 dangkal, dimana ada lampu mercusuar, ada kapal karam dsb...
    A.1. Beneran ya bisa tau ada karang2 dangkal, lampu, kapal karam dsb ?
    A.2. Benar Pak, walaupun tdk 100% tepat paling tdk lumayan lah. Kita bisa melihat contour depth/perbedaan kedalaman di suatu area, tanda suar/lampu, posisi pulau dll.
    HP / PDA / Laptop buat GPS bisa gak ?
    Pertanyaannya dari : HP bisa gak dijadiin GPS, kalo bisa HP apa aja yang bisa, terus petanya (misalnya peta biru aka blue chart) gimana bisa di isi ke HP gak, fitur GPS dan A-GPS apa bedanya ??? mmm ... banyak juga pertanyaannya coba liat jawaban2 di bawah ini mungkin bisa mengobati rasa penasaran anda.

    A. sebenarnya bisa saja, tapi apa gak sayang PDA-nya rusak karena PDA tidak didisain untuk aktivitas ekstrim seperti mancing di laut. sebaiknya gunakan yang emang untuk marine seperti Garmin GPSMAP 76csx (hand held)

    B. Nubi pake Nokia 6210 Navigator. Fasiltas GPS, Map (jawa only). GPS pernah coba di sekitar P. Pari masih oke dan dicocokan koordinatnya dgn GPS Garmin persis sama. Masalahnya N6210 ini cuma pakai 4 satelit, jadi kadang bolot dapat sinyal dari satelit dan bolot nyari koordinatnya.

    C. gps itu ga perlu provider. perlunya satelit. artinya, semuanya gratis. kalo di laut, biasanya gps garmin 60csx bar nya penuuuh, karena ga ada halangan apa2 ke langit (asumsi langit cerah ni yee, ga berawan, ga ujan..). akurasinya berkisar antara 3-5 m.

    D. a-gps itu assisted gps. perlunya provider, artinya bayar. bedanya, kalo ga salah, a-gps ini masih bisa 'baca' satelit walau dari dalam rumah (ketutupan genteng dll) dengan akurasi memadai. jadi misal kita nyupir ke bawah / basement, selama bisa dapet sinyal provider (xl kek, indosat kek..), itu gps masih bisa nunjukin koordinat, padahal si gps murni udah tiwas ga dapet sinyal satelit. kalo di laut sih, buat apaan a-gps? wong atasnya (langit) udah kebuka blong gitu..

    E. nah, kita perlu pake a-gps untuk apa? ini kita yg bisa jawab. kalo liat speknya sih, mustinya, yg a-gps lebih mahal daripada yg gps murni. satu lagi yg musti di perhatiin: di indonesia, garmin merajai dunia gps seperti nokia jadi raja di dunia henpon.
    biar rapi dan enak bacanya, di quote lagi...

    F. Maaf jika ud telat jawabnya .,, Prinsipnya begini jika mau dipasangkan peta laut garmin atau bluechart... Yg penting HP nya ada GPS , aGPS , External GPS (bluetooth) dan HPnya ber OS Pocket PC . Misalnya PDA2 yg ber OS poket PC.... Jika HPnya berOS Symbian.....cuma bisa pake Garmin Mobile XT . Jika HPnya ber OS PPC , tentu bisa Garmin Mobile XT atau Garmin iQUE.
    Nah Garmin iQue utk dpasangkan peta Bluechart , akan lebih bagus, daripada Garmin Mobile XT yg dipasangkan peta Bluechart....

    G. Jika udah pake PDA apa saja ber OS Pocket PC lebih baik dipasangkan Garmin iQue dan dipasangi peta Bluechart...
    Kenapa harus Garmin iQue..., karena bila dipasangkan Garmin Mobile XT peta laut Bluechart tidak tampil maximal, banyak informasi2 yg terdapat pada peta bluechart tidak ditampilkan, misalnya pasang surut , kedalaman dll... Karena GMXT lebih cocok utk peta travelling di darat.

    H. Nokia E73 gimana bisa gak ?
    Garmin iQue , ini program gps utk di PDA berbasis PPC atau PALM saja... utk selanjutnya garmin mengeluarkan program baru Garmin Mobile XT , Nah...GMXT ini lah yg sptnya dilanjutkan garmin...sedangkan ique sama saja dgn updatenya GMXT....
    Jadi bila mengharapkan iQue terinstall di Nokia yg berOS Symbian...sepertinya belum ada...
    Jika anda pake PDA ber OS PPC kebalikannya...anda bisa install ique atau GMXT.
    Jika kita pake HP ber OS Symbian, sptnya hanya MobileXT yg manja bisa di dinstall...hehehe

    I. Klo HTC gimana tuh ?
    si hape ini pemain baru, trus terang ga tau gimana unjuk kerjanya. 'otak' untuk gps di garmin tipe2 terakhir pake sirfstar iii, atau mtk. nah, di hape ini ga di sebut otak gpsnya apaan. musti di tanya sama penjualnya tuh.

    J. Untuk Nokia 6110 & N95 sdh build in GPS receiver dan seperti GPS stand alone lainnya harus dipakai di tempat terbuka. Sebagian program GPS dari Nokia memang hanya sementara (Navfone) dan sesudah lewat masanya tetap masih bisa dipakai, hanya sebagian featurenya aja yg ngak bisa seperti voice guide real time navigation, memandu jalan short cut, dll. Tapi untuk memory posisi, menghitung tujuan dan map masih bisa dipakai. Untuk di laut pakai aja Nokia map (freeware). Ada peta Pulau Jawa dll, cuma memang hanya base map aja, tapi untuk di laut ngak masalah, yang penting bisa simpan koordinat berikut keterangannya. Alternatif lainnya pakai program aplikasi gps lainnya untuk symbian S60 3rd edition yg banyak ditemui di internet.

    K. GPS N95 memang agak lambat menangkap satelit, 6110 lebih cepat.

    L. Waktu mancing cuma perlu bawa 1 gadget untuk semuanya (GPS, Tel, Camera, Camcoder & Music). Hanya siapin aja battery cadangan atau charger tenaga battery kalau ngak mau mati total.
    M. Kalau mau nunggu, N95 8mb black edition sebentar lagi keluar. Mungkin sinyal GPS nya lebih cepat nangkapnya.
    quote lagi ...

    N. kalo hp GPS nya nokia saya pernah pake di nokia 6275i tapi dah dijual, ngga ada gunanya buat gaya doang GPSnya krn sofwarenya yg jelek berbasis java jd ngga banyak pilihan sofware nya. kalo n95 / 6110 kan dah symbian lebih banyak pilihan sofwarenya, tp tetap lebih baik GPS handled lah biar nyemplung kelaut masih aman coba n95 nyemplung tinggal nangis bombay ngga bakalan bisa diservice kalo kena air asin tinggal pasang di pancing buat ganti timah hahaha

    O. Saya setuju dengan Mas Shoel dari Berau,..saya punya E90 dan G****N 76CSX. E90 ada juga fitur navigasinya, tapi kalo dibandingkan dengan GPS 76CSX, ngga ade ape2nye.... GPS 76 CSX kalo nyemplung nggak tenggelem dan ngambang dilaut, ringan dan petanya komplit. Pengalaman ane punya gagdet yang bisa multifungsi..beberapa featurenya serba tanggung dan fungsinya nggak maksimal

    P. Format koordinatnya beda gak klo di HP ?
    cara nulis itu formatnya macem2, padahal lokasinya sama. mungkin di nokia formatnya ddmmss, sedangkan di garmin formatnya dd.ddddd.
    sekedar info mengenai format, banyak yang ga ngerti soal ini, format posisi ada beberapa, tiap2 negara juga punya format masing2.
    garmin yang umum dipake format hdddmm,mmm" kalo punya garmin, konversi aja langsung di setup unit, otomatis dia kalkulasi sendiri.
    beberapa scientific calculator ada fasilitas untuk degree, minute, second, tinggal masukin angka2 aja trus convert.
    nah kalo lagi ga bisa konek internet, kalkulasi sendiri gini caranya:
    1menit = 60detik
    artinya kalo 5 derajat bujur timur 6 menit 6 detik ditulisnya: BT(E)005 06" 06.0'
    nah kalo dengan format hdddmm,mmm" itung2annya begini:
    derajat dan menit tetap sama, tapi detiknya beda karena 60detik sama dengan 1menit atau sama dengan 1,(koma)000menit,
    nah kalo 60 detik sama dengan 1,000 menit
    6 detik sama dengan 6/60 x 1000 = 100
    jadi ditulisnya: BT(E)005 06,100"
    untuk kebalikannya, silahkan cari sendiri itungannya.
    nah, yang gw liat kebanyakan HP pake format hddd,ddddd
    artinya derajat,(koma)persepuluhribu derajat.
    jadi ditulisnya BT(E)005,10167, dari mana asalnya?
    nah kalo 1 menit = 60 detik, dan 1 derajat = 60 menit artinya 1 derajat adalah 3600detik
    kalo 1 derajat = 3600 detik, 60 detik (1menit) sama dengan 0,01667derajat
    nah dari sini udah ketahuan kan kenapa BT(E)005 06,100 = BT(E)005,10167?
    masih bingung? bajunya dibalik coba...
    nah ini kesimpulannya (kalo ini kesimpulan dari saya sendiri )

    Q. Duh, pening juga bacanya nih jadi kesimpulannya gimana nih ?
    Pada dasarnya HP dengan fitur GPS bisa difungsikan sebagai GPS (terang dong kan udah ditulis klo ada fitur GPS nya, halah ...) liat pertimbangan di bawah :
    Kelebihan :
    • Lebih simple gak perlu beli alat GPS terpisah dan bikin bro keliatan lebih ‘keren’
    • Layar relative lebih mudah dibaca karena rata2 HP high end sudah memakai resolusi yang tinggi dan warna diatas 64.000 warna.
    • Dengan pemakaian software yang tepat bisa menggunakan peta2 dari berbagai developer ( blue chart, c-map, etc... )

    Kekurangan :
    • Gak waterproof, shockproof, rentan klo dipakai di kapal klo jatuh ke laut ... hmmm... tinggal ngucapin ‘gut bai mai lop’ sembari nangis bombay
    • Daya tangkap satelit rata2 maksimal 4 satelit (klo GPS ‘beneran’ bisa sampe 12 satelit). Kan cuman perlu 3 satelit buat tau lokasi ? iya bener, tapi klo lagi cuaca buruk pengaruh banget suka, gak ‘beres’ HP tu buat cek lokasi.
    • Fitur GPS cuman sekedarnya (kurang maksimal)

    Kesimpulan :
    • Mending beli GPS terpisah secara GPS ‘beneran’ memang di disain khusus untuk outdoor yang tahan banting dengan fitur yang maksimal, duit gak cukup dong beli HP yang high end klo begitu ? pake HP Nokia 3310 aja (old school mode : ON)

  2. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    isi di sini dah :
    Mending mana GPS garmin 76Csx / eTrex / 60Csx ?
    A. yang 76csx bisa mengambang di air pak, color dan mapsource bisa disuntikkan ke memorynya... Vista atau Generasi etrex lebih enak dioperasikan dgn 1 tangan. Apalagi utk bersepeda,Motor , eTrex Lebih enak drpd 60,76series.
    B. Khusus Vista HCX atau seri2 HCX lainnya, Chipset lebih sensitive dibanding seri CSX.
    Tapi sebenarnya antar etrex , 76 , 60 ga bisa kita bandingi... Soalnya mmg kelasnya beda... 76 lebih cenderung utk di laut...
    Ibarat si 76csx karena modelnya agak tua analoginya = Honda Accord 2005,dan si Vista HCX = Civic 2008 yg udah ada paddle shift ala F1...
    Walau accord kelasnya lebih tinggi...kalo diajak ngebut..si civic kemungkinan besar akan menang....
    ini hanya pendapat pribadi ku....hehehehe
    C. garmin gps76csx aja dah mantep, waterproof n isa ngambang, klo yg baru2 g isa floating
    D. GPS yang mantap 76csx, tapi yang lumayan bisa cek vista hcx, harga lumayan n performa ok.
    E. 76csx tampilannya masih jadul belom sekelas colorado yang baru..., tapi buat tahan banting 76csx jaminan pak..., isa ngambang, water n shockproof
    F. Saran saya kalau dana mencukupi beli GPS yang sekalian ada Fishfindernya mis: Garmin type 178 C ( harga 6,5 jt + 1,5 jt BlueChart/peta laut dijual terpisah ) .Kalau penggunaannya hanya untuk mengetahui posisi atau menandai hot spot saja, bapak bisa pilih yang ekonomis mis : Garmin type Etrex Hi ( harga 1,3 jt ) atau Garmin type 60i ( harga 2,2 jt ) dua type ini tdk bisa diisi peta laut .
    Untuk type diatasnya spt Etrex Vista Hcx , Garmin 76csx , 60csx biasanya digunakan bersama dengan peta laut / blue chart harganya semua sudah diatas 3,5 juta tanpa peta laut

    GPS + Fish Finder (combo) yang bagus apa yah tapi .... murah ?
    Susah sekali cari barang murah tapi fitur bejibun, tahan lama, tahan banting, tahan segalanya. Yang ada mungkin harga ekonomis dengan fitur yang cukup lengkap tapi gak murahan alias ‘worth to buy’. Lihat info2 disini :
    A. Pake Garmin 178C aja boss, GPS + Fish Finder, color lagi..., harganya sekitar 6 jutaan
    B. Saya lagi naksir 420s untuk combo... hehehe..tapi cita-citanya pengen Furuno FCV620.
    C. Pak, banyak manufaturer yang membuat kombo system ini. Memang praktis ya, GPS sekalian Fish Finder. Garis besarnya ada 2 jenis.
    Pertama adalah kombo yang bisa langsung disambung ke transducer, jadi tanpa perantara alat apa2 lagi. Hanya harus membeli transducernya saja, yang harganya mulai dari sekitar rp.600.000 sampai jutaan.
    Kedua adalah kombo yang harus menambahkan alat lagi diantara unit utamanya (kombo dari GPS dan F/F) dan transducer. Alat ini adalah semacam generator untuk sonarnya. Kalau memilih yang jenis ini, biayanya akan jauh lebih mahal, disamping harga transducernya, tambah lagi dengan kira2 3 jutaan rupiah untuk alat tambahan tsb. Ada yang menyebutnya sebagai "Black Box", kalau Garmin namanya GSD ada type 21 & 22, kalau tidak salah.
    Katanya berkat alat tambahan ini, penampilan bacaan dari sonarnya lebih baik detailnya.
    Silahkan cari2 saja diwebsite dari Garmin, Lowrance dan merek2 lainnya, pasti akan ketemu banyak jenisnya.

    Fish finder yang lumayan apa yah, FF 160C oke gak ?
    A. Om Chris, FF 160 c itu sebenarnya gak cocok lho utk di laut dalam, Kenapa? karena resolusi layarnya kecil sedangkan kemampuan sonarnya besar, jadi gambar yg ditampilkan juga gak maksimal.
    B. saya sih sampai saat ini pake ff 160c itu hanya sampai daleman 60mtr koq pak. tapi ga bisa beda2in itu struktur lautnya..
    C. Tampillannya kasar yah pak, soalnya saya dah liat punya temen saya, gambarnya kasar sekali. malah lebih halus punya saya yg lama yang masih b/w
    D. iya bener pak, kasar banget...
    malah nyesel saya belinya...
    btw bapak punya apa ya?
    E. Saya baru beli garmin FF 400c, lumayan lah buat laut sekitar daerah saya, masih terjangkau dengan sonarnya.
    F. Kalau kita paham cara baca sounder kita dan sudah terbiasa, kita pasti bisa bedakan struktur2 dasar laut, bahkan jenis ikan (livebait fish atau pun ikan besar spt kakap or kerapu jumbo) yg ada di layar pun bisa kita prediksikan dengan baik.
    lanjoottt ... yang ini penting nih :
    G. (yang ini bisa buat bahan renungan  ) : Saya setuju banget,cuma kadang saya liat orang hanya mementingkan harga dan tingkat tehnologi nya.
    Misalnya, ada 2 tipe konsumen, yang satu hanya kepengennya murah meriah tapi pas udah dibeli nyesel ternyata barang murah meriahnya ga berguna, yang satu mempunyai daya beli tinggi, maunya yang high end ujung2 nya nyesel juga karena banyak fitur barang yang dibeli ga kepake.
    Guys, saya pernah bilang kalau sesuaikan dengan kebutuhan. Anda mancingnya dimana? Kalau perairan indonesia yang kebanyakan laut dalam (40mtr +) jangan pake FF yang hanya murah. Pak fishy pernah bilang kalo ga salah ff garmin di indo ga kepake, dimatiin karena useless. Garmin laku di amerika dan australia karena banyak dipakai (di pasang di barra boat atau bass boat)di danau, makanya ada istilah thermocline. Mana ada garmin yang watt nya besar. Maximum yang saya tau 500 watt. Di perairan indonesia, minimum menurut saya harus pake furuno 600 watt (fcv 620) malah kalao bisa yang 1 kw. Karena yang di buru itu banyakan pelagic dan banyakan air dalam.
    Yang penting dapat ikannya, kalau anda beli ff asal asalan tanpa melihat kebutuhan, ya maaf pasti susah dapat ikannya.
    Ok ini sharing aja, sebenarnya saya malu juga nih ceritanya...dan saya ga pernah lagi ceritain pengalaman ini, cuma yah saya harap saya jangan diketawain yah...
    Dulu saya pernah mati2 an mempertahankan pendapat saya kalo B/W sounder itu ga jauh beda dibanding color sounder dan garmin 240 blue saya yang murah meriah sudah berjasa mendatangkan banyak ikan. Karena apa? Saya make FF itu hanya di laut yang cuma dalamnya maximum 15 meter dan dekat dengan pantai. Om jon mati2 an bilangin saya, kalau B/W itu useless. Saya bilang saya dapat ikan kok pake b/w, tapi guys, one day I went off shore ke bass strait untuk nyari hiu, garmin 240 blue saya nyerah disana, kadang gambarnya putus2, trus ga karu2 an, ada titik2 yang saya kira ikan tapi kok ga biting. Lalu saya ikut teman saya yang punya furuno fcv 620 ke spot yang sama di bass strait, bener2 keliatan bedanya, disitu saya dalam hati malu banget. So learn from 1 mistake. Setelah itu saya selalu pake yang color!! Jadi sorry nih om jon hehehehehe, maklum saya masih kecil ga mau ngalah hehehe
    But its ok, we are in a learning curve, setelah peristiwa itu saya beli fvc 620, puas banget setelah itu. Kapal saya jual saya pindahin ke seafox 2052, lalu karena orang yang beli seafox saya kepincut ama 620 nya saya jual sama kapalnya. Sekarang saya pake humminbird 787c2, kalau di perairan teluk di melbourne, cukup memadai saya suka resolusinya tajam sekali dan kalau cuma mau nyari kakap doang sih wah tokcer deh. Kalau buat off shore ga bisa, saya sudah coba.
    Fishfinder (video echo sounder)om jon yang tua itu (masih ada fotonya ga om?) bisa outfish any hybrid product (garmin, lowrance, humminbird, eagle) mungkin yah 200 to 1. Mungkin waktu itu om jon jualnya lebih murah dari pada anda beli garmin baru. Mungkin lho ya, hehehe kalo saya di indo saya mau tuh.
    masih berlanjut ....
    H. Pakai Vista HCX aja boss...kompas dan altimeter aktif...dan ultra sensitive (MTK Chip) Maknyuss...signalnya... Lebih tinggi akurasinya dari 76Csx atau 60Csx.
    Kalo dijalan...tempat agak terbuka...boleh dikatakan udah rata2 nilai HCX bisa dpt akurasi 3meter dgn mudah.
    Malah cuaca sangat bagus...di ruang tamu rumah saya...bisa dpt 3meter...
    Kalo 60csx atau 76csx cuma dpt 5meter paling tinggi.
    Tapi balik2 ke selera..saya sendiri ttp menggunakan 76csx...karena bisa ngapungnya itu yg bikin saya getol...
    Jamin kalo udah jatuh kelaut...masih bisa diambil...hehehehe...
    I. Wah boss Apobae sibuk dengan kecap Palembang, Etrex 3m, ya pak? Kecap dari Jakarta dengan 60CSX, 3m juga tuh! Bahkan kalau mobile bisa 2m accuracynya. Sekalian mau tambahkan, GPS unit malah lebih akurat apabila dalam kondisi bergerak, dibandingkan dalam posisi stasioner. Khususnya untuk akurasi dari altimeter satelitnya. Kalau akurasinya menurun saat bergerak, bagaimana pesawat terbang bisa memakainya untuk navigasi? Sekalian juga mau tambahkan, re-radiating antenna itu gunanya apabila kita memakai GPS tracking system. Bila kita tidak memakai tracking system, cukup memakai antenna GPS biasa atau yang aktif.
    J. Saya bandinginnya dgn posisi/lokasi yg cukup sulit lho...yaitu di ruangan depan rumah saya, dan tentu saya sangat hafal betul...nilai rata2 GPS2 yg saya jual di ruangan depan tersebut.
    Karena disitu saya sering oprek2 GPS yg saya jual.
    Tentu ini hanya sebagai pembanding umum saja....
    soal tehnis yg lebih dalam saya kurang paham...
    Saya test 3 GPS, 60Csx ,76Csx , Vista HCX.
    Kalo diruang depan rumah saya...sudah diluar kepala...76Csx 60Csx paling tinggi akurasinya 5meter...
    kalo 4meter belum pernah tertangkap di mata saya.
    Nah Vista HCX ini ruang depan rumah saya pernah ketangkap mata saya 3Meter,
    dan itu bukan sebentar tapi cukup lama sebelum berubah menjadi 4 atau meter.
    Walau besoknya saya test diruangan depan lagi....
    hasilnya ga dapet 3meter,mungkin cuaca waktu itu hujan rintik....
    Soalnya seiring VistaHCX ga dapet lagi akurasi 3meter,76csx dan 60csx juga menjadi lebih lebar akurasinya rata2 7-9Meter (waktu itu).
    Kalo dapet 2meter utk 76Csx saya sering...tapi disungai atau laut..walau ga lama...tapi sering..
    KAlo dijalan raya yg ada perumahan,pohon2 dll...paling hebat 4meter utk 76csx,60Csx,
    Sedangkan utk Vista HCX posisi diluar rumah....udah terlalu sering bisa dapet 3meter.
    Tetapi VistaHCX belum pernah saya bawa ke sungai ataupun laut.
    Btw,saya sendiri kurang menyukai Etrex family termasuk Vista HCX ini,
    walaupun bbrp user opinion menempatkan nilai 9 dari 10 , karena user interfacenya ntah mengapa sulit sekali familiar dgn saya.

  3. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    Pengertian Dual Beam, Dual Frequency, tips yang pengen beli Fish Finder, info Airmar Transducer :
    A. ada 2 frequency yang dipake di depth sounder, 200 khz dan 60 atau 50 khz, humminbird malah memperkenalkan 4 beam sounder cuma saya kira sih ga kepake. Yang umum itu dual freq. Bayangkan 2 kerucut (cone atau ice cream cone) yang satu gendut pendek yang satu tinggi langsing. Nah begitulah bentuk coverage sounder. 200 khz yang langsing, 50-60 khz yang gendut. 50 khz bisa mengcover area lebih luas tapi ga dalam kalo 200 khz lebih kecil areanya cuma lebih dalam jangkauannya.
    fishfinder yang active akan menembakan pulse ke dasar laut yang mana akan di pantulkan kembali dan hasil pantulan itulah yang ditampilkan di layar FF anda.
    Pantulan pulse itu akan memberikan gambar seperti apa bentuk dasar laut itu dan kedalamannya akan diukur berupa meter atau feet (1 feet 30 cm)
    Fungsi:
    Biasanya 50 khz lebih peka di shallow water (sampe 300 meter kalo ga salah, koreksi kalo salah) dan karena jangkauannya yang luas lebih sering dipake karena bisa deteksi bait fish, pelagic etc. 200 khz sebenarnya jarang dipake kecuali di laut dalam (500 mtr+) dan lebih peka biasanya untuk deteksi dasar laut. Saya biasanya kalo nyari snapper hole pake 200 hz karena contour dasar laut lebih jelas. Juga buat nyari ikan yang di dasaran. Karena pengalaman yang minim di perairan indonesia saya ga bisa kasih contoh banyak mungkin yang lebih pengalaman melototin fish finder di laut jawa lebih bisa ngasih input.
    B. Klo dual beam gimana operasionalnya ? bisa 200 doang, 50 hz doang atau bebarengan. Bebarengan juga bisa dalam 1 layar, atau split screen.
    C. Kira2 begitulah, tetapi juga tergantung dari transducer dan head unitnya. Ada F/F system yang memang desainnya untuk single frekwensi saja, yang otomatis transducer juga hanya single frekwensi. Unit seperti ini harganyapun lebih ekonomis dari yang dual/triple frequency.
    Juga perlu diperhatikan RMS/Peak power dari F/F, untuk pemancing hobby biasanya paling tinggi sekitar 400-600W RMS. Karena bila powernya sudah 1000w (1kW) keatas, harganya luar biasa tingginya.
    Juga untuk jangkauan kedalaman dari F/F sering produsen mengatakan utk power 500W RMS, 1500feet, kira2 450m, TETAPI tergantung dari kondisi air. Pengalaman saya untuk diperairan Banda, yang katanya kadar garamnya tinggi, sulit untuk bisa dipakai untuk lebih dari sekitar 300m. Dalam waktu dekat ini saya mau coba transducer baru, copper tru-hull dengan offset 20derajat. Kalau sudah ada hasilnya saya akan posting lagi dithread ini atau yg baru.
    Mudah2an jawaban yg agak panjang ini bisa membantu untuk yang baru akan membeli F/F. Karena produsen2 rata2 mencantumkan angka2 terbaik dalam iklan dan bahkan juga dalam spesifikasi teknisnya, lalu ada catatan2 dengan huruf kecil2 sbg tambahan, hehehe, kita sama2 taulah apa isinya!
    agi ade ...
    D. Kayaknya pengertian beam tidak equal dengan frequency. Beam secara kasar dapat saya artikan tembakan. Kalau FF kita hanya punya satu beam berarti hanya bisa menembak dengan satu frequency apakah 50 khz atau 200 khz. Apa yang ditembakkan? Yaitu suara atau bunyi. Suara/bunyi yang ditembakkan tersebut memantul dan ditangkap kembali oleh FF dan dicitrakan didalam layar FF kita. Kalau dual beam, ya otomatis punya kemampuan mendeliver dua frequency yaitu at 50khz dan 200 khz.
    Kalau triple beam apakah otomatis ada 3 frequency yang berbeda??? Dari website humminbird, FF yang mempunyai triple beam, mempunyai satu tembakan dengan frequency 200 khz,sementara 2 tembakan lain adalah dengan frequency yang sama 455 khz. Three beam ini hanya dimaksudkan untuk memperluas coverage pemantauan dasar laut yang berada dibawah boat kita Jadi triple beam tidak selalu menembakkan 3 frequency yang berbeda
    Quadra beam? Yaitu FF dengan 4 tembakan suara/bunyi dengan frequency yang berbeda-beda. Two beam dengan freq.455 khz, one beam dengan 83 khz dan one beam dengan 200 khz. Fungsinya adalah untuk memperluas wilayah pantauan dasar laut dibawah kapal kita.
    Lalu ada side imaging sonar,....teknologi ini merubah data sonar menjadi data digital dan mengkonversi data itu menjadi gambar seperti film atau foto. Seolah-olah kita melihat dasar laut secara real time.
    yang ini tentang airmar, menarik juga :
    E. Airmar adalah perusahaan yang memproduksi tranducer, semacam alat yang digunakan untuk menyalurkan tembakan frequency dari FF. Jenisnya bermacam-macam, saya punya FF Furuno FCV-620 yang menggunakan Airmar Transducer jenis/type B740, dual frequency
    F. Pak saya tambahkan ya, Airmar itu yang membuat hampir semua transducer untuk F/F yang ada saat ini. Dulu selalu dicantumkan merk Airmar disemua produk mereka tetapi beberapa tahun belakangan ini mungkin mereka OEM sehingga dicantumkan merk Produsen fish findernya
    masih mengenai beam :
    G. Untuk soal beam, kalo dari manual humminbird 787c2 saya, quadra beam itu mempunyai jangkauan 4 daerah atau 4 cones, yang mana setiap cone mempunyai frequency tersendiri. Pada fishfinder yang bisa dual frequency, ada pilihan yang mana user bisa memilih untuk 200 sendiri, 50 hz sendiri atau dua2 nya jadi 1 layar. Saya percaya kalao apabila user memilih dua frequency ter display dalam 1 layar, berarti transducer harus menembak 2x dalam bersamaan. Ibarat double barrel rifle. Saya juga kurang gitu jelas dalam hal ini tapi ngapain sih di perdebatkan yang penting kita tau frequency mana yang harus dipake pas saat mancing, 200 atau 50? Kan beres. Mungkin kalo mau lebih mendalami internet merupakan gudang informasi, search aja sendiri di google, pasti ketemu kok. Lucu aja debat soal ginian. Mau siapa kek yang buat transducer yang penting kita tau cara pakenya, we re not manufacturer anyway.

    Minta saran mending beli furuno fcv620 atau garmin 400c ?
    aku minta review fish finder diatas dong bagusan yang mana, soalnya itu kan watt nya sama2 500watt. aku sih tertarik dgn furuno fcv620 tapi harganya udah hampir 2x garmin 400c. kalo emang beda performannya ga terlalu jauh kan mending aku ambil garmin 400c untuk hematnya.. tolong ya teman2 berikan pendapatnya... thanx..
    A. Sekedar informasi, FCV620 itu layarnya 5,6" & output powernya 600WRMS, bukan 500W seperti Garmin.
    B. Seperti kata Fishy, saya pun menyarankan untuk beli Furuno, apabila dananya ada. Layar dan power lebih besar, laut ditempat anda kan dalam, siapa tau 100W extra itu yang anda butuhkan. Ditambah dengan software Furuno yang memang sudah terbukti ampuh untuk membaca sampai kedasar laut.
    C. Semua FF bisa membaca sampai 30 knot pun KALAU pemasangan transducer nya sempurna dan tidak terjadi bubbling waktu kapal jalan dgn cepat , untuk pemasang transducer spt. ini , harus menggunakan type bronze yang ditanam di hull kapal yang paling rata ( di tengah tengah lunas kapal ) dan posisinya harus didepan propeller ( paling banyak membuat bubble)
    Soal power nya tuh tidak terlalu beda antara 500W n 600W hanya saja produk Furuno umumnya mempunyai screen yg lebih bagus pixel count nya , ini yang membuat harganya lebih mahal dan juga Furuno boleh dibilang Mercedes Benz nya FF bersama JRC , RAYMARINE , SIMRAD , KODEN , etc. . Kalau GARMIN sih lebih populer di GPSMAP nya .
    D. Umumnya produck FURUNO tuh COMMERCIAL grade sedangkan GARMIN sudah pasti RECREATIONAL grade , jadi beda kelas .
    E. Biasanya kalau fishfinder yang komersial dijual tanpa transducer, supaya yang membeli bisa memilih sendiri type2 mana yang sesuai untuk kebutuhannya.
    Perbedaan dari transducer yang sensitif adalah dari jumlah elemennya dan juga dari yang disebut Q factornya, semakin rendah Q factor, semakin tinggi kepekaannya. Jadi bukan asal bronze transducer saja, karena bronze itu hanya material dari rumah elemen2nya. Sama sekali tidak ada urusan dengan sensitivitasnya. Banyak transducer single elemen yg biasa2 saja mempunyai rumah bronze. Karena bahan2 rumah/casing transducer umumnya terbuat dari plastik, bronze, stainless steel dan polyurethane, biasanya untuk jenis yang sama urutan harganya seperti itu juga. Jadi seperti jenis multi elemen seperti type 256/258/260 dll, bisa didapat dengan casing dari plastik, bronze dst..
    Ini bukan artinya transducer yang terikut pada paket2 fishfinder tidak baik, rasanya para produsen akan memberikan transducer yang terbaik sesuai dengan kelas harganya masing2. Asalkan kita sadar akan kemampuan dari fishfinder tsb dan juga memahami cara menterjemahkan arti dari gambar2 yang tampil, rasanya itu yang terpenting untuk bisa mengambil hasil optimal dari F/F kita.
    next quote ...
    F. Yang mempengaruhi bacaan dari FF : Bubbling bisa terjadi krn permukaan hull nya yang mengakibatkan bubbling tetapi titik putih ini bisa dihilangkan dgn menurun kan GAIN , hanya saja jadi tidak sensitive signal nya .
    G. Untuk mencari tandes , ada baiknya anda menggunakan SHIFT function , jadi konsentrasi and lebih ke bottom daripada dari permukaan sampai bottom . Dgn men-konsentrasikan dari bottom ke 10m diatasnya , bubbling tidak terlalu mengganggu .
    H. Mungkin dari sebegitu banyaknya FF , 80% mungkin menggunakan AIRMAR transducer krn perusahaan ini adalah OEM dari banyak perusahaan FF termasuk Furuno . Harga transducer yang High Performance sangat mahal , jangan kaget kalau bisa mencapai US$. 1000+ .
    I. Dulu saya pernah kepikir buat beli FF. Tapi setelah cari tahu, lalu coba coba pake FF murah dan bandingkan dengan FF 'beneran' akhirnya keputusannya mendingan duitnya disimpan aja, pake buat kebutuhan lain.
    J. hehehehehe bener tuh, beli FF jangan karena "murah" tapi musti sesuai kebutuhan. 150 mtr harusnya minimum pake fc620 600 watt dari furuno harganya sekitar $2000 disini retail di ebay mungkin bisa dapet sekitar AU$1500 an. Atau lebih kuran 10-12 juta rupiah.
    K. Pak tica, saya rasa garmin 240 blue ga mempan di perairan indonesia pak, disini saya pernah pake, kalo buat perairan yang airnya sekitar lebih kurang dari 20 meter sih ok cuma kalo untuk off shore sampe 40 meter aja udah "keok"
    L. coba cari di ebay, kalo mau yang lumayan sih sebenarnya saya lebih prefer lowrance dari pada garmin. HAHAHA adada aja gimana tuh masa bisa kepotong baling2.
    M. Pak tica, pake furuno aja deh, udah pasti ok itu mau dipake bertaun2 juga okeh. Cuma ya harganya lumayan. Saya pernah pake fcv 620, yahud bener, baru2 ini jualan fcv 585 punya bro in law layar 8.4" 1kw power, weleh.
    N. saya tahu bahwa FF yg bagus emang model-model furuno FCV, tapi saya juga pernah pake garmin 250 C..lumayan juga.... kapalnya wito di binu juga cuman pake garmin 250 c.
    Tapi bagi saya sih lebih baik ada sounder sekedar utk lihat kontur dasar daripada tidak ada info sama sekali..so mancing butaa .........he-he

  4. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    Pemasangan transducer, Apakah ff bisa bekerja optimal pada saat boat berjalan, sumber daya untuk FF ?
    A. Dipasang ditempat yang tidak mengalami turbulence n air bubble dari hull kapal , FF bisa berfungsi sampai kecepatan 30+ knot .
    B. Yang benar tuh permukaan transducer nya harus nempel dgn air , tidak perlu seluruh body transducer nya tenggelam . Styrofoam hanya sebagai pengapung agar transducer tidak tenggelam dan permukaan nya mengarah tegak lurus kebawah .
    C. Waktu saya test dgn FF kelas bawah, Speed kapal 6-7Kmh (tau dari GPS) masih bisa baca dasar air... Lebih dari itu...gambarnya kontur bawah langsung hilang.. Hanya temperature air saja yg masih terbaca... Tapi ga tau dgn FF yg mahalan...
    D. rasanya karna setelan gain ga pas, atawa penempatan yg ga tepat deh. sperti p jon bilang, kena gelembung2 yg di hasilkan saat kapal jalan. derajat kemiringan saat kapal diam juga musti di perhitungkan, sehingga saat kapal membuat sudut max saat di geber thdp permukaan laut, ff tetap dapat membaca kontur laut dengan bagus, tanpa terkena gelembung2 tadi (asumsi: setelan gainnya ga kelebihan atawa ke kurangan). nah.. untuk narok di tempat yg pas dengan sudut yg pas di kapal, hehe.. sama sekali blon belajar tuh .. bahan materinya jadi muahal banget euy sekarang..
    E. Hahahaha... iya nih...ini yg aku pengen test sana sini... Narok Transducer yg bagusnya itu...bikin jadi mahal...
    F. untuk penempatan kalau saya (karena ga punya boat sendiri) saya buatin pengapung, bisa dari sterofoam atau plastik, jerigen bekas minyak 5 ltr juga bisa, pasang aja di bawahjerigen, dengan catatan jerigen jangan bocor ya om. bisa juga pakai tingkat yang dilekatkan ke boat, tapi ga usah dibuat permanen kalo boatnya carter.
    G. saya lebih suka pake klem dan pipa aluminum, bisa portable sekali dan sembari jalan masih bisa dijalankan.
    H. Kalo saya untuk sumber daya ff saya menggunakan batere kering (drycell) dari ups. Beli aja ups 600va yang murah2 (mungkin kalo di jawa sekitar 350rb an), trus nanti dibuka, ada kabel yang dicolok ke baterenya ditarik keluar. Jadi posisi kabelnya diluar ups (kasi lubamg sedikit untuk tempat keluar kabel). Lumayan, bisa multifungsi upsnya, untuk komputer,trus kalo mau dipake di ff tinggal dilepas baterenya, bisa tahan sekitar 7 jam (yang 12v 7,2ah). Kalo baterenya udah soak, tinggal dipasangin lagi di ups, langsung diisi.UPS pake aja merk mentari atau kenika, murah meriah. Drycellnya yuasa 12V 7,2ah.

    Berbagai Tips beli yang mau GPS :
    A. Yang penting dari GPS itu kemudahan dipakai dan berwarna (kalo chartplotter), soalnya pada umumnya semua gps menawarkan feature yang mirip2 seperti, mark, goto, waypoint, tracking, highway mode, off course alarm, (ada beberapa merek yang menawarkan 3D view menurut saya sih ga perlu yah), waas/egnos compatible (ga usah dipikirin ga laku di indonesia cuma di amerika dan eropa aja), DGPS (ini juga, di australia bisa dipake karena ada land terminalnya, kalo belom ada yasama aja boong)
    Pilihannya juga ada 2, bisa internal dan external antenna, biasanya yang external lebih bagus signalnya kalo internal suka suka ilang signal.
    Beda dengan gps high end biasanya kalo gps high end ada fungsi radar nya, dan mahal sekali.
    Resolusi makin tinggi dan layar makin besar makin mahal.
    Kalo saya sih resolusi di layar ga gitu penting, cuma kosmetik aja, ya memang ngeliatnya lebih enak cuma ga penting lah. Mungkin screen kali ya, buat saya yang ideal itu sekitar 5-6" lowrance globalmap 5500 udah cukup misalnya, kalo mau garmin, garmin 178c udah lebih dari cukup atau garmin globalmap series juga dah cukup bagus. Garmin yang model baru tuh very good. Cuma ya itu pake mapsource hehehe cuma kalo memang yang fanatic garmin sih ga perduli.
    Kalo mau yang murah meriah dan gampang dipake, pake navman aja, tipe 5500c, beres.
    Kalo ada duit mau pake highend, pake lowrance 7600c (layar 10" resolusi tinggi kayanya 640x480) atau kalo mau yang lebih ok lagi, ga salah dan ga bukan raymarine obatnya hehehe
    B. fungsi gps yang penting kan bisa nunjukin koordinat. kalo pendapat sy pribadi seh kalo cuma sekedar buat mancing di laut pake ajah yang basic & gak perlu terlalu mahal. sy punya garmin e-trex, beli waktu ada diskon harga dari 1,45 jt jadi 1,25 jt & rasanya ud cukup d buat sekedar mancing. kalo yang canggih biasanya mahal, agak berat & kurang praktis kalo mau dibawa2 kalo yang basic biasanya murah, enteng & asik dibawa2 kaga ribet & awet baterenya. daripada beli yang mahal-mahal mendingan duitnya dipake buat upgrade reel. lebih kerasa manfaatnya kalo ntar dapet ikan pas manceng. tp. ini pendapat sy pribadi lho & mohon bimbingan senior klo ada yang kurang tepat.

    tips lagi ...
    C. Betul memang yang penting koordinat, saya rasa untuk keadaan laut seperti laut jawa dimana (kayaknya) tidak ada daerah bahaya, saya rasa mungkin chartplotter tidak perlu. Saya pake chartplotter karena bisa menunjukan dimana shallow water dimana deep water, chanel marker, dan semua navigational aid, berikut kedalaman air.
    D. Mungkin satu kegunaan chartplotter atau keunggulannya adalah kemampuan untuk menampilkan contour dasar laut dimana garis contour yang ditampilkan bisa merupakan drop off atau potensi hot spot.
    E. GPS chartplotter yang saya pakai adalah combo model dimana apabila saya muter2 lalu ketemu spot yang kira2 bagus (reef, baitfish etc) saya bisa pause tampilan sonarnya dan dengan menggunakan cursor saya bisa pilih dasar laut mana yang saya telah lewati lalu tinggal pencet tombol "mark" maka akan ter record exactly posisi reef yang saya mau.
    F. saya pake garmin GPS 72, so far so good... fitur relative lengkap (detilnya liat aja di situsnya garmin), ada memory internalnya, bisa ngapung di air jd ga khawatir hilang kalo kecebur dilaut.
    G. Lho koq sama . . . ! Saya juga pakai Garmin 72 , murah meriah dan layarnya besar jadi gampang kalo mau parkir kapal untuk lepas jangkar .

  5. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    klo yg ini dapet pas lagi browsing di garmin site :p

    bingung milih GPS yang kayak gimana ?
    bingung apa sih perbedaan gsmap 76 / 76 cx / 76csx ?
    bingung harga beda $ 50 tapi masih type sama cuman beda huruf belakangnya, dimana sih bedanya ?

    barusan dapet, yang mo melakukan perbandingan GPS , dari segi harga, fitur2 nya apa aja sih, terus mendingan mana, terus hal2 teknis laennya, langsung aja ke sini site nya garmin (khusus garmin, sory buat merk laen belum tau ada gak fasilitas compare kayak ini)

    yang bikin enak, tu kita tinggal milih spek GPS yang kayak gimana, pilih item yang mo di compare, klik compare, ntar nongol dah item yang mo kita compare beserta speknya, lebih gampang ngeliat atau nge bandingin nya.

    caranya :
    1. ke sini dulu : https://buy.garmin.com/shop/shop.do?cID=161

    2. pilih spek / fitur GPS yang kita inginkan, secara otomatis akan muncul item GPS yang sesuai dengan keinginan kita (dari speknya/fiturnya)


    3. pilih item GPS yang akan kita compare (maksimal 4 item sekali compare)


    4. kalo udah jangan lupa klik compare


    5. ntar nongol gambar kayak gini (sebagian baris dibawah kepotong, di scroll, yang disini cuman contoh doang)


    so, lebih gampang kan ngeliatnya. jadi lebih gampang putusin mo beli yang type apa.

    sekian.

    silahkan klo ada yang mau nambahin.

  6. koerga's Avatar
    koerga is offline RegularFishy koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of
    Real Name
    Irwin Ismail
    Join Date
    Dec 2004
    Location
    rawamangun
    Posts
    1,264

    tooobbb !!! anda layak dapet ijo2.. ! (udah lama nih ijo ga pernah jalan2 euy.. hehe)

    ada satu lagi buat yg mau peta DARAT, bukan laut, bisa baca2:
    peta Indonesia routable, full GRATISSS!!

    jadi misalnya dari blok m mau ke monas lewat mana (buat yg tinggal di luar jakarta), peta ini bisa ngasih tau jalannya. bulan lalu gue ke makasar, ga tau jalan sama sekali, modal peta ini aja, beres, ga pake nanya2 orang di jalan..

    btw, itu peta bikinan anak bangsa dewe, routable, GRATIS, di update tiap 2 bulan. moga2 berguna!...


    nb: ada kemungkinan bulan depan ke p bintan, sapa tau kita bisa ngobrolan..
    just do your best, forget the rest!

  7. giriwil's Avatar
    giriwil is offline RegularFishy giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute
    Real Name
    Arief
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,737

    nice info bos... meski bacanya ampe mata perih krn hurufnya kuecillll hehehe
    "The secret of success is not how to catch the fish ... but how to enjoy"

    "... Clooommm ... giriwil !!! ..."



  8. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    Quote Originally Posted by koerga View Post
    tooobbb !!! anda layak dapet ijo2.. ! (udah lama nih ijo ga pernah jalan2 euy.. hehe)

    nb: ada kemungkinan bulan depan ke p bintan, sapa tau kita bisa ngobrolan..
    wah, thx cendol nya gan, uppsss. inget klo lagi di forum ka***s
    saya sangat menghargainya.

    p. bintan kan riau, saya kan di pangkalpinang (pulau bangka), jauh kan pak ???

    Quote Originally Posted by giriwil View Post
    nice info bos... meski bacanya ampe mata perih krn hurufnya kuecillll hehehe
    tadi sih mo ukuran huruf std aja tapi keliat 'penuh banget' jadi saya kecilin dah.
    Last edited by kertawali; 30-04-2009 at 11:34.

  9. kertawali is offline RegularFishy kertawali is on a distinguished road
    Real Name
    bambang galuh
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    bogor - jabar
    Posts
    20

    next ----

    mungkin agak melenceng dari topik, tapi saya masukkan di sini saja sekalian karena masih ada hubungannya dengan GPS

    ini juga baru dapet barusan
    tau gak sih sebenarnya pemerintah melalui dep. perikanan menyediakan prakiraan lokasi penangkapan ikan yang diupdate tiap 3 - 4 hari dan disediakan gratis untuk dipakai nelayan dan masyarakat umum ? Disertakan angka koodinatnya sehingga nelayan dengan alat GPS bisa langsung menuju lokasi dan menangkap ikan, tidak perlu mencari-cari lagi.

    walau tidak menjamin 100% bahwa lokasi tersebut pasti ada ikannya, tapi kan udah ada 'ancang-ancang' kemana mau nangkep ikannya. (mungkin bisa dibandingkan seperti prakiraan cuaca gitu dah)

    nah sedikit banyak info seperti ini tentunya bisa menjadi patokan awal bagi kita untuk mencari lokasi pemancingan, ya gak ? langsung aja kita lihat caranya :

    1. pertama2 kita ke situsnya Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

    2. lihat di sebelah kanan ntar keliatan yang ini :


    3. abis tu nongol layar baru pilih peta mana yang mau diliat :


    4. terus nongol gambar kayak di bawah ini, bisa diliat disitu lokasi penangkapan ikan, kuat arus, dan yang penting nih koordinatnya :


    dari situ kita catet koodinatnya di GPS, berangkat dah, simple kan ....

  10. koerga's Avatar
    koerga is offline RegularFishy koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of koerga has much to be proud of
    Real Name
    Irwin Ismail
    Join Date
    Dec 2004
    Location
    rawamangun
    Posts
    1,264

    p. bintan kan riau, saya kan di pangkalpinang (pulau bangka), jauh kan pak ???

    hahahaa... kok gue bacanya tanjung pinang yak?.. hahahahaha....
    just do your best, forget the rest!

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Mohon info Boat 60 PK 4 stroke
    By Halim Mfc Sby in forum FishyBoat
    Replies: 13
    Last Post: 04-03-2008, 22:24
  2. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  3. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25
  4. PP No. 19 Tahun 1999
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 18-10-2004, 16:37

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts