Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Lokasi Mancing Udang di Jabar-Jabotabek

  1. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,210

    Lokasi Mancing Udang di Jabar-Jabotabek

    Hallo .. Sobat2 semua !
    Saya penggemar berat mancing udang (Galah/ Satang / Cokong / Cangklong), tapi akhir2 ini lagi "gantung joran udang sementara " lantaran spot udang lagi sepi dikarenakan sungai di Jabar - Jabotabek sering terkena limbah pabrik dan kondisi air lagi banjir. Jadi sekarang ini dialihkan ke laut, tambak bandeng dan empang ikan mas ... yang penting bisa MANCING..!

    Tiga bulanan yang lalu lokasi sungai yang masih ada cangklongnya (udang besar yang japitnya panjang berwarna biru-lumut) yang sering saya kunjungi antara lain :
    - Muara Gembong (Cabang Bungin-Bekasi)
    - Ciujung (Keragilan-Serang)
    - Saba -Tersaba? (Kresek-Balaraja)
    - Cilemer (Pagelaran-Pandeglang)
    - Cipunegara (Pamanukan-Subang)
    Buat sobat2 semua di FF wabil khusus penggemar mancing alami mungkin bisa sharing dan menambahkan informasi lokasi udang yang masih bisa dikunjungi, soalnya tarikan udang khususnya udang cangklong wah... lain dari pada yang lain COBAIN DEH !!!!!

    Salam persahabatan buat sobat di FF semua dan terima kasih atas responnya..

  2. saiful's Avatar
    saiful is offline RegularFishy saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future saiful has a brilliant future
    Real Name
    saiful
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    depok
    Posts
    3,297

    bener tuch Pak Abu...saya juga pernah beberapa kali ngerasain mancing udang di daaerah cikampek, saya ga tau nama daerahnya...dari terminal cikampek naik mobil tiga perempat selama +- 30 menit turun, trus jalan ngelewati pematang sawah +- 500m sampe dech di pinggir kali, ga tau namanya kali apa (sy diajak sama kakak saya beberapa th yg lalu), airnya warna coklat & dalem.

    saya mancing pake umpan cacing & diglosor ...lempar diemin sebentar ga lama ujung joran ndut-ndutan....straike kaya narik ikan biasa & gagal terus..........ternyata mancing udang cukup gentak dikit, trus reel/kelosan digulung perlahan, kalau terasa nyangkut jangan ditarik keras2 cukup di tarik perlahan2, karena udangnya lagi gandulan di batu/akar......udangnya gede2, paling kecil yg saya dapet segede jempol kaki, dan kakak saya berhasil narik udang sebesar -+ lengan orang dewasa kurang gizi.

    benar2 itu pengalaman saya mancing udang pertama kali, dan ternyata mata kailnya juga beda dengan jika kita mancing ikan mas/yg lain, gagang pancing agak panjang dan lengkungan ke ruit pancing sedikit, hampir kaya clurit.

    lumayan pulangnya ikan udang tersebut dipelas (orang sunda), kasih kelapa muda, trus mungkin dipepes & saya tidak terlalu suka, saya lebih suka digoreng biasa saja, trus tutul sambel.

    buat bapak2 yg biasa mancing udang, benarkah teknik & umpan yg saya gunakan untuk mancing udang tersebut.

    bagi2 dong tips & triknya utk mancing udang, siapa tahu nanti ada kesempatan mancing udang lagi, khan dah ga kaget lagi....

  3. roel's Avatar
    roel is offline RegularFishy roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future roel has a brilliant future
    Real Name
    rully
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bogor
    Posts
    2,698

    waah mantaff ya, jadi pengen nyobain mancing udang. biasa nya saya mah nyari udang pake botol air mineral di bolongin di kasih pelet dalem nya hiiiihihiihii...(beda ya..)
    sama mo nanya nih...apa di setiap sungai pasti ada udang nya? jenis" sungai yg kyk gimana sih biasa nya yg ada udang nya???

    and when it's over
    i know how it's gonna be
    and true love will never die
    no...not fade away........
    (van halen/balance album )

  4. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,210

    Quote Originally Posted by saiful View Post
    bener tuch Pak Abu...saya juga pernah beberapa kali ngerasain mancing udang di daaerah cikampek, saya ga tau nama daerahnya...dari terminal cikampek naik mobil tiga perempat selama +- 30 menit turun, trus jalan ngelewati pematang sawah +- 500m sampe dech di pinggir kali, ga tau namanya kali apa (sy diajak sama kakak saya beberapa th yg lalu), airnya warna coklat & dalem.

    saya mancing pake umpan cacing & diglosor ...lempar diemin sebentar ga lama ujung joran ndut-ndutan....straike kaya narik ikan biasa & gagal terus..........ternyata mancing udang cukup gentak dikit, trus reel/kelosan digulung perlahan, kalau terasa nyangkut jangan ditarik keras2 cukup di tarik perlahan2, karena udangnya lagi gandulan di batu/akar......udangnya gede2, paling kecil yg saya dapet segede jempol kaki, dan kakak saya berhasil narik udang sebesar -+ lengan orang dewasa kurang gizi.

    benar2 itu pengalaman saya mancing udang pertama kali, dan ternyata mata kailnya juga beda dengan jika kita mancing ikan mas/yg lain, gagang pancing agak panjang dan lengkungan ke ruit pancing sedikit, hampir kaya clurit.

    lumayan pulangnya ikan udang tersebut dipelas (orang sunda), kasih kelapa muda, trus mungkin dipepes & saya tidak terlalu suka, saya lebih suka digoreng biasa saja, trus tutul sambel.

    buat bapak2 yg biasa mancing udang, benarkah teknik & umpan yg saya gunakan untuk mancing udang tersebut.

    bagi2 dong tips & triknya utk mancing udang, siapa tahu nanti ada kesempatan mancing udang lagi, khan dah ga kaget lagi....


    Betul tuh pak Saiful...ujung jorannya dililis (diraut) sampai lentur memakai glosor mata pancing tunggal (seperti clurit) kita tinggal lihat ujung jorannya, kalau endut-endutan kita angkat pelan trus kalau ada orangnya (maksudnya udang) nanti udangnya yang akan ngembat... nah tinggal kita mainkan sampai udangnya angkat tangan..!

    Buat sobat2 yang senior dan pakar udang bagaimana..? ditunggu pencerahannya..terutama bung soni dan pak.Marzuki, Als - bagaimana spot di daerah Tangeran (biawakan) apa masih oke..

    Terima kasih dan salam untuk semuanya..

  5. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,210

    Quote Originally Posted by roel View Post
    waah mantaff ya, jadi pengen nyobain mancing udang. biasa nya saya mah nyari udang pake botol air mineral di bolongin di kasih pelet dalem nya hiiiihihiihii...(beda ya..)
    sama mo nanya nih...apa di setiap sungai pasti ada udang nya? jenis" sungai yg kyk gimana sih biasa nya yg ada udang nya???

    Hiiiii... Pak Rully itu mah udang kuecil-kuecil untuk dipelas.... yang ini mah rata2 sejempol kaki. Jenis udangnya juga lain bukan udang yang dipelihara di tambak seperti udang pancet.

    Setahu saya sungai yang ada udangnya yang tidak terlalu jauh dari pantai/laut, dalam arti kalau laut lagi pasang airnya bisa nyampe ke daerah itu. Daerah spot udang yang terdekat (dari Jakarta-Tangerang) paling dekat juga di Muara Gembong-ujung utara Bekasi.

    Tapi untuk waktu sekarang lagi nunggu khabar dari teman yang pergi ke Muara Gembong. Biasanya kalau lagi boncos yang makanin ikan mulu tuh.. ikan baung & gropak. Penduduk setempat akan bilang ..."wah kemaren pak... airnya bagus..." sekarang lagi jelek nih...

    Sambil nunggu khabar dari sobat-2 FF senior udang, ditunggu bimbingannya..!

    Wuah... kepanjangan ya pak....soalnya kalau ngobrol mancing nggak ada abis2nya..!
    Salam persahabatan selalu..

  6. rushday's Avatar
    rushday is offline Regular Fishy rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future rushday has a brilliant future
    Real Name
    Rushday
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jatiwaringin, Pd.Gede, Bekasi
    Posts
    3,931

    pak abu.... saya mau tuh pak kalo diajak mancing udang... hehehehe....
    itung2 belajar langsung dari masternya.....hehehehe

  7. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    805

    wah wah wah, ternyata topik mancing udang lagi hot nich di FF.
    Sukses kang untuk mancing udangnya, kalo ada kesempatan kita mancing bareng dech, ohh yach si eddy hariu maiak udang tuch. Coba aja tanya dia hot spotnya dimana aja, pasti dia tau tuch.

  8. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,210

    Quote Originally Posted by rushday View Post
    pak abu.... saya mau tuh pak kalo diajak mancing udang... hehehehe....
    itung2 belajar langsung dari masternya.....hehehehe

    Dengan senang hati p.Rushdi, tapi saya cari informasi dulu yang akurat dulu yah... takutnya pas giliran brangkat.. ee boncos... soalnya kalau ada limbah, dipastikan nggak bakalan liat kaki udang alias "nggak dapet barang satupun" kecuali nyerok udang yang teler.. he..hee..


    Salam Persahabatan -021 71409731.

  9. Chrysostom's Avatar
    Chrysostom is offline RegularFishy Chrysostom is a splendid one to behold Chrysostom is a splendid one to behold Chrysostom is a splendid one to behold Chrysostom is a splendid one to behold Chrysostom is a splendid one to behold Chrysostom is a splendid one to behold Chrysostom is a splendid one to behold
    Real Name
    Chrysostom Andoko
    Join Date
    May 2007
    Location
    SURABAYA
    Posts
    510

    Salam kenal Mas Saiful,

    Bisa tolong gambarin Rangkaian untuk mancing udang itu gimana ya?
    Umpan vavoritnya apa ya buat mancing udang?
    Untuk mata kailnya apakah ada yang jual di toko atau di modif sendiri?
    [SIGPIC][/SIGPIC]

  10. abu_yoga's Avatar
    abu_yoga is offline RegularFishy abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold abu_yoga is a splendid one to behold
    Real Name
    sarimun
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    1,210

    Quote Originally Posted by CHRYSOSTOM View Post
    Salam kenal Mas Saiful,

    Bisa tolong gambarin Rangkaian untuk mancing udang itu gimana ya?
    Umpan vavoritnya apa ya buat mancing udang?
    Untuk mata kailnya apakah ada yang jual di toko atau di modif sendiri?

    Salam kenal.. hallo pak.. untuk mancing udang tidak memakai rangkaian mata kail, jadi mata kail tunggal dan diglosor. Memakai joran yang ujungnya lentur (atau dililis sendiri memakai amplas). Mata kail terus diatasnya kira2 sejengkal memakai kili2, baru timah bolong segede mlinjo kecilan dikit.

    Mata kail udang Bisa beli di toko atau bikin sendiri dari bahan baja bentuknya seperti clurit.

    Untuk umpannya memakai cacing susu atau cacing tanah, biasanya kesukaannya di tempat yang dalam atau bulekan yang airnya pelan -atau di rumpon, seperti tonggak, glondongan kayu.

    Jangan digentak seperti strike ikan, hanya cukup diangkat pelan... nanti udangnya yang akan ngembat sendiri..!

    Selamat mencoba dan Salam Persahabatan.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. [ASK] lokasi mancing liar di sekitar bekasi ??
    By pedafish in forum FishyWild
    Replies: 10
    Last Post: 06-12-2007, 18:40
  2. Hasil Iseng Mancing Udang Minggu Ini.
    By aryanto in forum FishyReport
    Replies: 70
    Last Post: 03-12-2007, 19:22
  3. lokasi mancing di Surabaya
    By SEIHOMARU in forum FishyTalk
    Replies: 48
    Last Post: 05-05-2007, 00:02
  4. Cari Lokasi ama Teman mancing
    By mobie in forum FishyTrip
    Replies: 9
    Last Post: 05-01-2007, 15:31
  5. Lokasi mancing di Bangka
    By ben in forum FishyTalk
    Replies: 4
    Last Post: 09-11-2004, 08:38

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts