Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Negeg beunteur Sungai Citra Indah, Jonggol

  1. mogong's Avatar
    mogong is offline RegularFishy mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice
    Real Name
    Kh0L15@hotmail.com
    Join Date
    Jan 2006
    Location
    CiLeungsi
    Posts
    32

    Negeg beunteur Sungai Citra Indah, Jonggol

    Lokasi : Belakang Cluster Cendana
    Waktu : Sabtu, Minggu 10, 11 Agustus 2013
    Angler : sabtu bersama junior, minggu alone (dewekan)
    Kondisi Air : Bening, 2 hari ga hujan
    Arus : ??
    Alur Cerita:

    Sabtu:
    Sehabisi "open house" selebar-lebarnya dari hari Kamis (tetep ga da yang datang, wong yg lain mudik ), akhirnya hari Sabtu siang sekitar jam 11:00 BWI setelah selesai nganter Istri belanja dipasar (sayur keliling masih libur euy) terlintas niatan buat ngewild digalian pasir. Berbekal katul bin dedak ditambah pur ayam buat jaga-jaga takut kalau ga ada yang ngejual poa/ulat kecapi/cacing/udang, maklum suasana kayaknya masih pada belum normal.
    Dan....ternyata yang ditakutkan terjadi, hanya ada satu toko pancing yang buka. itupun tidak sedia umpan hidup, untungnya masih ada telor bebek. Jadi deh, sampai lokasi galian pasir Bojong langsung meramu pur dipenyet-penyet campur telor bebek..itung-itung peregangan gratis, he.he..(menghibur diri).
    Singkat cerita, lempar sana, lempar sini, celup sono, celup situ tidak juga ada sambaran. Padahal ikan merah (glosom) berseliweran dan langsung mengejar umpan saat baru diturunkan, tapi langsung menjauh lagi..cuman nengok doang..kaya lagi pada ga napsu. Ikan-ikan ukuran besar hampir tiap 10 menit ada yang berkecipak ditengah sama disisi seberang (dari sura dan riak yg ditimbulkan, kayaknya ukuruan 1 telapak tangan). Ga tau ikan apaan, kayaknya bukan gabus..entah tawes atau hampala...I don't know . Coba berjalan-jalan melihat spot yang lain, sapa tahu ada yang lebih menjanjikan..ternyata ga jauh dari spot ada bangkai ayam dipinggiran setu (apa ini biangnya yah, yang bikin ikan ga mau makan)
    Tengok jam, ternyata sudah jam 2 siang...hmm jangankan strike, dimakan juga kagak. Padahal selain pelet, sudah dicoba pakai cacing tanah, ulat daun pisang dan telor semut tanah (gedenya sama dengan telor semut rang-rang).
    Akhirnya, ambil keputusan untuk pulang.................
    Karena males lewat jalan raya, pulangnya diputuskan untuk lewat jalan kampung melalui perumahan Graha Kartika. Sesaat sebelum jembatan deket Masjid yang sedang dibangun, liat air sungai kayaknya dalem, tenang dan airnya lagi kagak meluap. Menimbang dan melihat situasi dan waktu yang masih siang, lansung tanpa pikir panjang cek status kali..sapa tahu lagi mujur. Dan ternyata begitu taruh umpan, pelampung langsung nyungsep tanpa sempat berhenti sejenak alias tumakninah. Reflek langsung gentak...maknyusssss...pelampung doang, sama umpan kosong. Wah, pasti paray ini mah...gak pake lama, langsung ganti mata pancing dengan yang 0.5 , kasih umpan...lempar...kena deh pelakunya. Tepat seperti dugaan, paray tanggung yang mendarat. Setelah berkali-kali lempar, sentak...hanya 3 ekor yg mampu diangkat. Ta terasa, biarpun ga dapet asal ada yang makanin umpan, rasanya sudah lega...(lagi-lagi menghibur diri, hehe)
    Sampai rumah, umpan sisa masih banyak, daripada dibuang..iseng-iseng direbuslah sambil sembunyi-sembunyi, takut ketahuan istri, pancinya dipakai buat ngerebus pur ayam campur telor..bisa berabe...15 menit cukuplah, asal ga berjamur..sambil mereka rencana, biar minggu bisa kembali ngewild.

    Minggu:
    Masih seperti kemarin, tukang sayur belum ada yang keliling...cerita yang sama terulang, nemenin (tepatnya nganter) istri belanja ke pasar.
    Jam 10:00 sudah dirumah, bedanya..pagi-pagi jam 7 pamitan mau keliling komplek sebentar. Kagak bohong, emang keliling komplek, tapi lewat belakang pager..tepatnya ke kali Cibodas (kalau ga salah) memisahkan antara Cluster Bukit Cempaka dengan Bukit Cendana. Cari lokasi yang kira-kira bisa dieksplor ntar siang, karena tebingnya curam & tinggi bener. Kontur kali khas daerah pegunungan, airnya belum terlalu tercemar, bening dan berbatu-batu...susah juga nyari tempat buat turun ke kali. Alhasil, tempat incaran sudah ada dikepala, tinggal eksekusinya nih. Jam 10:30 ambil umpan secukupnya, ambil tegeg..berrrangggkattttt. Sampai di spot pertama, begitu menggoda..bagaimana tidak? langsung strike beunteur babon. Kesan pertama begitu menggoda...selanjutnya boncozzz, tapi terus saja menyusuri kali sambil mengembangkan sebuah teori (siapa tahu bisa jadi teori yang melegenda), bahwa semakin sulit suatu tempat dijangkau, maka semakin perawan tempat tersebut, yang berarti tidak ada istilah over fishing, alias ikanya masih banyak dan galak-galak.
    Teori ini ternyata tidak berlaku saat ini, perlu sedikit revisi..yang benar adalah, semakin sulit tempat mancing dijangkau..ternyata lebih sulit buat naiknya lagi, sendal sampai masuk jebakan tanah berlumpur, kaki lecet-lecet kena onak dan duri... istilah yang bisa menggmbarkan kegiaan ini adalah bukan mancing gembira melainkan mancing backyard adventure. benar-benar bukan mancing biasa, mana lupa ga bawa air minum...
    Jam menunjukkan angka 14:00, setelah melalui berbagai medan yang melelahkan..sampailah dikali yang tepat berada dibawah/belakang Masjid Abi Musa Al-Asy'ary bukit Cendana dengan hasil baru 1 ekor beunteur!!! sebenarnya dibeberapa spot terlihat adanya penampakan ikan mujaer ukuran 3-4 jari sama gabus seukuran jempol kaki, biyawak, burung kutilang, manuk sikatan, prenjak, trocokan sama yang suka bersarang ditebing-tebing/dalam tanah (burung apa ya namanya?). Hanya saja tidak ada satupun dari yang nampak tadi mau ditangkap (burung, ana punya prinsip biarkan tetap liar...cukup 1 burung saja yang ada didalam sangkar....merdeka!!!).
    Dispot terakhir inilah cerita perburuan kerajaan beunteur dimulai.....
    Ternyata dalam waktu singkat 8 ekor beunteur berbagai ukuran berhasil landed (beberapa salah mendarat, bukanya ke korang malah kembali kekali..akibat salah siasat), saking semangatnya gentak..jadi langsung terbang, lepas dan jatuh lagi ke kali dech.....
    Berhubung belum sholat dan makan, dengan berat hati harus meninggalkan lokasi. Sisa umpan ditebar, biarin dah...biar nyicipin dulu..promosi gratisss. (dalam hati: ntar sore tak samperin lagi, jangan lupa datang yach..aku kasih makan lagi, tapi ada syaratnya....hehehe...mode:ngarep)
    Singkat cerita...selesai sholat 'Ashar, pulang...salin..bawa lagi umpan jitu..turun langsung menuju tempat janjian..
    Singkatnya..dari jam 4 s/d jam 5:30 mendarat 23 ekor, yang mocel tak terhitung.

    Catatan: Ada penampakan spesies ikan lain, diantaranya yang jelas terlihat: mujaher, gabus dan lele. Ada juga yg diperkirakan adalah ikan sepat, dari kebiasanya nyembul dengan cepat secepat kilat (nyarab).

    Gambar lokasi tidak ada, tidak bisa difoto (ga ada kameranya)
    Gambar perolehan setelah dibersihkan (agak burem, cuman 1,3 MPixel)
    Attached Images

  2. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,329

    Pak Kholis a.k.a mogong..., saya suka reportnya... , deskriptif dan bercerita.... , memang mancing wild bukan cuma soal berapa ikan yg di dapat saja..., tapi proses nya itu lho...., bagaimana kita mensiasati , ikan, kondisi dan situasi medan, dan mengalahkan ego kita sendiri supaya sabar untuk mengejar target....., dan kadang lokasi nya sendiri yg ada ikannya ngga terlalu jauh-jauh..., cuma kadang kita ngga sadari saja...kalau spot-spot seperti itu masih ada di sekitar kita.....

    Good report pak....

  3. mogong's Avatar
    mogong is offline RegularFishy mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice
    Real Name
    Kh0L15@hotmail.com
    Join Date
    Jan 2006
    Location
    CiLeungsi
    Posts
    32

    Om Bara a.k.a bmoer a.k.a Momod,

    Haduh..terimakasih pujianya Om..cuman menuliskan apa yang dialami...
    Betul sekali, ternyata malah adanya deket rumah..

  4. nank_blue's Avatar
    nank_blue is online now RegularFishy nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all
    Real Name
    swardhana ardy shaputra
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    bekasi
    Posts
    463

    wuih.. ikannya babon semua.. kereenn.. kapan2 boleh ngewild bareng ya om.. saya tinggal di setu.. soalnya seru mancing ikan di sungai.. saya malah pernah dapet uler kobra.. hahaha.. gara2 make anak kodok lempar ke semak2 pinggir sungai..

  5. mogong's Avatar
    mogong is offline RegularFishy mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice
    Real Name
    Kh0L15@hotmail.com
    Join Date
    Jan 2006
    Location
    CiLeungsi
    Posts
    32

    Boleh..boleh...dari 2008 tinggal disini, baru kemaren ketahuan kalo ada tempat mancing deket rumah
    biasanya selalu ke galian/setu/danau, & lebih sering boncossnya...
    strike nda' strike, pulang tetep bawa ikan

  6. nank_blue's Avatar
    nank_blue is online now RegularFishy nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all nank_blue is a name known to all
    Real Name
    swardhana ardy shaputra
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    bekasi
    Posts
    463

    @ OM Mogong.. siaaapp om.. abis junior ane lahiran ya om.. lagi siaga satu ney soalnya.. hehehe.. di deket rumah ada kali om.. gabusnya gede2 tapi g mau makan lure, tiap pagi ma sore ane akalin dari minnow ampe spinnerbaits g mau jg.. maunya ngocer pake ikan mas.. ane pernah dapet ampir sekilo..

  7. ardie's Avatar
    ardie is offline RegularFishy ardie is a splendid one to behold ardie is a splendid one to behold ardie is a splendid one to behold ardie is a splendid one to behold ardie is a splendid one to behold ardie is a splendid one to behold ardie is a splendid one to behold
    Real Name
    masrur ardi
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    cibinong
    Posts
    327

    panen nih.. goreng garing gurih sedap...
    Lone Angler..

  8. mogong's Avatar
    mogong is offline RegularFishy mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice mogong is just really nice
    Real Name
    Kh0L15@hotmail.com
    Join Date
    Jan 2006
    Location
    CiLeungsi
    Posts
    32

    Quote Originally Posted by nank_blue View Post
    @ OM Mogong.. siaaapp om.. abis junior ane lahiran ya om.. lagi siaga satu ney soalnya.. hehehe.. di deket rumah ada kali om.. gabusnya gede2 tapi g mau makan lure, tiap pagi ma sore ane akalin dari minnow ampe spinnerbaits g mau jg.. maunya ngocer pake ikan mas.. ane pernah dapet ampir sekilo..
    Mantap Mas Bro...Insya Alloh, kalo dikasih umur dan kesempatan.."Siappppp!!!"

    Quote Originally Posted by Ardie View Post
    @ panen nih.. goreng garing gurih sedap...
    Bener-bener mak nyuzzz...anak2 pada ketagihan,
    Sayangnya..tdi sore meluncur lagi ke TKP..celup-celup dibeberapa titik, makaninya pada ga napsu, lama2 malah beunter, paray pada ngapung...jadi curiga ane. jangan2 ??? perhatiin lagi lebih seksama, udang pada naik permukaan trus minggir dan loncat kedarat...wahhh beneran kayaknya nih...tengok ke hulu, ternyata "weduuuuuuuuzz" ada rombongan penebar obat udang

  9. kakapmerah's Avatar
    kakapmerah is offline Pemancing Segala Arah kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute kakapmerah has a reputation beyond repute
    Real Name
    ADE/DEA
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Balikpapan
    Posts
    7,185

    miris kalau sudah ada yang nebar tuba untuk nyari udang. enak buat perut dia nggak enak buat yang lain
    MANCING MENJADIKANKU MEMILIKI BANYAK TEMAN

  10. yuri is offline RegularFishy yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of yuri has much to be proud of
    Real Name
    Juri MunandarMar
    Join Date
    Sep 2006
    Location
    Serpong
    Posts
    807

    seru nich reportnya....enak bener ada spot dekat rumah....

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. ask danau astron jonggol
    By tomie.coolzz in forum FishyWild
    Replies: 7
    Last Post: 03-05-2013, 11:39
  2. Indah nya negeg malam Suramnya spot malam
    By imran in forum FishyReport
    Replies: 52
    Last Post: 29-03-2012, 11:33
  3. Citra 2 dan MP
    By wongcerbon in forum FishyReport
    Replies: 20
    Last Post: 25-10-2011, 16:31
  4. Pemancingan Citra Babek
    By arjunawicaksana in forum Kolam Harian
    Replies: 9
    Last Post: 17-02-2011, 15:23
  5. Trip Nga-Beunteur di sungai Cikamuy dan Cikuray
    By arysnjy in forum FishyWild
    Replies: 3
    Last Post: 31-05-2008, 10:26

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts