Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast
Results 1 to 10 of 28

Thread: Mengenali Sarang Toman

  1. bekawe's Avatar
    bekawe is offline RegularFishy bekawe has a spectacular aura about bekawe has a spectacular aura about bekawe has a spectacular aura about
    Real Name
    H. Bambang Kartika Wijaya
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Sampit, Kalteng
    Posts
    141

    Mengenali Sarang Toman

    Agar sukses memancing toman perlulah kiat-kiat tertentu, salah satunya mengenali dimana ikan jenis ini biasa berkumpul. Memang kata orang lain lubuk lain pula habitatnya. Namun, paling tidak lokasi memancing yang biasa aku datangi memiliki ciri-ciri sebagaimana yang terlihat dalam foto.
    Menurut Pa Wong dalam VCDnya, toman hidup disekitar pohon-pohon kayu tua (mati) yang ada ditepi sungai. Cuma kadang kala tidak kita jumpai adanya bekas pohon yang telah mati. Seperti misalnya sungai dimana aku sering mancing toman, jarang ada sarang toman sebagaimana Pa Wong ceritakan.
    Sepanjang sungai hanya ditumbuhi pohon rasau dan sejenis rumput (disebut kumpai), ataupun berbagai tumbuhan yang hidupnya ditepian sungai. Dilokasi ini. toman lebih suka berenang ditepi sungai, jarang mau mencari makanan ke tengah sungai. Dikarenakan diantara pepohonan sungai, banyak hidup ikan-ikan kecil (khususnya ikan seluang).
    Tapi tidak semua pohon rasau, toman mau bersarang menungggu mangsanya, ada kondisi tertentu. Yaitu, kumpulan pohon rasau yang rindang sehingga air sungai dibawahnya teduh. (Gambar 1)
    Selain itu, ikan predator ini juga suka hidup pada kumpulan pohon rasau dimana tepi sungainya membentuk teluk. Meskipun pohonnya tidak rindang. Teluknya tidak perlu besar, bisa juga cuma 1 x 1 meter. (Gambar 2). Minggu kemarin, di lokasi semacam ini sempat terlihat kumpulan anak ikan toman sebesar ibu jari muncul dipermukaan mencari makan, dalam jumlah banyak sekali.
    Lebih disukai jika tepian sungai membentuk teluk yang besar dan rindang (Gambar 3). Nah jika menemukan sarang seperti itu, ada harapan besar toman bakal dibawa buat oleh-oleh bini.
    Tinggal satu langkah lagi jika ingin berhasil, yakni temperatur air. Temperatur air harus hangat, caranya dengan mencelupkan tangan kedalam air sungai. Jika kondisi air sungai dingin yang rasa dinginnya mendekati udara ketika membuka kulkas. Jangan berharap banyak, bakal boncos. Seperti yang aku alami hari Minggu lalu. Umpan unggulan, daging ayam, tak disentuhnya demikian juga casting dengan frogie dan berbagai lure tak berhasil. Padahal beberapa toman terlihat hanya berjarak 5 meter, dengan ukuran cukup besar, berkisar 2 kg an. Karena temperatur air sungai dingin akibat hujan beberapa jam sebelumnya
    Inilah suasana lokasi pemancingan ikan toman, kelabau, tapah, belida tak ketinggalan seluang (Gambar 4 & 5)
    Attached Images
    Last edited by bekawe; 27-01-2009 at 20:20.
    [EMAIL="bambangkartikawijaya@yahoo.co.id"]bambangkartikawijaya@yahoo.co.id[/EMAIL]
    [COLOR=red]Memancing sambil bisnis: [/COLOR][URL="http://www.formulabisnis.com/?id=bekawe"][COLOR=red]http://www.formulabisnis.com/?id=bekawe[/COLOR][/URL]

    08125009317

  2. giriwil's Avatar
    giriwil is offline RegularFishy giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute giriwil has a reputation beyond repute
    Real Name
    Arief
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,771

    Good info !!!
    Cuma bener ga sih kalo toman ataupun gabus yg sering2 bolak-balik nongol ke permukaan malah lebih sulit untuk dicasting? kenapa ya? meski temperatur air gak dingin
    (ini berdasarkan info dari bbrp pemancing dan saya juga pernah mengalaminya)
    Last edited by giriwil; 27-01-2009 at 21:44.
    "The secret of success is not how to catch the fish ... but how to enjoy"

    "... Clooommm ... giriwil !!! ..."



  3. WISNU 23's Avatar
    WISNU 23 is offline RegularFishy WISNU 23 will become famous soon enough
    Real Name
    WISNU
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    SAMPIT (CENTRAL BORNEO)
    Posts
    213

    ......

    Wah keren Om infonya.......
    sebagai salah satu senior mancing fresh water Sampit (Kal-Teng)
    info cara mengenali sarang toman sangat membantu bagi pemula seperti saya.... di derah mana ni Om, sungai kelua kah ????
    jd rindu mancing ikan kelabau nih gara2 lait photo2nya.... kapan2 saya ikut gabung ngetrip ya Om awal bulan maret dah pulkam.
    Thanks....
    Catch, Photo & Release (CPR) and to fight another day!

  4. Sugik's Avatar
    Sugik is offline RegularFishy Sugik will become famous soon enough
    Real Name
    Sugiarto
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Surabaya
    Posts
    405

    Salam kenal...

    Tolong tanya tempat kumpul para pemancing di sampit di mana ya? apa ada toko pancing di sampit? soalnya mertua ku orang sampit. nah, kalo istri ku ajak berkunjung di sampit, aku bingung mau ngapain. mau mancing tidak ada teman atau tahu medan kalo mancing di sampit jauh ngak? apa mancing di sungai besar yg di pasar itu? (aku pernah ke sampit 1x). btw, tolong tanya sungai yg di pasar itu ada buaya nya ngak ya? kita bisa tahu buaya ada di pulau itu tidaknya gimana ciri2nya?
    No Guts, No Glories. No Fishing, No Fun. Di Mana Ada Ikan, Di Situ Aku Akan Berada.

  5. aman.bjm's Avatar
    aman.bjm is offline RegularFishy aman.bjm is a jewel in the rough aman.bjm is a jewel in the rough aman.bjm is a jewel in the rough aman.bjm is a jewel in the rough
    Real Name
    abdul rahman
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Tarjun,Kotabaru Kal-sel Indonesia
    Posts
    910

    Salam pak Haji, thankyu atas pencerahan pak Haji, landbasse Tomman sangat membantu kami yg akan Trip ke spot Tomman di Babatu kab Tanah Bumbu
    NARKOBA NO ... MANCING ...YESSS

  6. tukang_unjun's Avatar
    tukang_unjun is offline RegularFishy tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all tukang_unjun is a name known to all
    Real Name
    luthfi
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Tapos Depok
    Posts
    1,285

    Quote Originally Posted by giriwil View Post
    Good info !!!
    Cuma bener ga sih kalo toman ataupun gabus yg sering2 bolak-balik nongol ke permukaan malah lebih sulit untuk dicasting? kenapa ya? meski temperatur air gak dingin
    (ini berdasarkan info dari bbrp pemancing dan saya juga pernah mengalaminya)
    Kalo di Kalimantan biasanya kita sebut banyu bangai (air bangai) ini dpt disebabkan oleh perubahan temperatur yg turun drastis gara2 panas yg cukup lama dan kemudian dilanjutkan dengan hujan yg lebat yg cukup lama. Biasanya kalo uda kondisi ini kita percuma mancing ikan gabus atau yg sejenisnya. Karena pst boncos..cos..cos

  7. simbah norton's Avatar
    simbah norton is offline RegularFishy simbah norton will become famous soon enough simbah norton will become famous soon enough
    Real Name
    wawan
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    321

    trims buat infonya pak

    ada rekan2 ff yg masih menemukan saran toman di seputaran jakarta??
    minggu 25-01-09 mancing masih dapet gabus1,5kg dan bloso 1kiloan, itu juga dengan umpan udang (dicasting ra gelem)..

    toman dijakarta, ada tau????

  8. koem2's Avatar
    koem2 is offline RegularFishy koem2 is on a distinguished road
    Real Name
    Mista
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Medan - Serpong PP
    Posts
    352

    Thanks infonya !

    Mudah2an sangat berguna bagi saya yg masih pemula, kalo di sekitaran Medan dstrnya apakah masih ada ikan tomannya, kira2 dimana ya ?
    Castingnya pakai lure apa pak ?

    Ditunggu pict report tomannya pak.
    koem-koem
    ARomania & Barramania Medan
    0811-8601736

  9. koem2's Avatar
    koem2 is offline RegularFishy koem2 is on a distinguished road
    Real Name
    Mista
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Medan - Serpong PP
    Posts
    352

    Quote Originally Posted by simbah norton View Post
    trims buat infonya pak

    ada rekan2 ff yg masih menemukan saran toman di seputaran jakarta??
    minggu 25-01-09 mancing masih dapet gabus1,5kg dan bloso 1kiloan, itu juga dengan umpan udang (dicasting ra gelem)..

    toman dijakarta, ada tau????
    Ah yg benar di Jkt masih ada gabus n bloso besar spt itu.
    Emangnye ente mancing di mane bro dpt gabus 1,5 kg dan bloso 1 kiloan, mantap tuh ?
    koem-koem
    ARomania & Barramania Medan
    0811-8601736

  10. sinyo's Avatar
    sinyo is offline RegularFishy sinyo will become famous soon enough
    Real Name
    Rnst.s
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    251

    Quote Originally Posted by giriwil View Post
    Good info !!!
    Cuma bener ga sih kalo toman ataupun gabus yg sering2 bolak-balik nongol ke permukaan malah lebih sulit untuk dicasting? kenapa ya? meski temperatur air gak dingin
    (ini berdasarkan info dari bbrp pemancing dan saya juga pernah mengalaminya)
    klo pengalaman saya mancing gabus, klo ada yg nongol2 lemparin aja baitnya kebelakang tempat dy muncul.trus gulungny pelan2 n sebisa mungkin u/ narik perhatian dy.biasanya dy ketipu jg...
    SAVE THE FISH,SAVE THE WORLD

Closed Thread
Page 1 of 3
1 2 3 LastLast

Similar Threads

  1. Akhirnya Toman berhasil tunduk dipangkuanku
    By Papania in forum FishyReport
    Replies: 21
    Last Post: 03-01-2009, 16:35
  2. Ikan Toman Diketahui Ada Dari Suaranya
    By bekawe in forum FishyReport
    Replies: 37
    Last Post: 26-11-2008, 12:18
  3. Heru/HanSiong sudah mulai chemo-theraphy .
    By Sportfisherman in forum Off Topic
    Replies: 30
    Last Post: 02-02-2008, 23:32
  4. my 1st christmas toman!
    By stingy-ray in forum FishyReport
    Replies: 12
    Last Post: 04-01-2008, 14:42
  5. Toman Way Seputih Lampung
    By santana in forum FishyReport
    Replies: 16
    Last Post: 20-08-2007, 10:30

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts