Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast
Results 1 to 10 of 38

Thread: Umpan Kucur Ampuh dari Pekanbaru

  1. phaidein's Avatar
    phaidein is offline RegularFishy phaidein has a spectacular aura about phaidein has a spectacular aura about
    Real Name
    mas phaidein
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    kota sejuta pecel
    Posts
    1,791

    Umpan Kucur Ampuh dari Pekanbaru

    Tanggal : 21 Januari 2009
    Lokasi Mancing : sungai bengawan madiun

    Nama Anglers :
    1. Phaidein

    2. Item
    Spot : Bawah jembatan jl borobudur
    Kondisi Arus : agak deras

    Cuaca : Panassssss
    Ikan yg di dapat : baung/tagih 2 ekor, nila 17 ekor, lele 1 ekor, bader 5 ekor
    Ukuran yg terbesar : lele dumbo 1.3 kg
    Teknik Memancing : dasar
    Umpan yg digunakan : umpan kucur dan cacing


    sebelumnya sya minta maaf klo tdk bs mengupload gambar disini. dikarenakan hp kamera yg biasa ikut menemani sya mancing tgl 13 januari kemaren terjun bebas kesungai ikut mengejar wader yg sya pancing........... klo ada kesalahan dlm thread ini harap dimaklumi krn msh belajar. sekali lagi mohon dimaafkan...........

    trip ini sebenarnya trip penasaran, kenapa..? karena paginya aku mendapat kiriman contoh umpan kucur dr saudara sya di pekanbaru (Bp. Subardjo Darmo). rencananya mau mancingnya hari jumat malam, tetapi karena penasaran dengan umpan yg harumnya semerbak ini, akhirnya malam itu juga aku berangkat memanggul joran. bel sana-sini, sms sini-sana, nemu juga teman yg mau diajak berangkat. asyikk...........
    pukul 21.30 wib kami berangkat dr rumah, sampai ditujuan pukul 21.45 wib. langsung set peralatan dan buka umpan kucurnya...... baunya benar2 istimewa, sampai2 temenku tdk mau mendekat.
    berbekal instruksi dr pak bardjo cara penggunaan umpan dan arahan dr om syaiful (yg sya baca dr FF), umpan terpasang dan segera sya lemparkan agak ketengah sungai. joran segera sya ikat agar tdk kejebur klo umpan dimakan ikan. joran kedua sya set dan segera sya lemparkan agak kepinggir (ini arahan dr om syaiful yg katanya ikan baung/tagih senang agak kepinggiran). ............................................
    lama tdk ada sambutan, temenku sdh naikin beberapa ekor nila 4 jarian. sempat iri juga sih.............. tp dengan tekad bulat aku bertahan tetap pakai umpan kucur (masak dah jauh2 dikirimi gak dipakai, kan sayang). akhirnya........ setelah 1.5 jam menunggu, joran keduaku dapat misscall dr penunggu sungai. tiba2 syut......... joranku melengkung dan segera aku sambar. duarrrrrrrrrrrrrr....... nila sebesar sandal orang dewasa berhasil aku daratkan (nila doyan kucur juga ya). pasang umpan, lempar lagi agak kepingir dan ikat. nunggu lagi........................... kali ini ujung joran aku pasang klinthingan (sisa peninggalan jaman kuliah waktu di jogja dulu). jd aku tdk perlu melototin joran terus.
    hampir bosan aku menunggu, mana nih si baung..? untung aku ingat nasehat pakar2 di FF "klo mancing pake kucur hrs sabar". rokok ke 6 sdh menyala tp sambutan sepi............. tiba2 klinthing dijoran kedua berbunyi....... ini dia bathinku, joran melengkung dan snarku dibawa lari cepat sekali. langsung joran aku hentakkan, ciattttttttttttttttttttt................... gulung reel, ikan berontak, tarik, dapat.................... ikan baung pertama sebesar lengan dengan umpan kucur berhasil mendarat dengan sukses, (arahan dr om syaiful terbukti benar).
    temenku ternyata ikut penasaran juga, dia minta umpan kucurku yg sangat harum baunya. akhirnya, lempar dan tunggu lagi.................
    ikan baung kedua berhasil aku daratkan lagi setelah mocel beberapa kali. yg ini perlawanan ikan tdk sedahsyat yg pertama, karena ikan nya lebih kecil. umpan kucur yg dipakai temenku ternyata juga dapat sambutan, tarikannya hampir sama dengan baungku yg pertama. tarik, angkat, ternyata lele dumbo yg makan umpan kucurnya. lumayan.........................
    akhirnya trip ini aku sudahi karena umpanku dah habis................... dan pulanglah kami berdua dengan hasil seperti di atas.
    *** perwakilan pemancing kere.....................

  2. dino97i's Avatar
    dino97i is offline RegularFishy dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future dino97i has a brilliant future
    Real Name
    Murdy
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Sleman dekat Merapi
    Posts
    3,694

    Selamat mas Ary, hasil yang bagus.
    Akhirnya mancing juga, dapatnya lumayan lagi, walaupun harus barter dengan HP. Lain kali kalau mancing njawab sama penunggu tempat tersebut, tapi jangan lupa njawabnya minta ikan jangan menukar HP dengan ikan, lha dulu HP kecebur, sekarang malah ngejar ikan, kasihan.....
    Eh, umpan kucur itu bentuknya seperti apa?
    Rajin uncal pangkal strike

  3. phaidein's Avatar
    phaidein is offline RegularFishy phaidein has a spectacular aura about phaidein has a spectacular aura about
    Real Name
    mas phaidein
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    kota sejuta pecel
    Posts
    1,791

    ngece..............................
    lha hpnya kecebur gara2 ngejar wader sleman.
    paklik disini derbangnya banyak juga ternyata. eh klo boleh nanya, wader kepek itu apa yg warnanya agak kekuning-kuningan itu?
    *** perwakilan pemancing kere.....................

  4. lamun_lamun's Avatar
    lamun_lamun is offline RegularFishy lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future
    Real Name
    Syaiful rachman
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Kalimantan Selatan (South Borneo), Banjarbaru city
    Posts
    2,596

    Hehehehe ... top deh selamat akhirnya sukses merasakan strike ikan baung, ...benarkan ikan baung itu suka dipinggir , memang ikan baung itu, apalagi patin walaupun makanan ada didepan hidung tidak mau langsung dimakan, cuma di endus saja, ntar kalo sudah bosan ngendusnya baru dimakan...hehe jadinya harus benar-benar super sabar, dimasak apa ikan baungnya ? kalo saya suka dipepes dan disayur asem...hmmmm mak nyusss

    Untuk menghilangkan bau umpan yg kena tangan, setelah tangan dicuci pakai sabun, trus tangan diolesi dan digosok-gosok dengan vanili yang biasa dipakai sebagai bahan campuran makanan.
    Baru belajar memancing

  5. phaidein's Avatar
    phaidein is offline RegularFishy phaidein has a spectacular aura about phaidein has a spectacular aura about
    Real Name
    mas phaidein
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    kota sejuta pecel
    Posts
    1,791

    Quote Originally Posted by lamun_lamun View Post
    Hehehehe ... top deh selamat akhirnya sukses merasakan strike ikan baung, ...benarkan ikan baung itu suka dipinggir , memang ikan baung itu, apalagi patin walaupun makanan ada didepan hidung tidak mau langsung dimakan, cuma di endus saja, ntar kalo sudah bosan ngendusnya baru dimakan...hehe jadinya harus benar-benar super sabar.
    Untuk menghilangkan bau umpan yg kena tangan, setelah tangan dicuci pakai sabun, trus tangan diolesi dan digosok-gosok dengan vanili yang biasa dipakai sebagai bahan campuran makanan.
    betul om memang ikan baung kayanya memang suka dipinggir. umpan yg dilempar agak ketengah sama sekali tdk ada sambutan.
    cuma baunya kucur ini sangat istimewa banget, dibuatnya dr apa ya om..? sampai sekarang perasaan tangan ini masih bau terus, padahal kemaren pegangnya sdh pake plastik.
    *** perwakilan pemancing kere.....................

  6. Papania's Avatar
    Papania is offline RegularFishy Papania is a jewel in the rough Papania is a jewel in the rough Papania is a jewel in the rough Papania is a jewel in the rough
    Real Name
    Son Ani
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Pekanbaru-Pekalongan-Sala3
    Posts
    570

    Wah,...Mas Bardjo itu teman mancingku juga. Kalau kucur dulu aku buat sendiri, kalau beli mahal. satu kaleng susu kecil 25.000. Kalau ingin buat sendiri bahan bahannya adalah ikan lele, kelapa, lemak kambing, kapas & telur itik.
    1. Lele 3kg kita hancurkan pakai blender temasuk tulang-tulangnya. Boleh pakai penghancur daging seperti kita mau bikin bakso.
    2. Kelapa 2 kita gongseng seperti membuat serundeng,
    3. Masukan lemak kambing 1/5 kg.
    4. Sesudah dingin masukkan lele giling dan aduk terus menerus
    5. Masukkan tetur itik 3 butir
    6. Aduk semua sampai merata
    7. Masukkan kapas secukupnya sedikit demi sedikit dan aduk sampai merata.
    8. bungkus rapat dg plastik yang tebal masing-masing 1/4kg
    9. Pendam kedalam tanah selama seminggu.
    10 kucur siap digunakan.
    Selamat mencoba

  7. phaidein's Avatar
    phaidein is offline RegularFishy phaidein has a spectacular aura about phaidein has a spectacular aura about
    Real Name
    mas phaidein
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    kota sejuta pecel
    Posts
    1,791

    Quote Originally Posted by Papania View Post
    Wah,...Mas Bardjo itu teman mancingku juga. Kalau kucur dulu aku buat sendiri, kalau beli mahal. satu kaleng susu kecil 25.000. Kalau ingin buat sendiri bahan bahannya adalah ikan lele, kelapa, lemak kambing, kapas & telur itik.
    Selamat mencoba
    makasih om ani, sya dapat tambahan 1 ilmu baru lagi nih. pasti akan sya coba untuk membuatnya.
    ternyata buatnya lama juga ya, perlu dipendam di dalam tanah selama 1 minggu. umpan ini klo tidak langsung dipake apa akan rusak?
    *** perwakilan pemancing kere.....................

  8. lamun_lamun's Avatar
    lamun_lamun is offline RegularFishy lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future
    Real Name
    Syaiful rachman
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Kalimantan Selatan (South Borneo), Banjarbaru city
    Posts
    2,596

    Quote Originally Posted by Papania View Post
    Wah,...Mas Bardjo itu teman mancingku juga. Kalau kucur dulu aku buat sendiri, kalau beli mahal. satu kaleng susu kecil 25.000. Kalau ingin buat sendiri bahan bahannya adalah ikan lele, kelapa, lemak kambing, kapas & telur itik.
    1. Lele 3kg kita hancurkan pakai blender temasuk tulang-tulangnya. Boleh pakai penghancur daging seperti kita mau bikin bakso.
    2. Kelapa 2 kita gongseng seperti membuat serundeng,
    3. Masukan lemak kambing 1/5 kg.
    4. Sesudah dingin masukkan lele giling dan aduk terus menerus
    5. Masukkan tetur itik 3 butir
    6. Aduk semua sampai merata
    7. Masukkan kapas secukupnya sedikit demi sedikit dan aduk sampai merata.
    8. bungkus rapat dg plastik yang tebal masing-masing 1/4kg
    9. Pendam kedalam tanah selama seminggu.
    10 kucur siap digunakan.
    Selamat mencoba
    Tambahan lagi nih Boss, resep dari Kalimantan:
    Selain resep dari Pak Son ani, biar mak nyus lagi tambahkan lagi jeroan sapi, dan jeroan ikan.
    Baru belajar memancing

  9. wong_edan_me is offline RegularFishy wong_edan_me is on a distinguished road
    Real Name
    Anggoro A. P.
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Palembang
    Posts
    147

    Selamat ya Om Ari,

    Mancing pake kucur emang target dapetnya sih baung sama patin, tapi apa iya nila juga suka tuh?? baru kali ini tau mancing nila bisa pake kucur...

    Ngomong2 kucur nya dikirim lewat apa neh?? apa gak kena razia barang terlarang? (just kidding)

  10. lamun_lamun's Avatar
    lamun_lamun is offline RegularFishy lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future lamun_lamun has a brilliant future
    Real Name
    Syaiful rachman
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Kalimantan Selatan (South Borneo), Banjarbaru city
    Posts
    2,596

    Quote Originally Posted by phaidein View Post
    umpan ini klo tidak langsung dipake apa akan rusak?
    Asal ditutup dengan rapat tidak masalah, malah baunya tambah mak nyusss , dan makin oke, yang penting ditutup rapat, soalnya kalo tidak rapat akan rusak oleh belatung.
    Umpan saya saja sudah berbulan-bulan disimpan masih oke
    Baru belajar memancing

Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. Kamus gaul mancingers
    By japra in forum FishyTalk
    Replies: 5
    Last Post: 21-10-2008, 22:26
  2. Artificial Lures: Umpan Buatan
    By h4n9 n4dim in forum FishyJig
    Replies: 1
    Last Post: 16-07-2007, 10:49
  3. bangga jadi indonesia
    By fungke in forum Off Topic
    Replies: 7
    Last Post: 13-04-2007, 17:32
  4. Postingkan Umpan Galatama Anda ...!!!
    By metzad in forum FishyPond
    Replies: 37
    Last Post: 16-03-2007, 08:36
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts