Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 18

Thread: Ikan Tilan alias Sili alias Deler

  1. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Ikan Tilan alias Sili alias Deler

    Ikan Tilan alias Sili alias Deler

    Di Sumatra dikasih nama ikan tilan kalau di Jawa dikasih nama iwak deler... nah kalau di toko2 ikan hias namanya menjadi ikan sili.
    Di Toko2 ikan hias harganya masih murah cuman 3rb saja karena tangkapan dari sungai2. Kalau di Magelang bisa ditangkap di Kali Elo dan Kali Progo.
    Bisa ditangkap dengan pancing, tapi biasa ketangkep dengan bubu (telik : bahasa jawa) yang dipasangin dengan umpan2 yang busuk2 dan amis.
    Karena di alam aslinya ikan ini adalah pemakan bangkai. Biasa kalau ada bangkai kambing kalau dibedah perutnya ada ikan2 ini yg lagi makan jeroan bangkai.
    Kayaknya ikan ini jenis nokturnal karena kalau ditaruh di aquarium maunya ngumpet aja.. Mau ngambil fotonya juga susah banget.. he3..
    Ya udah tambah video saja supaya terang.
    Ikan ini ada yang versi thailand juga kalau yg versi thailand warnanya agak kehitaman dan ekornya ada merah api indah sekali dan bisa tumbuh jauh lebih gede kayaknya...

    Trus dulu kalau teman2 yang pada dapat pas mancing kalo digoreng katanya dagingnya juga lumayan.. tapi liat doi pemakan bangkai seperti itu jadi mikir.. he3...

    Ok guys simak aja video dan fotonya...
    Attached Images
    Attached Files
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  2. santana's Avatar
    santana is offline RegularFishy santana is a glorious beacon of light santana is a glorious beacon of light santana is a glorious beacon of light santana is a glorious beacon of light santana is a glorious beacon of light santana is a glorious beacon of light
    Real Name
    herry
    Join Date
    Aug 2006
    Location
    cpb lampung
    Posts
    277

    Di lampung di sebut ikan Kakut Om,
    Yang jenis lebih gede dan ada sleret merahnya di sebut ikan Piluk, di Lampung juga banyak, ikan ini sukanya nelen pancing.......
    Santana, www.mancingtomanlampung.blogspot.com

  3. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Di sini di sebut jeler, masih sering didapati di sekitar sungai2 Cianjur

  4. william's Avatar
    william is offline RegularFishy william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future william has a brilliant future
    Real Name
    Stop Fishing
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    山 口 洋( 印尼)
    Posts
    3,282

    Quote Originally Posted by candra View Post
    Di sini di sebut jeler, masih sering didapati di sekitar sungai2 Cianjur
    iwak opo mene iki,mas,,,,,,????
    lemon belut iwak hias iyo....
    Salam......



    William
    Monkey Friend


    希 望 有一天会 得 到 辛 福 每 天 很 高 心
    明 天会 更 好

  5. Oka_1010's Avatar
    Oka_1010 is offline RegularFishy Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of Oka_1010 has much to be proud of
    Real Name
    Dusa Okami
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jambi
    Posts
    805

    oom soni, ki yai magelang
    kalo ikan yang di photo itu sejenis ikan tilan kalo disini dipanggil tiluk
    ikan tilan yang disini berwarna hitam dan ada corak merahnya
    daging ikan tilan emang enak&gurih. paling males kalo dapet ikan ini, suka nelen mata kail, gaya makan etul2 kayak ikan kecil tau2 udah nyangkut aja

  6. b3j0 is offline RegularFishy b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough b3j0 is a jewel in the rough
    Real Name
    Jatmiko
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    302

    Lam kenal Mas Sony..saya asli berasal dari daerah gombong ngidul. Kalo di daerah saya namanya jg Sili trus dipunggung ada sirip yg tajam namanya brambangan. Sakit sekali kalo kena ..kyk digergaji. Ikan ini gak bisa dipancing secara khusus, dalam arti kenanya hanya kebetulan dan sangat jarang. Karena ikan ini emang sukanya mendem di lumpur.
    Yang unik nangkep ikan ini kalo musim menjelang kemarau, kita tinggal menyusuri sungai atau kalen (sungai kecil utk irigasi) yang airnya dah asat tinggal becek-becek doang. nah ikan ini mendem dilumpur tapi keliatan moncongnya yg runcing itu. Nah caranya ngambil ikannya diangkat bersaman lumpur di sekitar lobang si Sili. Getoo..
    Tetaaapiiii...dengan tingginya aktivitas memotas dan menyetrum yg ada, ikan ini dah jarang sekali ditemui...
    Padahal emang rasanya lezaatt...bro. Apalagi kalo dipepes pake bungkus daun jambu air... Mak nyussss...

    BTW...Good info bro...cendol ijo melayang

  7. Als_joness's Avatar
    Als_joness is offline RegularFishy Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of Als_joness has much to be proud of
    Real Name
    Als
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    Jati - Tangerang
    Posts
    3,478

    Kalo ditangerang namanya SARELOT dulu sih masih banyak sekarang udah punah kena limbah industri...
    Last edited by candra; 15-11-2007 at 11:20. Reason: sori salah pencet, kamsudnya mo pencet tombol quote
    Salam
    Als

    E-mail : alfhareza@yahoo.com or als@bosung.co.id



  8. monyet's Avatar
    monyet is online now RegularFishy monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute monyet has a reputation beyond repute
    Real Name
    ferry
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Sunter deket danau
    Posts
    9,437

    ikan ini mah lebih bersifat ikan hias toch??? kesian akh kalo dipancing....
    BAN MARINE AQUARIUM OWNERSHIP AND TRADING !!!

  9. hitaci is offline RegularFishy hitaci is on a distinguished road
    Real Name
    agus suyanto
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    42

    ikan sili

    salam kenal ya pak soni.
    ikan sili emang masih banyak terdapat di sungai progo.
    di tempat saya di perwokerto jg masih banyak ikan sili.
    kalau mancing emang ga sengaja tau2 pancing udah ketelan dalam tenggorokan sili.pak soni di magelang mana ya?
    dulu saya jg pernah bermukin di magelang desa banyurojo.

  10. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Quote Originally Posted by Als_joness View Post
    Kalo ditangerang namanya SARELOT dulu sih masih banyak sekarang udah punah kena limbah industri...
    Nah ini agak membingungkan juga nih, di tempat saya ada juga yg dinamakan ARELOT, tapi badannya banyak duri, sedangkan Jeler badannya tidak berduri?CMIIW

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. IKAN HAMPALA, Liar dan Bertenaga
    By hampala in forum FishyWild
    Replies: 37
    Last Post: 15-01-2008, 07:30
  2. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  3. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts