Closed Thread
Results 1 to 4 of 4

Thread: dangau jurung di bukit lawang, sumut

  1. cencen_kecil's Avatar
    cencen_kecil is offline RegularFishy cencen_kecil is a jewel in the rough cencen_kecil is a jewel in the rough cencen_kecil is a jewel in the rough
    Real Name
    Endy
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Medan
    Posts
    154

    dangau jurung di bukit lawang, sumut

    Bagi yg suka main ke bukit lawang di sumatra utara mungkin tau nama tempat ini. Dangau jurung adalah sebuah kolam pancing yg mengambil aliran air dari sungai bahorok yg tersohor di sumut itu. Alasan saya mengapa saya nge-post di bagian fishyWild, karena sensasi memancing disitu layaknya mancing di habitat alami, bukan kolam buatan manusia yg ikanya di stock oleh sang empunya.
    Sebagai bayangan, diameter dangau ini mungkin sekitar 100 meter, dengan sebuah 'pulau' ditengahnya. Hampir diseluruh bagian tepiannya masih berupa rumput dan tanaman air lainya. Hanya sebagian sisi yg berupa beton yg digunakan sebagai tempat stok (dan mungkin budidaya) ikan.
    Ngomong soal ikan, karena airnya bersumber langsung dari sungai terdekat yaitu bahorok, ikan disitu sangat beragam disamping ikan yg memang ditabur oleh yg punya.
    Beberapa spesies ikan yg ditabur adalah; gurami, mas, tawes, bawal, patin, nila, mujair, lele dan sang legenda jurung (dan juga sub spesiesnya gumoh). Semua ikan ini kalau terpancing boleh dilepas lagi atau dibawa pulang dengan membayar perkilo.
    Disamping itu, banyak ikan liar juga ikut 'hanyut' dari sungai.
    Beberapa diantaranya adalah;
    -cencen (seperti tawes cuma lebih kecil),
    -lemeduk (mirip tawes cuma bersirip dan ekor merah),
    -sebarau/hampala (serius! bahkan gede2 sampe 3 kilo seekor),
    -sili/berot (saya ga tau nama lainya, cuma dia berbadan seperti belut/sidat, bermulut kecil, mempunyai duri kecil di punggungnya, berwarna hitam dan enak sekali rasanya),
    -dondong (mungkin disebut juga dengan moa, dan disini ukuranya bisa sampai 3-4 kiloan),
    baung, keting, gabus (juga besar2), dan kepar (disebut ikan pepatung dalam bahasa malaysia).
    Ikan2 diatas kalau terpancing boleh dibawa pulang tanpa bayar..
    Tempat ini adalah tempat awal mula saya belajar lure casting dengan minnow dan bug. Hasil dari casting biasanya sering dapat strike dari jurung dan gabus, kalau buat sebarau saya belum pernah dapat strike disini walaupun yg gede2 sering keliatan dan ngejer lurenya sampai pada akhirnya emoh dan kabur (dan sampai sekarang saya ga tau kenapa).
    Kalau mancing dasar khususnya dibawah pintu airnya spesies ikan yg bisa anda dapatkan benar2 tak terduga. Dikala volume air kecil dan deras, selalu jurung, gumoh, tawes dan cencen yg makan umpan cacing atau sawit, kalau belalang sudah pasti jurung dan gumoh yg makan. Tapi, kalau volume air tinggi dan agak keruh (biasanya setelah hujan deras) sang baung, sili, dan keting yg selalu menyambar.
    Dikala malam, pekerja2 di dangau itu sering mancing buat dondong/moa yg mencapai 4 kilo seekornya.
    Tempat ini sungguh menjanjikan buat seluruh level pemancing dan beragam teknik. Tapi sayang, terakhir kali yg saya dengar setelah banjir bandang yg menimpa bukit lawang sekitar taun 2003-2004 lalu, tempat ini hancur karena banyak balok kayu yg hanyut dan lumpur yg hanyut ketempat itu.
    Sedih sekali, apalagi jika kita di pihak sang pemiliknya, yg sudah pasti telah meng-invest banyak biaya ke tempat itu.
    Bukit lawang sendiri sangat porak poranda waktu banjir bandang yg disebabkan oleh illegal logging di atas bukit barisan yg mengelilingi sumut.
    Maaf saya ga ada foto..

    sekarang ada yg tau bagaimana kabar terakhir dangau ini?

  2. iwan rambe's Avatar
    iwan rambe is offline RegularFishy iwan rambe has a spectacular aura about iwan rambe has a spectacular aura about
    Real Name
    iwan nasution
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Banda Aceh
    Posts
    196

    cen lokasi pasnya di sekitaran mana, saya sering pergi ke bukit lawang tapi belum pernah dengar lokasi tersebut. dan saya juga pernah mancing ketangkahan daerah sekitaran kaki gunung lauser, tapi jurung yg saya cari ngak ada tu, apa memang ada hampala di sungai bukit lawang nanti kalau saya ke medan saya ingin mencoba berburu tu hampal.

  3. cencen_kecil's Avatar
    cencen_kecil is offline RegularFishy cencen_kecil is a jewel in the rough cencen_kecil is a jewel in the rough cencen_kecil is a jewel in the rough
    Real Name
    Endy
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Medan
    Posts
    154

    Quote Originally Posted by iwan rambe View Post
    cen lokasi pasnya di sekitaran mana, saya sering pergi ke bukit lawang tapi belum pernah dengar lokasi tersebut. dan saya juga pernah mancing ketangkahan daerah sekitaran kaki gunung lauser, tapi jurung yg saya cari ngak ada tu, apa memang ada hampala di sungai bukit lawang nanti kalau saya ke medan saya ingin mencoba berburu tu hampal.
    Itu bang, setelah gapura yg kita bayar masuk bukit lawang kan ada mesjid (sebelum hotel rindu alam) yg di pertigaan. Di pertigaan itu belok kiri (kalau lurus masuk ke rindu alam hotel). Stelah belok kiri masuk jalan kecil melewati jembatan lewat saluran air irigasi, trus masuk jalan agak menurun. ikuti aja jalan itu nyampe deh mudah2an. soalnya cuman kesitu tembusanya.
    Atau kalau mau lebih mudah tapi jalan kaki, abang jalan dari tepi sungai bahorok dari rindu alam hotel trus lewatin jalan setapak, ujungnya sampe kolam itu. Lokasinya gede kok. ga bakal kelewatan.
    Kalo bang rambe ada kesempatan main ke BL lagi, coba tanya aja sama penduduk setempat,pasti mreka tau..
    Oiya jangan lupa kabarin ya, masih buka apa engga..

    Di sungai batang serangan yg di ketangkahan banyak bang jurungnya bang! tapi ya gitu jarang mau makan umpan (saya juga cuma ngeliat banyak ngumpul jurungnya, ga pnh dapat). kalo orang situ umpanya belalang pantai (alias tokai) hahaha..
    Yg saya dapat jurung sih di hilirnya, di derah sawit seberang..
    Bang iwan sring mancing dimana kalo disungai?

  4. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Kalo ada fotonya.. mungkin bisa sedikit membayangkannya yah ?? kayaknya asyik banget... kolamnya juga guede begitu.. serasa di alam liar.. ha3..
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



Closed Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts