Bagi yg suka main ke bukit lawang di sumatra utara mungkin tau nama tempat ini. Dangau jurung adalah sebuah kolam pancing yg mengambil aliran air dari sungai bahorok yg tersohor di sumut itu. Alasan saya mengapa saya nge-post di bagian fishyWild, karena sensasi memancing disitu layaknya mancing di habitat alami, bukan kolam buatan manusia yg ikanya di stock oleh sang empunya.
Sebagai bayangan, diameter dangau ini mungkin sekitar 100 meter, dengan sebuah 'pulau' ditengahnya. Hampir diseluruh bagian tepiannya masih berupa rumput dan tanaman air lainya. Hanya sebagian sisi yg berupa beton yg digunakan sebagai tempat stok (dan mungkin budidaya) ikan.
Ngomong soal ikan, karena airnya bersumber langsung dari sungai terdekat yaitu bahorok, ikan disitu sangat beragam disamping ikan yg memang ditabur oleh yg punya.
Beberapa spesies ikan yg ditabur adalah; gurami, mas, tawes, bawal, patin, nila, mujair, lele dan sang legenda jurung (dan juga sub spesiesnya gumoh). Semua ikan ini kalau terpancing boleh dilepas lagi atau dibawa pulang dengan membayar perkilo.
Disamping itu, banyak ikan liar juga ikut 'hanyut' dari sungai.
Beberapa diantaranya adalah;
-cencen (seperti tawes cuma lebih kecil),
-lemeduk (mirip tawes cuma bersirip dan eko