Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Ikan Pelus

  1. hampala's Avatar
    hampala is offline Hampala Hunter hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute hampala has a reputation beyond repute
    Real Name
    Soni / Adi Wisaksono
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Magelang
    Posts
    4,598

    Ikan Pelus

    Ikan Pelus


    Ikan Pelus termasuk jenis sidat juga cuman ini lebih bertotol2 dan bisa gede sekali. Biasa ada di daerah pegunungan.
    Kalo orang2 Jogja mancing sidat di selokan2 dan gejlig (pintu air selokan) nah orang Magelang sukanya mancing pelus di daerah kedung/lubuk sungai. cukup dengan umpan yg amis2 seperti usus ayam, daging bekicot, orong2. atau yg agak berbudaya pake ikan uceng sebagai umpannya. gak usah pake joran cukup handline aja dan cukup dilempar ke arah bawah batu dimana kira2 pelus bersembunyi.
    Pelus ini bisa besar sekali lho.. saya pernah liat di Sendang Pelus di daerah Buayan daerah Gombong sana. ukurannya bisa sepaha orang dewasa. dikeramatkan dan kayaknya udah gak bisa keluar dari lobangnya. kalo dikasih umpan kerupuk dan dadar telur baru dia keluar dan keliatan kepalanya sampe 50cm. abis itu gak bisa keluar lagi dr lobangnya kegendutan kali yah.. he3...

    ini ada fotonya ikan pelus itu kayak apaan. ada juga videonya. saya mau piara ikan ini bingung belum punya akuarium baru lagi. he3...
    Attached Images
    Attached Files
    Soni
    dian_wiryatmo@yahoo.co.id
    08562910578
    ym id : super_hampala

    When there is water.... there will be fish....



  2. sigit_y's Avatar
    sigit_y is offline RAFAC member sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    jogjakarta
    Posts
    492

    Quote Originally Posted by hampala View Post
    Ikan Pelus


    Ikan Pelus termasuk jenis sidat juga cuman ini lebih bertotol2 dan bisa gede sekali. Biasa ada di daerah pegunungan.
    Kalo orang2 Jogja mancing sidat di selokan2 dan gejlig (pintu air selokan) nah orang Magelang sukanya mancing pelus di daerah kedung/lubuk sungai. cukup dengan umpan yg amis2 seperti usus ayam, daging bekicot, orong2. atau yg agak berbudaya pake ikan uceng sebagai umpannya. gak usah pake joran cukup handline aja dan cukup dilempar ke arah bawah batu dimana kira2 pelus bersembunyi.
    Pelus ini bisa besar sekali lho.. saya pernah liat di Sendang Pelus di daerah Buayan daerah Gombong sana. ukurannya bisa sepaha orang dewasa. dikeramatkan dan kayaknya udah gak bisa keluar dari lobangnya. kalo dikasih umpan kerupuk dan dadar telur baru dia keluar dan keliatan kepalanya sampe 50cm. abis itu gak bisa keluar lagi dr lobangnya kegendutan kali yah.. he3...

    ini ada fotonya ikan pelus itu kayak apaan. ada juga videonya. saya mau piara ikan ini bingung belum punya akuarium baru lagi. he3...
    Om.. ,

    kan di kali Elo masih banyak to pelusnya? Tetangga dulu juga dapat 1 ekor pelus sekitar 13 kg beratnya di kali Elo umpan pake manuk emprit bakar.

    Nha kalau perbedaannya dengan uling/oling apa Om. Kata orang uling bisa lebih besar lagi dari pada pelus atau cuman namanya aja yang lain tapi ikannya sama?

    sgt

    sgt


    Baru Memble aje, kata teman

  3. Pak Djupri's Avatar
    Pak Djupri is offline RegularFishy Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of
    Real Name
    lie djupriadi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    cirebon
    Posts
    2,192

    Kata orang kampung sich kalau uling itu pelus yang sudah besar sekali, sampai dibilang ndanyang kalau istilah Jawanya.
    Pasti mas Sigit juga tahu artinya Ndhanyang.
    Biasanya pelus itu makannya ikan.
    Temen saya punya kolam, waktu di panen ikan masnya tinggal beberapa ekor dan 1 ekor pelus yang besar dan gemuk.

  4. sigit_y's Avatar
    sigit_y is offline RAFAC member sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    jogjakarta
    Posts
    492

    Quote Originally Posted by Pak Djupri View Post
    Kata orang kampung sich kalau uling itu pelus yang sudah besar sekali, sampai dibilang ndanyang kalau istilah Jawanya.
    Pasti mas Sigit juga tahu artinya Ndhanyang.
    Biasanya pelus itu makannya ikan.
    Temen saya punya kolam, waktu di panen ikan masnya tinggal beberapa ekor dan 1 ekor pelus yang besar dan gemuk.
    he..he.. iya Pak Djupri..

    disebut ndhanyang karena gak pindah-pindah ngendon di situ-situ aja. Mungkin gak kuat bawa badan jadi gak bisa pergi jauh-jauh saling besarnya.

    lha pelus ini lebih rakus je daripada gabus. ikan satu kolam juga pasti ludes wong julukannya perompak sungai

    sgt

    sgt


    Baru Memble aje, kata teman

  5. maztrie's Avatar
    maztrie is offline RegularFishy maztrie is a jewel in the rough maztrie is a jewel in the rough maztrie is a jewel in the rough
    Real Name
    trie
    Join Date
    Jul 2006
    Location
    palembang
    Posts
    373

    wah..dah lama ngga pernah denger lagi soal pelus, mas soni..product rio nya sudah ada yang makn korban pelus belum ?
    fishing for fun

  6. Pak Djupri's Avatar
    Pak Djupri is offline RegularFishy Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of Pak Djupri has much to be proud of
    Real Name
    lie djupriadi
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    cirebon
    Posts
    2,192

    Mas sigit pernah denger ngga di daerah wonosari ada semacam telaga atau sendang yang banyak pelusnya. Katanya sich besarny sebesar tiang telp, dikeramatkan.
    Saya pernah dengar tapi ngga tau cuma gosip atau beneran.
    Kalau pelusnya mas Soni ngga rakus-rakus amat tuch.

  7. sigit_y's Avatar
    sigit_y is offline RAFAC member sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all sigit_y is a name known to all
    Real Name
    sigit
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    jogjakarta
    Posts
    492

    Quote Originally Posted by Pak Djupri View Post
    Mas sigit pernah denger ngga di daerah wonosari ada semacam telaga atau sendang yang banyak pelusnya. Katanya sich besarny sebesar tiang telp, dikeramatkan.
    Saya pernah dengar tapi ngga tau cuma gosip atau beneran.
    Kalau pelusnya mas Soni ngga rakus-rakus amat tuch.
    Hi hi hi.. Sebagian besar tempat di wonosari yang ada sendang/telaganya pasti legendanya begitu Pak, seperti di daerah Gelaran, Semanu dll. Pelus-pelus ini dipercaya sebagai pencari dan penjaga mata air dan kalau pelusnya diambil akibatnya air telaga cepat habis karena gak ada yang mencari dan menjaga mata air. Cerita ini turun temurun terus dipersingkat dan gampangnya menjadi pelus dikeramatkan dan apabila diambil terjadi bencana di daerah tersebut (pageblug).

    Mengenai besarnya sak cagak telp juga dengar dari cerita dan kabar kabur saja. Selama mancing di daerah sana paling besar sih sebesar lengan. Atau mungkin saya yang belum pernah liat.(maklum masih ijo dan jam mancing belum banyakl). setahu saya sih yang seing dapat pelus besar ya di Sungai Progo, sungai Elo tempatnya Om Soni, atau sungai pelus di daerah Purwokerto.

    Dulu..itu dulu saya juga sering mancing sidat/pelus di daerah wonosari dan sering gak jadi mancing karena di larang penduduk setempat. Kalau sepanjang aliran sungai Oya sih sepertinya tidak dilarang mancing sidat.

    salam
    sgt

    sgt


    Baru Memble aje, kata teman

  8. wiraseta is offline Banned wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future wiraseta has a brilliant future
    Real Name
    Wiraseta
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Sanur
    Posts
    2,239

    mas soni,kalo di bali namanya ikan julit...kalo mau lihat yang gede ada di pura suranadi mataram (nusa tenggara barat) mau lihat tinggal lempar telur rebus...dulu saya sering mancing ikan ini di sungai2 wilayah denpasar sewaktu alamnya masih alami pake umpan usus ayam...tapi sekarang sudah susah...sungai sudah kotor,daerah yang dulunya semak belukar sudah hutan beton....kalo sudah begini,mimpi kali pengin nemuin ikan ini lagi...

  9. isnaeni is offline RegularFishy isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all isnaeni is a name known to all
    Real Name
    Isnaeni
    Join Date
    Sep 2005
    Location
    Jakarta - Jogja
    Posts
    1,587

    Di toko Samudrafishindo jogja itu dulu ada ikan pelus (or sidat???) yg diawetkan dipajang di toko ... guede bener .... katanya 20an Kg ... katanya di pancing di kebumen

  10. leki's Avatar
    leki is offline RegularFishy leki has a spectacular aura about leki has a spectacular aura about leki has a spectacular aura about
    Real Name
    alex
    Join Date
    May 2005
    Location
    jak-sel
    Posts
    430

    Quote Originally Posted by hampala View Post
    Ikan Pelus
    ...ini ada fotonya ikan pelus itu kayak apaan. ada juga videonya. saya mau piara ikan ini bingung belum punya akuarium baru lagi. he3...
    Son, mending lu bikin kolam gede 1 dibelakang rumah buat piara predator2 itu...jadi kalo gw main2 ke sana ga usah jauh2 cari kolamnya
    Masa akuarium mulu mainnya.....

    Teman2 lain pasti pada stuju smua deh...lu piara oscar, bawal, leopard, toman, gabus, piranha juga blh...piara ampe sizenya 2-5 kg...mantap tuh.
    Work Hard...Fish Hard...

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Ikan Lou Han atau Nyamuk Demam Berdarah...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 5
    Last Post: 12-04-2007, 22:13
  2. Kekayaan Ikan Lokal dalam Proses Kepunahan
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 11-04-2007, 19:57
  3. Spesies Ikan Endemis Makin Langka
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 6
    Last Post: 11-04-2007, 08:34
  4. UU Perikanan Halaman 2...
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 14:04
  5. UU Perikanan Indonesia - Terbaru 2004 (hal.1)
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 0
    Last Post: 19-10-2004, 13:25

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts