Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast
Results 1 to 10 of 33

Thread: Kompor buat SSS ( sangat sederhana sekali :) ) buat wildfishing

  1. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,310

    Kompor buat SSS ( sangat sederhana sekali :) ) buat wildfishing

    Kadang kalau lagi mancing wild di daerah yg jauh dari warung, kita butuh air panas, buat ngopi, bikin indomie atau nyeduh pelet, mungkin kompor sederhana dan murah meriah bikinan sendiri ini bisa berguna bisa juga di pakai sebagai sumber penerangan, jika lubang nya di buat cuma 2 atau 3 saja , cuma di tutup kalengnya...

    alat yg di siapkan :
    - 1 kaleng bekas kornet / sopini sebagai pengganti panci
    - 1 kaleng bekas lem Aica Aibon
    - 1 kawat gantungan baju untuk kawat penyangga kaleng air
    - 1 jarum jahit karung goni/ paku kecil untuk melubangi kaleng
    - 1 botol bekas UC 1000 atau Kratingdaeng untuk tempat bahan bakar
    - Bensin / spiritus / Thinner cat
    - 1 Clamp besi / kawat untuk menempelkan kawat penyangga panci ke kaleng aibon
    - Tang besi
    - Sikat kawat

    Cara membuat : ( lihat attachment )
    - Pertama hilangkan cat di kaleng aibon dan kornet, bisa dengan menggunakan ampelas, atau lebih mudah dengan membakar cat nya di kompor gas, sampai menghitam, kemudian di sikat dengan sikat kawat dan di cuci
    - Lubangi tutup kaleng aibon 1 lubang dengan jarum di tengah-tengah
    - Lubangi bibir kaleng atas aibon, sebanyak 7 lubang dengan jarum
    - Bentuk kawat gantungan baju, sebagai penyangga.
    - Tempelkan kawat ke kaleng aibon dengan bantuian clamp besi atau di lilit kawat sisa gantungan baju.

    Cara menyalakan kompor :

    - Isi kaleng aibon , sampai setengah atau lebih dengan bahan bakar, di sini saya menggunakan bensin, ( adanya itu ) kemudian tutup
    - Isi tutup kaleng aibon dengan bensin juga
    - Letakkan kompor di tanah atau batu, tuangkan bensin di tanah di sekitar kaleng aibon, gunanya untuk memanaskan dasar kaleng, agar gas bensin menguap.
    - Nyalakan dengan korek, bensin di tanah sekitar kaleng , dan yg ada di tutup aibon akan terbakar, biarkan sekitar 30 detik sampai 1 menit, sampai api - nya menyembur dari 7 lubang di atas kaleng dan 1 lubang di tutup kaleng.
    - Setelah api di tanah mati, letakkan kaleng bekas kornet, berisi air di atas kawat penyangga...

    Catatan :
    - Dalam gambar di bawah saya menggunakan bensin, maka kaleng / pancinya jadi hitam...
    - Lubang- lubang yg saya buat di kaleng dengan paku kecil sekali , ternyata masih terlalu besar ( apinya gas yg keluar terlalu banyak, apinya jadi terlalu besar ), buatlah lubang menggunakan jarum, / sekecil mungkin )
    - Dari spek yg saya buat di atas, untuk memasak air hingga mendidih sebanyak 1 kaleng bekas kornet tersebut, membutuhkan waktu 6 menit,
    - Kaleng aibon berisi bensin setengahnya tersebut, bisa menyala selama 25 sampai 30 menit sampai bensinnya habis, jika lubang yg di buat lebih kecil mungkin bisa lebih lama
    Attached Images

  2. faiizalll's Avatar
    faiizalll is offline RegularFishy faiizalll is just really nice faiizalll is just really nice faiizalll is just really nice faiizalll is just really nice faiizalll is just really nice
    Real Name
    faizal ahmad
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    cilincing
    Posts
    237

    kereenn om
    salute bwt om yg penuh dgn kreatifitas
    karna forum ini lah saya mengerti teori dlm memancing

  3. Oleng's Avatar
    Oleng is offline RegularFishy Oleng is a name known to all Oleng is a name known to all Oleng is a name known to all Oleng is a name known to all Oleng is a name known to all Oleng is a name known to all
    Real Name
    Oleng
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Tangerang
    Posts
    595

    Boleh neh ide nya.....

    Quote Originally Posted by bmoer View Post
    Cara menyalakan kompor :

    - Isi kaleng aibon , sampai setengah atau lebih dengan bahan bakar, di sini saya menggunakan bensin, ( adanya itu ) kemudian tutup
    l
    Catatan :
    - Dalam gambar di bawah saya menggunakan bensin, maka kaleng / pancinya jadi hitam...
    supaya minim jelaga nya, musti pake bahan bakar apa Kang?
    Makan harus ada lauk nya
    kalo ngak ada lauk nya ya mancing dulu....

  4. sisikmelik's Avatar
    sisikmelik is offline RegularFishy sisikmelik is on a distinguished road
    Real Name
    dian alwi
    Join Date
    Sep 2012
    Location
    Bekasi sebelah Kulon
    Posts
    45

    mungkin klo pke spirtus hasil apinya bagus ya om......gk pke item2 sgala yak CMIIW
    -apapun sakitnya,mancing obatnya-

  5. mlengkungz 2's Avatar
    mlengkungz 2 is offline RegularFishy mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of mlengkungz 2 has much to be proud of
    Real Name
    urfan
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Bintaro jaya - Jakarta
    Posts
    676

    Itu matiinnya gimana kang ?
    pernah diajarin kayak gini waktu dulu ikutan pramuka, tapi kompornya bekas kaleng bekas susu yang besar. sekalian bisa buat masak dan bikin nasi
    My facebook Account : Urfan Panji Putra
    Kalau ada empang diladang, Boleh kita menumpang Mancing.

  6. Mas Bambang's Avatar
    Mas Bambang is offline RegularFishy Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold Mas Bambang is a splendid one to behold
    Real Name
    Bambang
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Doha-Qatar
    Posts
    1,507

    Idenya menarik dan kreatif, tapinya kalo pake bensin, gak kawatir mbledug mas...??? Kalo pake minyak tanah atau spiritus gimana....???

  7. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,310

    Quote Originally Posted by faiizalll View Post
    kereenn om
    Thanks pak Faizal...., sharing juga pak kalau punya perkakas DIY - nya ...

    Quote Originally Posted by Oleng View Post
    Boleh neh ide nya.....
    Saya coba pakai alkohol sih...ngga hitam pak, cuma kemahalan cost nya... dan apinya kurang menyembur, sepertinya kaleng aibon - nya terlalu panjang buat pakai alkohol, jadi bagian bawahnya kurang panas...

    Quote Originally Posted by sisikmelik View Post
    mungkin klo pke spirtus hasil apinya bagus ya om......gk pke item2 sgala yak CMIIW
    saya mau coba pake spiritus pak, mau beli dulu...

    Quote Originally Posted by mlengkungz 2 View Post
    Itu matiinnya gimana kang ?
    pernah diajarin kayak gini waktu dulu ikutan pramuka, tapi kompornya bekas kaleng bekas susu yang besar. sekalian bisa buat masak dan bikin nasi
    Matiinya, cukup dengan di tiup keras dan mendadak aja mas Urfan, atau di tutup rapat lubang-lubang nya ..., sistem kompor seperti ini bukan ide baru lho mas..., orang yg biasa main di outdoor biasanya sudah tau, saya cuma coba membuatnya menjadi simple dan ringkas buat di bawa dan cost - nya murah saja .

    Kalau yg di ajarkan di pramuka, kalo ngga salah sistemnya, menggunakan lubang angin ya buat membesarkan api, dan bahan bakarnya kayu...? jadi ruang bakarnya ngga sealed..? kalau yg ini menggunakan tekanan, maka apinya lebih panas..
    Ini juga masih versi Beta mas... , saya mau improve, sistem pemanasan awalnya- biar apinya bisa lebih menyembur dan panas.... thanks attensinya mas Urfan...

  8. bmoer's Avatar
    bmoer is offline RegularFishy bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute bmoer has a reputation beyond repute
    Real Name
    bara
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,310

    Quote Originally Posted by Mas Bambang View Post
    , tapinya kalo pake bensin, gak kawatir mbledug mas...??? Kalo pake minyak tanah atau spiritus gimana....???
    Saya juga kuatir seperti itu pak Bambang, makanya saya coba dulu dengan memakai bensin dan Avtur , dan wadah tempat bensinnya menggunakan botol gelas yg kuat , biar rapat dan aman di bawa, pada waktu awal ( pre-heated nya, memang api agak besar ) ..., tapi aman kok pak, saya sudah tes dan ngga mbledug, selama ada lubang-lubang buangan tersebut, masalahnya dengan menggunakan bensin dan minyak tanah ya jelaga - nya itu pak..., mungkin dengan spiritus bisa bersih api nya... thanks pak...

  9. chr1z2005's Avatar
    chr1z2005 is offline PremiumFishy chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of chr1z2005 has much to be proud of
    Real Name
    Christopher
    Join Date
    Feb 2010
    Location
    Sydney, Australia
    Posts
    2,436

    Ijin menyimak yah... Kalo lihat gambarnya sih keren om tapi ngeliat apinya itu rada ngeri bakal meledug hehehehe
    #SAVESHARKS - STOP SHARK FINNING!

  10. anshori's Avatar
    anshori is offline RegularFishy anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future anshori has a brilliant future
    Real Name
    Anshori Muhtar
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    Bandar Lampung
    Posts
    2,135

    manteb oms....alternatif bahan bakarnya kayaknya oms...pake spritus kayaknya..cuma rada boros...
    kalo pake briket mungkin bisa gak yah oms...




Closed Thread
Page 1 of 4
1 2 3 4 LastLast

Similar Threads

  1. Hari Sangat Istimewa buat FF,
    By fishy in forum Off Topic
    Replies: 81
    Last Post: 17-09-2012, 09:00
  2. Pelampung Celep (buat yang mau iseng2 buat)
    By Tom Priok in forum FishyTackle
    Replies: 4
    Last Post: 15-07-2011, 05:34
  3. Umpan yg paling sederhana buat ikan Mas ?
    By bandots in forum Kolam Harian
    Replies: 20
    Last Post: 25-06-2010, 18:17
  4. line buat gear empang buat di laut???
    By Greys in forum FishyTackle
    Replies: 13
    Last Post: 09-10-2007, 11:57
  5. resep sederhana buat di atas kapal
    By Jovan in forum FishyDine
    Replies: 2
    Last Post: 24-02-2007, 14:32

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts