Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Mancing Baung dan Patin Di Sungai berarus

  1. Chavunx's Avatar
    Chavunx is offline RegularFishy Chavunx will become famous soon enough
    Real Name
    Imam Mustofah
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Palangkaraya
    Posts
    95

    Mancing Baung dan Patin Di Sungai berarus

    Dear ...

    saya anggota baru nih .... boleh kan kalau saya sedikit bertanya ?
    Saya sekarang sedang tertarik untuk mancing ikan baung dan patin disungai didaerah saya. Daerah saya adalah Palangkaraya , Kalteng. Ada 'gak saran untuk cara memancing baung atau patin sungai dan juga umpan apa yang kira2 cocok untuk itu ?


    r'gards
    Imam

  2. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    selamat bergabung pak Imam, saya juga anggota baru dan semoga btah di forum mancing terbaik di indonesia

    Di tempat saya biasanya pemancing setempat menggunakan umpan ikan hidup yang masih baby untuk mancing patin, dan mereka pilih yang berwarna cerah supaya lbh jelas terlihat di air berarus yang biasanya sedikit keruh.
    Ada juga yang bener2 ekstrim menggunakan umpan bau(istilah mereka) entah menggunakan bahan apa saya ga berani bertanya soalnya bener2 bau
    Kailnya dililit kapas atau kain lalu dicelupkan ke cairan umpan bau tadi.

    Yang "baunya" ga usah dicoba deh
    Pake umpan hidup aja pak Imam, di forum ini banyak pakar mancing, barangkali mereka punya saran lain.

  3. Chavunx's Avatar
    Chavunx is offline RegularFishy Chavunx will become famous soon enough
    Real Name
    Imam Mustofah
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Palangkaraya
    Posts
    95

    Terimakasih mas chandra ...

    Iya neh mohon pencerahannya buat diriku ini, maklum masih newbie di dunia angler neh hehehee.

    'Lam kenal juga buat semuanya, junior mancing, senior mancing, dewa mancing whatever lah .... saya maturkan salam kenal smoga saya diterima dengan baik di forum ini.

  4. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,405

    Re: Mancing Baung dan Patin Di Sungai berarus

    Quote Originally Posted by Chavunx
    Dear ...

    saya anggota baru nih .... boleh kan kalau saya sedikit bertanya ?
    Saya sekarang sedang tertarik untuk mancing ikan baung dan patin disungai didaerah saya. Daerah saya adalah Palangkaraya , Kalteng. Ada 'gak saran untuk cara memancing baung atau patin sungai dan juga umpan apa yang kira2 cocok untuk itu ?


    r'gards
    Imam
    Salam kenal nih,
    saya ada sedikit pegalaman pada waktu itu saya masih SD,tahun 80an
    waktu itu saya sering mancing di ciliwung asal tahu saja tahun2 segitu saya kalau mau mancing tinggal keciliwung saja ikannya banyak salah satunya ikan Baung gak kayak sekarang ikan Sapu-Sapu melulu,
    pada saat itu saya mancing menggunakan telur asin mentah yg diambil merahnya saja,telur asin yg sudah masir, pilih yg kalau digoyang2 terdengar dug-dug dalamnya,kalau sudah dapat pecahkan dan pisahkan putih dan merahnya,aduk mearahnya pada mangkuk kecil dgn menggunakan sendok sampai rata dan mendapatkan adonan yg agak lengket dan kenyal kalau terlalu keras bisa dilembutkan dgn putihnya,setelah jadi umpan siap digunakan,basahi dgn air dulu tangan kita agar tidak lengket,bulatkan umpan jangan terlalu besar cukup untuk menutupi mata pancing saja.mudah2an bisa bermanfaat nih,selain ikan baung ikan Lawakpun(seperti ikan tawes tapi sirip2nya merah ikan ini biasanya senang bermain di sungai yg berarus deras)akan menyambar umpan ini.oh iya kalau tidak ada telur asin bisa juga pakai usus ayam,tapi usus ini disimpan dulu dalam kaleng kira2 3-4 hari yg tertutup rapat agar tidak mengundang lalat dan juga jangan simpan didalam kulkas,setelah hari keempat umpat bisa langsung bisa digunakan memang umpan ini agak bau menyengat tapi dijamin umpan ini jitu,OK! selamat mencoba.

    Thank's
    Didi.A
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  5. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,405

    Re: Mancing Baung dan Patin Di Sungai berarus

    Quote Originally Posted by Chavunx
    Dear ...

    saya anggota baru nih .... boleh kan kalau saya sedikit bertanya ?
    Saya sekarang sedang tertarik untuk mancing ikan baung dan patin disungai didaerah saya. Daerah saya adalah Palangkaraya , Kalteng. Ada 'gak saran untuk cara memancing baung atau patin sungai dan juga umpan apa yang kira2 cocok untuk itu ?


    r'gards
    Imam
    Salam kenal nih,
    saya ada sedikit pegalaman pada waktu itu saya masih SD,tahun 80an
    waktu itu saya sering mancing di ciliwung asal tahu saja tahun2 segitu saya kalau mau mancing tinggal keciliwung saja ikannya banyak salah satunya ikan Baung gak kayak sekarang ikan Sapu-Sapu melulu,
    pada saat itu saya mancing menggunakan telur asin mentah yg diambil merahnya saja,telur asin yg sudah masir, pilih yg kalau digoyang2 terdengar dug-dug dalamnya,kalau sudah dapat pecahkan dan pisahkan putih dan merahnya,aduk mearahnya pada mangkuk kecil dgn menggunakan sendok sampai rata dan mendapatkan adonan yg agak lengket dan kenyal kalau terlalu keras bisa dilembutkan dgn putihnya,setelah jadi umpan siap digunakan,basahi dgn air dulu tangan kita agar tidak lengket,bulatkan umpan jangan terlalu besar cukup untuk menutupi mata pancing saja.mudah2an bisa bermanfaat nih,selain ikan baung ikan Lawakpun(seperti ikan tawes tapi sirip2nya merah ikan ini biasanya senang bermain di sungai yg berarus deras)akan menyambar umpan ini.oh iya kalau tidak ada telur asin bisa juga pakai usus ayam,tapi usus ini disimpan dulu dalam kaleng kira2 3-4 hari yg tertutup rapat agar tidak mengundang lalat dan juga jangan simpan didalam kulkas,setelah hari keempat umpat bisa langsung bisa digunakan memang umpan ini agak bau menyengat tapi dijamin umpan ini jitu,OK! selamat mencoba.

    Thank's
    Didi.A
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  6. M-BEI's Avatar
    M-BEI is offline RegularFishy M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future M-BEI has a brilliant future
    Real Name
    Ki Demang Suraksomino
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    5,474

    Cos Tenan

    bung Didid resepnya COS TENAN, cuma yang resep kedua itu loh! emang gak ada yang lebih bau lagi ya? kalau yg pertama saya sendiri layak untuk mencoba, tapi kalau yang kedua, uhhh... masih geli!
    Ki Demang Nglarastenan,
    Menikmati mimpi dalam buaian rembulan Indonesia Raya
    http://nglarastenan.wordpress.com/

  7. Chavunx's Avatar
    Chavunx is offline RegularFishy Chavunx will become famous soon enough
    Real Name
    Imam Mustofah
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Palangkaraya
    Posts
    95

    Wah boleh nih dicoba .. thx ya resepnya

  8. Didi Afandy's Avatar
    Didi Afandy is offline RegularFishy Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future Didi Afandy has a brilliant future
    Real Name
    DIDI AFANDY
    Join Date
    Dec 2005
    Location
    Cawang,Jak-Tim.
    Posts
    6,405

    Jumpa lagi deh ..,
    bau-bau sedikit sih gak apa-apa yg pentingkan tarikannya,makanya saya
    lebih sering pakai umpan yg pertama tapi kedua2nya sama2 tokcer.ngomong2 saya kangen juga tuh mancing di sungai tapi sayang di Jakarta sudah tidak ada lagi sungai yg bisa dipancing, semuanya sudah kena polusi termasuk Ciliwung .

    thank's
    Didi.A
    DIDI AFANDY

    Born to Fish Forced to Work!

  9. Chavunx's Avatar
    Chavunx is offline RegularFishy Chavunx will become famous soon enough
    Real Name
    Imam Mustofah
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Palangkaraya
    Posts
    95

    ... Kalau di tempat saya Palangkaraya masih banyak sungai Bos ... walaupun sudah agak tercemar sama air raksa ...

  10. candra's Avatar
    candra is offline ArchAngler candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future candra has a brilliant future
    Real Name
    Candra ArchAngler Son
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    Bandung
    Posts
    2,863

    Halo guys,

    Menurut info dari teman mancing saya di sungai citarum sekitar jembatan lama Rajamandala, juga masih banyak didapati ikan baung dan patin, ada juga ikan tagih, konon katanya masih ada juga ikan Kancra dan ikan Lika yang sudah sangat langka.

    Resep telor asin mentahnya mas Didi sepertinya sangat layak untuk saya coba di sungai Citarum, kapan2 saya dgn beberapa teman berencana untuk mancing di sungai ini. dari pada pake umpan yang bau2...., ogah ah.

Closed Thread
Page 1 of 2
1 2 LastLast

Similar Threads

  1. Trip Mancing Di Sungai Musi Palembang
    By Najam in forum FishyTrip
    Replies: 26
    Last Post: 05-03-2007, 07:50
  2. Patin sungai
    By lamun_lamun in forum FishyTrick
    Replies: 2
    Last Post: 11-02-2007, 03:46
  3. Mancing udang di Sungai
    By uhsirait in forum FishyWild
    Replies: 13
    Last Post: 01-09-2006, 09:13
  4. Mancing PATIN
    By ridwan in forum FishyPond
    Replies: 10
    Last Post: 09-03-2006, 14:53
  5. NAVIGASI SUNGAI
    By yellowfin in forum FishyRonment
    Replies: 2
    Last Post: 04-08-2005, 11:37

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts